Hadirkan Pengalaman Luar Biasa Parenting Bersama Dukungan Paket Internet Cepat

32 komentar

paket internet cepatSetiap orang tua pastinya ingin menjadi role model sebagai sosok terbaik bagi setiap anaknya dan bisa jadi itu menjadi resolusi parenting di awal tahun untuk memotivasi mewujudkannya. Membaca buku parenting bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk mewujudkan resolusi kita sebagai orang tua dengan mencari informasi dan pengetahuan bagaimana cara menjadi orang tua panutan bagi setiap anak.

Ada banyak buku yang bisa menjadi rujukan kita sebagai orang tua dalam belajar ilmu parenting dalam beragam jenis, baik buku fisik, buku digital, sampai jenis audiobook. Untuk jenis buku digital dan audiobook, dukungan paket internet cepat akan sangat membantu kita dalam menyerap setiap informasi yang kita telaah dalam proses membacanya.

4 Rekomendasi Buku Parenting

rekomendasi buku parenting

Untuk teman-teman yang sudah menjadi sosok orang tua atau calon orang tua yang sedang mencari rujukan buku parenting, berikut ada 4 rekomendasi buku parenting yang mudah-mudahan bisa menjadi referensi dalam belajar ilmu parenting yang bisa kita baca dalam bentuk buku fisik, digital, maupun audiobook..

1. Ayah Edy Menjawab 100 Persoalan Sehari-hari Orang Tua yang tidak ada Jawabannya di Kamus Mana pun.

Judul buku parenting yang satu ini lumayan panjang. Buku ini merupakan salah satu serial dari Ayah Edy yang memang berkonsentrasi dalam buku parenting.

Buku parenting dari Ayah Edy ini menjadi salah satu rekomendasi bacaan untuk para orang tua karena menjawab pertanyaan-pertanyaan sehari-hari sebagai orang tua dalam hal pengasuhan anak. Setiap masalah dibahas dengan lugas, jelas, dan mudah dipahami.

2. Parenting ++

Buku parenting dengan judul Parenting ++ ini adalah kumpulan artikel di Group Facebook Parenting with Elly Risman and Family. Buku ini ditulis oleh beberapa kontributor, diantaranya Risman Musa, Elly Risman, Faisal Sundani Kamaludin, Rossalina A. Risman, dan Keluarga Risman lainnya.

Buku ini berisi bahasan dari pertanyaan-pertanyaan para orang tua di Group Facebook Parenting with Elly Risman and Family yang mungkin juga banyak pertanyaan serupa yang dialami oleh para orangtua. Beberapa bahasan dalam buku ini antara lain tentang pornografi pada anak, pergaulan bebas, pendidikan seksualitas pada anak, sampai masalah ketuhanan yang juga banyak ditanyakan anak kepada orang tuanya.

3. Maukah Jadi Orang Tua Bahagia? Belajar Yuk…!

Buku rekomendasi ke-3 adalah buku dari pakar neuro parenting, dr. Aisyah Dahlan yang berjudul Maukah Jadi Orang Tua Bahagia? Belajar Yuk…!. Buku ini membahas tips dan solusi seputar parenting yang dijelaskan dari sisi sains dan psikologi, juga diperkuat dengan hadis-hadis sahih

Beberapa judul menarik dalam buku ini seperti Jadilah Orang Tua yang Ikhlas, Nikmati Karunia Menjadi Seorang Ibu, Mengenal Watak Anak: Introvert, Extrovert, dan Ambivert dan juga judul-judul lainnya yang menarik untuk disimak.

4. Parenting (B)ala-(B)ala 1 Minggu 1 Cerita, Bukan Resep Pengasuhan Abal-abal

parenting bala-bala

Judul buku ini sangat unik dengan adanya kata (B)ala-(B)ala. Penggunaan kata Bala-bala atau ala-ala ini mempunyai makna masing-masing untuk keduanya.

Penggunaan kata bala-bala, merujuk pada makanan bakwan dalam Bahasa Sunda yang dikenal dengan Bala-bala. Bakwan atau bala-bala adalah makanan jenis gorengan yang banyak disukai oleh banyak orang Indonesia karena rasanya yang crunchy dengan perpaduan gurih dan asin.

Maksud dari penggunaan kata bala-bala dalam judul buku ini dimaksudkan bahwa buku parenting ini disusun dengan pembahasan yang “gurih” dan menarik untuk disimak. Sedangkan jika dilihat dengan menggunakan kata ala-ala, bermaksud bahwa buku parenting ini ditulis dengan sudut pandang yang diambil dari pengalaman para orang tua yang tergabung dalam komunitas 1 Minggu 1 Cerita atau 1M1C.

Isi buku Parenting (B)ala-(B)ala 1M1C ini dibuat dengan klasifikasi usia pengasuhan dengan kategori bayi 0-3 bulan, bayi 3 bulan sampai 2 tahun, balita 2-5 tahun, anak 5-10 tahun, dan yang terakhir tentang remaja. Dengan lengkapnya isi buku ini dilihat dari kategori usia anak, buku parenting ini cocok dibaca oleh para orang tua yang mempunyai anak dari berbagai usia.

Telkom Indonesia Dukung Literasi Digital Dengan Paket Internet Cepat

Walaupun teknologi mendukung buku untuk berkembang dan menyesuaikan dengan zaman modern seperti dengan bermetamorfosanya buku dalam bentuk digital dan juga aplikasi baca seperti audiobook, sangat disayangkan budaya baca di negeri kita masih termasuk rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Hasil survei dari Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis kemudian oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) di tahun 2019 menyimpulkan bahwa negara kita, Indonesia berada di urutan 62 dalam hal budaya baca atau literasi dari 70 negara yang disurvei oleh PISA.

IndiHome sebagai produk dari Telkom Indonesia dengan paket internet cepatnya tentu tak berdiam diri saja dengan fenomena rendahnya literasi di Indonesia. Dalam peringatan Hari Literasi Sedunia yang diperingati di bulan September 2022, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyatakan dukungan Telkom Indonesia terhadap literasi di Indonesia.

Dunia literasi yang sangat luas menguatkan tekad Telkom Indonesia untuk mendukung dalam hal literasi digital sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini yang sudah familier dengan dunia digital. Bentuk dukungan Telkom Indonesia pada literasi digital akan diaplikasikan dalam 3 hal, meliputi:

  • Percepatan pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomi, dan dapat diakses semua kalangan.
  • Mengembangkan talenta digital untuk mendorong kemampuan serta tingkat adopsi digital masyarakat.
  • Memimpin pembentukan ekosistem digital yang memberi pengalaman terbaik bagi para pengguna.

Pada poin 3 ini, IndiHome dari Telkom Indonesia dengan paket internet cepat yang dimilikinya hadir untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi kita selama berselancar dalam literasi digital, termasuk dalam belajar ilmu-ilmu parenting di platform buku digital maupun di aplikasi-aplikasi digital lainnya seperti aplikasi audiobook.

Semoga dengan hadirnya paket internet cepat yang dipersembahkan Telkom Indonesia melalui IndiHome membuat kita bertambah semangat untuk terus belajar menjadi orang tua terbaik di mata setiap anak-anak. Tetap belajar, tetap membaca buku, dan tetap berusaha untuk menjadi role model terbaik bagi anak-anak kita.

Referensi:

https://telkom.co.id/sites/enterprise/id_ID/news/jadikan-generasi-melek-digital-untuk-ekonomi-indonesia-yang-lebih-kuat-1777

https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661


Related Posts

32 komentar

  1. Buku parenting yang cukup variatif rekomendasinya mas yonal. Bisa untuk jujugan orang tua dengan anak anak berbagai varian umur...mulai dari bayi sampai remaja hehehe...Biasanya buku dengan model penceritaan berupa oengalaman bisa lebih mudah dipahami daipda yang sekedar teori. Kalau teori karena teknis banget kadang agak berat memahaminya...syukurlah sekarang buku banyak memberikan pencerahan how to menjadi parnts yang bisa menadi suri tauladan bagi putra putri yak hehehe

    BalasHapus
  2. saya juga punya nih bukunya ayah edy, tapi bukan yang menjawab pertanyaan melainkan untuk yang memetakan potensi anak :D

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah buku parenting beragam ya, Mas. Apalagi zaman now banyak juga buku digital parenting yang bisa akses.Terus biar bacaan anak juga semakin beragam, banyak buku cerita digital juga. Bisa diunduh gratis lagi.

    BalasHapus
  4. Buku parenting (b)ala-(b)ala 1M1C, judulnya unik dan lucu gitu, ya. Jadi penasaran pengen baca. Oh iya, sangat sepakat sih, adanya internet juga membantu para orang tua dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Sekarang sudah banyak aplikasi bermanfaat untuk anak-anak yg bisa diakses dengan internet

    BalasHapus
  5. Sedih banget dengan minat baca di Indonesia yang lumayan rendah, padahal membaca buku bisa digunakan untuk refreshing ketika stres. Apalagi sekarang serba digital, jadi makin mudah akses ebook atau audiobook. Btw sepertinya rekomendasi buku-buku di atas menarik, jadi tertarik buat beli. Lumayan untuk bahan belajar sebelum menjadi orang tua.

    BalasHapus
  6. Wah keren semua rekomendasi buku2 parentingnya. Penasaran sm yang Bala2 sih. Unik gitu judulnya. aku sih setuju bgt kalau orang tua tuh harus jd role model. Begitu pula dalam hal minat baca. Apalagi sekarang udah sangat2 dimudahkan sama teknologi dan internet.

    BalasHapus
  7. Iya sih, minat baca di negara kita masih sangat minim. Ini salah satu pe er utama kita semua sebagai orang tua untuk menggalakkan lagi budaya gemar membaca. Apalagi sekarang sudah banyak kemudahan dengan adanya paket internet cepat dari IndiHome. Buku bisa diakses secara digital.
    Semoga dengan banyaknya kemudahan juga makin berdampak pada minat baca di Indonesia.

    BalasHapus
  8. Saya punya bukunya ayah edy. Mendidik banget dan gaya penulisannya juga enak dibaca. Parenting sekarang harus dibarengi buku seperti ini agar orang tua bisa jadi yang terbaik untuk anak anaknya

    BalasHapus
  9. ilmu parenting memang terus berkembang ya, dan bersyukurnya sekarang ada internet yang memudahkan kita mendapatkan ilmu dengan lebih mudah jadi bisa mendukung untuk terus belajar

    BalasHapus
  10. Tiap pakar punya keunikan sisi pembahasan masing-masing, ya, mulai dari Ayah Edi, Bu Elly Risman, sampai dr. Aisyah Dahlan. Saya seringnya malah baca lewat internet tuh, Mas, tips-tipa dari beliau. Ini sejalan dgn misi IndiHome mengupayakan internet stabil dan cepat di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  11. Saat ini buku parenting sudah semakin banyak dan isinya semakin berkembang. Sangat membantu orang tua dalam pengasuhan anak. Apalagi dengan adanya internet akan semakin mudah untuk mengakses buku-buku digital parenting. Bukan hanya anak yang perlu belajar, tetapi kita orang tua juga perlu terus belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, sangat beragam dan buku-buku parenting saat ini semakin detail dan semakin ke teknis, jadi semakin memberikan kemudahan kepada orang tua dalam mengasuh anak

      Hapus
  12. Semoga dengan adanya akses internet cepat dan peredaran buku yang kian meluas bisa meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya peranan ilmu parenting ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju nih..dengan semakin mudahnya akses internet semoga makin banyak orang tua yang bisa menikmati buku-buku parenting berkualitas. Buku parenting (B)ala-(B)ala, aku belum baca nih

      Hapus
  13. Menjadi parent memang butuh banyak referensi agar dunia parenting bisa dilakukan dengan sebaik mungkin. Belajar melalui buku salah satunya. Tidak hanya itu dengan paket internet cepat kita sebagai orang tua bisa dengan mudah saling bertukar pengalaman pengasuhan dengan teman dan saudara atau bahkan komunitas.

    BalasHapus
  14. Aku juga setuju ka kalau orang tua bahagia juga menjadi kunci keberhasilan parenting

    BalasHapus
  15. Ilmu parenting sekarang sudah berkembang pesat ya. Bisa dipelajari dan didapat dengan mudah lewat internet

    BalasHapus
  16. sekarang internet udah jadi kebutuhan primer yang bisa memudahkan kita melakukan banyak hal walau di rumah. termasuk belajar dan mengajar yaa, jadi orang tua dan anak bisa sama-sama cari tau dan belajar bareng

    BalasHapus
  17. Rekomendasi buku-buku parentingnya keren-keren banget deh. Bisa buat belajar gimana jadi orang tua yang baik untuk anak-anak.

    BalasHapus
  18. Belum bekeluarga, tp membekali diri dengan ilmu parenting lewat buku2 di atas tentu menjadikan kita lebih siap mental dan mindset yg baik

    BalasHapus
  19. Saya pun banyak belajar parenting dr kelas2 online. Entah gimana kalo ngga ada internet. Tanpa kedua orang tua yg sudah meninggal, saya memasuki babak baru sebagai orang tua dengan bantuan internet, media sosial, dan kelas2 parenting online.

    BalasHapus
  20. Setelah membaca 4 rekomendasi buku parenting dari Mas Yonal. Aku jadi semakin tertarik untuk mengeksplore lebih banyak buku buku parenting di Ipusnas. Untung sekarang teknologi dan akses internet sangat mudah.

    BalasHapus
  21. Nah jadi tahu deh rekomendasi buku parenting yang bagus. Bisa jadi bekal buat saya di masa depan nih. Langsung kepincut dengan buku berjudul Ayah Edy menjawab pertanyaan plus yang cara menjadi orang tua bahagia juga.

    BalasHapus
  22. Pas banget lagi cari rekomendasi buku parenting yang bagus, bolehlah rekomennya , mau saya cari dulu yang fisik kalau gak ada baru melipiri ke online. Untung ada paket internet cepat ya jadi mau akses informasi serba mudah dan cepat

    BalasHapus
  23. Wah, saya punya nih bukunya Aisyah Dahlan, tapi belum selesai. Memang menjadi ortu itu harus senantiasa belajar berbagai konsep dan materi seputar parenting.

    BalasHapus
  24. Saya biasa nonton materi parenting lewat Youtube. Pernah juga ikut kelas parenting beberapa kali secara daring. Internet memang memudahkan banget buat nambah ilmu seperti itu.

    BalasHapus
  25. Di era internet, ilmu parenting menjadi sangat mudah didapat dari berbagai sumber. Jad ga ada alasan untuk orang tua yang kurang mendapatkan ilmu padahal ada dalam genggaman tangan kita

    BalasHapus
  26. Aku belum punya nih buku-buku parentingnya, selama ini belajar parenting lewat internet cepat, cari artikel parenting di google atau kalau enggak malah lewat video di sosmed.

    BalasHapus
  27. Pak Yonal bacaannya luar biasa keren. Andai semua ayah suka membaca buku parenting pasti mengasuh anak jauh lebih mudah.

    BalasHapus
  28. Jadi orang tua adalah pembelajaran seumur hidup. Parentin walau bukan suatu ilmu, menjadi salah satu yang harus dipelajari oleh para orang tua. Dengan internet secepat indihome, gak jadi masalah, kapan pun, dimana pun, bisa belajar pernting. Betul gak, Pak Yo?

    BalasHapus
  29. Ilmu parenting sekarang menjadi sangat mudah dipelajari dari mana saja dan bisa diakses kapan saja. Alhamdulillah berkat adanya paket internet cepat semuanya menjadi lebih mudah

    BalasHapus
  30. Internet sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang termasuk dalam sebuah keluarga. karena kita juga dituntun untuk berkembang bersama zaman sekarang.
    mudah2an banyak keluarg yg faham, bagaimana cara untuk memanfaatkan internet

    BalasHapus

Posting Komentar