Para Calon Guru, Ini Dia Jurusan Guru yang Banyak Dibutuhkan Sekolah

2 komentar
Jurusan Guru yang Banyak Dibutuhkan

Apa saja jurusan guru yang banyak dibutuhkan di sekolah? Berdasarkan pengalaman di sekolah tempat mengajar dan juga informasi rekan-rekan guru di beberapa sekolah lain, kita akan membahas tema ini sekarang dan mudah-mudahan bisa menjadi referensi teman-teman yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan mengambil kuliah jurusan pendidikan dan keguruan.

Daftar Jurusan Guru yang Banyak Dibutuhkan Sesuai Linieritas 

Di antara anak-anak kelas dua belas, ternyata ada beberapa dari mereka yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan mengambil program pendidikan dan keguruan. Namun di sisi lain mereka masih banyak juga yang kebingungan akan mengambil konsentrasi apa di prodi ini.

Selain mempertimbangkan minat dan bakat, hal lain yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih jurusan keguruan adalah estimasi jumlah formasi guru yang dibutuhkan sekolah sesuai dengan spesifikasi jurusan kuliah. Hal ini penting agar nantinya ketika menjadi guru dapat mengajar linier dengan apa yang didapat di bangku perkuliahan.

Di Sukabumi sendiri, terutama di sekolah tingkat Madrasah Aliyah, banyak sekali guru-guru yang bertitel Sarjana Pendidikan Islam dengan gelar S.Pd.I, yang walaupun di MA ini memang banyak sekali pendidikan agama Islamnya, tetapi formasi untuk pengajar lainnya pun sama dibutuhkannya. Akhirnya sangat di sayangkan, banyak pelamar ke sekolah yang bergelar Sarjana Pendidikan Islam, tetapi yang dibutuhkan justru untuk pengajar pendidikan umum lainnya yang masih kosong.

jurusan yang cocok untuk menjadi guru

Lalu apa saja jurusan guru yang banyak dibutuhkan sekolah? Berikut beberapa daftarnya

1. Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA

Jurusan pendidikan MIPA atau Matematika dan IPA termasuk kuliah jurusan guru yang banyak dibutuhkan oleh banyak sekolah.Sebagai contoh, dari 100 lebih jumlah Madrasah Aliyah di Kabupaten Sukabumi mayoritas memiliki jurusan IPS dan hanya sedikit yang memiliki jurusan IPA. Salah satu hambatannya adalah karena masih kurangnya sumber daya guru yang memiliki titel sarjana MIPA. 

2. Jurusan Pendidikan Bahasa

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Daerah adalah rumpun pelajaran bahasa yang juga masih kekurangan jumlah guru linieritas dengan kesarjanaannya. Di tempat mengajar saat ini pun tidak ada guru bahasa yang sesuai dengan jurusan kuliahnya, bahkan masih ingat, dulu susah sekali mencari guru Bahasa Inggris, baik yang sesuai jurusan maupun yang tidak.

3. Jurusan Bimbingan Konseling

Jurusan Bimbingan Konseling atau BK juga termasuk jurusan yang lulusannya banyak dibutuhkan oleh banyak sekolah. Keberadaan guru BK ini sangat penting untuk membimbing siswa terutama dalam beberapa hal penting seperti mempertimbangkan alternatif jurusan ketika akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Sayangnya, mengambil contoh MA di Sukabumi, masih banyak madrasah yang belum memiliki guru BK ini, apalagi yang sejurusan dengan kuliahnya.

4. Jurusan PJOK

Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan atau yang biasa disingkat PJOK ini juga termasuk juga jarang keberadaannya yang sesuai dengan pendidikan di kuliahnya. Rata-rata mereka adalah pengajar dengan titel sarjana apa saja asal ada kemauan dan potensi di bidang olahraga.

5. Jurusan Pendidikan Seni dan Budaya

Tidak heran kenapa banyak bangku dan meja anak-anak sekolah yang suka penuh dengan coretan-coretan tipe-x dan sejenisnya. Para murid mengekspresikan diri dengan gambar-gambar di meja atau bangku bisa jadi karena guru seni dan budayanya tidak mumpuni untuk menyalurkan setiap bakat yang mereka miliki secara proporsional. 

Sepertinya keberadaan guru SBK yang sesuai jurusannya sangat dibutuhkan untuk dimiliki oleh setiap sekolah agar minat dan potensi anak-anak dalam bidang seni dapat tersalurkan dengan baik dan semestinya.

6. Jurusan PAUD dan PGTK 

Saat ini masih banyak guru-guru PAUD dan TK yang mengajar tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya, bahkan banyak juga di antara mereka yang belum kuliah atau masih proses dalam menyelesaikan pendidikan perguruan tingginya. Keberadaan guru PAUD dan TK yang linier ini termasuk di antara banyaknya guru yang dibutuhkan oleh lembaga pra sekolah.

Manfaat Mengajar Linier Sesuai Sertifikat dan Ijazah Guru

rekomendasi jurusan guru yang banyak dibutuhkan sekolah

Saat ini masih banyak pengajar yang tidak sesuai atau tidak linier dengan latar belakang sertifikat dan ijazah strata 1 yang dimiliki, hal ini karena belum terpenuhinya posisi guru yang sesuai antara titel sarjana dengan mata pelajaran yang diampu. Kondisi seperti ini tidak akan menguntungkan posisi guru pada beberapa waktu di masa-masa selanjutnya.

Sebaliknya, jika guru mengajar linier, akan banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh banyak pihak, termasuk oleh guru yang mengajar itu sendiri. Beberapa keuntungan atau manfaat guru yang mengajar linier antara lain

  • Murid akan merasa nyaman karena diajar oleh guru profesional yang sesuai pada bidangnya sehingga meminimalisasi adanya malapraktik dalam dunia pendidikan
  • Sekolah akan dipercaya oleh masyarakat, khususnya para orang tua atau wali siswa yang menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan yang memiliki guru yang sesuai peruntukan mengajarnya
  • Sesuai peraturan pemerintah yang mengatur validasi linieritas pendidikan seorang pengajar dalam Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019
  • Guru yang mengajar linier akan berkesempatan mengembangkan karier di masa-masa selanjutnya dengan menjadi guru Aparatur Sipil Negara atau ASN
  • Guru yang mengajar sesuai dengan ijazah S.I nya juga berkesempatan untuk bisa mendapatkan sertifikat pengajar profesional dari pemerintah melalui program sertifikasi yang nantinya akan berbuah dengan adanya tunjangan bagi guru tersebut
Saat ini profesi guru walaupun masih banyak yang dianggap sebelah mata oleh sebagian orang karena masalah sisi pendapatannya, terutama untuk guru honorer, kini mulai diperhatikan oleh pemerintah. Namun tentunya ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan pemerintah, salah satunya yaitu kesesuaian ijazah yang dimilikinya untuk menjadi modal mengajar di sebuah lembaga pendidikan.

Tentunya sekolah sebagai lembaga pendidikan pun akan sangat berharap guru-gurunya sesuai mengajar kepada para siswa secara linier agar dapat memberikan benefit kepada banyak pihak seperti yang telah dibahas di atas.

Untuk itu sangat penting kepada anak-anak kelas akhir di tingkat SMA yang memiliki cita-cita menjadi guru untuk mempertimbangkan -selain pertimbangan jurusan kuliah sesuai kepribadian, bakat dan minat, yaitu perihal jurusan guru yang banyak dibutuhkan saat ini oleh banyak sekolah yang sesuai dengan ijazah dan sertifikat strata 1 yang dimiliki guru

Related Posts

2 komentar

  1. Rekomendasi asik banget, nih. Izin membagikan tulisan ini kepada kawan yang sedang menempuh PPG dan kawan yang hendak memilih jurusan perkuliahannya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Sila Mas Rahman, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menjadi referensi teman-teman

      Hapus

Posting Komentar