a journey

Membuat Blog Plan 2021

18 komentar

my 2021 blog plan


Tak terasa bulan Desember sudah berada di penghujung, ini pertanda 2020 akan segera meninggalkan kita, berganti masa dengan 2021. Biasanya mengawali tahun baru, setiap orang akan mempunyai resolusi yang ingin dicapai pada periode satu tahun yang akan datang, begitu pun bagi para blogger, tentunya masing-masing sudah mempunyai blog plan untuk blognya masing-masing, agar blog tetap hidup dengan konten-konten terbaik yang dibuat para narablog.

Apa itu Blog Plan?

Di kelas blogspedia coaching batch 1 yang diadakan oleh coach tunggal Marita Ningtyas, pada minggu ke empat Desember, kebetulan kelas diberi materi tentang membuat content plan untuk blog. Bagi teman-teman yang penasaran seperti apa materinya, berikut beberapa resume dari materi tersebut.

Intinya, blog plan adalah rencana yang kita susun untuk membuat konten-konten dalam jangka waktu tertentu, baik tahunan, bulanan, mingguan, maupun harian. Pembuatan blog plan ini berfungsi agar kita lebih teratur dalam masalah jadwal pembuatan konten blog kita, bukan reaktif atau bahkan membuat konten hanya berdasar kondisi mood belaka.

Pembuatan blog plan sangat bermanfaat untuk membantu kita belajar konsisten dan teratur dalam membuat konten untuk blog. Konsistensi sendiri bisa berdasar pada kemampuan masing-masing, bisa mungkin membuat konten setiap hari, dua hari sekali, seminggu dua kali, atau mungkin hanya satu konten dalam satu minggu.

Untuk yang mempunyai blog dengan niche life style atau gado-gado, pembuatan blog plan akan lebih membuat konten kita seimbang dengan membuat jadwal masing-masing kategori secara bergantian, Jadi, tidak akan jomplang antara satu konten dengan konten lainnya dari segi jumlah.

Hal yang juga menjadi kemanfaatan membuat blog plan adalah dapat menghemat waktu. Ketika orang lain masih berpikir tema apa yang ingin dibuat untuk konten blog, kita yang mempunyai blog konten sudah mempunyai data dan jadwal yang sudah kia siapkan untuk konten di blog plan yang kita susun.

Cara Membuat Blog Plan

Untuk menuangkan ide-ide secara garis besar yang ingin dituangkan dalam blog, kita sebagai blogger bisa membuat kerangka atau out line rencana dengan cara yang bisa kita pilih senyaman mungkin berdasarkan kebiasaan kita.

Blog Plan Manual

Bagi yang menyukai menuliskan ide-ide di kertas kerja atau mungkin di buku jurnal, hal itu sangat bisa dilakukan. Tipe seperti ini disebut dengan blog pan manual. 

Blog Plan Printable

Bagi yang lebih suka ide-ide yang dituliskan di pampang di dinding ruang kamar, bisa mengadaptasi tipe printable, yaitu dengan mengeprint contoh-contoh latar untuk blog plan yang banyak tersedia di situs-situs penyedia gratis seperti pinterest atau canva, kemudian kertas print out tersebut dapat kita jadikan dasar untuk kita buatkan rencana-rencana untuk konten blog.

Blog Plan Digital

Terakhir, untuk yang tidak suka ribet dengan kertas-kertas, bisa membuat blog plan versi digital. Pilihan untuk membuat blog plan digital sangat beragam, bisa menggunakan desain dari canva, atau beberapa aplikasi android juga sudah banyak menawarkan untuk membantu membuat blog plan. Yang paling sederhana, kita bisa membuat dengan excell di komputer kita, kemudian upload ke drive agar lebih mudah dipantau secara on line.

Ini Blog Plan 2021-ku

Sejatinya setiap orang ingin mendapatkan sesuatu yang lebih baik setiap tahunnya atau mengalami perkembangan yang signifikan dalam segala hal yang dicita-citakan. Demikian pun dengan dunia blogging, pastinya kita berharap kemanfaatan konten kita akan benar-benar teras oleh setiap pembaca yang berkunjung ke blog kita.

Momen pergantian tahun yang sebentar lagi akan datang, menjadi salah satu batu loncatan untuk membuat resolusi agar kita terus termotivasi untuk terus berbenah memperbaiki diri agar terus positif dalam menghadapi masa depan. Hal yang juga krusial sebelum menatap masa depan adalah dengan mengevaluasi perjalanan kita ke belakang, sehingga kita bisa membuat perbaikan-perbaikan bertahap dari beberapa hal pernah kita alami sebelumnya.

Untuk tahun 2021, beberapa blog plan yang saya jadikan tabungan doa adalah:

  • Terus belajar tentang blogging
  • Konsisten dalam membuat konten blog
  • Merevisi konten lama
  • Menyinergikan dua profesi yang digeluti antara teacher and blogger 
  • Membuat konten blog menjadi salah satu media pembelajaran on line

 
rencana ngeblog tahunan

Untuk blog plan secara garis besar seperti di atas, bisa kita pecah lagi menjadi rencana dalam bentuk bulanan, mingguan, atau bahkan harian.

Untuk contoh blog plan mingguan bagi yang mempunyai niche life style, saya membuat pekan akhir Desember yang menyambung ke awal januari 2021

  • Senin, 28 Desember 2020, membuat konten untuk niche family dengan topik 10 tahun berkeluarga.
  • Selasa, 29 Desember 2020, membuat konten untuk niche pendidikan dengan topik persiapan pembelajaran semester dua di masa pandemi.
  • Rabu, 30 Desember 2020, membuat konten untuk niche humaniora dengan tema tahun baru
  • Kamis, 31 Desember 2020, membuat konten untuk niche Review Buku dengan tema review buku 'jalan sunyi para penulis' karya MS Wijaya.
  • Jumat, 1 Januari 2021, membuat konten pada niche review film dengan tema review series siren
  • Sabtu, 2 Januari 2021, membuat konten untuk niche blogspedia dengan tema blogspedia coaching batch 1

blog plan mingguan

Demikian resume tentang apa itu blog plan, manfaat, dan contoh tentang membuatnya sebagai rencana dasar untuk kita bisa terus belajar konsisten dalam menulis dan menghasilkan konten-konten terbaik yang bisa kita buat. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi motivasi untuk terus menulis sebagai bentuk riil sumbangsih kecil kita pada dunia literasi di bumi pertiwi.



Related Posts

18 komentar

  1. Sungguh kaduhung nggak maksa ikut kelasnya Mbak Marita. Sampe sini kan jadi hanjakal Pak.. pada bikin Blog Plann. Ari aku bikin apa atuh ya.

    BalasHapus
  2. Mantap sekali pak yonal... Kereeen blog plan nya...

    BalasHapus
  3. Sukses dengan plannya ya dan tahun depan lebih baik lagi. Aamiin

    BalasHapus
  4. Semoga rencana di tahun 2021 bisa terwujud ya pak :)

    BalasHapus
  5. Ditunggu postingan yang tgl 29 Desember, Pak. Mau mencari inspirasi dari Bapak. Hehe..

    BalasHapus
  6. Eh, kok saya berasa sedang membaca blog plan milik saya. hehe, nasib blogger yang juga guru, plannya tak jauh dari itu. semangat pak guru!

    BalasHapus
  7. mantap kali pak Yonal, setiap kali aku buntu selalu cari inspirasi kesini dan langsung bersinar-sinar kepalaku halah xDDD sukses terus pak Yonal, semoga plannya tahun depan bisa tercapai semuaa

    BalasHapus
  8. pak yonal, aku menantikan tulisan 10 tahun berkelurganya yaa 😁😁

    BalasHapus
  9. Wuih keren pak planning2 nya,,,
    Semangat pak, semoga terealisasi😁

    BalasHapus
  10. Mantap Pak, sudah buat content plan nya secara detail. Di tunggu tulisannya, hehe

    BalasHapus
  11. semoga blog plane nya terealisasi pa, sukses selalu

    BalasHapus
  12. "Menulis Itu Perjuangan".. Ditunggu tulisannya pakk

    BalasHapus
  13. Resumenya sederhana tapi mengena, runtut juga jadi memudahkan memahami materi,sukaa. btw saya adopsi kalimat "coach tunggal"nya ya pak yonal ..

    BalasHapus
  14. Wah. Rencananya publish One Day One Post ya, Pak. Mudah-mudahan terealisasi ya, Pak.
    Kalau saya susah banget mau ODOP.
    Paling banter 1 minggu 1 cerita, eeaa..
    Salam kenal, Pak.

    BalasHapus
  15. Seru nih blog plannya, ditunggu eksekusinya bapak

    BalasHapus
  16. Saya membuat blogplan di Canva. Memang seringnya tidak sesuai dengan DL, apalagi jika di tengah ada penambahan. Namun, konten biasanya tetap saya kerjakan walau ada keterlambatan.

    Bulan Desember lalu, saya pernah mencoba tanpa editorial calendar. Hasilnya di bulan itu minim tulisan dan tentu saja berpengaruh dengan jumlah pengunjung. Sedih aja gitu kalau udah nulis tapi pengunjung nol wkwkwk.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email