Lovely Yogyakarta for Lovely Traveling

11 komentar
Traveling

Pandemi Covid-19 diperkirakan tidak akan berhenti dalam jangka dekat ini oleh para peneliti. Mau tak mau, kesabaran kita harus terus dipertahankan untuk tetap membatasi aktivitas di luar rumah, termasuk keinginan untuk berwisata ke tempat-tempat favorit bersama keluarga.

Karena untuk pergi berwisata bersama orang-orang tercinta masih belum bisa direalisasikan, tak salah kiranya kita mengandai-andai terlebih dahulu saja, tempat mana yang ingin dikunjungi ketika kondisi sudah memungkinkan. Jika berimajinasi terlalu berat, mari kita mengenang perjalanan yang mengesankan yang pernah kita lalui bersama orang-orang terkasih.

Untuk saya, Yogyakarta adalah kota istimewa yang pernah dikunjungi bersama keluarga tercinta. Kenapa Yogyakarta bisa menjadi  destinasi for lovely traveling?. Keep it read. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi bagi yang belum mengunjungi kota pelajar tersebut, atau mari mengenang bersama bagi yang sudah berkunjung ke sana.

Alasan Yogyakarta Menjadi Destinasi Untuk Lovely Traveling

Sekitar tahun lalu, bersama keluarga, Yogyakarta menjadi tujuan wisata kami. Perjalanan Sukabumi-Yogyakarta tidaklah dekat, juga kami yang membawa 3 anak dengan 2 yang masih balita. Butuh persiapan dan effort yang luar biasa. Namun perjalanan sekitar 12 jam menuju daerah istimewa ini terbalaskan dengan tempat-tempat ikon Yogya yang kita kunjungi yang sungguh luar biasa.

Perjalanan sekitar tiga hari mengelilingi Yogya belum lah cukup, masih banyak spot-spot yang masih dalam list. Jika saja masih ada waktu, pastilah kita betah dan ingin terus berkeliling menikmati Yogya. Alasan yang akan membuat kita betah di Yogya dan menjadikannya salah satu tujuan wisata yang mengesankan versi saya adalah:

yogyakarta

1. Segala Sesuatu di Yogya Murah Meriah

Yogyakarta memang sudah sangat terkenal dengan barang-barangnya yang murah meriah. Tidak hanya kuliner, hal-hal seperti penginapan, pakaian, bahkan pernak-pernik oleh-oleh untuk dibawa pulang selepas jalan-jalan pun bisa kita dapatkan dengan harga yang miring.

Pasar Beringharjo yang berada di jalan Malioboro adalah salah pusat perbelanjaan di mana kita bisa berburu barang barang dengan harga murah. Kaos kasual, batik, dan pernak-pernik hiasan atau asesoris untuk buah tangan bisa kita dapatkan di sana tanpa harus takut.

Tidak hanya di pasar Beringharjo, tempat-tempat penjualan di Yogya memang terkenal relatif murah dibandingkan dengan kota-kota yang lain.

2. Kota Seribu Candi

Komplek Candi Prambanan adalah komplek candi yang sangat dikenal di Provinsi Yogyakarta oleh para turis, baik asing maupun domestik. Namun ternyata, Provinsi Yogyakarta memiliki banyak candi yang tersebar di beberapa kotanya. Daerah Sleman adalah Kabupaten yang memiliki peninggalan berupa candi. Terhitung setidaknya ada tujuh candi di daerah Sleman ini, diantaranya:

  • Candi Ijo
  • Candi Barong
  • Candi Banyunibo
  • Candi Kalasan
  • Candi Sari
  • Candi Sandisari
  • Candi Gebang
Situs-situs sejarah berupa candi sangat cocok untuk menjadi tempat wisata edukasi, di mana kita bisa belajar sejarah dari bangunan peninggalan masa lampau, dari nenek moyang kita.

3. So Clean

Hal lain yang membuat terkesan ketika melakukan perjalanan ke Yogyakarta dan sekitarnya adalah wilayahnya yang bersih. Tidak hanya di titik wisata, namun sepanjang perjalanan, di trotoar-trotoar kanan kiri jalan tampak terbebas dari tumpukan-tumpukan sampah. Hal yang sepertinya receh, namun bagi kita sebagai pengunjung, hal tersebut menambah kenyamanan dan memberikan kesan yang positif dalam perjalanan.

4. Kuliner Yang Khas

Tidak hanya Gudegnya yang terkenal, Yogyakarta memiliki banyak kuliner khas yang bisa kita nikmati selama berwisata ke sana ataupun untuk kita bawa pulang sebagai buah tangan untuk saudara atau kerabat kita. Jangan lupa, di antara yang juga tak boleh terlewat dari kuliner Yogyakarta adalah Bakpia Pathuk yang sudah sangat melegenda. 

Penutup

Demikian beberapa alasan yang menjadi Yogya sebagai salah satu kota destinasi wisata yang mengesankan. Semoga suatu saat bisa kembali berkunjung ke sana, menikmati keramahtamahan kota pelajar, Provinsi Sultan, dan Kota Seribu Candi.

Sebenarnya, selain destinasi wisata yang kita tuju, menjadikan perjalanan kita berkesan adalah dengan siapa kita melakukannya. Melakukan perjalanan dengan orang-orang terkasih adalah salah satu kuncinya. So, let's go traveling with our family someday.



Yonal Regen
a Father of four, Educator and Author of Narasi Ayah Guru

Related Posts

11 komentar

  1. Jogja emang ngangenin. Suasananya meski di kota tetep bikin adem. Saya paling suka makan getuk sama rengginang segede piring itu, lho. Lupa namanya 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan rengginang mbak, tapi intip... terbuat dari kerak nasi

      Hapus
  2. Aku juga suka sama jogja pak. Dulu pernah pengen kuliah di jogja tapi malah nyasar ke kota lain :D

    BalasHapus
  3. Waah.. jadi kangen sama bakpia yang isinya bisa milih, dari kumbu hitam sampai greentea. Selain candi ada pantai dan gunungnya juga, Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini saya yang belum, pantai dan gunungnya. Ah, harus kembali traveling ke Yogya nih suatu saat nanti

      Hapus
    2. Harus...ke arah Gunung Kidul, banyak deretan pantai cantik yang bisa dikunjungi.

      Hapus
  4. Jogja memang layak menyandang gelar daerah istimewa. Bersyukur pernah tinggal di Semarang, jadi sering banget ke Jogja.
    Satu lagi yang layak ditelusuri, museum-museumnya. Saya pernah seharian tour de museum, alhamdulillah

    BalasHapus
  5. Wah Jogjakarta meninggalkan banyak cerita untukku juga. Sayangnya meski dekat dari rumah tapi aku gak pernah sering ke sana hihi

    BalasHapus
  6. Jogja ini masuk dalam salah satu wishlist wisataku pak yo... Moga-moga setelah pandemi bisa kesana..

    BalasHapus
  7. Kalo gak salah di Jogja ada Malioboro kan ya pak, kenapa gak ke sana. Ktnya disana murah murah hehe. Aku cuma bisa bayangin aja kota Jogja lewat tulisan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh yul, Malioboro itu kaya ikon-nya Yogya. Pasar Beringharjo itu ada di Malioboro, dan memang murah meriah di sana. Yuk ke Yogya teh

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email