Memilih dan Memasang Domain Blog

22 komentar

Pengalaman pertama memasang domain blog


Memasang domain blog bagi seorang blogger pemula merupakan salah satu hal butuh pertimbangan yang cukup matang. Ya, life is choice. Demikian qoute kehidupan yang sering kita dengar. Kalimat singkat itu benar adanya, karena dalam hidup, acapkali kita sering dihadapkan untuk membuat keputusan dan atau pilihan atas beberapa kondisi. Pun dengan seorang blogger, tahapan untuk terus berkembang menjadi lebih baik sejatinya disertai beberapa konsekuensi yang harus dihadapi, salah satunya adalah memutuskan, memilih dan memasang domain.

Kenapa Blog?

Bermula dari mengikuti open recruitment -oprec- komunitas One Day One Post yang dimulai di awal bulan September, dimana ada tiga pilihan platform media sosial yang bisa digunakan sebagai media menulis, ada facebook, instagram dan blog.

Blog menjadi pilihan di antara instagram dan facebook. Alasannya sederhana, menulis di blog lebih privasi, tidak akan bisa diakses sebebas facebook dan instagram. Blog cocok untuk diri ini yang pada awalnya menulis hanya untuk diri sendiri, tak suka terekspos, tak niat terpublikasi. 

Dengan memilih blog sebagai media menulis, panitia kemudian menyatukan para blogger peserta oprec dalam WA grup blogsquad.

Seiring berjalannya waktu, banyak ilmu yang diberikan komunitas ODOP terkait penulisan, dari sanalah tersadar bahwa menulis bisa menjadi media menyebarkan kebaikan, dan tentunya akan lebih baik jika setiap kebaikan yang kita tuliskan dapat diketahui dan dibaca oleh orang lain dan dirasakan kemanfaatannya.

Syahdan dengan pemahaman baru itu akhirnya ketiga media sosial dimanfaatkan dengan menu share link. Konten tulisan yang terdokumentasikan di blog ditautkan ke facebook dan juga instagram. Hasilnya, traffic blog menunjukkan peningkatan viewer secara berkala. 


Blogger Pemula di Kelas Blogspedia

Di tengah mengikuti program oprec ODOP,  seorang teman blogger sukabumi, kang Azwar Ibrahim memberitahu ada kelas untuk mempelajari tentang blog untuk para pemula. Kelas ini diadakan secara gratis oleh blogger asal Semarang, Marita Ningtyas.

Ibarat 'sudah basah kenapa tak mandi sekalian', kelas itu pun diikuti beriringan dengan waktu oprec ODOP. 

Dua kelas luar biasa, diisi oleh orang-orang yang luar biasa kompeten di bidangnya, dan semuanya gratis... tis. Benar-benar tersadar, bahwa ternyata orang baik dan berilmu yang mengamalkan pengetahuannya dengan hati, tanpa embel-embel materi itu masih banyak.

Di kelas blogspedia coaching for newbie para peserta benar-benar digodok dengan telaten, mulai dari awal membuat blog, mengenal dasboard, niche, sampai belajar membuat esai dengan ketentuan SEO (Search Engine Optimization). 

Nah, salah satu materi yang kalah menarik di bulan kedua coaching adalah memutuskan untuk mengubah blogspot menjadi Top Level Domain (TLD).

promo rumah web untuk pembelian domain

Sebelumnya, selaku coach tunggal di blogspedia coaching for newbie, Coach Marita sudah memberitahukan bahwa akan ada banyak promo pembelian domain pada tanggal 11 bulan 11. Salah satu promo yang dikenal dengan Specta Sale 11.11 ini  diadakan oleh penyedia domain rumahweb.com. Dari kisaran harga normal 120-150 ribu, rumah web menawarkan harga 99 ribu pada tanggal yang dipercaya sebagai hari jomlo itu.

Uniknya lagi promo 11.11 ini diadakan mulai jam 11 siang lebih 11 menit. Domain yang disediakan pun tak banyak, hanya 75 domain saja.


Memasang Domain Blog

Sebelum melakukan transaksi pembelian domain, coba-coba mengecek di penelusuran nama domain di rumahweb, apakah theregen.com tersedia. Ternyata nama domain yang tadinya sudah disiapkan untuk dipakai itu tidak dapat lagi digunakan, kemungkinan sudah ada blogger lain yang sudah menggunakannya dengan nama serupa. Alhasil mencoba lagi alternatif nama domain kedua yonalregen.com, nah, untuk nama domain tersebut ternyata bisa dipakai. Jadilah yonalregen.com dipilih untuk nama domain dalam transaksi pembelian.

Melengkapi Data

Ketika mengunjungi rumahweb, kita tidak langsung melakukan transaksi pembelian, tetapi harus membuat akun dulu untuk ditetapkan sebagai seorang pelanggan. data akun pelanggan diperlukan sebagai bahan verifikasi dan mempermudah nantinya dalam proses perpanjangan domain setiap habis masa pertahunnya. Selanjutnya Verifikasi data akun kita akan dikirim via surat elektronik, dan dari sanalah kita bisa memastikan kepastian data kita tersimpan di akun rumahweb.

pemberitahuan via email untuk verifikasi data

Selanjutnya setelah mengisi data dan memilih nama domain, kita akan diarahkan untuk melakukan proses pembayaran. Tidak usah khawatir dengan cara pembayaran, banyak cara tersedia untuk mentransfer dana pembayaran, mulai dari memakai kartu kredit, virtual account, transfer ATM, Toko retail penyedia transfer seperti alfamart dan indomart, bahkan bisa juga menggunakan beberapa aplikasi dana kekinian seperti gopay dan OVO.

Cara Memasangnya? Don't Worry.

Setelah membeli domain, bagaimana cara memasangkannya di blog?. Para peserta dibimbing sebelumnya oleh Coach Marita di WA grup. Untuk lebih detail, juga disediakan tutorial cara memasang TLD  di blogspedia.com yang dimilikinya.

Dengan tutorial yang lengkap dan detail, para peserta diuji untuk melaksanakan tahap demi tahap pemasangan custom domain dengan benar, namun jika ditemukan hambatan, Coach Marita dengan telaten terus membimbing sampai pemasangan TLD berhasil.

Walaupun tutorial yang diberikan Coach Marita sudah lengkap, namun karena kurang teliti ada beberapa hal yang membuat pemasangan domain agak terhambat. Seperti dalam pengisian CNAME, dalam panduan sudah tersusun sempurna, namun karena siwer dengan koma yang disimpan di antara banyaknya angka, sehingga IP Google dengan empat pilihan itu dimasukan semuanya, sehingga error lah yang di dapat. Enaknya di kelas blogspedia itu, tak hanya Coach nya saja yang membantu, namun teman-teman lain yang sudah sukses memasang domain terlebih dahulu, dengan baik hatinya mereka juga turun tangan, meluruskan kesalahan-kesalahan dalam mengambil tahapan-tahapan pengisian data.

Indahnya berkolaborasi dalam sebuah komunitas, saling suport satu sama lain. Kelas blogspedia itu lebih dari sebuah komunitas pembelajaran bagi blogger pemula, tapi sudah seperti keluarga, yang ayah ibunya Duo Mar: Marita & Martin. 👫

What's Next

Ah, rasanya seperti iron man... ketika pertama kali melihat blog kita berubah. Tentunya perubahan ini disertai dengan harapan bahwa mengubah blog menjadi TLD bukanlah untuk gaya saja atau penampilan nama domain blog yang eye catching semata, tapi lebih dari itu, pemasangan TLD ini sebagai motivasi untuk terus belajar menjadi lebih baik. Konsisten menyebarkan kebaikan dengan membuat konten tulisan yang bermanfaat, sebagai sumbangsih kecil bagi kemajuan dunia literasi ibu pertiwi.

Semoga tanggung jawab menjadi seorang blogger pembelajar mudah-mudahan terus terpatri, agar terus termotivasi untuk terus belajar tanpa henti.

Sampai pada titik memasang domain blog, serasa tersadarkan pula bahwa ilmu yang kita miliki masih sangat terbatas. Masih banyak PR besar yang harus dikerjakan bertahap dengan terus menimba ilmu. So, just keep studying.



Yonal Regen
a Father of four, educator at Raudlotul Ulum School and author of Narasi Ayah Guru

Related Posts

22 komentar

  1. Waa alhamduliah, seperti dalam materi pertama Blogspeda Coaching, "blogger yang baik salah satunya blogger yang terus belajar"

    Selamat Kak... semoga harapan, impian, dan cita-cita kita Allah mudahkan~ Aammiin

    BalasHapus
  2. Selamat Pak Yonal buat TLD nya. Jadi tambah keren, deh, blognya. Selamat menebar manfaat.

    BalasHapus
  3. Selamat pak sudah TLD. Saya juga memutuskan untuk TLD kemarin karena supaya bisa lebih konsisten nulisnya, jadi berasa ada tanggung jawab baru gitu, hehe.

    BalasHapus
  4. Yeay .. sudah .com sekarang... Semakin rajin ngeblognya ya pak..

    BalasHapus
  5. asiiik congratulation Pak Yonal udah dot com 😄 semoga Allah mudahkan untuk spread kindness through blogging, aaamiiin

    BalasHapus
  6. Ikutan senang atas terpasangnya TLD pak yonal hehe..
    Tetap belajar hal baru pak

    BalasHapus
  7. Yeayyy, selamat untuk .com nya pak Yonal..
    Semoga semakin semangat utk ngeblog nya juga :)

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, barakallah, selamat ya pak yonal. emang beruntung banget bertemu dengan kelas dan coach yang begitu telaten. semoga makin istiqomah ngeblognya ya..

    BalasHapus
  9. Punya Pak Yonal mah sebelum TLD udah keren.

    BalasHapus
  10. Selamat blognya sudah TLD Pak Yonal...

    BalasHapus
  11. Selamat atas domain barunya Kak, semangat ngeblognya 😊

    BalasHapus
  12. Keep bloggibg ya Pak, udah TLD sekarqng, template juga udah cantik, barakallah

    BalasHapus
  13. selamat ya sudah TLD, saya baru mau beli domain juga, bacain pengalaman orang dulu hehe

    BalasHapus
  14. Selamat bapak sudah TLD nih, semaakin semangat berbagi via tulisan njih bapak..menebar manfaat untuk orang banyak

    BalasHapus
  15. Pa Yonal selalu rapih dan oke, tolong mampir juga ya pa Yonal :)

    BalasHapus
  16. duo Mar emang luar biasa sih >< selalu suka dengan gaya penulisannya pak Yonal

    BalasHapus
  17. Sudah basah, mandi sekalian... Betul ringan itu, tapi maknanya kalau melakukan sesuatu jangan setengah-setengah... Semoga bisa lulus di kedua program itu ya Kang semangat...

    BalasHapus
  18. Wah keren, alhamdulilah sudah TLD mas

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email