Jangan Bingung, Begini Cara Membuat Latte Art Mudah!

24 komentar
cara membuat latte art

Coffee shop saat ini sedang menjamur hampir di semua tempat. Dengan begitu, kita bisa menikmati kopi dengan lebih mudah dan juga dengan harga yang bersahabat. Nah, salah satu menu favorit adalah cafe latte. Selain rasanya yang enak, segelas menu cafe latte biasanya dilengkapi dengan latte art yang indah.

Kehadiran kafe yang sudah biasa kita temukan di banyak tempat membuat kita dengan mudahnya untuk menikmati minum kopi dengan santainya. Apalagi dengan banyaknya jenis kopi yang bisa kita nikmati, termasuk cafe latte.

Teman-teman tentu sudah tidak asing lagi dong dengan berbagai gambar “art” saat memesan cafe latte, dong? Nah, biar kita bisa membuat gambar yang indah, kita membutuhkan Foaming milk dari Omela, nih! Selain foaming milk, butuh apalagi, sih? Yuk, simak penjelasan di bawah ini mengenai Cara Membuat Latte Art!

Apa Itu Latte?

Latte merupakan seni menghias secangkir kopi dengan jenis kopi cappuccino dan café latte. Nah, untuk menghias secangkir kopi, kamu bisa memilih dua pilihan teknik, yaitu free pour merupakan teknik menuang langsung susu yang telah di-steam. Motifnya pun beragam, ada yang bentuk bunga, hati, atau bentuk lainnya sesuai dengan inovasi sang barista.

Seni latte art sendiri sudah ada sejak tahun 1980-an diciptakan oleh seseorang berasal dari Amerika Serikat, David Sconner. David sendiri adalah pemilik kedai kopi bernama Espresso Vivace.

Nah, sampai sekarang, seni latte art masih populer. Bahkan, ada kompetisi khusus untuk latte art yang bernama Latte Art Championship, lho! Saat mengikuti kompetisi ini, para barista akan dilatih oleh barista yang lebih senior untuk membentuk latte.

Cara Membuat Latte Art

Nah, untuk teman-teman yang ingin coba membuat latte art sendiri di rumah, caranya gampang kok! Yang pertama, siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti berikut ini:

Latte art

1. Biji Kopi

Siapkan biji kopi arabika atau robusta, tergantung selera kita, ya. Untuk takarannya, kita bisa menggunakan 18-20 gram kopi untuk 60 mililiter air.

2. Timbangan

Agar rasa dan takarannya pas, kita bisa menggunakan timbangan. Timbangan ini sangat penting untuk mengukur rasio, dengan kata lain rasio air dan kopinya harus pas. Jika takarannya tidak pas, latte art yang kamu bisa gagal, lho.

Jika takaran kopi terlalu banyak bisa gagal, atau jika terlalu banyak air bisa jadi terlalu encer. Seperti sebuah seni, cara membuat latte haruslah seimbang.

3. Air

Jangan lupa untuk menyiapkan air segar. Pastikan air yang kamu siapkan adalah air dengan suhu 90 derajat celcius. Jika tidak yakin, kamu bisa merebus air terlebih dahulu selama 1-2 menit.

4. Foaming Milk

Jika kita ingin membuat latte art, kita membutuhkan foaming milk. Foaming milk adalah jenis susu yang khusus untuk membuat latte art. Susu atau foaming milk merupakan komponen yang penting untuk membuat latte art. Nah, salah satunya adalah Omela Foaming Milk for Professional.

5. Presso/Aeropress

Presso atau aeropress berguna untuk mengekstrak saripati kopi, jadi kopi yang belum kamu minum jadi lebih bersih dan lezat.

Setelah perlengkapan sudah siap, berikut ini cara membuat Latte:

Membuat Espresso

Beberapa tahapan yang bisa kita lakukan dalam membuat espresso antara lain:
  1. Didihkan air terlebih dahulu hingga 90 derajat celcius, lalu diamkan 1-2 menit.
  2. Giling kopi dengan ukuran 18 hingga 20 gram.
  3. Masukkan hasil gilingan kopi ke dalam mesin espresso atau mesin aeropress kamu.
  4. Jika kamu menggunakan ukuran 18 gram kopi, masukkan air sebanyak 60ml. Jika kamu menggunakan aeropress, gunakan perbandingan 1:3.
  5. Masukkan espresso ke dalam server atau wadah penyajian.

Membuat Foaming Milk

Membuat foaming milk bareng-bareng pasangan misalnya di rumah, bisa banget jadi jalan untuk menguatkan ikatan keluarga. Jadi harus banget nih dicoba teman-teman. Berikut langkah-langkah untuk membuat foaming milk
  1. Untuk membuat foaming milk, panaskan terlebih dahulu Omela Foaming Milk hingga 90 derajat dengan durasi 1 hingga 2 menit.
  2. Press 240 ml susu dengan French press. Pastikan susu yang keluar ada busanya, ya. Nah, buih tersebut menghasilkan tekstur yang dicari saat mencicipi latte. Tekan mesin untuk menghasilkan susu kurang lebih 1 menit.

Meracik Latte

Nah, untuk yang terakhir adalah meracik latte-nya. Untuk tahapan pembuatannya yaitu:
  1. Untuk meracik latte, tuang susu panas ke dalam espresso secara perlahan dan jangan sampai kepenuhan agar tidak tumpah.
  2. Perbedaan cappuccino dan latte adalah latte tidak perlu ditambahkan garnish.

Keunggulan Omela Foam Professional Milk Dalam Membuat Latte Art

Omela foam profesional milksumber: https://www.omela.com/

Dalam membuat Latte Art, rekomendasi terbaik untuk membuat foaming milk-nya adalah dengan menggunakan Omela Faming Milk for Profesional. Omela Foaming Milk for Professional memiliki beberapa keunggulan, seperti:
  • Busa yang dihasilkan lebih shiny, lembut, tebal dan juga stabil hingga 30 menit.
  • Rasa Omela Foaming Milk for Professional lebih natural karena tidak mengandung gula tambahan, sehingga memberikan rasa akhir yang medium sweet dan medium creamy.
  • Susu Omela Foaming Milk for Professional cocok untuk membuat minuman hangat seperti cappuccino, latte, Flat White, hingga Mocha. Kamu juga bisa membuat menu Kopi Susu Gula Aren.
  • Susu Omela Foaming Milk for Professional dapat disimpan sampai dengan 9 bulan di suhu ruangan dan kemasan yang belum dibuka.
  • Jika kamu menggunakan Omela Foaming Milk for Professional, kamu hanya perlu mendinginkan susu ini sebelum digunakan, jadi kita tidak perlu simpan di chiller. Hemat listrik, deh!
  • Harga Omela Foaming Milk for Professional pun terjangkau.

Nah, itu dia cara membuat latte art. Jangan lupa, beli produk dari Omela yaitu Omela Foaming Milk for Professional untuk membuat latte art. Dengan OMELA Foaming Milk mampu menciptakan microfoam yang shiny, lembut, tebal dan stabil hingga 30 menit dengan warna yang pas, tidak terlalu putih dan tidak terlalu gelap.

Jika dirasakan, OMELA Foaming Milk Professional tidak mengandung gula tambahan sehingga netral dan memberikan rasa akhir yang balance antara medium sweet dan medium creamy.

Foaming milk juga memiliki keunggulan yaitu jangka waktu penyimpanan yang lebih panjang hingga 9 bulan pada suhu ruangan dalam kondisi kemasan belum dibuka.

OMELA Foaming Milk Professional hanya perlu didinginkan di dalam kulkas dengan suhu 4 derajat celcius sebelum penggunaan, sehingga tidak memerlukan penyimpanan di chiller dan membuat pemilik bisnis kopi menjadi lebih hemat operasional listrik.

Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan OMELA Foaming Milk for Professional dengan harga terjangkau mulai dari Rp 16.500.

Omela ini produknya lumayan beragam. Selain Omela Foaming Milk for Profesional, ada juga Omela Krimer Kental Manis. Omela Krimer kental manis juga bisa digunakan untuk banyak jenis makanan dan masakan, termasuk untuk ditambahkan dalam membuat ayam goreng gurih. Yuk dicoba juga.

Related Posts

24 komentar

  1. Kayaknya kok enak minum latte sore sore dari Omella...harganya cukup bersahabat sama kantong dan bisa sekalian nyobain latte art ga mawi harus jadi barista hehe...Ini cocok banget buat nyante kalau kerjaan uda beres dan saatnya ngopi time ditemenin sama cemilan kue kue kering...mantab

    BalasHapus
  2. Kalau kata teman yang dulu pernah bikin Latte Art, awalnya memang agak sulit karena belum terbiasa. Tapi kalau udah sering buat, bakal lancar jaya dan hasilnya bagus.

    BalasHapus
  3. Saya paling suka melihat latte art. Dan sebenarnya bisa membuat sendiri ya, Mas. Asalkan bahannya siap semua.
    Hanya memang untuk bisa membuat latter art itu, perlu latihan terus. karena kelihatannya mudah, tapi susah bikinnya hehehe.

    BalasHapus
  4. Awal-awal kemunculan di Indonesia terkait latte art ini suka terpesona loh. Kok bisa ya kopi yang disajikan dibuat menarik begitu. Pas lihatnya juga butuh ketelatenan yang luar biasa. Hingga tersadar memang harganya juga tidak biasa.

    BalasHapus
  5. wah cantik banget, kalau begini bisa lama minum kopinya disayang-sayang minumnya..btw bisa ya bikin latte art di rumah kalau ada mesin espresso nya tentu saja

    BalasHapus
  6. Aku juga pernah bikin kopi darii Omela ini, lebih nendang rasanya emangg.
    Enak banget ya Kang. Gaperlu beli kreamer lagi wkwkwkwk

    BalasHapus
  7. Baru tahu ternyata susu yang digunakan dalam latte art namanya foaming milk. Saya kira susu kental biasa

    BalasHapus
  8. Karena bukan penggemar kopi jadi tau ternyata untuk membuat desain bagus di atasnya itu pakai foaming milk. Pinter yaa yg bikin desain2nya...(gusti yeni)

    BalasHapus
  9. Aku pernah diajak bikin latte art gini. Ngelihat aja kayaknya gampang. Tapi pas coba sendiri, waduh berantakan. Ga berbentuk sama sekali. Malah kayak campur dgn kopinya. Haha. Mgkn baru dikasih 1 kesempatan kali ya. Coba kalo bikin sendiri kayak gini. Bisa kalah deh barista2. Wkwkw

    BalasHapus
  10. wah jadi tahu banyak soal per latte-an kak, saya biasanya hanya liat aja saat ke cafe dan sekarang jadi tahu ya alat-alat yang diperlukan dan saya suka sekali melihat seni seperti ini

    BalasHapus
  11. Pernah nanya ke barista di coffee shop dan hotel (karena aku suka ngopi), ternyata mereka lama loh belajar bikin latte art. Jadinya kalau minum kopi yang ada latte art-nya, aku suka hati-hati, sruput dikit-dikit... :))

    BalasHapus
  12. Latte art emang enak
    Cantik juga bentuknya
    Ini pesanan favoritku saat ke coffe shop

    BalasHapus
  13. Wah wah... sudah bisa di ajak buka cafe nih.. apik hasinya.

    BalasHapus
  14. Coffee latte, udah lama pengen bikin, cuma belum tahu bahannya apa aja untuk foam nya. Pas banget nih, mampir di sini jadi dapat jawaban

    BalasHapus
  15. Baru tahu ada Omela yang bisa buat latte art. Perlu dicoba nih pak yo. pernah lihat ponakan bikin latte art sih, cakep bener.

    BalasHapus
  16. Pengen langsung minum aja nih. Soalnya kalo bikin, harus beli alat-alatnya dulu. Kopi pake kental manis emang tambah enak.

    BalasHapus
  17. Satisfying banget melihat seni dalam secangkir Latte Art.
    Dan kini bisa menggunakan produk dari Omela yaitu Omela Foaming Milk for Professional untuk membuat latte art. Makin banyak latihan untuk bisa membuat latte art yang indah.

    BalasHapus
  18. wah ternyata bisa ya bikin latte art sendiri di rumah, jadinya bisa ngopi-ngopi cantik nih di rumah. tapi aku kadang kalau beli atau liat temen beli kopi latte art gitu suka gak tega kalau diminum wqwq

    BalasHapus
  19. Aku suka banget coffee latte. Tapi kalau bikin hiasan cantik gitu kayaknya gak bisa. Butuh yg ahli. Saya bagian minumnya aja. Wkwkwk

    BalasHapus
  20. Suka banget sama kopi. Apalagi buat latter art. Seru banget. Sayangnya skrg masih stop minum kopi dulu gk sesering dulu hihihi

    BalasHapus
  21. Latte art tuh menarik banget buat dicoba. Krna selain menghibur mata, latte art tuh bikin vibes santuy ngopinya lebih dapet. Belum nyoba bikin sendiri soalnya takut rusuhh nih hahaha

    BalasHapus
  22. nyerah deh saya kalau disuruh bikin latte art, pernah nyobain tapi gagal maning! hahaha. mungkin karena saya gak pakai Omela Faming Milk for Profesional kali ya, hahahaha.

    BalasHapus
  23. Latte art minuannya anak muda. Saya hanya familiar dengan kopi hitam. He he ....

    BalasHapus
  24. walaupun aku gabisa minum kopi, tapi aku suka banget melihat pembuatan latte art :D

    BalasHapus

Posting Komentar