a journey

Menata Template Blog

4 komentar
Belajar menata template blog

Tak terbayangkan sebelumnya memiliki blog dan belajar mengurusnya sedemikian rupa sampai saat ini. Salah satu hal yang butuh effort luar biasa dalam mengulik blog adalah menata template blog. Merubah template bawaan blogspot dengan template baru pun sebenarnya tak pernah terpikirkan sebelumnya, namun dengan bantuan dan informasi dari beberapa teman yang sudah lebih awal merubah template blog-nya, akhirnya tema simple pale dari bawaan blogspot dirubah menggunakan template wisdom dari dunia blanter.

Menata Template

Berawal dari tawaran seorang teman, Kang Azwar Ibrahim, senior di KMP (Kelas Menulis Perpustakaan ) Kabupaten Sukabumi, juga senior di Komunitas One Day One Post (ODOP). Ia menawarkan template yang ia gunakan di blognya. Awalnya agak ragu, karena belum tahu bagaimana cara pelaksanaannya, tetapi melihat contoh blog dengan template Dunia Blanter, tertarik juga untuk memiliki blog dengan template baru.

contoh template bawaan blogspot
contoh tampilan template simple pale bawaan blogspot


Tiba-tiba Kang Baim (panggilan Kang Azwar Ibrahim) mengirim template Wisdom Dunia Blanter via aplikasi Whatsapp. Antara senang dan bingung. Senang karena dapat template gratis yang bagus, bingung karena tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan kiriman template itu.

Sepertinya Kang Baim paham kalau orang yang ia kirimi template itu adalah orang kudet, maka ia pun mengirimi pesan tata cara atau tutorial cara penggantian template dari bawaan blogspot ke template baru. 

Dari tutorial yang ia bagikan, ternyata langkah awalnya adalah dengan mengubah atau mengedit HTML di menu theme yang ada di blogger, kemudian HTML lama bawaan blogspot dihapus dan diganti dengan template blanter wisdom.

Seumur-umur baru melihat kode yang begitu rumit di HTML, luar biasa Allah memberikan pemikiran pada orang-orang kreatif yang menciptakan ide-ide luar biasa. Dari kode-kode rumit yang hanya dipahami oleh segelintir orang, berubah menjadi tampilan blog yang aduhai menawan. Allahuakbar.

Belum selesai sampai di situ, Kang Baim juga mengajari mempercantik template dengan membuat logo untuk blog. Ia menyarankan canva.com sebagai rujukan paling efisien untuk belajar otodidak mendesain logo sendiri untuk blog kita.

Alhamdulillah, hatur nuhun Kang Baim.

wisdom blanter template
contoh tampilan template wisdom blanter

Lebih Dalam Tentang Template

Pada awal Oktober 2020, sebuah kelas pembelajaran tentang blog bernama blogspedia coaching diadakan oleh blogger kawakan asal Semarang, Marita Ningtyas. Tertarik sekali dengan program kelas ini, melihat silabus materi yang dibagikan sangat luar biasa membuat penasaran bagi para blogger pemula.

Ikutlah kelas blogspedia coaching batch 1 ini, walau awalnya agak kikuk karena mayoritas pesertanya adalah perempuan, tetapi Alhamdulillah, suasana kekeluargaan di kelas blogspedia dengan cepat dapat terjalin, sehingga adaptasi bersama keluarga baru kelas ini tidak sulit.

Materi di kelas blogspedia diadakan seminggu dua kali, setiap Senin dan Kamis. Begitu pun dengan tugas mingguan, diberikan seminggu dua kali. Yang menarik di kelas ini adalah, jika salah satu peserta tidak dapat mengerjakan tugas yang diberikan, maka otomatis ia akan tereliminasi dari kelas. Coach Marita dari awal memang sudah menegaskan aturan tersebut, sehingga tidak ada baper-baperan ketika memang tidak dapat melaksanakan kewajiban yang diberikan dan dikeluarkan dari kelas.

Dari sekian materi tentang blog yang diberikan, penataan template adalah salah satu materi yang menarik, karena detail perintilan-perintilan blog dengan seksama diperhatikan dalam materi yang diberikan istri dari Martin Setiawan ini.

Berbeda dengan pemberian tugas lainnya yang biasa diberi tenggat waktu tiga hari, dalam penugasan penataan template ini, seluruh peserta yang masih bertahan di kelas blogspedia diberi waktu satu pekan penuh untuk mengunyah dan mempraktikkan penataan template blog-nya. Yang juga luar biasa, selain diberi tutorial untuk pelaksanaan praktiknya, diskusi di WA grup selalu ramai dengan obrolan penataan template ini, Coach Marita selalu sabar dan telaten membimbing setiap peserta yang menemukan kesulitan dalam mengutak-atik kode html di blog masing-masing.

Matur nuwun sanget Mbak Marita.

Di kelas blogspedia ini, Alhamdulillah template bagian footer bisa diperbaiki dengan di isi 'about me', 'sitemap'. Di kelas blogspedia ini juga untuk pertama kalinya tahu tentang istilah SEO dalam membuat sebuah konten, sampai dikenalkan pada META SEO Inspector, aplikasi yang berfungsi untuk menganalisis seberapa baikkah konten yang kita buat berdasarkan indikasi dan parameter SEO.

SEO sendiri adalah singkatan dari search enzine optimization atau pengoptimalan mesin telusur dalam bahasa Indonesia, di mana fungsinya adalah untuk mengoptimasi sebuah blog atau website. Kemudian, apa hubungan antara template dan SEO?. Tentu saja ini sangat berelasi, karena dengan menggunakan template yang baik untuk blog kita, akan sangat menunjang performa blog kita, sehingga lebih SEO friendly.

Untuk yang penasaran tentang kelas blogspedia ini, ikuti terus perkembangan informasinya di media sosial blogspedia dan juga blog blogspedia.my.id, siapa tahu ada blogspedia coaching batch 2. By the way, tidak hanya ilmunya yang ndaging di kelas ini, tetapi juga seluruh rangkaian materi yang disampaikan semuanya gratis. Subhanallah.

Masih banyak PR dalam mempelajari dunia blog, masih banyak yang harus dipelajari. Ya, memang hakikatnya hidup adalah untuk belajar. So, let's learn continously, wherever, whenever.

Terima kasih untuk seluruh guru yang telah mengenalkan, membimbing, dan mengajarkan tentang dunia blog.

Untuk teman-teman yang juga baru belajar tentang blog dan ingin mencoba mengubah dan menata template blog, baik yang gratis maupun berbayar:

intinya beranilah untuk mengutak-atik blog sampai menemukan template yang nyaman. Dengan mempunyai template blog yang nyaman, ibarat rumah yang sangat kita rindukan untuk ditempati, sehingga menulis pun menjadi rutinitas yang kita rindukan.

  

Related Posts

4 komentar

  1. mantap juga tema template wisdom nya, printilannya juga udah banyak keren nih

    BalasHapus
  2. Sepakat untuk kalimat pamungkasnya pak yonal, jadikan rumah senyaman mungkin biar selalu rindu aktifitas menulis. sip selamat dan sukses buat pak yonal, semoga selalu dalam sehat seluruh keluarga.

    BalasHapus
  3. Emang beda tampilan blanter wisdom dengan fiksioner. Tapi sama² bagus.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email