Blog Plan 2022: Bikin Blogmu Makin Terencana

26 komentar
My 2022 blog plan

Tahun 2021 segera berakhir. Adakah teman-teman bloger yang membuat blog plan 2022?, atau santai saja biarkan menulis mengalir begitu saja sesuai mood?.

Tak ada yang salah dengan keduanya, karena ini masalah pilihan. Tapi membuat blog plan 2022 ada baiknya juga, agar proses ngeblog kita makin terencana dan terarah. Kalaupun ada perubahan rencana di perjalanan, lumrah saja. Namanya juga rencana.

Blog Plan 2022

Blog plan adalah rencana menulis di blog yang kita susun dalam jangka waktu tertentu, baik tahunan, bulanan, pekanan, maupun mingguan. Tujuan dibuatkannya blog plan adalah agar proses menulis terarah dan terencana.

Membuat blog plan akan sangat membantu untuk para blogger yang belum konsisten menulis secara berkala. Dengan blog plan setidaknya kita akan merasa diingatkan akan rencana yang kita hutangkan pada diri sendiri.

Pada blog yang mempunyai niche gado-gado, pembuatan blog plan akan sangat membantu agar tema tulisan antara label satu dengan yang lainnya seimbang dalam hal kuantitasnya. Tidak jomlang satu sama lain.

So, dengan mempunyai blog plan, kelak kita tinggal eksekusi menulis dibandingkan dengan tidak yang terencana, di mana kita harus memikirkan tema apa yang akan ditulis. Jadi menghemat waktu kan?.

Jika membuat perencanaan untuk blog selama satu tahun masih terasa berat, kita bisa membuat blog plan dengan jangka waktu bulanan atau pekanan. Berikut contoh blog plan pekanan versi saya di pekan ke 3 bulan Desember 2021.

rencana blog pekanan

Untuk contoh blog plan tahunan, saya contohkan membuat rencana secara global. Here it is.

blog plan

Berbicara tentang blog plan, seorang teman blogger, Tri Putri Yuniarti berpendapat

Menurutku memang membuat content planner itu berat. Apalagi buat untuk 1 tahun. Tapi dari situ sebenarnya banyak kemudahan yg didapatkan, seperti nggak pusing mikir "besok nulis apa lagi ya?"

Ada juga pendapat teman blogger lain tentang blog plan ini. Namanya Anisa Kemala, biasa menulis di kemalannisa.site. Ia menuturkan

"Selama saya blogging (dari blog yang lama hingga sekarang) saya belum pernah membuat blog plan. Dan itu memang membuat saya jadi tidak punya tujuan blogging, akhirnya artikel seadanya dan semaunya. Setelah tahu manfaat blog plan ini dan melihat blog teman-teman yang aktif , rapih dan terstruktur, saya termotivasi untuk bisa seperti itu. Jadi kali ini saya punya tujuan akhir yang lebih baik untuk blog saya dan saya mulai lewat membuat blog plan".

Apa Blog Plan 2022 Versimu?

Setiap orang pasti mempunyai perencanaan versinya masing-masing. Begitu pun seorang blogger dalam membuat perencanaan blognya.

Sebagai contoh, Teh Eka Fitriani Larasati, seorang blogger di mamajokaa.com mempunyai blog plan versinya. Berikut blog plan-nya.

rencana blog teh eka untuk 2022

Lebih dalam, Blogger yang biasa disapa Eka ini menuturkan tentang blog plan

"Mamajokaa lahir sebulan yang lalu atas dasar pertimbangan niche. Blog yang sebelumnya (artjoka.com) adalah blog dengan niche gado-gado akan dikembalikan ke konsep awal yaitu niche seni dan desain. sehingga artikel terkait momblogger lifestyle akan di muat di mamajokaa. untuk itu, sebuah blog plan tentu akan di butuhkan. Blog plan yang dibuat untuk mamajokaa merupakan bagian dari blog plan yang dibuat bersamaan dengan artjoka  agar planning detailnya terlihat dan bisa dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan konsep blog.

Beruntung bisa mengikuti kelas SEO dari BRT Network Desember ini, karena mendapat materi yang menjadi pengetahuan baru dan kebingungan saya terkait seo mulai tersingkap. selain itu, saya juga bertemu teman-teman blogger baik yang sudah lama saya kenal maupun yang baru, pertemanan yang membawa pengetahuan baru dan pengalaman baru juga".

Kalau teman-teman masih perlu referensi lain tentang contoh blog plan untuk tahun 2022, ada versinya kak Siska Dwyta nih. Ia adalah blogger teknologi dan dunia blog di siskadwyta.my.id

rencana blog siska

Blog plan Kak Siska ini detail, sampai goal yang ingin dicapai pada tahun 2022 terpampang dengan jelas.

Ngobrol Blog Plan di Kelas BRT Network

Di bulan Desember ini, Blog Ruang Tunggu (BRT) Network sedang mengadakan kelas blog dan bersyukur banget bisa ikut didalamnya. Nah, di akhir pekan kedua kemarin ada materi tentang blog plan yang di bawakan oleh Mom Cupuer, Marita Surya Ningtyas.

Pemateri kali ini luar biasa. Mbak Marita, di sela-sela kesibukannya membersamai dua buah hatinya masih sempat membuat blog plan yang sangat detail. Istri dari blogger dan programmer Martin Setiawan ini sangat spesifik mencontohkan blog plan miliknya.

Di kelas BRT Network ini para peserta dibuatkan kelompok-kelompok kecil. Di kelompok kecil ini jadi ajang diskusi lanjutan setelah mendapat materi di kelompok utama atau kelompok besar.

Alhamdulillah, senang rasanya berada di kelompok yang kompak dan saling membantu. Terkait blog plan saja pembahasannya jadi seru. Kita saling memberi pendapat apa keuntungan mempunyai blog plan dan juga memberi pendapat ke blog plan teman-teman lain tentang kekurangan dan kelebihannya.

So, teman-teman lebih suka menulis ketika ada ilham saja atau tipe yang membuat rencana?. Sekali lagi, tidak ada masalah dengan keduanya, karena ini masalah pilihan. 

Kalau mau mencoba membuat blog plan, paling enak memang kalau ada teman untuk diajak diskusi tentang perencanaan ini. Seperti saya dan teman-teman blogger yang saat ini sedang mengikuti kelas blog dari BRT Network, diskusi membuat blog plan membuat obrolan jadi hangat dan seru.

Related Posts

26 komentar

  1. saya merasakan sendiri kalo menulis tanpa ada rencana atau penjadwalan bakaan bingung mau nulis dengan kata kunci apa ataupun topik yang ingin dibahas hehe

    BalasHapus
  2. Preparing is better than nothing. Klo g diprepare kadang bingung ngerisetnya kak. Dan itu yang sering aku alami. Akhirnya postingnya delay, delay terus.. 😂

    BalasHapus
  3. Bagusnya memang hrs punya plan agar tdk melenceng. Tapi kalau ngeblog/menulis sdh jadi passion ...... seolah-olah sdh ada insting yg menuntun. Menulis tdk selalu hrs menunggu ilham/ide datang atau sibuk memikirkan hrs memakai kata kunci apa.

    BalasHapus
  4. Sepertinya memang perlu bikin blog plan ya. Kalau saya lihat beberapa contoh blogplan di atas ada yang spesifik sekali dan ada yang general garis besar. Mungkin saya coba mulai dari yang plan secara garis besar ya karena niche blog traveling agak susah bikin blogplan tulisan yang spesifik sebab menyesuaikan kapan kemananya. Hehe. Apalagi saya kurang pede mau nulis tentang tips atau rekomendasi.

    BalasHapus
  5. Sangat membantu sekali informasi ini, sebab merencanakan sebuah rencana post konten di blog itu sangat penting bagi seorang blogger

    BalasHapus
  6. sepertinya saya juga mau buat ikut membuat blog plan, supaya lebih banyak kemajuan di blog saya kedepannya :)

    BalasHapus
  7. Semua akan berjalan lancar dengan rencana. Semangat blogger blogger hebat

    BalasHapus
  8. Bikin yearly blog plan emang berat, tapi dari situ nantinya kita bisa evaluasi apa aja yang belum sesuai target. Semangat pak.

    BalasHapus
  9. Asyiiikk mas yonal udah berapa postingan yang keindex nih? Aku jg beberapa blog blm diterima adsense hikss apa mujur2an yakk

    BalasHapus
  10. Desember ngomongin blog plan 2022 kayaknya pas banget ya. Apalagi kalo ngobrolnya bareng-bareng kawan BRT dan coach-coachnya yang oke punya.

    BalasHapus
  11. Aku harus buat blog plan nih... dan susah banget keluar dari situasi sibuk,, ya mudahan dengan blog plan ini aku bisa menjadwal kegiatan saya ngeblog,

    BalasHapus
  12. Aku suka buat blog plan, seru banget brainstorming ide-ide buat postingan. Bank ide pun bertambah, tinggal eksekusinya aja, semoga dimudahkan..

    BalasHapus
  13. iya nih mas, kadang saya bingung mau nulis apa, coba buat blog plan kayaknya bantu. terima kasih infonya mas...

    BalasHapus
  14. keren-keren mas blog plannya, simple tapi menarik dan tentunya secara informasi sangat jelas

    BalasHapus
  15. Keren deh blog plannya pak, kudoain semoga terwujud yaa Pak Yo, yang paling utaama ku doakan menang lomba yaa, keju deh bareng aku ya menangnya hihi

    BalasHapus
  16. Wahh,, sebentar lagi udah 2022..
    Penting banget nih ya buat blig plan seperti ini.. Semoga planning" berikutnya bisa terwujud.. Aamiin..

    BalasHapus
  17. Iya mas, bener banget...mumpung masih untup2 tahun 2021, ada baiknya dibuat blog plan yang matang. Setidaknya ada arah atau gambaran, nih blog mau dibawa ke mana.

    Aku setuju sama plannya mbak sisca yang ngeplan juga goalnya di 2022.

    Better aku juga mulai bikin planningku nih. Makasih inspirasinya mas.

    BalasHapus
  18. aku kayaknya ngalir aja deh buat 2022 soalnya kerjaan di dunia nyata banyak banget huhu
    tapi kalau buat lay out tulisan masih tetep deh biar lebih cepet eksekusinya mas
    bener kalau mau lebih asyik ngobrol bareng temen seputar blogging

    BalasHapus
  19. Saya di awal tahun kemarin juga buat rencana isi blog nya kang. Tapi ternyata hanya sebagian saja terlaksana, sebab satu dan lain hal. Jadi, ngalir aja hehehe 😁

    BalasHapus
  20. Nah, saya termasuk blogger yang ngga pernah bikin plan. Mungkin karena itu blog saya masih gado-gado, update semau-mau. Tapi membaca artikel ini dengan berbagai rencananya memberi saya inspirasi. Meski belum bikin plan, setidaknya saya mulai berbikir, apa yang saya inginkan terhadap blog tahun depan.

    BalasHapus
  21. plan nya luar biasa mas yonal, aku sedihh, dulu rajin sekarang malah banyak melesetnya kalau bikin blog plan
    padahal dalam hati udah diniat-niatin ehh tetep aja meleset
    sebenernya kalau dibuat plan gini jadi tau arah blog mau dibawa kemana ya

    BalasHapus
  22. semoga mas lebih sukses dalam tahun 2022

    BalasHapus
  23. Pertama kali saya datang blogwalking disini. Wah penulisannya sangat amazing dan lengkap. Semoga sukses selalu bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung abang. Semoga bermanfaat and good luck for you too

      Hapus
  24. Pada tinggi2 amat yaaa blog plan 2022 nyaa 😅. Jadi malu Ama plan blogku , terlalu simple 🤣🤣.

    Aku sendiri masih fokus dulu hanya utk konsisten nulis 2minggu sekali mas 😄. Soalnya bentrok Ama kerjaan aja yg bikin ga bisa lebih sering nulis. Kalo masalah DA/PA, jujur ga aku pikirin Krn memang blogku blm pengen di monetisasi. Jadi ga terlalu peduli Ama statistik sih. Nantilah kalo memang banting setir menjadikan blog ladang kerjaan, baru aku bakal fokus banget Ama blog ini 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap blogger punya goal masing-masing. Punya pilihan masing-masing masalah waktu menulis sampai masalah DA/PA.
      Jujurly, suka banget dengan Blog Mbak Fanny yang fokus dengan niche-nya. Nulisnya ngalir dan bacanya santai

      Hapus

Posting Komentar