a journey

Keseruan Short Course Gratis: 30 Juta Pertama Dari Blog

22 komentar
hari blogger nasional

Oktober segera berlalu. Bulan ini sangat istimewa, karena banyak tanggal-tanggal perayaan didalamnya. Beberapa diantaranya, ada Hari Santri Nasional pada 22 Oktober, Hari Blogger Nasional pada 27 Oktober, dan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober.

Berkenaan dengan Hari Blogger Nasional, ini adalah tahun kedua saya mengetahuinya sebagai seorang blogger. dan tahun ini saya mengisi Hari Blogger Nasional dengan belajar mengikuti kelas Short Course Gratis, 30 Juta Pertama Dari Blog yang diadakan oleh tiga blogger kenamaan Shafira Adlina, Jihan Mawaddah, dan Abdul Rozak.

30 Juta Dari Blog. Mungkinkah?

Saya pertama kali mengetahui ada acara Short Course ini dari laman facebook-nya Mbak Jihan dan auto ikut. Tertarik karena ada tiga materi yang akan disampaikan oleh tiga pakar di bidangnya. Tiga materi itu adalah:

  • Cara menulis artikel yang menarik oleh Mbak Shafira Adlina
  • SEO dan tips menang lomba blog oleh Mbak Jihan Mawaddah
  • Google adsense dan SEO dari Mas Abdul Rozak

Tentang judul short course yang membawa nominal 30 juta dari blog, agak ngeri-ngeri sedap juga membacanya. Tapi memang tiga narasumber acara ini adalah para blogger yang luar biasa dan mungkin mudah mendapatkan cuan begitu banyaknya dari blog bagi mereka, apalagi beberapa waktu lalu baru membaca tulisan Mbak Jihan yang membahas hal tersebut di blognya.

Pemateri Short Course 

Sebelum membicarakan tentang materi-materi yang diberikan di short course ini, kenalan dulu yuk dengan tiga narasumber di acara yang diadakan secara virtual melalui Zoom Meeting dan whatsapp group ini.

  1. Shafira Adlina. Blogger yang banyak membahas tentang parenting, keluarga, dan relationship di ceritamamah.com. Ia lahir dan besar di Bekasi, kemudian hijrah ke Ibukota ketika ia mendapatkan beasiswa dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI). Selain sibuk sebagai blogger, ia juga adalah seorang asesor dan fasilitator di bidang pendamping UMKM dan pelaksana ekspor. Penghargaan di bidang kepenulisannya di blog sudah banyak, mulai dari juara favorit sampai juara umum.
  2. Jihan Mawaddah. Saya pertama kali mengenalnya di komunitas One Day One Post (ODOP). Beliau adalah salah satu senior yang sering membagikan ilmunya tentang blog di ODOP Blogger Squad. Pernah mengetik nama lengkapnya di mesin pencarian, dan yang keluar adalah deretan nama-nama Mbak Jihan yang memenangkan berbagai lomba Blog skala nasional. Selain sebagai seorang blogger, beliau juga adalah seorang penyuluh spesialisasi narkoba di Kementerian Agama.
  3. Abdul Rozak. Pria yang tinggal di Blitar ini adalah salah satu orang yang berada di belakang layar Inspiratips Media Group. Lulusan Universitas Muhammadiyah Malang ini adalah suami dari Arin Al-Aziz.

Rangkuman Materi Short Course

short course

Kondisi Sukabumi yang sedang sering diguyur hujan akhir-akhir ini membuat sinyal naik turun, dan itu berimbas ketika mengikuti materi short course melalui Zoom Meeting yang sering tiba-tiba terputus koneksi, keluar masuk dari acara. 

Efek dari seringnya terputus koneksi di Zoom Meeting mengakibatkan susahnya mengikuti materi dengan fokus. Tapi tetap semangat sih, karena memang pembahasannya seru, walau tidak bisa diikuti secara full.

Cara Menulis Artikel Yang Menarik

Hari pertama short course bertepatan dengan hujan yang sedang mengguyur Sukabumi. Walhasil, susah sekali masuk ke Zoom Meeting karena kondisi internet yang tidak stabil.

Di tengah kegabutan karena masalah signal, beberapa yang dapat ditangkap dari pemaparan Mbak Shafira Adlina adalah bahwa untuk membuat sebuah tulisan yang menarik memang tidak akan serta merta begitu saja, tetapi butuh usaha untuk membuatnya dengan rumus paksa-latih-biasakan. Penting juga menghilangkan kebiasaan negatif yang akan membatasi diri dalam berekspresi menyusun tulisan.

Hal-hal kecil yang perlu diperhatikan adalah ukuran font di blog kita, apakah sudah nyaman untuk dibaca. Lainnya adalah mempermanis artikel dengan foto dan infografis serta sub heading agar pembaca lebih nyaman.

SEO dan Tips Menang Lomba Blog

Di hari kedua, materi tentang SEO dan Tips Menang Lomba Blog dibawakan oleh Mbak Jihan Mawaddah. Beliau menerangkan pentingnya artikel SEO yang dibuat oleh seorang blogger. Menurutnya, tulisan akan sampai ke audiens jika ada intensi dari audiensi itu sendiri, dan untuk mendapatkan intensi tersebut adalah berdasarkan keyword yang ada dalam setiap postingan blog.

Then, tips untuk menjadi tulisan yang tampil di halaman pertama google, ada tiga jalan yang bisa dicoba:

  • Define. Yaitu menegaskan topik yang ditulis dalam artikel
  • Riset. Menulis tentang kata-kata yang banyak dicari orang di google
  • Optimasi konten dengan keyword, mulai dari judul, paragraf awal sampai akhir, juga file dan caption pada gambar atau foto yang disertakan dalam postingan.
Tentang tips tulisan untuk memenangkan lomba, Mbak Jihan memberikan beberapa catatan. Diantaranya:
  • Mempelajari tulisan seperti apa yang diinginkan oleh penyelenggara lomba
  • Mempelajari tema lomba dan melakukan riset untuk bahan tulisan yang akan dilombakan
  • Menulis dengan sudut pandang yang unik
  • Mengaitkan pengalaman pribadi dengan tema yang sedang ditulis
  • Melengkapi tulisan dengan gambar dan infografis yang menarik
  • Menyertakan data pendukung untuk memperkuat opini
  • Memastikan ada hikmah dan manfaat dari setiap tulisan yang kita buat
  • Jangan lupa berdoa

Google Adsense dan SEO

Di hari terakhir, materi yang disajikan adalah tentang google adsense dan SEO yang dibawakan oleh Mas Abdul Rozak. Dalam pemaparannya, ia membahas bagaimana cara membuat artikel yang friendly untuk adsense dengan mengoptimasi SEO-nya, dengan cara:

  • Memfokuskan Niche. Tujuannya adalah untuk memudahkan branding, mendapatkan trafik, dan bounce rate yang rendah.
  • Membuat artikel berdasarkan keyword hasil dari riset, dengan memperhatikan volume, paid difficult, dan juga SEO difficult.
  • Membuat pilar keyword dan golden keyword. Artikel yang memuat pilar keywors adalah tulisan yang jumlahnya lebih dari 2000 kata dengan standar 4 sub judul, sedangkan artikel golden keyword adalah tulisan dengan jumlah lebih kurang 500 kata.

Penutup

Setiap blogger mempunyai alasan tersendiri untuk menulis di blog pribadinya masing-masing, mulai dari menjadikan blog sebagai tempat untuk mencurahkan perasaan, memberikan informasi, sampai menjadikannya ladang penghasilan. Apa pun itu, konsistensi menulis itu sangat berharga, then ketika tulisan kita bermanfaat untuk para pembacanya it's more priceless. Terakhir, jika tulisan kita bisa mendatangkan cuan?, why not?!. Syukuri saja.

Terima kasih kepada Mbak Shafira, Mbak Jihan, dan Mas Rozak yang telah berbagi ilmu dan pengalamannya yang luar biasa. Insight yang baru bagi saya di dunia blog dengan seluruh materi yang disampaikan maraton selama tiga hari di short course gratis 30 juta pertama dari blog.

Salam



Related Posts

22 komentar

  1. wah keren sekali ya Mas Yonal 3 pemateri blogger yang dah disebutkan di atas, sudah kelas kakap memberikan ilmu dan penghasilan dari menulis di web masing masing...tertarik banget bagaimana mengemas artikel yang menarik sih aku, soalnya aku masih belajar banget kadang kadang merangkai kata nyusun paragraf buntu banget hehehe...juga masih belepotan...pengen bisa menulis santai tapi tetap menarik sih aku huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah, tulisan Mbul mah udah luar biasa, bisa membuat tulisan panjang dan detail banget. Keren sih itu mah Mbul

      Hapus
  2. Woooaah. Keren banget nih mas sharingnya.. Semoga aku juga bisa dapet 30jt dari Blog eheehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, Kang Joe. So do I, Yuk ah sukses bareng-bareng

      Hapus
  3. Waah, bagus banget pak acaranya. Sayang nggak dapat infonya saya. Sukses terus pak guru.

    BalasHapus

  4. Wah banyak tuh. Nambah ilmunya. Saya nulis semaunya saja. tanpa CEO. Terima kasih, telah berbagi ananda Regen. Selamat malam.

    BalasHapus
  5. Setelah ikut blogspedia, saya jadi tahu cara nulis blog yang benar. Kinisaatnya naik level dengan mencoba keberuntungan ikutan lomba nulis blog. Makasih infonya kak

    BalasHapus
  6. Ikutan lomba blog nih yg aku belum pernah 😁. Ntah kenapa udh pesimis duluan hahahaha. Jadi sampe sekarang palingan cuma baca tulisan2 temen yg banyak ikutan, aku pelajari cara mereka menulisnya gimana dll.

    Kaguum sih Ama temen2 yg sering menang lomba ini. Tapi memang setelah baca tulisannya, penuh dengan infografis, wajar sih jadi juara :).

    BalasHapus
  7. Aku masih menyesal nggak bisa menyimak materi pertama, semoga next ada short course serupa dan bisa mengikuti dengan paripurna. amiin.

    BalasHapus
  8. Aku ikut sharing ini. Beneran kash insight yg bagus banget ya Pak. Apalagi sharing2nya based on experience jd lebih ngena. Kagum juga sama mb Jihan yg langganan menang. Nggak heran karena tiap lomba risetnya ga main2 saat bikin artikel :') wkwkwk semoga nyusul 30 juta kita ya pak aamiin heheh

    BalasHapus
  9. Setelah ikut short course ini langsung mangguk-mangguk paham ternyata nulis artikel harus gini dan kalau mau dapet komisi harus gini, ehe.. tercerahkan banget ya Pak ikut kursus ini, beruntung banget :D

    BalasHapus
  10. Mudah mudahan suatu saat bisa ikut kelasnya beliau beliau...
    Karena yang ikut kelasnya, faktanya gaya tulisannya pada bagus ...

    BalasHapus
  11. wah iya nih banyak insight ya pak mengikuti serangkaian acara shortcourse ini. rasanya perlu deh para suhu bikin event gini hehehe. masya allah pematerinay baik banget ya berbagi ilmu gini smga jadi amal jariyah bagi mereka dan keluarga

    BalasHapus
  12. Baca artikel ini, mengingatkan saya pada Marathon Coaching tahun lalu. Dan tahun ini, di hari blog saya tak merayakan apapun. Dududu. Btw, saya sangat sepakat dengan rumus "paksa-latih-biasakan", akan saya paraktikkan demi kemajuan nusa bangsa dan dunia perblogan. Hehe, Terima kasih Pak Yonal untuk sharingnya. :)

    BalasHapus
  13. Aku juga ikut short Course 30 juta ini pak emang banyak banget insightnya. Jadi tahu gimana 'resep' nya menang lomba ala mba Jihan. Dua pembicara lainnya juga ga kalah, semua materi yang diberikan betul-betul penting buat blogger.

    BalasHapus
  14. Wuih seru ya bisa lanjut belajar bareng ketiga orang hebat ini! Untuk urusan ilmu, jangan berhenti jadi cupu... dalam artian harus selalu kosongkan gelas biar bisa terus menimba ilmu dari mana-mana. Tapi kalau untuk urusan peningkatan, jangan cupu terus.. harus terus berkembang tiap harinya...

    Yuk pak ikutan lomba2 blog, saya juga masih memulai memberanikan diri lagi. Biasanya kalau lihat pesaing, suka keder duluan. Apalagi kalau ada mbak narsum kedua tuh, langsung mengkeret semangatnya hahaha. Jangan ditiru yaa...

    BalasHapus
  15. Masyaallah, alhamdulillah berkesempatan ikut acara keren begini. Sayang nggak sempet dapet infonya. Jadi bersyukur, lumayan nih kecipratan ilmunya di sini. Haturnuhun nya

    BalasHapus
  16. Keren mas rangkumannya, jadi lanjut kelas baru ya mas.

    BalasHapus
  17. saya pernah dengar nama Mas Abdul Rozak..

    BalasHapus

Posting Komentar