Encanto: Setiap Orang Mempunyai Potensi

8 komentar
film keluarga: Encanto

Nonton film keluarga Encanto menjadi salah satu jalan ninja mengisi libur panjang akhir tahun yang berbarengan dengan libur akhir semester sekolah. Banyak insight yang didapat dari film besutan Disney ini.

Review Film Encanto

Libur akhir semester tahun ini lumayan agak membingungkan pada awalnya. Kebijakan awal akan diberlakukannya kembali PKKM di Indonesia membuat kalender pendidikan diubah. Sekolah tidak boleh libur sampai awal tahun 2022 dan pembagian rapor pun diundur menjadi Januari.

Tiba-tiba ada pengumuman baru, PPKM tidak jadi diberlakukan dan sekolah kembali ke jadwal dengan kalender pendidikan semula, sedangkan surat perubahan kalender pendidikan sudah tersebar melalui kantor dinas pendidikan atau Kementerian Agama. Jadilah sekolah dan madrasah kebingungan dengan perubahan-perubahan seperti ini.

Untuk madrasah-madrasah di Kabupaten Sukabumi sendiri pada akhirnya diberika surat penegasan dari Kementerian Agama, bahwa kalender pendidikan akhir semester satu di tahun 2021 merujuk pada surat pemberitahuan awal dari Kementerian Agama. Apa bedanya?. Yang paling jelas, di kalender pendidikan, awal masuk semester 2 itu tanggal 3 januari 2022, sedangkan di kalender perubahan tanggal 17 januari 2022.

Yo wis lah, nikmatin saja libur panjang bersama keluarga, walaupun harus lumayan berpikir membuat agenda liburan yang nyaman untuk keluarga.

Then, salah satu jurus untuk mengisi liburan keluarga kita adalah menonton film keluarga, dan pilihan kita kali ini adalah Encanto. Film Animasi dari Walt Disney yang berlatar Kolombia.

Judul Encanto di ambil dari latar kota tempat sebuah keluarga tinggal yang disebut keluarga Madrigal di sebuah pegunungan Kolombia.

Sinopsis Film Encanto

Film Encanto bercerita tentang sosok seorang gadis yang bernama Mirabel Madrigal yang tumbuh di sebuah keluarga yang mempunyai keajaiban atau sihir yang unik di setiap anggota keluarganya. Keajaiban ini diturunkan dari sang nenek kepada seluruh anak dan cucunya.

Keajaiban-keajaiban yang dimiliki di keluarga Madrigal ini berbeda antara anggota keluarga satu dan lainnya. Mulai dari yang bisa menyembuhkan segala penyakit, mengontrol cuaca, sampai bisa berkomunikasi dengan hewan.

encanto

Keajaiban atau sihir yang dimiliki di keluarga Madrigal ini diberikan saat mereka masih kecil pada acara ritual khusus dengan cara memasuki salah satu kamar di pondok Madrigal dan disanalah mereka akan menemukan keajaiban apa yang akan mereka miliki.

Yang aneh adalah, diantara seluruh keluarga Madrigal ini, hanya Mirabel lah yang tak memiliki kekuatan sihir. Ketika mengikuti ritual pemberian sihir sewaktu ia anak-anak, pintu masuk ke kamar keajaiban tetiba meredup dan ia tak merasakan apa-apa, sama sekali.

Apakah benar Mirabel tak mempunyai potensi apapun di keluarganya?. Apakah Mirabel akan menjadi anak yang tersisihkan karena dianggap tak memiliki keajaiban tertentu di keluraganya?. Itulah pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat kita akan terus stay tune menonton film yang dibumbui lagu-lagu berirama latin ini.

Hikmah dan Pelajaran Dari Film Encanto

Film keluarga yang rilis di penghujung tahun 2021 ini mempunyai banyak pelajaran berharga yang dapat kita ambil hikmahnya.

Jangan Menyepelekan Orang lain

Kondisi Mirabel yang dianggap tidak mempunyai keajaiban seperti anggota keluarga Madrigal membuat sebagian orang menyepelekannya. Sayangnya orang-orang yang menyepelekannya tak lain adalah sebagian dari keluarganya sendiri.

Kondisi seperti itu relate dengan kehidupan kita. Sering kali orang yang underestimate dengan kita adalah orang-orang yang ternyata dekat berada di sekeliling. Sangat disayangkan, karena hal tersebut akan membuat toxic circle yang sangat tidak baik dalam kehidupan.

Sejatinya kita tidak boleh menyepelakan orang lain, apalagi orang-orang yang berada di sekitar kita. Karena pun jika kita merasa sempurna, yakinlah ada kekurangan yang sebenarnya kita punyai.

Tetap Menyayangi Anak Apapun dan Bagaimanapun Kondisinya

Karakter Ibu Mirabel yang mempunyai kelebihan dapat menyembuhkan segala penyakit dengan makanannya menunjukan sikap bijak dalam pola asuh anak-anaknya. Ia tidak pernah membada-bedakan kasih sayangnya walaupun Mirabel berbeda sendiri dalam keluarganya.

Ia tetap menyemangati anak gadisnya ketika orang lain menyepelekan bahkan menganggapnya tidak berguna di keluarga Madrigal.

Tetap Percaya Diri Dengan Segala Kekurangan Yang Kita Miliki

Kondisi Mirabel yang dikategorikan sebagai warga biasa karena tak mempunyai kelebihan seperti keluarganya yang lain tak pernah membuatnya putus asa. Ia tetap percaya diri menjalani hari-harinya.

Mirabel tetap optimis bahwa ia bisa berbuat sesuatu untuk keluarganya walaupun tak memiliki kekuatan sihir seperti saudara-saudaranya. Ia tetap mencoba tegar ketika sebagian orang menganggapnya tak berguna.

Yakini bahwa Setiap Kita Mempunyai Potensi

Mirabel adalah sosok gadis riang dan optimis dalam hidupnya. Ketika keluarga Madrigal ditimpa musibah dan kekuatan sihir seluruh keluarganya menghilang, ia meyakini bahwa ia bisa berbuat sesuatu untuk keluarganya.

Dengan keyakinan, kesungguhan, dan usaha Mirabel, ia berhasil menjadi dewa penyelamat pada masalah yang sedang menimpa keluarganya. hal ini mengajarkan kita bahwa setiap kita memang mempunyaki potensi yang unik masing-masing.

Setiap orang menemukan potensinya berbeda-beda. Ada yang sudah menyadarinya sedari dini, ada pula yang harus bersabar dalam prosesnya.

Yang harus dilakukan adalah jangan pernah sekali-kali menganggap kita useless, tak berguna. Sudahlah disekeliling kita toxic, kemudian kita pun mem-bully diri sendiri, apa jadinya kita kemudian?

Data Film

Judul: Encanto
Produksi: Walt Disney Animation Studio
Sutradara: Jared Bush & Byron Howard
Pengisi Suara:
  • Stephanie Beatriz sebagai Mirabel Madrigal
  • Rhenzy Feliz sebagai Camilo Madrigal
  • Diane Guerrero sebagai Isabela Madrigal
  • Ravi-Cabot Conyers sebagai Antonio Madrigal

Related Posts

8 komentar

  1. Pengumuman libur di sekolah saya juga sempat ditunda gara-gara perubahan libur semester tersebut. Akhirnya libur semester tetap dilaksanakan sesuai rencana awal. Senin ini sudah masuk sekolah lagi.

    Pas saya ke bioskop kemarin Escanto juga tayang di bioskop, tapi saya lebih memilih nonton Venom. Tapi saya lihat sekarang sudah tersedia di Disney Hotstar. Setelah membaca review ini mau nonton jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmana Venom, Mbak Nisa? Seru ga? Saya belum nonton tuh

      Hapus
    2. Seru sih bagi penggemar anti Hero. Tapi menurut saya ngga cocok buat anak-anak. Lebih bagus nonton Encanto memang.

      Hapus
    3. Next masukin list nih Venom

      Hapus
  2. semua kita ini ada potensi sendiri yang hebat dan unik.

    tunggu sahaja untuk digali dan diekploitasi secara berstrategi

    BalasHapus
  3. Aku seneng Krn encanto udah ada di aplikasi Disney Hotstar 💃😄. Soalnya pas masih di bioskop blm berani ajakin anak mas. Mau nunggu aja sampe msk di Disney , jadikan bisa nonton bareng anak2.

    Dari awal liat trailernya aku udah suka bangettttt. Warna2nya cerah, gambar animasinya bagus. Makanya udah niat banget mau nonton. Penasaran liat endingnya Mirabel 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga nonton on line, Mbak. Bareng sama keluarga.

      Iya setuju, suka dengan animasi Encanto, kalau Disney Studio mah jaminanlah. Untuk endingnya emang kurang greget sih menurut saya, tapi cukup menghiburlah dan banyak pelajaran untuk tontonan keluarga

      Hapus

Posting Komentar