Rekomendasi Aplikasi Belajar Mengaji untuk Pemula

4 komentar
Aplikasi Belajar Mengaji untuk Pemula

Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini ihwal belajar mengaji Qur'an pun tak ketinggalan zaman. Seperti contoh, saat ini banyak tersedia aplikasi belajar mengaji untuk pemula yang bisa menjadi media alternatif dalam mempelajari Al-Qur'an.

Apa saja aplikasi belajar mengaji untuk pemula yang bisa kita manfaatkan dalam proses belajar Al-Qur'an? Kali ini kita akan membahas tema ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk teman-teman yang sedang belajar Qur'an.

6 Daftar Aplikasi Belajar Mengaji Pemula di Smartphone

Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan agama, saat ini banyak perusahaan yang menyediakan platform atau aplikasi yang dapat membantu belajar via gadget. Sebagai contoh, saat ini ada lumayan banyak aplikasi belajar mengaji untuk pemula. Tentunya ini sangat baik karena dapat membantu menambah referensi teman-teman yang sedang atau baru belajar Qur'an.

Berikut beberapa aplikasi belajar mengaji untuk pemula yang bisa digunakan baik untuk belajar mengaji usia dini maupun dewasa sebagai referensi untuk belajar Qur'an di gawai pintar

1. Belajar Iqro dengan Audio

belajar IqroBelajar Qur'an melalui Iqro adalah metode dasar sebelum belajar langsung dengan mushaf Qur'an. Aplikasi Belajar Iqro dengan Audio ini dapat membantu teman-teman pemula yang baru belajar mengaji untuk mengenal huruf-huruf hijaiyyah beserta harokat atau tanda bacanya yang ada dalam Al-Qur'an.

Dalam aplikasi Belajar Iqro dengan Audio juga penggunanya akan dapat belajar cara mengucapkan (makhorijul huruf) hijaiyyah dengan baik karena ada contoh pelafalannya yang bisa diucap ulang oleh si pembelajar. 

2. Belajar Al-Qur'an + Suara

Platform untuk belajar mengaji selanjutnya adalah Belajar Al-Qur'an + Suara. Aplikasi ini cocok untuk belajar mengaji pemula, terutama anak-anak. Kenapa anak-anak? Karena dalam aplikasi ini dirancang dengan atraktif, ditambah permainan-permainan yang memang cocok untuk anak-anak. Menggunakan aplikasi ini anak-anak akan mendapatkan pengalaman belajar Iqro yang menyenangkan.

Belajar Al-Qur'an

Kelebihan lain dari aplikasi Belajar Al-Qur'an + Suara ini adalah suaranya yang cukup jernih sehingga sangat baik yang yang sedang belajar awal cara pengucapan huruf-huruf hijaiyyah dalam Bahasa Arab. Anak-anak sepertinya tidak akan cepat bosan jika belajar Qur'an dengan ditambah belajar menggunakan aplikasi ini.

3. Belajar Ngaji Al-Qur'an dan Hafalan

Aplikasi Belajar Ngaji AL-Qur'an dan Hafalan cocok digunakan untuk pengaji pemula dalam rentang usia yang beragam, bisa anak-anak, bahkan dewasa. Hal ini karena dalam aplikasi ini fitur-fitur yang tersedia lumayan lengkap untuk dijadikan media belajar Qur'an dan disusun secara sistematis mulai dari dasar sampai tingkat mahir.

Beberapa fitur dalam aplikasi Belajar Ngaji Al-Qur'an dan Hapalan antara lain tajwid, hafalan, dan juga fitur evaluasi yang bisa digunakan untuk mengukur sejauh mana pemahaman kita setelah belajar dengan aplikasi ini.

4. Ayo Mengaji

Selanjutnya aplikasi yang akan kita kenalkan adalah aplikasi yang bernama Ayo Mengaji. Aplikasi ini selain menyediakan fitur belajar Qur'an untuk pemula melalui pengenalan sistem iqro dan harokatnya, ada juga hafalan doa-doa harian dan surat-surat pendek yang terdapat dalam juz 30 Al-Qur'an plus sudah dilengkapi dengan terjemah Bahasa Indonesia.

Aplikasi Ayo Mengaji bisa digunakan untuk belajar Qur'an dasar tentang cara-cara pelafalan huruf dan juga bisa digunakan untuk belajar versi audionya saja sehingga cocok untuk belajar mengaji pemula di kalangan anak-anak.

5. Buku Iqra'

buku Iqro

Pembelajaran Qur'an dasar dalam aplikasi Buku Iqra' menggunakan sistem yang sama dengan buku Iqro versi konvensional. Aplikasi ini berfungsi untuk menguatkan pembelajaran Iqro yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi Buku Iqra' terdapat baik di Android maupun iOS dan cocok digunakan baik untuk belajar pemula anak-anak maupun yang sudah dewasa.

6. Qara'a

Qara'a adlah aplikasi yang menyediakan bahan edukasi untuk belajar tentang agama Islam. Di antara sekian lengkapnya fitur di Qara'a terdapat fitur untuk belajar mengaji untuk pemula yaitu dalam fitur fasih.

Untuk mempelajari Al-Qur'an, dalam aplikasi Qara'a ini para penggunanya akan disuguhi banyak fitur yang sangat bermanfaat seperti asbabun nujul (riwayat latar belakang turunnya sebuah ayat), Tafsir Jalalain, audio murotal, dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Teman-teman yang ingin belajar via aplikasi Qara'a ini bisa mengunduhnya secara gratis baik di play store dan juga app store. 

Apakah Kita Bisa Belajar Mengaji Sendiri?

Apakah Kita Bisa Belajar Mengaji Sendiri?

Jika ada yang bertanya, bolehkah kita belajar mengaji sendiri secara otodidak seperti menggunakan aplikasi belajar mengaji untuk pemula? Jawabannya adalah boleh-boleh saja. Tetapi sebagai orang yang belajar mengaji pemula akan sangat lebih baik jika kita belajar kepada para guru yang sudah paham pada bidangnya. Tujuannya adalah untuk mengoreksi mana kala ada kekeliruan saat pengucapan huruf hijaiyyah misalnya, sedangkan jika belajar sendiri akan sangat susah mengoreksinya.

Keberadaan aplikasi belajar mengaji untuk pemula tentu tetap dapat kita gunakan. Penggunaannya bisa menjadi penguat untuk belajar mengulang kembali apa-apa yang sudah diajarkan oleh para guru kita secara langsung. Dengan kata lain, belajar melalui aplikasi di smartphone bisa dijadikan ikhtiar maksimal kita memperkaya referensi dalam mempelajari Al-Qur'an dari dasar dan dari sana semoga semakin terbuka jalan agar lebih cepat dalam memahami setiap tahapan dalam belajar Qur'an ini.

Related Posts

4 komentar

  1. Yang nomer 1 aku pernah pakai buat ngajarin anak ngaji hehe. Waktu itu masih meraba2 ceritanya, anak ini cocoknya pakai metode apa. Terus nemu aplikasi di playstore yang ad suaranya dan nggak berat bawaannya di hp. Anak juga suka, jadi kadang sambil main sambil belajar, karena ada suaranya. Beberapa bulan pakai aplikasi, akhirnya aku move on ngajarin nggak pakai aplikasi tapi langsung pakai buku. Bismillah semoga kami bisa istikamah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah nemu aplikasi yang cocok buat ngajarin anak ngaji dasarnya, Mbak Fia. Lumayan membantu ya, menguatkan referensi pembelajaran ngaji secara langsungnya

      Hapus
  2. Wah rekomendasi banget buat Umma nih mas . Sempat mau nyerah ngajarin anak soalnya. Harus sehebat aplikasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Umma. Selamat memilih dan memilah aplikasi mana yang cocok untuk sang buah hati. InsyaAllah tetap semangat, ya ngajarin ngaji anaknya

      Hapus

Posting Komentar