Rekomendasi Kuliah Jurusan Guru SD

13 komentar
kuliah jurusan guru SD

Teman-teman yang bercita-cita menjadi pengajar di sekolah dasar, sudah tahukah kuliah jurusan guru SD apa yang harus diambil di perguruan tinggi? Jika masih dalam proses mencari informasi jurusan apa saja yang bisa diambil untuk kuliah, kebetulan sekali, kali ini kita akan membahas tema ini dan mudah-mudahan bisa menjadi pencerahan untuk teman-teman dalam memutuskan jurusan kuliah kelak.

Daftar Kuliah Jurusan Guru SD untuk Para Calon Pengajar Sekolah Dasar

Profesi guru saat ini menjadi salah satu profesi yang mulai diperhitungkan oleh anak-anak muda. Hal ini karena melihat prospek posisi guru yang sudah mulai diperhatikan oleh pemerintah dengan adanya beberapa program seperti perekrutan ASN, P3K, Serifikasi, dan Infassing..

Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang guru profesional sesuai dengan peraturan pemerintah adalah mempunyai kualifikasi sebagai sarjana pendidikan dan keguruan. Jurusan pendidikan dan keguruan untuk menjadi guru di setiap level pendidikan ini ada beberapa alternatif pilihan jurusan yang bisa di pertimbangkan. 

Gelar lulusan S1 PGSD

Untuk teman-teman yang ingin mengabdikan diri menjadi guru di sekolah dasar, ada beberapa kuliah jurusan guru yang bisa diambil, di antaranya:

1. PGSD

PGSD merupakan singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan ini adalah salah satu jurusan yang banyak diburu oleh teman-teman yang bercita-cita jadi guru SD.

Lulusan PGSD berkesempatan menjadi guru di sekolah dasar dengan menjadi guru kelas dan menjadi wali kelas. Memang biasanya guru SD yang menjadi guru kelas ini memegang hampir seluruh mata pelajaran yang diajarkan dalam satu kelas.

Jurusan PGSD banyak terdapat di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Contohnya, kalau di Bandung seperti di Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI, jurusan PGSD ini tersedia juga.

2. PGMI

Mirip dengan PGSD, PGMI ini adalah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah yang berfokus pada pendidikan di lembaga sekolah dasar di bawah Kementerian Agama yang biasa disebut MI atau madrasah ibtidaiyyah. PGMI sendiri mulai ada dan diresmikan pada tahun 2014 oleh Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor: 3656.

Karena PGMI menyiapkan lulusannya untuk menjadi guru di lembaga pendidikan Kementerian Agama, maka untuk kuliah jurusan ini pun kita mencarinya di lingkungan fakultas agama Islam, seperti UIN atau Universitas Negeri Islam.

Perbedaan lain antara PGSD dan PGMI adalah pengenalan muatan pelajaran yang dikenalkan di bangku kuliah. Karena PGMI bertugas mennyiapkan guru untuk MI yang mana mata pelajarannya lebih banyak dibandingkan SD, maka di kuliahnya pun akan dikenalkan hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran agama sebagi bentuk pecahan dari Pendidikan Agama, yaitu Qur'an Hadist, Fikih, Akidah Akhlak, dan Bahasa Arab.

3. Bahasa Inggris

Karena banyaknya beban ajar yang diampu oleh guru kelas, maka biasanya sekolah memberi kelonggaran untuk memisahkan beberapa mata pelajaran untuk diajarkan oleh guru tersendiri, termasuk didalamnya mata pelajaran Bahasa Inggris. Teman-teman bisa mengambil jurusan pendidikan Bahasa Inggris jika berminat untuk mengajarkan Bahasa ini di SD atau MI.

4. Penjasorkes

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan atau biasa disebut dengan Penjasorkes termasuk objek pelajaran yang juga biasanya diajarkan terpisah dari guru kelas. Teman-teman menyukai dunia olahraga dan ingin menjadi guru SD atau MI bisa mengambil alternatif jurusan pendidikan olahraga ini.

Berapa Tahun Kuliah Jadi Guru SD?

Secara umum, lama perkuliahan di jurusan pendidikan sama dengan lamanya jurusan-jurusan lain, yaitu pada kisaran 4 tahun. Jika kita berprestasi dan cermat dalam mengambil SKS, bisa jadi 3,5 tahun pun mungkin bisa sudah jadi guru SD atau MI. Sebaliknya. jika manajemen waktu kuliahnya kurang baik, bisa jadi butuh dari 4 tahun untuk bisa lulus dari kuliah jurusan pendidikan dan keguruan ini.

Gelar Sarjana Lulusan PGSD atau PGMI

Gelar Sarjana Lulusan PGSD

Pada awalnya gelar sarjana pendidikan dan keguruan umum dan agama berbeda satu sama lain. Contohnya, lulusan PGSD akan bergelar S.Pd yang merupakan singkatan dari Sarjana Pendidikan, sedangkan PGMI akan bergelar S.Pd.I yang bermakna Sarjana Pendidikan Islam. Namun kini baik lulusan PGSD maupun PGMI bergelar sarjana sama yaitu S.Pd.

Jadi, Jurusan Apa yang Cocok untuk Menjadi Guru Versi Kalian?

Setelah dijabarkan beberapa alternatif jurusan yang ada di program pendidikan dan keguruan, yang mana yang paling cocok yang dengan versi teman-teman? Jika masih kebingungan untuk memutuskan, pakai beberapa pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk dijadikan pertimbangan

  • Kita mau jadi guru kelas yang memegang banyak mata pelajaran atau mengajar satu pelajaran tertentu saja?
  • Mau jadi guru SD di bawah Kementerian Pendidikan atau guru MI di bawah Kementerian Agama?

Dua pertanyaan dasar di atas setidaknya bisa membantu mengerucutkan pilihan jurusan mana yang hendak kita ambil agar tidak terlalu kebingungan. Hal lain yang juga tak kalah pentingnya dalam proses memilih jurusan guru adalah menyesuaikan dengan minat dan bakat masing-masing, maka akan sangat baik dan membantu jika sekolah tingkat SMA menyelenggarakan Asesmen Bakat dan Minat untuk membantu para siswanya dalam memutuskan jurusan kuliah di perguruan tinggi ini.

Tentang jurusan guru yang banyak dibutuhkan sekolah pun dapat menjadi pertimbangan untuk memilih jurusan kuliah keguruan ini. Harapannya setelah lulus kuliah akan lebih mudah mencari lowongan kerja di lembaga-lembaga pendidikan yang membutuhkan beberapa posisi guru tersebut.

Apapun keputusan kuliah jurusan guru SD yang akan teman-teman pilih semoga menjadi keputusan terbaik yang sudah dipikirkan matang-matang sehingga tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Jika kuliah dengan jurusan yang tepat, pastinya akan dijalani dengan penuh semangat dan antusias, juga mudah-mudahan semangat itu dapat terus terjaga ketika kelak mengabdikan diri menjadi seorang guru SD di lembaga mana pun kita bertugas.

Related Posts

13 komentar

  1. Pas banget nih, sedang masa pendaftaran SNBT. Kalau jurusannya PGMI apakah bisa mengajar di SD Negeri juga, Pak? Terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau pas, PGSD itu untuk di SD, PGMI itu untuk di MI. Better linier agar memudahkan prospek karier kedepannya

      Hapus
  2. Baru tau tentang PGMI ini.. Ada jurusan khususnya juga ternyata yaa.. Lebih lengkap jg ya ternyata dari PGSD.. Makasih info lengkapnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Mala. PGMI ini masih baru dibandingkan dengan PGSD. Memang terlihat lebih lengkap karena memang mata pelajaran yang diampu di MI lebih banyak dibanding di SD efek dari pemecahan pembelajaran agamanya

      Hapus
  3. Oh sekarang semua lulusan sarjana pendidikan punya title S.Pd ya Pak? Baik untuk pendidikan Islam atau umum? Ini mencerahkan buat calon adik-adik yang bentar lagi menikmati kelulusan menengah atas. Beberapa pertanyaan di atas sangat membantu memilihkan jurusan kuliah nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Yun. Dulu kalau kaya pendidikan Islam titelnya jadi S.Pd.I alias sarjana pendidikan Islam. Sekarang semuanya menjadi S.Pd saja

      Hapus
  4. jurusan sekolah dasar masih banyak peminatnya. Diperkirakan sampai 2025 banyak yang pensiun. Jadi regenerasi, insha Allah yang saat ini sedang PPG akan dapat kursi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu Guru Windi. InsyaAllah prospek karir guru kedepannya lumayan terlihat jelas, mulai dari prospek jadi ASN, P3K, sertifikasi, dan infassing

      Hapus
  5. Pas banget buat sekarang masa penerimaan mahasiswa baru. Bisa untuk referensi yang lagi nyari jurusan lanjut kuliah. Jurusan untuk guru sekolah dasar peminatnya relatif tinggi dari tahun ke tahun ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alhamdulillah Mbak Nov. Mudah-mudahan bisa jadi referensi untuk adik-adik kelas 12 yang mau melanjutkan kuliah ke program pendidikan dan keguruan

      Hapus
  6. Kalau selain PGSd dan PGMI biasnaya ikut penyetaraan, dan pada kuliah lagi di PGSD agar bisa sesuai. Beberapa teman saya jadi seperti itu karena mengajar di SD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga harus Mas, selama mengambil jurusan pendidikannya. Contohnya pendidikan Bahasa Inggris.
      Kalau ngambilnya sastra inggris trus dia mau ngajar profesional, baru dia harus ngambil penyetaraan ke bagian pendidikannya

      Hapus
  7. Ohhh, jadi jurusannya pun ada yg spesifik ya mas.

    Dulu itu jadi guru sempet jadi cita2ku saat SD. Saking sukaa dengan guru bahasa Indonesia saat itu.

    Tapi pas gedean, langsung berubah, Krn jadi sadar aku ga cocok dlm hal handle anak2' 🤣..ga sabaran, dan memang ga berbakat ngajar. Jadi ya sudahlah, akhirnya banting setir cari jurusan lain yg lebih cocok buat orang introvert kayak aku, jadi accountant 😅

    BalasHapus

Posting Komentar