a journey

Q&A Seputar Blog dan SEO

5 komentar

 

ngobrol santai seputar blog dan SEO

Bulan Oktober ini terasa istimewa, karena ada Hari Blogger Nasional didalamnya. Ya, 27 Oktober yang di jadikan Hari Blogger Nasional oleh M.Nuh 2007 silam, telah menjadi motivasi tersendiri untuk para blogger dalam membuat konten-konten terbaik dan inspiratif bagi para penikmat bacaannya. Banyak cara dilakukan dalam merayakan Hari Blogger Nasional ini, salah satunya ada diskusi santai tentang blog dan SEO yang diadakan oleh growthing.id, dengan Narasumber Irwin Andriyanto dan Puntu Wicaksono.

Merayakan Hari Blogger Nasional

Para blogger pastinya punya cara tersendiri untuk merayakan Hari Blogger Nasional tahun ini. karena kondisi pandemi yang belum berakhir, rata-rata teman blogger mengadakan acara secara virtual dalam merayakan acara selebrasi hari blogger. Seperti salah satu acara keren yang bisa diikuti dalam mengisi hari blogger adalah Marathon Coaching  yang diadakan oleh growthing.id.

Marathon Coaching yang diadakan selama tiga hari ini diisi oleh coach-coach dari Blogger Ruang Tunggu (BRT) dan growthing.id. kegiatan ini diadakan untuk mengupas segala hal tentang blog, agar para blogger menguasai teknis dalam mengoptimalkan blog yang dimilikinya. 

Untuk para peserta yang sedang mengikuti kelas Blogspedia Coaching for Newbie asuhan blogger Marita Ningtyas, acara Marathon Coaching ini menjadi bagian program yang harus diikuti, karena menyangkut tugas-tugas yang berkaitan dengan kelas yang diadakannya di Batch 1 ini.

Ngobrol Serius Tapi Santai Terkait Blog dan SEO

Hari ketiga Marathon Coaching, Selasa (27/10/2020), adalah diskusi santai tentang blog dan SEO dengan narasumber Irwin Andriyanto dan Puntu Wicaksono. Acara yang berlangsung pada malam itu terasa hangat dengan pembawaan ramah nan santainya dua narasumber. Saking santainya, Mas Irwin -panggilan akrab Irwin Andriyanto- mengatakan kalau tema acara malam itu adalah: tidak ada tema.

Malam terakhir Marathon Coaching itu memang tidak membahas tema tertentu seperti dua malam sebelumnya. Para peserta webinar yang sebelumnya diberi kode masuk zoom via surat elektronik dipersilahkan untuk bertanya apapun mengenai permasalahan blog yang ingin mereka ketahui.

diskusi santai bersama mas irwin dan mas pewe tentang blog dan SEO

Apa itu DA/PA?

Diantara banyaknya pertanyaan yang diajukan, beberapa diantaranya peserta yang bernama Molly yang menanyakan bagaimana cara menaikkan traffic dan hubungannya dengan DA/PA pada blog. 

Sebelum memberikan solusi, Mas Irwin dan Mas Pewe menjabarkan apa itu DA/PA. DA adalah singkatan dari Domain Authority, dan PA adalah Page Authority. Keduanya adalah nilai otoritas untuk mengukur nilai atau kualitas sebuah blog. Darinya kita bisa mengetahui ranking blog dan halaman yang muncul di pada mesin pencarian. Menurut kedua narasumber, hal-hal yang dapat menaikan nilai DA/PA diantaranya adalah usia blog itu sendiri, artikel yang sesuai SEO, dan juga link building yang baik.

Menganalisis Blog

Dalam sesi diskusi Marathon Coaching ini ada juga peserta yang meminta analisa blog yang dimilikinya. 

Dengan telaten Mas Irwin menguliti seluruh isi blog menggunakan META SEO inspector, tapi tak hanya membahas kekurangan yang ada di dalam blognya saja, sang narasumber juga memberikan solusi untuk perbaikan blog yang dianalisa. Mas Irwin memberikan saran, agar sebelum di-publish, draft postingan diperiksa terlebih dahulu kelayakannya berdasarkan SEO, agar konten yang dihasilkan termasuk tulisan yang mempunyai kualitas yang baik.

Mana Domain Yang Paling Bagus?

Pertanyaan lain datang dari salah satu anggota Blogger Sukabumi asuhan kang Muhammad Azwar Ibrahim, atau yang lebih dikenal dengan idutinov. Blogger Wiwi Widya Pratiwi menanyakan masalah penggunaan domain. Ia bertanya, manakah yang lebih baik di antara domain .com atau my.id. 

Dari pemaparan narasumber disarankan menggunakan .com sebagai domain, karena my.id hanya bisa dalam jangkauan Indonesia saja, sedangkan domain .com digunakan secara global di seluruh dunia.

Pengaruh Mengganti Template

Pertanyaan selanjutnya masih dari Blogger Wiwi Widya Pratiwi. Ia menanyakan perihal penggantian template yang berpengaruh ke traffic blog. 

Mas Irwin menyarankan agar teliti sebelum memutuskan untuk menggunakan template dari pihak ketiga, agar template yang telah dipilih adalah template yang benar-benar sesuai dan cocok dengan blog kita, selanjutnya kita sebaiknya setia dengan satu template, dan tidak sering menggonta-gantinya.

Sebenarnya masih banyak pertanyaan yang diajukan, seperti hal terkait speed, duplicate content, spam score, backlink, dan printilan-printilan lain dalam blog. Tetapi karena beberapa peserta masih termasuk kategori newbie di dunia blogging, istilah-istilah tersebut tampak asing dan membuat dahi berkerut. Ini PR besar bagi para blogger baru yang akan belajar serius berkecimpung di blog, karena ternyata banyak sekali elemen-elemen yang sejatinya diperhatikan untuk menghasilkan konten yang terbaik.

Bertabur Hadiah

Acara Marathon Coaching ini bertambah seru di penghujung acara, karena ada banyak doorprize yang dibagikan kepada para peserta yang beruntung. Sebelum pembagian doorprize, peserta mengisi survei terlebih dahulu, kemudian data peserta dirandom di komputer, selanjutnya nama-nama yang muncul adalah nama yang beruntung untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang disiapkan oleh panitia.

Di antara banyaknya doorprize untuk peserta, beberapa diantaranya adalah 

  • 9 slot kursi untuk mengikuti kelas KGB

  • 9 domain my.id gratis

  • 9 akun Moz Pro 

  • 9 akun Canca Pro

  • 3 jurnal dengan desain khusus dari Growthing.id dan BRT network

  • 3 saldo Gopay masing-masing lima puluh ribu rupiah

  • 3 saldo OVO dengan nominal sama, lima puluh ribu rupiah. 

Di antara banyaknya yang mendapatkan doorprize, salah satunya adalah teman blogger seperjuangan asal Sukabumi, Noviyani pemilik blog Viemenulis. Selamat ya teh Nov.

Ilmu Full Kepala Ngebul

Sudah gratis, bertabur hadiah pula. Memang keren acara Marathon Coaching ini. sungguh pengalaman yang luar biasa bagi seorang yang baru belajar mendalami blog, kemudian disuguhi ilmu-ilmu dari para ahlinya, sungguh membuat kepala ini ngebul. Tapi ini adalah konsekuensi ketika kita belajar untuk mendalami sesuatu, karena dibalik puyengnya mencerna materi yang disampaikan, berarti ada keinginan kita untuk memperbaiki diri dengan bertambahnya ilmu.

Terima kasih Growthing.Id yang telah mengadakan acara Marathon Coaching mengupas segala sesuatu tentang blog, juga para coaching yang luar biasa membawakan materi selama tiga malam berturut-turut, apalagi di malam ke tiga ini yang mendiskusikan tentang blog dan SEO. Semoga semua pengetahuan yang telah disampaikan menjadi ilmu yang bermanfaat dan diberkahi, serta menjadi tabungan amal kebaikan untuk dituai di akhirat nanti.

Any fool can know. The point is to understand
Albert Einstein


Related Posts

5 komentar

  1. hwaaa nyari referensi tugas nemu punya pak Regen >< uwa uwa maa syaa Allah udah bikin, saya aja ngeblank mau nulis apa saking abstraknya kemarin itu.... keren pak maa syaa Allah bisa aja bikin judulnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih kak rachma, yu ah gercep ngerjain tugas akhirnya :)

      Hapus
  2. Misi pak, maafin mau nyontek sayaa.. hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email