Kelas Gratis BRT Network: Saatnya Optimasi Blog

40 komentar
saatnya optimasi blog di kelas BRT network

Mengikuti kelas gratis BRT network adalah salah satu agenda yang ingin saya ikuti di penghujung tahun 2021 ini. Tujuannya adalah agar blog lebih optimal dan juga mempelajari lebih dalam lagi hal-hal baru yang berkaitan dengan blog. Alhamdulillah, setelah mengisi formulir pendaftaran, beberapa waktu kemudian ada email yang masuk, memberitahukan diterima dikelas BRT network di bulan Desember.

Apa Itu Kelas Gratis BRT Network?

Awalnya saya tahu kelas gratis BRT Network ini dari para alumni yang telah lulus, seperti Mbak Jihan dan Mbak Marita. Bahkan Mbak Marita ternyata sudah menjadi salah satu mentor di kelas ini.

BRT sendiri adalah singkatan dari Blog Ruang Tunggu. BRT Network sering mengadakan kelas gratis tentang blog. Walaupun gratis, jangan dikira ilmunya recehan. Sebaliknya, para mentor benar-benar mendampingi setiap peserta di kelas ini dengan serius dengan ilmu yang mereka miliki.

Para Mentor di Kelas Gratis BRT Network

belajar blog gratis

Di kelas Blog Ruang Tunggu ini mentornya tidak satu, tapi ada enam sekaligus. Mereka adalah:

  • Mas Pewe alias Punto Wicaksono
  • Mas Priyo Harjiyono
  • Mas Zen alias Muhammad Zaini
  • Mbak Monika Anggen
  • Mbak Marita Surya Ningtiyas 
  • Mbak Gemaulani

Diantara 6 mentor ini semuanya berkontribusi maksimal. Mereka tidak pelit ilmu, semuanya aktif membimbing, tapi dengan catatan para peserta harus mengikuti aturan kelas yang berlaku dan tak selalu disuapi. Para peserta di kelas dituntut untuk belajar ngoprek blog masing-masing dengan panduan para mentor.

Kesan Mengikuti Kelas Gratis BRT Network

Sebenarnya kelas ini belum genap sepekan diikuti, namun kesan selama beberapa hari di kelas ini sudah terasa. Yang paling jelas di sini adalah masalah kedisiplinan dan kemandirian. 

Siapapun yang tidak bisa mengikuti peraturan kelas dengan baik dan tidak berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan setiap tugas yang diberikan, maka dipastikan akan dikeluarkan dari kelas!. Tegas sekali.

Kalau kita belajar dengan serius dan mengikuti kelas dengan seksama, dijamin blog akan semakin optimal performanya. Dari beberapa hari mengikuti materi tentang SEO on page dan off page dan tugas memperbaiki blognya, luar biasa sih, indikasi Meta SEO inspector jadi hijau alias Ok, bonusnya DA blog naik 2 poin. Alhamdulillah.

Pendapat Para Peserta Tentang Kelas Gratis BRT Network

pendapat peserta tentang kelas gratis BRT

Menjelang pekan ke tiga, peserta yang berjumlah lebih kurang 100 orang di bagi menjadi beberapa kelompok. Saya masuk kelompok B bersama 6 orang teman-teman blogger lainnya.

Saya bertanya kepada teman-teman satu grup di kelompok B. Apa pendapat mereka tentang kelas yang sedang diikuti ini.

Salah seorang teman di kelompok B yang bernama Diah Alsa, seorang blogger asal kota Kendari yang biasa menulis tentang parenting dan dunia blogging di diahalsa.my.id mengungkapkan kesan-kesannya di kelas BRT Network

"Kelas BRT Desember ini benar-benar lengkap. Materi yang disajikan oleh para Coach juga jelas dan detail jadi kita bisa belajar dan langsung mempraktikkannya. Kesehatan blog jadi jauh lebih baik. 

Semoga setelah ini tetap semangat untuk utak-atik lagi jika suatu saat terjadi kesalahan pada blog, biar kesempatan dilirik brand lebih besar dan bisa bersaing sehat juga dengan blog-blog yang sudah langganan dapat job. 

Kelas BRT keren".

Pendapat lain juga diutarakan oleh Dian Restu Agustina, seorang ibu rumah tangga dengan dua putra, juga blogger lifestyle yang tinggal di Ibu kota Jakarta. Ia biasa menulis di dianrestuagustina.com

Perempuan yang hobi traveling ini menuturkan tentang kesannya mengikuti kelas BRT

Sekian tahun ngeblog saya hanya fokus ke menulis saja, belum terpacu untuk mempelajari optimasi untuk performa terbaiknya. Setelah mengikuti Kelas Gratis BRT saya jadi bertambah ilmu dan wawasan cara mengoptimalkan blog dari para Coach yang mengulik dari berbagi sisi. Meski sambil jungkir balik mengikuti kelasnya, beneran membuat saya bersemangat untuk membuat blog jadi lebih baik lagi. Serius, ketjeee habis Kelas Gratis BRT ini!

Keep Learning, Keep Blogging

Setiap blogger mempunyai caranya sendiri untuk menghidupkan blognya. Ada yang menulis mengalir begitu saja tanpa memikirkan kaidah SEO atau apa pun, ada pula yang mengoptimalkan blog dengan mempelajari teknik agar tulisan di blog dapat lebih dari sekedar curhat, tetapi kemanfaatannya juga bisa dirasakan khalayak. Semua tentang pilihan. 

Saya termasuk yang memilih belajar untuk mengoptimasi blog, dan kelas yang diadakan oleh BRT Network ini adalah salah satu ikhtiar untuk keep learning, keep blogging

Perjalanan belajar di Blog Ruang Tunggu masih panjang, karena saat ini baru akan menuju ke pekan kedua. Masih banyak ilmu yang harus dipelajari dan semoga terus ada kesempatan untuk mempelajarinya sampai tuntas.

Menulis adalah proses belajar dan mengikuti kelas gratis BRT Network adalah salah satu jalan ninjanya, di mana kita memang tetap harus belajar, tidak pernah merasa cukup dengan keilmuan yang kita miliki. Demikian agar kita dapat terus berkembang untuk terus menjadi insan pembelajar.

Related Posts

40 komentar

  1. kalau mau ikutan gimana caranya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dapat informasi dari teman-teman blogger di komunitas blog kak. Nah, dari situ di kasih link pendaftarannya

      Hapus
  2. saya masih belajar tentang penulisan blog ini...

    BalasHapus
  3. dari sekian mentor aku udah kenal beberapa nama mas yonal...dulu sering blogwalking ke tempat mbak gilang ga kusangka sekarang mvak gilang udah jadi mentor.. mantab banget ilmunya..aku masih mengulik bagaimana supaya tulisan ini mampu entertaint pembaca tapi ga kehilangan sari sarinya atau info pentingnya. ijin menyerap ilmunya juga ah..biar makin update ilmu hehehe

    BalasHapus
  4. next Insya Allah mau ikut :D
    makasih infonya..

    BalasHapus
  5. Waaahh, lumayan tuh DA bisa naik 2 poin. Saya berakit-rakit ke hulu terus nih soal optimasi blog hiks. Ada link cara daftarnya gitu kak?

    BalasHapus
  6. Mau dong ikut kelasnya. Kelasnya seru kelihatannya.. 🤔

    BalasHapus
  7. Herijo Said: Pengen ikut, emang yang saya rasain setelah bergabung di salah satu komunitas blog, DA saya juga naik dan bisa diterima di berbagai marketplace backlink. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  8. Pernh ikut klas blog yg materinya dah ada digogle. Pengen join ke kelas yg isinya daging semua ada gak yah wkwkwk. Apa brt network membahas daging semua?

    BalasHapus
  9. Duh mau dong ikut kelasnya. Gimana cara daftarnya kak. Btw Mb Dian Restu tau deh, udh lama sering baca blognya yg keren.

    BalasHapus
  10. Mantapp. Semoga bisa bertahan sampai akhir yaa kak. Aamiin

    BalasHapus
  11. Kalau buka kelas baru, kabari saya ya Pak... Keren banget kelasnya... Etapi tugasnya banyak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan banyak, dok. Tapi percayalah dokter bisa kalau mau ikutan

      Hapus
  12. Wah menarik banget kelasnya. Kira2 jadwalnya padet enggak ya? Pingin ikut tapi masih sulit ngatur waktunya. Selama ini aku sukanya ngotak-atik template aja sama memperbanyak tulisan. Hehe. Belajar optimalisasi blog itu penting juga, cuma emang kudu ada mentor sih menurutku.

    BalasHapus
  13. Uhmm.. Keren ya, aku jadi pinisirin amir sama kelasnya Pak Yo. Duh biaa ga yaa aku mengikuti kelasnya kalau begini, apa aku udah sport janting duluan hihi.. Semoga lulus sampai akhir ya Pak.

    BalasHapus
  14. Salam kenal mas Yonal. Favorit aku nih di ODOP 8. Tulisannya bagus-bagus. Tinggal dioptimasi ya mas SEOnya biar bisa masuk ke halaman muda google. Semangatt..

    BalasHapus
  15. Bisa dibayangkan super keren kelas ini, satu mentor macam mbak maritaningtyas aja udah banyak ilmu yang super daging. Ini ada 6 mentor, wah dpt banyak bgt pasti. Hiks jadi pengen juga. Happy bloging

    BalasHapus
  16. Semoga lulus sampai selesai. Jangan lupa bagi-bagi materinya, biar bertambah manfaat dan berkah ilmunya

    BalasHapus
  17. Suka dengan kalimat, "Menulis adalah proses belajar"
    Semoga lolos sampai akhir ya, kak

    BalasHapus
  18. Keren banget deh ini kelasnya... Mau ikutan di next batch, semoga masih ada kesempatan...

    BalasHapus
  19. semoga lulus mas yonal dan bisa sharing ilmunya ke grup hehe.
    next mau ikut kelasnya nih biar bisa diaplikasikan langsung di blog yang masih newbie ini hee

    BalasHapus

  20. Smoga lulus ya & memberi hal yg bermanfaat buat pembaca

    BalasHapus
  21. Aku udah lumayan lama tau tentang kelas BRT Network ini bahkan udah beberapa kali buka juga web mereka. Pertama kali tau juga karena baca tentang kelas ini dari blogger lain dan semuanya bilang juga kelas ini bagus banget apalagi beberapa coach nya tuh udah bukan nama asing lagi di dunia blog. Pengen ikutan sebenernya apalagi katanya setelah kelas ini DA bisa naik drastis, tapi aku masih takut karena ada tugas-tugas dan takut gak bisa ikut full karena kesibukan kerja. Semoga sampai akhir bisa ikut terus ya!

    BalasHapus
  22. semoga nanti ada batch baru di tahun 2022, yang ini saya ketinggalan informasinya huhuhu

    BalasHapus
  23. Aku udah banyak baca dan dengar dari teman-teman sih tentang kelas pamungkas ini. Cuma masih agak takut gabisa ikutin schedule mereka gara2 anakku masih butuh banget perhatian emaknya hehe. Semoga suatu saat saya bisa ikut juga yaa

    BalasHapus
  24. seruuu bangeett ada kelas macam ini. jadi nambah ilmu terkait optimasi blog. dah gitu, ada mentor2 nya juga jadi kita dibimbing gitu ya. pengen juga ikutan kalo ada lagi.. ❤️

    BalasHapus
  25. Aku suka dengan model kelasnya, meski gratis tapi tetep profesional. Inspiratif deh ngajarinnya bener-bener dari hati .. Next pingin ikutan juga semoga rejeki.

    BalasHapus
  26. Pantesan makin hari tulisannya lebih keren... Kapan kapan pengen ikutan kelasnya juga...

    BalasHapus
  27. gimana cara ikut kelasnya ya, menarik jadi pingin ikutan buat nambah ilmu...

    BalasHapus
  28. Mwntirnya keren-keren. Keren Parah sih kelasnya gratis, jadi pengen ikutan kelasnya juga hehe. Semoga kesampain bisa ikutan juga.

    BalasHapus
  29. saya dulu juga sempat mengikuti kelas BRT ini, wah banyak ilmu yang sangat bermanfaat yang bisa kita ambil pastinya

    BalasHapus
  30. Kelasnya gratis, tapi materinya daging sekali. Keren parah sih

    BalasHapus
  31. Menarik sekali mas untuk kelasnya, semoga bisa bergabung di 2022 untuk kelas blogger selanjutnya

    BalasHapus
  32. Kira-kira kapan lagi kak dibuka pelatihannya.

    BalasHapus
  33. Kami tunggu postingan materinya ya, Pak. Saya pengin ikut juga, tapi masih ragu-ragu, takut jantungnya kumat. Hahaha..

    BalasHapus
  34. Wah, rejeki ya pak Yo bisa belajar gratis di BRT. Kalau ada next class kabarin ya pak :D

    BalasHapus
  35. Pastinya sangat senang meskipun harus berjuang dan deg degan,karena begitu banyaknya ilmu yang diberikan di dalam coaching BRT ini. Semangat pak

    BalasHapus
  36. ini merupakan kelas yang sangat bagus ....rugi banget kepada sesiapa yang tidak mahu bergabung

    BalasHapus
  37. Aku udah baca gimana tegas dan disiplinnya kelas brt ini mas. Sampe ada mba blogger yg cerita dia frustasi ketika harus ngoprekin blognya supaya bisa ramah SEO.

    Aku pengen ikutan, tapi Krn di sini wajib disiplin, untuk sementara aku belum bisa janjiin itu, takut bentrok Ama kerjaan soalnya. Saluuut Ama mas yonal yang masih mengajar tapi sempet ikut kelas. 👍👍

    BalasHapus

Posting Komentar