Mengenal Kepribadian Intuitive Anak

19 komentar
kepribadian intuitive

Setiap anak terlahir dengan keistimewaan kepribadiannya masing-masing. Salah satu kepribadian yang ada pada anak dan orang tua harus tahu adalah kepribadian intuitive.

Apa itu kepribadian intuitive dan bagaimana orang tua harus menyikapi anak yang mempunyai kepribadian itu?. Yuk kita diskusi tentang kepribadian intuitive ini

Apa itu Kepribadian Intuitive?

Kepribadian Intuitive adalah daya atau kemampuan mengetahui atau berusaha memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau pun dipelajari yang hadir melalui bisikan hati atau gerak hati. Secara sederhana, intuitive juga bisa diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai intuisi.

Definisi lain dari kepribadian intuitive adalah kepribadian orang yang biasanya imajinatif sekali, berpikiran open minded, dan memiliki keingin tahuan atau curiosity yang besar. Beberapa ciri-ciri orang intuitive cenderung selalu mempertanyakan 'why' dan berorientasi pada masa yang akan datang atau masa depan.

Langkah untuk Mengetahui Kepribadian Intuitive Anak 

langkah untuk mengetahui kepribadian intuitive

Untuk mengetahui kepribadian anak, tentu orang tua tidak bisa menyimpulkan begitu saja dilihat dari ciri-ciri yang dimiliki. Agar lebih jelas dan valid informasi yang kita dapatkan tentang kepribadian yang dimiliki anak, langkah yang paling baik adalah menanyakan kepada ahli di bidangnya.

Walaupun banyak informasi yang bisa kita dapatkan dengan kemajuan internet saat ini dan korelasinya dengan anak generasi alpha yang juga terbiasa dengan gadget, tetap saja perlu langkah-langkah terbaik untuk mengetahui jenis kepribadian anak.

Tes psikologis adalah jalan yang bisa dilakukan untuk mengetahui kepribadian anak. Psikolog akan menganalisa kepribadian anak dengan teknik yang dimilikinya dan hasilnya kelak akan dikomunikasikan dengan orang tua.

Biasanya neberapa sekolah taman kanak-kanak ada yang bekerja sama dengan lembaga psikologi untuk mengadakan tes psikologi kepada anak-anak didiknya. Tujuannya tidak hanya untuk mengetahui IQ anak saja, tetapi lebih dari itu untuk mengetahui juga karakter dan kepribadian anak juga.

Lembaga taman kanak-kanak yang mengadakan kerja sama dengan lembaga psikologi dan mengadakan tes ini tentu saja sangat baik, Nantinya orang tua dan guru-guru di TK bisa mengenal lebih dalam tentang karakter anak dan tahu bagaimana harus menghadapi anak-anak dengan keistimewaan kepribadiannya masing-masing.

Cara Menghadapi Anak Dengan Kepribadian Intuitive

Orang tua sejatinya bisa memperlakukan anak dengan porsinya masing-masing. Tanpa mengurangi rasa sayang kepada seluruh anak yang kita miliki, kita tetap harus paham bagaimana sebaiknya berinteraksi dan berkomunikasi dengan dengan setiap anak dengan gaya dan kepribadian masing-masing.

Menghadapi anak perempuan dan laki-laki jelas berbeda caranya. Menghadapi anak dengan kepribadian intuitive juga jelas harus berbeda dengan anak-anak yang memiliki kepribadian lainnya seperti introvert atau observant.

cara menghadapi anak intuitive

Beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam menghadapi anak dengan kepribadian intuitive antara lain:

1. Sabar Adalah Kata Kunci Utamanya

Dalam menghadapi anak dengan kepribadian intuitive, orang tua harus memiliki stok sabar yang luar biasa. Hal ini karena anak dengan kepribadian intuitive cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan anak dengan kepribadian lainnya. 

2. Jangan Lupa untuk Memeluknya

Hal lain yang tak boleh luput dari orang tua dalam menghadapi anak intuitive adalah harus sering dipeluk dengan diberi kata-kata penyemangat. Pemberian sugesti dengan kata-kata penyemangat ini bertujuan agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan rasa percaya diri.

3. Berikan Inner Parenting Voice

Inner parenting voice adalah berkomunikasi dengan suara lemah lembut dalam setiap kondisi, seperti dalam berbagi cerita dan memberikan nasehat mana yang baik dan mana yang buruk kepada anak-anak kita.

4. Menjadi Figur Orang Tua yang Ideal

Sangat penting menjadi role model terbaik untuk anak-anak. Orang tua yang mencurahkan kasih sayang sepenuhnya kepada anak dan anak pun merasakan demikian akan memberikan pengalaman parenting berharga bagi mereka.

Belajar Memahami Anak Dengan Kepribadian Intuitive

memahami kepribadian intuitive

Menjadi orang tua adalah proses belajar yang tak pernah henti, termasuk dalam mengenali kepribadian setiap anak yang kita miliki. Bagaimana pun kondisi mereka, anak-anak adalah amanah dari Tuhan yang dititipkan kepada yang dipercaya oleh-Nya.

Tentu saja kesempatan ini tidak boleh disia-siakan oleh kita sebagai orang tua, karena di luar sana masih banyak pasangan suami istri yang mengharapkan kehadiran buah hati dalam keluarganya. Salah satu jalan menjalankan amanah sebagai orang tua adalah memberikan pengasuhan terbaik yang bisa kita lakukan untuk mereka.

Bagaimana pun kondisi kepribadian anak-anak tentunya beragam satu sama lain, termasuk kepribadian intuitive. Tugas kita sebagai orang tua adalah belajar memahami anak intuitive ini.

Berikan mereka pengasuhan terbaik dengan kesabaran, lemah lembut, memeluknya, dan juga berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi figur terbaik bagi mereka. Semoga dengan apa yang bisa kita lakukan setiap anak yang kita lahirkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak terbaik yang kita miliki. Aamiin.

Related Posts

19 komentar

  1. Kalau punya kepribadian yang intuitif itu bener2 berguna banget sih kak. Kadang itu bisa digunakan untuk mengenali orang juga. Jadi, intuisi yang bekerja. Aku juga pengen punya.

    BalasHapus
  2. Sskarang di sekolah-kolah banyak juga yg adain tes psikologi, tes sidik jari dan tes lainnya untuk mengetahui kepribadian, maupun minat bakat, tapi tesnya secara kontinu sih karena anak-anak akan selalu berkembang dan lingkungan sekitar juga memengaruhi kepribadian

    BalasHapus
  3. Kemampuan anak emang perlu dipelajari dan pahami agar orang tua dengan mudah mengarahkan dan membentuk kepribadian dan kemampuan anak sehingga bisa dipertegas apa saja yang harus dipelajari anak

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu loh ada kepribadian jenis intuitive gini. Kalau orangtua nggak ngerti jadinya malah bilang anaknya terlalu cerewet dan nanya aneh-aneh 🙈

    BalasHapus
  5. Kayak anak saya si bungsu selalu banyak ingin tau dan sering banget nanya ini itu sebelum melakukan sesuatu. Ternyata punya treatment khusus dalam menghadapi anak yang punya sifat intuisi. Terima kasih atas remindernya ya. Jadi tau nih langkah yang tepat untuk menjalaninya....

    BalasHapus
  6. Tambah pengwtahuan lagi nih dalam dunia kesehatian kita, kepribadian intuitif. Dengan tahu hal seperti ini jadi bisa tahu juga bagaimana mengatasi anak dengan kepribadian tersebut

    BalasHapus
  7. Kepribadian intuitif baru engeh dakunya.
    Lewat tes kepribadian bisa diketahui ya dan bagaimana treatment pengelolaannya. Mungkin karena lebih banyak mengandalkan intuisi ya.

    BalasHapus
  8. Mengetahui kepribadian anak merupakan hal penting bagi orang tua dalam mendukung perkembangan anak dengan tepat. Mengandalkan tes psikologis yang dilakukan oleh ahli adalah langkah terbaik untuk memperoleh informasi yang akurat dan valid. Kerja sama antara lembaga taman kanak-kanak dengan lembaga psikologi untuk mengadakan tes psikologi anak adalah inisiatif yang sangat baik. Dengan demikian, orang tua dan guru dapat lebih memahami karakter anak dan memberikan pendekatan yang sesuai dengan keunikan kepribadiannya masing-masing.

    BalasHapus
  9. sabar ini yang susaaahhhh. penting banget emang kita mengenal kepribadian anak. karena setiap anak unik dengan karakter mereka. kadang tuh kita lupa kalau setiap kepribadian mereka itu sebenernya ada sisi positifnya dan nggak ada yang lemah. kitanya aja yang terlalu takut mereka dianggap lemah sama masyarakat

    BalasHapus
  10. Baru tahu ada kepribadian intuitif juga ya untuk anak. Tahunya kalo cewek itu cenderung intuitif gitu wkwk. Memang better tes psikolog gtu ya buat paham kek gimana sih anak kita tuh yang sebenarnya

    BalasHapus
  11. Pengen nih ngajak anak aku tes psikologi, biar tahu harus bagaimana menghadapinya. Btw, kira-kira berapa ya tes psikologi untuk anak?

    BalasHapus
  12. Bener banget kak. Anak zaman now ga bs ditekan hingga dikerasin. Bs marah balik dia. Haha. Emang hrs super sabar utk menangani mereka. Org tua yg ga sabaran ya bs naik pitam tuh. Di sini nih yg perlu kesabaran luar biasa dr ortu dan hrs th edukasi anak.

    BalasHapus
  13. waduh inner parenting voice itu yang susah wkwkkw. maunya pas emosi menahan untuk tidak berteriak, membentak atau hal2 yang sejenis itu. tapi huhuhuuhuh jarang banget bisa sabarnyaaa, ya Allaah merasa bersalah jadinya punya kesabaran setipis tissue

    BalasHapus
  14. Betul, apapun sikap dan perilaku anak, orang tua akan tetap berusaha supaya bisa menempatkan diri jadi pihak yang disukai dan dijadikan rujukan bagi setiap anaknya. Sabar yang tidak batas juga selalu jadi modal utama setiap orang tua

    BalasHapus
  15. mahal nggak seh kalao kepengen tes untuk tau kepribadian anak kita tuh gimana? karena ini itu penting banget untuk bisa menangani dengan tepat. tapi aku suara lemah lembut juga masih susah kontrol emosi

    BalasHapus
  16. nambah lagi nih pengetahuan tentang anak kayak gini. jadi pengen coba tes anakku deh dia kepribadiannya apa biar tahu gaya parenting apa yang sesuai untuk dia.

    BalasHapus
  17. saya nih termasuk pribadi yang intuitif banget, baca ini tuh yang ada saya ngangguk2 krn semuanya bener banget tuh yang tertulis hihi

    BalasHapus
  18. Bener banget, nih. Sebagai orang tua harus sabar dalam menghadapi anak yang intuitive. Karena, bagaimanapun orang tua juga menjadi role model anak.

    BalasHapus
  19. Anak intuitif memang terkesan lembut banget hatinya.. mudah trenyuh dan imajinatif.. kalo cerita imajinasinya ngga disangka2..memang kudu sabar org tuanya pas dia auka tanya2 hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar