Pelantikan TKU Siaga dan Penggalang

Posting Komentar
Pelantikan TKU

Sebelum pelaksanaan Sumatif Akhir Semester atau SAS di ujung tahun ajaran 2024 ini si sulung mengikuti program pelantikan TKU Siaga dan Penggalang di sekolahnya. Program ini adalah bagian dari kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah dasar yang ia ikuti di setiap akhir pekan.

Sepulangnya dari kegiatan tersebut sang anak bercerita kalau ia sangat menikmati keseluruhan program tersebut karena selain diadakan di kawasan Salabintana yang terkenal dengan daerah yang sejuk, jadi serasa lagi outing class walaupun judulnya pelantikan TKU, acara ini juga dikemas dengan susunan acara yang membuat anak-anak tertarik mengikutinya.

Apa itu Pelantikan TKU Siaga dan Penggalang

Pelantikan TKU siaga dan penggalang adalah salah satu program ekstrakurikuler pramuka di sekolah dasar, yaitu pengesahan atau pengukuhan pemberian TKU setelah menyelesaikan tugas-tugasnya di SKU. TKU sendiri adalah Tanda Kecakapan Umum yang diberikan kepada adik-adik pramuka setelah mereka menyelesaikan syarat-syarat kecakapan umum atau SKU pada tingkatnya masing-masing.

Perbedaan Siaga dan Penggalang

Pramuka di sekolah dasar terbagi menjadi dua tingkatan yaitu pramuka tingkat siaga dan tingkat penggalang. Keduanya memiliki perbedaan tingkat dilihat dari faktor usia

  • Pramuka siaga adalah pramuka yang diperuntukan bagi anak-anak dengan rentang usia dari 7 sampai 10 tahun. di SD pramuka siaga biasanya adalah para siswa dari kelas 1 sampai kelas 4
  • Pramuka penggalang adalah pramuka dengan rentang usia dari 11 sampai 15 tahun. Pramuka ini adalah rentang usia sekolah dasar kelas 5 dan 6 juga SMP atau MTs kelas 7,8 dan 9.

Susunan Acara Pelantikan TKU Siaga dan Penggalang

Sepekan sebelum acara pelantikan TKU ini guru SD yang menjadi wali kelas di sekolah sang anak mengumumkan pemberitahuan akan diadakan program ini dan juga membagikan susunan acara yang akan berlangsung selama kegiatan pelantikan TKU tingkat siaga dan penggalang.

Berikut susunan acara pelantikan TKU siaga dan penggalang

1. Registrasi Kedatangan Peserta Tadik Pramuka

Mulai pukul 07.00 WIB sampai 07.30, para siswa diberi waktu untuk registrasi atau pendaftaran ulang mengikuti program pelantikan TKU ini. Setelah registrasi anak-anak berkumpul  bersama teman-teman grup pramuka nya sambil menunggu teman yang lain datang.

2. Salat Dhuha

Sebelum pemberangkatan ke tempat pelantikan di Salabintana, Sukabumi, tak lupa anak-anak beserta para pembimbingnya melakukan salat Dhuha terlebih dahulu. Ini adalah salah satu pembiasaan positif di sekolah yang rutin dilakukan setiap hari sebelum memulai aktivitas pembelajaran di sekolah.

3. Keberangkatan ke Tempat Pelantikan

Setelah selesai melaksanakan salat dhuha, anak-anak bersiap untuk diberangkatkan ke tempat pelantikan TKU di Salabintana, Sukabumi. Anak-anak menaiki mobil kelompok masing-masing sesuai dengan tanda yang telah diberikan panitia.

Perjalanan dari sekolah di Kadudampit menuju Salabintana kurang lebih memakan waktu 40 menit. dari dokumentasi wali kelas yang dikirim ke WA grup orang tua, tampak anak-anak sangat menikmati perjalanan dengan bermain dan bercanda sepanjang perjalanan menuju tempat tujuan di Salabintana.

4. Persiapan Kegiatan

Setelah sampai ke tempat tujuan, anak-anak dikondisikan oleh kakak-kakak pembimbing pramuka dengan berkumpul sesuai kelompoknya masing-masing. Para pebimbing mengecek kelengkapan personil dari tiap kelompok dan juga memeriksa kelengkapan untuk mengikuti acara inti perlantikan TKU ini.

5. Ice Breaking

Sebelum memulai acara inti, tak lupa para pembimbing memberikan ice breaking agar anak-anak tak bosan dan tak tegang. Ice breaking berupa permainan atau games mampu mencairkan suasana dan terlihat anak-anak sangat ceria mengikutinya. 

6. Upacara Pelantikan TKU

Ice breaking selesai, dan tibalah waktunya acara inti yaitu upacara pelantikan TKU. Anak-nak pramuka tingkat siaga dan penggalang sangat khusu mengikuti momen pelantikan TKU ini.

7. Pembagian Sertifikat Peserta

Sebagai tanda telah dilantiknya semua peserta dari pramuka siaga dan penggalang ini maka sekolah sebagai gugus depan atau gudep pramuka memberikan sertifikat sebagai tanda mereka telah lulus dalam program pelantikan TKU tingkat siaga dan penggalang.

8. Ishoma

Sebelum kepulangan, anak-anak pramuka diberi waktu untuk istirahat, salat, dan makan atau yang lebih dikenal dengan istilah ishoma.

Untuk makan siang anak-anak memang diwajibkan membawa makanan berat dan juga air minum untuk mengisi jadwal ishoma ini. Jadi mereka tinggal botram dalam Bahasa Sunda atau makan bersama-sama saja dengan bekal yang dibawa masing-masing.

ishoma

9. Penutupan Acara

Selesai Ishoma acara resmi ditutup dan anak-anak bersiap kembali ke sekolah dengan mobil yang siap menjemput mereka. Tampak ekspresi mereka yang sangat ceria ketika selesai melaksanakan pelantikan TKU ini ketika didokumentasikan kakak-kakak pembimbing pramuka sebelum pulang ke rumah masing-masing.

pramuka penggalang

Pramuka sebagai salah satu ekstrakurikuler di sekolah sangat banyak manfaatnya untuk diikuti oleh anak-anak. Dasadharma dan Trisatya dalam pramuka akan membuat anak menjadi sosok yang mandiri dan juga memiliki banyak sifat-sifat positif lainnya.

Selayaknya sebagai orang tua kita mendukung setiap program sekolah yang berperan dalam meningkatkan setiap potensi anak didik dan tumbuh kembang anak secara fisik dan psikis. Pramuka jelas bisa menjadi salah satu jalan untuk siswa membuka diri dengan mengikuti setiap program yang diadakan dalam ekstrakurikuler yang menarik tersebut, termasuk acara seperti pelantikan TKU siaga dan penggalang ini.

Related Posts

Posting Komentar