Yuk Tingkatkan Traffic Blog Kita

20 komentar

Menjelang awal pekan, moodbuster menyambut aktivitas hari Senin sangat dibutuhkan, agar hidup kita bersemangat layaknya slogan I like mondayUntuk para Blogger pemula, ada beberapa tips penyemangat agar kegiatan menulis tidak up and down, agar blog kita tetap hidup, dan tidak hanya dengan menulis, tetapi juga dengan memperhatikan elemen-elemen yang ada pada blog. Nah pas banget, growthing.id mengadakan acara membongkar pageview atau traffic blog nih, acaranya super manfaat banget, khususnya bagi para blogger pemula.

Dari informasi Coach Marita Ningtyas di kelas Blogspedia Coaching for Newbie diberitahukan bahwa di akhir Oktober ini Growthing.id mengadakan Marathon Coaching selama tiga hari, mulai dari Minggu, 25 Oktober sampai Selasa, 27 Oktober 2020. Untuk hari pertama, materi yang disampaikan adalah tentang membongkar rahasia pageview blog, dengan narasumber Rini Novitasari, seorang lifestyle blogger di celotehdinihari.com, dan juga pemilik Noe Digital Writer yang bergerak dalam bidang jasa penulisan artikel. 

Marathon coaching  membongkar rahasia pageview atau traffic blog


Pada sesi kedua, hadir pula Mistery Guest yang ternyata seorang Blogger kenamaan asal Pontianak, Bahrul Ilmi. Selain sebagai seorang Blogger, Bahrul Ilmi juga seorang Content Writer, dan Web Content Editor. Coach Baim -sapaan akrabnya- menggenapi materi mengulik traffic dari Google Analytic dengan apiknya.

Berikut beberapa hal yang didapatkan dari mengikuti Marathon Coaching hari pertama tentang membongkar rahasia pageview blog. Check these out. 

Meningkatkan Pageview Atau Traffic Blog 

Salah satu yang bisa para Blogger pemula lakukan untuk menyemangati diri menggeluti dunia blogging adalah dengan meningkatkan pageview atau traffic blog. Ada beberapa hal yang bisa para Blogger lakukan untuk dalam memahami elemen pageview yang ada dalam blog, diantaranya memahami terlebih dahulu masalah yang biasa dihadapi para blogger pemula, kemudian memahami apa itu pageview, dan selanjutnya mengoptimalkan elemen pageview atau traffic blog. 

tips meningkatkan pageview atau traffic blog

Masalah Para Blogger 


Massalah yang ada pada para Blogger pemula adalah banyaknya para Blogger yang tidak terlalu peduli dengan jumlah pageview atau traffic blog, hal ini dikarenakan karena para Blogger pemula banyak juga yang belum memahami manfaat dari menaikkan jumlah pageview blog, atau ada keinginan untuk menaikkan jumlah pageview tapi belum tahu langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk optimasi blog. 

Apa Itu Pageview?


Dari permasalahan yang dihadapi para Blogger pemula, berarti sebelum fokus menaikkan jumlah pageview atau traffic blog, para Blogger harus tahu terlebih dahulu apa itu pageview. Pageview sendiri bisa diartikan sebagai jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. Nah, semakin tinggi jumlah pageview, bisa menjadi indikasi semakin baik kualitas blog dan kontennya. 

Orang yang mengunjungi blog kita biasa disebut sebagai user atau visitor. Ketika visitor mengunjungi blog dan membuka banyak halaman, visitor tersebut bisa mendatangkan lebih dari satu pageview. 

Ada beberapa istilah juga yang harus dipahami dalam pageview ini, diantaranya: 

  • UV/Unique Visitor: Pengunjung yang kedatangannya ditentukan oleh IP address, browser dan cookies yang tersimpan di setiap browser. 

  • PV/pageview: Tatangan halaman yang muncul di browser setiap pengunjung meng-klik satu tautan tertentu.

  • Bounce rate: Persentase dari visitor yang meninggalkan sebuah halaman tanpa meninggalkan tindakan seperti meng-klik link. 


Manfaat Menaikkan Traffic Blog 


Setiap Blogger mempunyai idealismenya masing-masing, ada yang hanya menulis tanpa mempertimbangkan hal lain seperti jumlah traffic blog. Tipe Blogger seperti ini dikenal dengan penulis untuk diri sendiri. Namun banyak pula para Blogger yang memperhatikan pageview atau traffic blog setelah mengetahui manfaat yang didapatkan dari menaikkan traffic blog ini. Beberapa hal tentang pentingnya menaikkan pageview atau traffic ini antara lain adalah: 

Berpotensi Besar Untuk Terpasang Adsence 

Bagaimana rasanya menggeluti hobi kemudian mendatangkan penghasilan?. Nah, dengan besarnya jumlah pageview, pundi-pundi adsence lebih berpeluang besar untuk didapatkan, karena para advertiser menilai kualitas blog, salah satunya dari tingginya traffic blog. 

Meningkatkan Conversion Rate 

Conversion rate adalah pengunjung blog yang melakukan tindakan menguntungkan dari total pengunjung blog. Dengan blog yang memiliki kualitas konten baik, potensi conversion rate akan pula meningkat. 

Pageview Yang Tinggi Mengindikasikan Baiknya Kualitas Blog 

Para visitor tentunya akan lebih senang mengunjungi blog yang berkualitas, baik dari segi konten ataupun tampilan template blog. Dengan baiknya kualitas blog, akan sangat berpotensi mengundang para visitor untuk mengunjungi blog kita. 

Meningkatkan Rate Card 

Banyaknya kompetitor di dunia blogging akan membuat turunnya rate card, namun dengan baiknya performa blog, para blogger akan tetap bisa mempertahankan harga yang sebanding dengan kualitas blog yang dimiliki. 

Peluang Besar Untuk Bekerja Sama 

Agency atau advertiser ketika akan mengajak bekerja sama para blogger, akan menjadikan parameter pageview sebagai salah satu indikasi baiknya blog. 

Sumber-sumber Traffic Blog 

Sumber traffic bisa para blogger dapatkan dari beberapa saluran, diantaranya: 

empat saluran yang dapat menjadi sumber traffic blog

  • Organic Search: Organic search atau juga dikenal dengan natural search adalah kunjungan yang tidak mengandung pendaftaran dibayar, atau sponsor. 

  • Direct: Direct adalah visitor yang langsung mengetik alamat domain blog karena sudah mengetahui alamat website di browser. Seperti ketika mengunjungi facebook, visitor sudah familier untuk mengetik langsung http://www.facebook.com 

  • Social: Social adalah refferal traffic dari situs-situs seperti facebook, twitter, blogspot, wordspress, dan sebagainya. 

  • Refferal: Referal adalah kunjungan dengan meng-klik link yang ada di website lain. Refferal sendiri berarti rujukan. Contohnya, ketika visitor mengunjungi suatu situs, kemudian diarahkan untuk mengunjungi situs lain di luar alamat situs itu sendiri. 


Tips Menaikkan Pageview 

Beberapa hal yang bisa para blogger lakukan untuk menaikkan pageview diantaranya adalah:

  • Riset Keyword: Cara mencari keyword yang sedang trending, ada yang menggunakan intuisi atau feeling saja, atau beberapa ada yang menggunakan google keyword planner. 

  • Menulis Artikel SEO dan Human Friendly: Tulisan dengan parameter SEO bisa dimulai dengan menggunakan bahasa yang nyaman untuk dibaca visitor, kemudian memilih keyword yang tepat yang akan disisipkan di judul. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah jumlah kata dan jumlah keyword, penggunaan heading dan sub heading, membuat link internal dan eksternal, mengoptimasi gambar, serta membuat meta deskripsi. 

  • Link Building: Link building adalah teknik agar website lain memberikan tautan yang akan menuju website blog kita

  • Membuat Artikel Trending Atau Viral: Untuk membantu membuat artikel yang sedang trending bisa dibantu dengan mencari informasi di https://trends.google.com/trend/explore. 

  • Blogwalking: Jangan lupa untuk mengunjungi blog lain untuk menambah wawasan dan juga mencari ide-ide segar untuk bahan konten yang akan dibuat oleh para blogger. 

  • Optimasi Pagespeed: Para visitor tentunya tidak akan mau mengunjungi website yang mengalami loading lama, maka perlu diperhatikan seberapa cepat blog kita dapat diakses oleh para pengunjung. 

  • Desain Blog Yang Menarik: Salah satu unsur yang menarik dari blog adalah pemilihan template yang diterapkan. Sesuaikan dengan target visitor, karena beberapa ada yang menyukai tampilan blog yang sederhana, atau beberapa kalangan visitor seperti usia remaja lebih menyukai tampilan blog yang colorfull. 

  • Mengulik Search Console: Search Console digunakan untuk mengetahui performa blog kita di mesin pencari. 

  • Mengulik Google Analytics: Google Analytic adalah salah satu layanan dari Google untuk membantu kita mengetahui statistik pengunjung website kita. Google Analytic dapat memberitahu kita tentang informasi visitor berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk halaman pencari, iklan, dan juga email marketing. 


Simpulan 


Ketika akan bekerja sama, klien pastinya menjadikan jumlah traffic blog sebagai salah satu indikasi kualitas baiknya sebuah blog, dan tingginya pageview atau traffic blog tentunya tidak akan lepas dari usaha maksimal memperbaiki performa blog. 

Tahapan memperbaiki kualitas blog agar disukai klien antara lain dengan keaktifan membuat konten, memperbaiki tampilan atau template blog, membuat konten dengan gaya bahasa yang mempunyai ciri khas dan dilengkapi dengan gambar serta info grafis yang mendukung, dan bisa menjaga kesesuaian antara blog kita dengan ekspektasi klien.

Demikian resume dari materi hari pertama Marathon Coaching tentang membongkar rahasia pageview atau jumlah traffic blog kita. Semoga bermanfaat dan menjadikan motivasi untuk belajar dan tumbuh menjadi blogger keren.

Baca juga:
Yonal Regen
Ayah dari qurrota a'yun; mufid, fariha, syafiq. Pengajar di Raudlotul Ulum serta volunter di filantrofi Rumah Ziswah

Related Posts

20 komentar

  1. Selalu rapi tulisan pak yonal ini...
    Oh iya di paragraf atas tadi typo bukan pak? I like MODAY? Monday kali ya.
    Hehe gtau deng

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya typo teh, hatur nuhun, sudah diperbaiki

      Hapus
  2. Mantap sekali resumnya paaak... Lengkaap kappp kapppp....hari ini hari terakhir semoga tetep semangat dan dapat kursi kelas KGB yaaa

    BalasHapus
  3. masih banyak PR untuk menaikkan traffic blog, apalagi masih perlu belajar SEO pak hehe

    BalasHapus
  4. Pak Yonal diem2 gercep banget :D
    Semangat terus untuk menginspirasi pak, doakan saya lulus ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga kita lulus bareng-bareng kak Rita

      Hapus
  5. Informatif sekali!

    Ngefans dengan gaya tulisannya. Makin sukses, makin produktif berkarya.

    Barakallah

    BalasHapus
  6. Mantap mas, lengkap banget materi tentang page viewnya 😁

    BalasHapus
  7. Terima kasih pak Yo. Jadi lebih jelas setelah membaca artikel bapak ini.

    BalasHapus
  8. Mantuul niih materinya...
    Bahasanya juga ngalir, ngerasa pas bacanya kayak dibawa arus, heheheh

    BalasHapus
  9. pak rapi banget tulisannya
    duhh pengen cepet2 selesai juga tulisanku hehee

    BalasHapus
  10. sangat bermanfaat sekali informasinya, terimakasih pak

    BalasHapus
  11. sangat bermanfaat sekali pak informasinya, terimakasih ya

    BalasHapus

Posting Komentar