Peran PAFI dalam Optimalisasi Sistem Kesehatan di Indonesia

Posting Komentar
Sistem Kesehatan di Indonesia

Kondisi kesehatan masyarakat Indonesia saat ini sangat beragam mulai dari malanutrisi sampai kesehatan mental. Semua masalah kesehatan ini salah satunya adalah dampak dari jumlah populasi masyarakat kita yang besar. 

Butuh koordinasi dari berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah kesehatan di Indonesia agar terus berkurang secara bertahap. Tenaga kesehatan seperti bagian medis, keperawatan, tenaga gizi, sampai farmasi semuanya harus bersatu padu menuju masyarakat Indonesia yang sehat.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau PAFI sebagai wadah bernaungnya para ahli farmasi di Indonesia juga termasuk yang ikut andil dalam menanggulangi masalah kesehatan di Indonesia. Banyak langkah yang telah diambil sebagai bentuk nyata dalam sinergi menuju Indonesia dengan sistem kesehatan yang lebih baik.

Langkah Nyata PAFI di Dunia Kesehatan

PAFI adalah organisasi yang diresmikan pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta sebagai wadah berkumpulnya para ahli farmasi yang membaktikan seluruh karyanya di bidang farmasi. Dalam menjalankan organisasinya PAFI termasuk dalam ketegori organisasi keprofesian yang mempunyai karakteristik kekaryaan dan pengabdian.

Sesuai dengan salah satu tujuan PAFI untuk mewujudkan derajat kesehatan mayarakat Indonesia yang optimal PAFI kerkoordinasi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait untuk mewujudkannya. Di luar itu PAFI juga mempunyai langkah-langkah strategis dalam mewujudkan tujuan pengoptimalan kesehatan masyarakat. Beberapa di antaranya seperti:

1. Me-Launching Halo PAFI

Halo PAFI

PAFI me-launching Halo PAFI yang pada awalnya digagas oleh PAFI cabang Gorontalo. Halo PAFI adalah call center untuk mewadahi informasi dan juga sebagai solusi seputar permasalah farmasi dari masyarakat, seperti:

  • Layanan pengaduan dan keluhan masyarakat
  • pelayanan informasi obat
  • info lowongan kerja kefarmasian
  • info tenaga teknis kefarmasian

2. Mengembangkan Organisasi di Seluruh Nusantara

Agar seluruh tenaga farmasi terpayungi dengan organisasi PAFI ini maka PAFI membentuk cabang yang hampir ada di seluruh nusantara, dari Sabang sampai Merauke. Beberapa contoh cabang PAFI di Seluruh Indonesia seperti:

  • PAFI Kota Magetan, Jawa Timur yang beralamat situs https://pafikotamagetan.org/
  • PAFI Halmahera Tengah, Maluku selatan yang memiliki website pafikabhalmaheratengah.org/
  • PAFI Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang dengan alamat website https://pafikarangbaru.org/
  • PAFI Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dengan alamat website-nya di https://pafipcsumbawa.org/
  • PAFI Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara dengan link website pafipakpakbharat.org

3. Ngopi = Ngobrol Bareng PAFI

Ngopi = Ngobrol Bareng PAFINgopi= Ngobrol Bareng PAFI

Program kerja lainnya dari PAFI dalam rangka optimalisasi sistem kesehatan Indonesia adalah dengan mengadakan NGOPI atau Ngobrol Bareng PAFI. Program ini diadakan baik secara daring maupun luring dengan seluruh anggota PAFI maupun masyarakat pada umumnya.

Seperti saat ramai pandemi covid-19 di Indonesia beberapa waktu lalu, PAFI mengadakan program Ngopi ini secara online dengan tujuan agar seluruh anggota PAFI dan juga masyarakat pada umumnya paham dan tahu langkah-langkah dalam menjalankan protokol kesehatan.

4. Pelatihan Tenaga Farmasi

Untuk meningkatkan kompetensi para ahli farmasi maka PAFI membuat program pelatihan untuk para anggotanya ini. Salah satu contoh pelatihan ini adalah Webinar Nasional dengan Topik Pembahasan Pembuatan Soal Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis kefarmasian. Pelatihan ini bertujuan agar seluruh anggota PAFI tersertifikasi secara formal.

Dukungan Kita Sebagai Masyarakat dalam Optimalisasi Sistem Kesehatan di Indonesia

Optimalisasi Sistem Kesehatan di Indonesia

Sebagai bagian dari masyarakat tentu kita sejatinya harus mendukung setiap program positif dari berbagai pihak demi terciptanya optimalisasi sistem kesehatan di Indonesia. Tentu kita akan merasakan dampak yang baik manakala tujuan Indonesia yang sehat dapat terlaksana dengan adanya kerjasama dan sinergi seluruh lapisan masyarakat.

Berbagai langkah yang dilaksanakan PAFI pun seyogianya kita sambut dengan ikut serta ikut didalamnya agar kita pun teredukasi tentang dunia kesehatan yang disosialisaikan oleh PAFI di berbagai daerah oleh setiap cabangnya baik secara online maupun offline.

Semoga dengan dukungan semua lapisan masyarakat tujuan optimalisasi sistem kesehatan di Indonesia dapat tercapai dan pada akhirnya terbentuklah derajat kesehatan masyarakat indonesia yang lebih optimal.

Related Posts

Posting Komentar