Pengalaman Menjadi Guru SD Sewaktu KKN

Posting Komentar
pengalaman menjadi guru SD

Waktu kuliah dulu di jurusan keguruan, pas ada program Kuliah Kerja Nyata atau KKN itu rasanya seru sekali dapat pengalaman menjadi guru SD di wilayah Sukabumi bagian selatan, di daerah Pejampangan. Mendapatkan pengalaman mengajar di sekolah dasar di waktu KKN akhirnya bisa menjadi pembelajaran dan modal dasar untuk terjun ke dunia pendidikan asli ketika menjadi guru setelah lulus kuliah.

Serunya Pengalaman Menjadi Guru SD Saat KKN

Sukabumi adalah wilayah Kabupaten terluas di pulau Jawa setelah Bayuwangi. Luasnya daerah Sukabumi ini berbanding lurus dengan alamnya juga yang sangat indah dan sangat menarik untuk di eksplor, termasuk wilayah Sukabumi bagian selatan.

Ketika diberi tugas untuk KKN di daerah Jampang Tengah yang menjadi salah satu bagian Sukabumi Selatan lumayan senang juga karena sekalian bisa jalan-jalan menikmati indahnya alam Pejampangan. Salah satu keindahan alam di daerah Jampang Tengah adalah adanya air terjun atau curug di desa tempat kami KKN, tepatnya di Desa Sindang Resmi.

Akhir pekan tak kami sia-siakan. Mumpung bisa rehat dari tugas harian KKN, kami biasanya menjelajah tempat-tempat eksotis di desa ini, termasuk ke curug yang jaraknya tidak jauh dari posko KKN kita. Terus, karena masyarakat tahu kita sedang KKN, akhirnya akses masuk tempat wisata air terjun pun digratiskan dong. Alhamdulillah.

Guru SD mengajar apa saja?

Tak hanya eksotisme alamnya, banyak pengalaman seru ketika menjalankan tugas KKN di daerah Jampang ini, yang salah satunya tugas untuk mengajar di sekolah dasar dan bisa merasakan keseruan pengalaman menjadi guru SD.

1. Pengalaman Mengajar Saat KKN

Pada dasarnya tugas KKN itu banyak sekali. Intinya kita belajar mengamalkan tri darma perguruan tinggi yang salah satu poin nya pengabdian kepada masyarakat. 

Setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk mengabdikan diri dengan potensi yang dimiliki masing-masing. Ada yang mengajar mengaji, ada yang membantu administrasi di kantor desa, dan qodarullah saya sendiri diberi tugas waktu itu untuk mengajar Bahasa Inggris anak-anak di kampung dan juga mengajar di sekolah dasar yang ada di daerah itu.

2. Keseruan Menjadi Guru SD

Ternyata memang seru mengingat pengalaman menjadi guru SD. Berinteraksi dengan anak-anak usia 7 sampai 12 tahun itu gampang-gampang susah rasanya pada waktu itu.

Seiring berjalannya waktu mengajar di sekolah dasar selama KKN itu makin seru. Mengobrol, main, sampai berbagi cerita, mendengarkan curhatan ala anak SD itu memberi kesan tersendiri.

3. Keuntungan Menjadi Seorang Guru 

Pengalaman menjadi guru SD itu sangat menarik dan sangat beruntung sekali bisa mengalaminya. Dengan pengalaman menjadi guru ini jadi tersadarkan bahwa menjadi guru itu tidak hanya tentang menyampaikan materi.

Menjadi guru di sekolah dasar memberikan pengalaman untuk menjadi guru secara profesional. Lebih dari itu kita juga belajar untuk menjadi sahabat bagi mereka, jadi kakak pada saat-saat tertentu, bahkan memposisikan diri jadi orang tua mereka.

Kesempatan ini memang sangat untung. Mempunyai pengalaman menyelami karakter anak-anak sekolah sangatlah luar biasa dan menjadi batu loncatan serta modal dasar dalam memahami karakter anak di sekolah saat ini.

4. Guru SD Mengajar Apa Saja?

Berbeda dengan tingkat SMP dan SMA yang mengajar sesuai mata pelajaran tertentu, guru SD mengajar semua mata pelajaran. Ini pengalaman luar biasa, kita harus mempersiapkan beberapa materi pelajaran untuk 1 hari mengajar.

Salut kepada guru kelas di sekolah dasar yang dapat memahami banyak materi pelajaran kemudian diajarkan di kelas. Dedikasi mereka dalam menyampaikan berbagai mata pelajaran patut diacungi jempol.

Pengalaman Adalah Guru Terbaik. It's True!

Guru SD mengajar apa saja

Walaupun saat ini tidak mengajar di sekolah dasar, tetapi mempunyai pengalaman mengajar menjadi guru SD saat Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan salah satu pengalaman hidup yang berharga. Sekian lama berkutik di bangku perkuliahan, ada saatnya belajar mengabdi kepada masyarakat dengan ilmu yang kita miliki dengan program KKN ini.

Apapun potensi yang kita miliki bisa diaplikasikan di KKN yang bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar, termasuk mengajar anak-anak di sekolah dasar. Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan di KKN. Selain mengasah kemampuan kita, juga pengalaman berharga untuk dijadikan pembelajaran saat masuk dunia profesional setelah lulus dari perkuliahan.

Dunia pendidikan memang luar biasa, tak terkecuali pendidikan dasar di negeri kita ini. Dari KKN ini juga ada pengalaman berharga tentang melihat secuil fakta tentang kehidupan para gurunya. Waktu KKN itu ada momen mengenal istilah guru minus di sekolah tempat mengabdikan diri, yaitu guru-guru PNS yang tiap turun gajinya dari pemerintah sudah bersaldo minus karena banyaknya hutang mereka kepada bank dengan jaminan SK pengangkatan PNS. Astagfirullah.

Miris melihat fakta itu. Tapi inilah kehidupan. Tak mudah memang menjadi seorang guru, apalagi jika manajemen keuangan kita tidak mumpuni. Bisa-bisa kita menjadi guru minus-guru minus selanjutnya. Naudzubillah.

Pengalaman menjadi guru SD sewaktu KKN ini memang luar biasa. Banyak hikmah dan pelajaran hidup yang bisa dipetik untuk pembelajaran hidup saat ini.

Related Posts

Posting Komentar