a journey

Blog Favorit di ODOP Blogger Squad

10 komentar

Blog Favorit

ODOP Blogger Squad sebagai salah satu bagian dari keluarga besar komunitas ODOP telah banyak memberikan pembelajaran berharga tentang berbagi ilmu, berkembang bersama, dan panutan dari para seniornya dengan memberikan contoh blog-blog yang keren sehingga bisa menjadi referensi pembelajaran di dunia blogging

Lebih Dekat Dengan Tim ODOP Blogger Squad

Bergabung menjadi salah satu anggota ODOP (One Day One Post) adalah  salah satu hal yang patut disyukuri. Bagaimana tidak, setelah resmi menjadi anggota ODOP, banyak sekali bidang ilmu yang ditawarkan untuk dipelajari. Karena dari awal OPREC (Open Recruitment) sudah memilih blog sebagai media menulis, maka tak salah kiranya ODOP Blogger Squad menjadi pilihan hati untuk belajar dengan teman-teman blogger lainnya bersama para ahli di bidang blog.

Tim PJ dan Coach Yang Keren

Tim Penanggung Jawab (PJ) yang sekaligus pemberi materi di kelas ODOP Blogger Squad ini adalah orang-orang luar biasa. Mereka mengelola grup WA, memberi materi, mengingatkan tugas, sampai meng-kick anggota yang tidak bisa menunaikan kewajiban, semuanya dilakukan dengan sukarela namun tetap profesional.

ODOP
Seperti halnya yang diucapkan  pakar digital marketing, Neil Patel, para PJ dan coach di tim ODOP Blogger Squad melatih para anggotanya untuk mempunyai Viable Website, launch it, and get feed back, yang semuanya itu terangkum dalam bentuk konten yang memenuhi kaidah SEO, di mana materi SEO ini juga menjadi salah satu kurikulum yang diajarkan di komunitas ini.

Blog-blog Favorit

Kebaikan mereka tidak hanya dari sisi personality saja, tetapi sebagai senior di dunia blogging, mereka mempunyai blog yang dapat dijadikan panutan, baik dari sisi kualitas konten yang memenuhi kaidah SEO, maupun nilai plus yang ada pada blog yang dimilikinya seperti Domain Anthority (DA) yang bernilai tinggi, dan Alexa yang bernilai ramping.

Blog favorit
Beberapa blogger senior ODOP Blogger Squad yang kece abis diantaranya:

Marita Surya Ningtyas

Blogger asal Semarang ini menulis di maritaningtyas.com. Sebagai Blogger lifestyle, Coach Marita juga mengasuh blog blogspedia.my.id yang concern dalam niche khusus dunia blog. Dua blog yang di milikinya sangat menarik, karena bahasanya mengalir dan mudah dimengerti, apalagi di blogspedia yang banyak memberikan tutorial tentang pengurusan blog, bahasa yang simple menjadi senjata untuk saya pribadi sering mengunjungi blog ini. Setelah banyak belajar dari blog milik Coach Marita ini, menginspirasi saya pribadi untuk membuat label dengan nama blogspedia di blog personal ini.

Istri dari programmer Martin Setiawan ini memiliki blog dengan Domain Authority yang baik dan konten-kontennya jarang sekali yang kurang dari 2000 kata. Unbelievable. Beberapa bulan kebelakang, ia baru saja mengadakan kelas blogging gratis bertema Blogspedia Coaching Batch I selama beberapa bulan untuk membagikan ilmunya kepada para blogger baru untuk belajar menjadi blogger profesional.

Oh iya, bulan maret ini Coach Marita kebetulan sedang mengadakan challenge di blogspedia.my.id dengan menuliskan 13 tema berbeda yang telah ditentukan. Mumpung masih ada waktu, kuy cek blognya.

Jihan Mawadah

Pemilik jeyjingga.com ini adalah salah satu pengisi materi di tim ODOP Blogger Squad. Konten-kontennya sudah langganan jadi juara di setiap perlombaan blog tingkat nasional. Blogger asal Malang ini sering saya intip blognya karena ingin belajar bagaimana tulisan yang bagus untuk dikirim ke perlombaan, walaupun sejauh ini belum banyak juga perlombaan yang saya ikuti 👀.

Coach Jihan menggunakan wordpress untuk blog utamanya, tetapi ia juga sekarang beternak blog loh, dan sebagian blognya ada juga yang menggunakan blogspot. Blog lain yang dimilikinya dalah kapancurhat.com dan kelasbiologi.net

Pada tahun 2019 Narasi Gurunda adalah buku Best Seller yang telah ditulisnya yang bercerita tentang perjalanan hidup orang tuanya dalam bentuk novel biografi.

Azwar Ibrahim

Dengan nama blog idutinov.com, blogger asal Sukabumi ini memilih lifestyle sebagai niche blognya. banyak yang penasaran dengan pemilihan nama idutinov sendiri. Seakan-akan ada pengaruh Rusia atau Kazakstan, tetapi, ternyata idutinov adalah singkatan dari Ibrahim Dua Tilu November, meruju pada tanggal lahirnya.

Kang Ibrahim adalah salah satu penanggung jawab di tim ODOP Blogger Squad, ia sering sekali mengingatkan para anggota jika belum mengerjakan tugas pekanan. Selain itu ia juga penanggung jawab di komunitas Blogger Sukabumi. Darinya saya pertama kali mengenal template di luar yang disediakan blogspot, ia dengan telaten mengajari pemasangannya sampai selesai. Template Dunia Blanter yang digunakannya selalu tampil adem selaras dengan konten yang dibuatnya, membuat saya jatuh hati untuk selalu menengok blognya untuk terus belajar

Suden Basayev

Suden Basayev adalam nama pena dari Mas Wakhid Syamsudin, ia adalah pemilik blog coretanbasayev.com. Selain aktif di blog, tulisan-tulisan Mas Suden ini sudah banyak wara-wiri di media, baik lokal maupun nasional, dan itu yang menjadi alasan saya sering berkunjung ke blog ini.

Keluarga besar ODOP sendiri mempunyai blog ngodop.com tempat para anggotanya berkarya yang setiap tanggal 15 tiap bulannya menerbitkan tulisan-tulisan dari para anggotanya, dan Mas Wakhid ini adalah Pimpinan Redaksinya.

Bersyukur salah satu tulisan saya pun pernah dimuat di ngodop.com pada menu pustaka edisi bulan Januari lalu yang mengulas buku MS.Wijaya yang berjudul Jalan Sunyi Para Penulis.

Sakifah Ismail

Blogger yang banyak mengulas tentang tentang keuangan syariah di blognya ini juga telah menerbitkan buku 'Menuju Rumah Tanpa Riba'. Beliau yang lulus dari Magister Ekonomi Syariah UIN Sunan Kalijaga ini adalah ketua ODOP periode tahun 2020. Tulisannya dapat dijumpai di duniakifa.my.id.

Pentingnya belajar tentang ekonomi yang berbasis syariah di tengah gempuran masalah keuangan konvensional di masyarakat menjadi alasan membuat blog Mbak Kifa saya kunjungi.

Muhammad Zaini

Blog ketua ODOP tahun 2021 ini unik dan beda dari yang lain, karena concern dalam membahas dunia pemrograman. Ketika orang lain pusing melihat angka dan kode, di tangan Bang Zen yang juga seorang pengajar program Tahfidzul Quran ini seakan menjadi makanan kesehariannya. Blog beliau bisa diintip di saitama.my.id

Dengan ciri khasnya yang membuat konten tidak panjang, tampilan blog mas Zen menjadi simple. Bagi saya yang baru belajar tentang pemrograman, tulisan pendek yang membahas coding sangat membantu untuk tidak terlalu mengernyitkan dahi ketika menelusuri blog ini.

Penutup

Demikian beberapa blog para master tim ODOP Blogger Squad yang saya sukai baik dari segi tampilan template maupun isi atau konten yang disajikan. Sebenarnya beberapa teman anggota lain pun banyak yang blognya sudah bagus, hopely di konten lain bisa mengulas beberapa blog milik teman-teman blogger yang lain.

Terima kasih kakak kakak, mas mbak, akang teteh yang telah mendedikasikan ilmunya di ODOP Blogger Squad, terima kasih juga telah memberikan panutan blog yang baik, sehingga menjadi blog favorit versi saya yang dapat dijadikan referensi dalam mempelajari dan menyelami dunia blog.



Related Posts

10 komentar

  1. Wah Bang Yonal terimakasih yaaa. Mudah-mudahan kita bisa bertumbuh dan sukses bersama. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Ji dan para coach atas ilmu-ilmunya

      Hapus
  2. Duh, aku disebut. Padahal diriku masih newbie sangat di OBS. Malu aku. Numpang belajar bareng ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak belajar banget dari tulisan mas Suden. Terima kasih mas, yuk kita belajar bareng di OBS

      Hapus
  3. Masya Allah...
    Tabarokalloh Pak Yonal. Aku pada Pak Yonal uwwu banget pokoknya. Jadi keingetan Blogger Sukabumi belum ada program lagi. Hehe

    BalasHapus
  4. hatur nuhun kang untuk semua ilmu yang telah diajarkan, terima kasih telah mengenalkan wisdom dunia blanter, walaupun akhirnya saya berpaling ke fiksionernya igniel... hehe

    BalasHapus
  5. Masya Allah. Keren, Bang Tonal. Semangat terus di Odop squad. Aku pernah ikut, tapi gugur 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak Yoha ikut lagi, kita belajar bareng

      Hapus
  6. Ya Allah baru baca postingan ini, jadi malu dimasukkan ke daftar blog favorit. Hatur nuhun Pak Yonal.. keep istiqomah ngeblognya yaa..

    Blog Pak Yonal jadi salah satu favorit saya juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama coach. Terima kasih untuk bimbingannya

      Hapus

Posting Komentar