Keseruan Kelas Blogspedia Coaching

2 komentar

Kelas blog on line bagi blogger pemula

Tahun 2021 telah tiba, dan 2020 telah berlalu dengan meninggalkan banyak kenangan luar biasa. Salah satu hal yang patut disyukuri dalam menjalani momen-momen di akhir tahun 2020 adalah dapat menimba ilmu, bergabung dengan kelas Blogspedia Coaching Batch 1 yang di adakan oleh coach tunggal asal Semarang, Marita Ningtyas.

Kelas Gratis Tapi Ndaging

Bermula dari informasi di blogspedia.my.id tentang akan diadakannya kelas pembelajaran blog bagi pemula secara on line via grup whatsapp dan Google Class dengan materi yang sangat ndaging sekali, tentu saja kesempatan emas seperti itu tak boleh di sia-siakan. Maka setelah membaca beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika akan mendaftarkan diri di kelas tersebut, maka diisilah form yang telah di sediakan di blog tersebut sembari berharap dapat diterima di kelas blogspedia.

Persyaratan yang harus dipenuhi ketika akan mendaftar kelas blogspedia adalah blogger pemula dengan beberapa kriteria seperti:

  • Blog masih menggunakan blogspot.com, alias belum TLD (Top Level Domain)
  • Menggunakan blog dengan platform blogspot
  • Belum tahu tentang seluk beluk blog dan mempunyai keinginan yang tinggi untuk mempelajarinya.
  • Tidak untuk yang hanya coba-coba atau mengaku-ngaku blogger pemula
Kelas Blogspedia Coaching Batch 1 ini diadakan gratis, padahal waktu pembelajarannya lumayan lama, lebih kurang tiga bulan. Ternyata misi mulia dari Coach Marita Ningtyas ini terinspirasi setelah beliau mengikuti Kelas Growthing, dan sebagai bentuk rasa syukurnya bisa bertahan dan lulus di kelas tersebut, akhirnya dibukalah kelas blogspedia ini sebagai bentuk take and give. Prinsipnya, kalau sudah dapat sesuatu, maka harus mau juga berbagi sesuatu.
 
prinsip coach marita

Materi Super Untuk Blogger Pemula

Sebagai orang yang baru mempelajari blog, melihat silabus materi-materi yang yang dibagikan untuk peserta kelas blogspedia ini sungguh luar biasa. Walau sebenarnya blog ini telah berusia lama, namun ilmu tentang blog itu sendiri sungguh masih nol besar, maka ketika melihat judul-judul materi yang akan dipelajari selama hampir seratus hari itu, diri ini sangat antusias dan berharap bisa sampai pada titik akhir pembelajaran, karena ada peraturan ketat yang diberikan oleh Coach Marita, yaitu akan di eliminasinya setiap peserta jika tidak dapat menuntaskan setiap tugas yang diberikan setiap minggunya.

Beberapa garis besar materi yang dibagikan pada awal penerimaan peserta blogspedia adalah sebagai berikut:

  1. Materi Kemampuan Dasar & Adab Blogger dan tugas membuat essay dengan tema serupa.
  2. Mengenal Beragam Niche Blog & Istilah-istilah Blogging, di akhiri dengan tugas dengan tema niche dan istilah-istilah blogging
  3. Membuat Blog di Blogspot, tugas setela materi adalah membuat blog bagi peserta yang belum mempunyai blog.
  4. Berenalan dengan Dashboard Blogspot & Segala Fiturnya diserta dengan tugas membuat essay.
  5. Memahami Fitur Postingan di Blogspot, Tujuan: Punya kemampuan dasar untuk posting artikel, seperti bisa memasukkan gambar, memasukkan link, label, da lain sebagianya. Materi ini disertai tugas Menulis Artikel & Blogwalking.
  6. Membuat & Memunculkan Page About Me di Blogspot disertai tugas untuk membuat page about me.
  7. Membuat & Memunculkan Page Sitemap di Blogspot, dan tugasnya adalah membuat page sitemap & menulis artikel.
  8. Story Telling & Basic Copy Writing  dengan tugas Essay yang mempunyai tema serupa
  9. Menulis Artikel Ulasan Produk yang kita pilih sendiri
  10. Menulis Artikel Perjalanan/ Review Tempat Wisata
  11. Menulis Artikel How To/ Tips .
  12. Menulis Artikel Kuliner
  13. Menulis Artikel Ulasan Event 
  14. Belajar Teknis Menulis Artikel SEO Sederhana , kemudian langsung praktik membuat Artikel dengan standar SEO
  15. Materi Permak Tampilan Blog Sederhana, kemudian diberi tugas menata template pakai bawaan blogspot, tapi tetap cantik dan enak dilihat.
  16. Membuat Infografis dan Header Sederhana Pakai Canva, kemudian ditugasi membuat header blog, bikin artikel dengan infografis buatan sendiri.
  17. Permak Tampilan Blog Lanjutan, Goal: Bisa Ganti Template pakai Template Gratis, selanjutnya ditugasi Ganti template memakai template Fiksioner.
  18. Membeli dan Memasang Custom Domain di Blognya dan beri tugas untuk meng-TLD-kan Blognya masing-masing, membuat artikel & Blogwalking.
  19. Personal Branding for Blogger, dengan Tugas mengedit Bio Medsos, Menulis Artikel "Manfaat Branding untuk Blogger" & Blogwalking.
  20. Membuat Content Plan & Peluang Job untuk Blogger dan juga tugas membuat essay dengan tema serupa
  21. Tugas Akhir adalah membuat Essay selama 7 Hari berturut-turut dari 28 Desember 2020 sampai 2 Januari 2021
  22. Selebrasi kelulusan di jadwalkan pada tanggal 7 Januari 2021, berumpa di Google Meet. Coach Marita akan memberi bonus dengan akan memberi 2 Materi Bonus yang masih dirahasiakan.

no baper-baper

Terkesan sangat tegas, itulah impresi ketika membaca syarat-syarat lain dalam mengikuti kelas ini, yaitu tidak boleh  mengeluh, and no baper-baper. Peraturan itu ternyata tidak berupa gertakan semata, terbukti hampir tiap minggu, peserta yang awalnya berjumlah 50 itu mulai di tendang dari kelas satu persatu bagi mereka yang tidak dapat menuntaskan tugas yang diberikan. Sampai awal Januari ini, peserta yang tersisa lebih kirang setengah dari jumlah peserta awal.

Bersyukur dapat sampai pada titik ini, merasakan tiga bulan yang luar biasa bersama keluarga baru di kelas blogspedia. Walau peserta kelas ini di dominasi oleh perempuan, tapi alhamdulillah adaptasi dengan peserta lain dan hangatnya kekeluargaan dalam komunikasi antar peserta, membuat tiga bulan ini terasa sangat luar biasa.

Untuk teman-teman yang penasaran dengan kelas yang keren ini, pantau terus informasi di blogspedia.my.id, siapa tahu akan ada kelas blogspedia coaching untuk batch 2. Dijamin akan banyak keseruan ketika mengikuti kelas ini, sudahlah programnya gratis 100%, materinya pun ga kaleng-kaleng. 

The last, Terima kasih untuk Coach Marita Ningtyas yang sangat sabar mengajarkan kami para peserta didiknya dengan sangat telaten. Semoga semua amal kebaikan yang telah diberikan, Allah balas dengan berlipat, baik selama hidup di dunia, maupu  menjadi tabungan amal kebaikan untuk kehidupan setelahnya kelak.

Baca juga:

Yonal Regen
Ayah dari qurrota a'yun; mufid, fariha, syafiq. Pengajar di Raudlotul Ulum serta volunter di filantrofi Rumah Ziswah

Related Posts

2 komentar

  1. Emang ndaging banget pak, kayaknya ini salah satu kelas gratis yang materinya nggak kaleng-kaleng deh. Dari yang nggak tau apa-apa tentang blog jadi lebih banyak dapat ilmu baru.

    BalasHapus

Posting Komentar