Penerapan Artificial Intelligence dalam Perusahaan

52 komentar
Penerapan Artificial Intelligence dalam Perusahaan

Penerapan artificial intelligence dalam perusahaan saat ini menjadi salah satu isu yang banyak dibicarakan. Kemajuan AI ini benar-benar telah merambah segala bidang, termasuk dunia bisnis yang banyak terbantu tentunya.

Telah banyak aplikasi AI yang digadang-gadang dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis. Tapi di sisi lain tentunya setiap pelaku usaha harus sangat matang untuk memutuskan jenis artificial intelligence apa yang akan digunakan yang pas dan memang dibutuhkan perusahaan.

Untuk teman-teman yang terjun di dunia bisnis dan tertarik untuk menggunakan AI dalam menjalankan bisnisnya, kali ini kita akan membicarakan business tools, industry tools, contoh penerapan artificial intelligence dalam perusahaan, dan rekomendasi AI untuk perusahaan yang dapat meningkatkan perkembangan perusahaan.

Manfaat dan Contoh Penerapan Artificial Intelligence dalam Perusahaan

Perkembangan zaman saat ini sangat luar biasa dengan ditemukannya alat-alat yang membantu segala sesuatu menjadi lebih mudah. Salah satu inovasi yang saat ini sedang banyak diperbincangkan adalah tentang artificial intelligence atau yang lebih dikenal dengan AI.

Artificial intelligence saat ini sudah banyak digunakan dalam segala lini kehidupan, tak terkecuali dengan dunia bisnis. Contoh penerapan artificial intelligence dalam perusahaan sangat banyak dan memang bermanfaat sekali.

Manfaat Penggunaan AI dalam Dunia Usaha

Business tools

Kehadiran AI selain banyak rumor yang menyebutkan harus hati-hatinya kita dalam menggunakannya karena pertimbangan keamanan dan keakuratan di belakang datanya, pada faktanya kehadiran AI sangat bermanfaat dan sudah sangat banyak membantu dalam segala aspek kehidupan, tak terkecuali dalam dunia bisnis.

Contoh pemanfaatan AI dalam dunia bisnis yang berhubungan dengan kinerja bisnis dan deteksi produk antara lain:

  1. Efisiensi dan kecepatan dalam deteksi produk dibandingkan dengan proses manual yang memakan waktu lebih lama.
  2. Analisis yang kompleks dan mendalam dalam pengolahan data.
  3. Pembelajaran mandiri dan adaptabilitas AI dalam mempelajari dan mengembangkan bisnis.
  4. Ketepatan analisis dan akurasi dalam menganalisis informasi dan mengolah data.

Contoh Penerapan AI dalam Dunia Usaha

Dengan banyaknya manfaat dari artificial intelligence dalam dunia usaha, pastinya banyak dari para pelaku usaha yang tertarik untuk menggunakannya. Lalu apa saja contoh penerapan AI untuk dunia bisnis? Berikut beberapa contoh penerapan AI dalam mengembangkan dunia bisnis Anda:

  • Analisis sentimen.
  • Analisis resiko.
  • Prediksi permintaan.
  • Otomatisasi proses bisnis.
  • Optimalisasi harga.
  • Pengembangan produk.
  • Pemeliharaan prediktif.
  • Pengenalan pola pembelian.

Lumayan banyak juga ternyata manfaat dan contoh penerapan AI dalam dunia usaha. Selanjutnya, untuk referensi teman-teman pelaku usaha, berikut rekomendasi perusahaan teknologi yang dapat membantu dalam pengembangan bisnis, yang salah satu jasanya adalah artificial intelligence sebagai salah satu industry tools.

Astakona: Mitra yang Tangkas untuk Bisnis Maju dan Berkembang

Produk Astakonasumber: https://astakona.id/

Astakona adalah perusahaan layanan berbasis teknologi yang komprehensif dalam usaha percepatan perkembangan bisnis. Produk yang ditawarkan dari Astakona terdiri dari Business Tools, Industry Tools, dan Solusi Mitra, di mana artificial intelligence yang sudah kita bahas sebelumnya adalah salah satu dari produk Industry Tools Astakona.

Produk-produk Astakona

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa produk dari Astakona ini terdiri dari Business Tools, Industry Tools, dan Solusi Mitra. Berikut beberapa informasi tentang ketiga produk andalan dari Astakona ini.

1. Business Tools

Business Tools yang ditawarkan Astakona terdiri dari 3 jenis. Tujuan hadirnya Business Tools dari Astakona ini untuk memberdayakan bisnis kita dengan perangkat lunak mutakhir dari Astakona agar menjadi bisnis yang efisien dan sukses.

3 Jenis Business Tools dari Astakona adalah:

  • Lark Suite, aplikasi super untuk kolaborasi di tempat kerja.
  • The Sales Machine, platform all-in-one untuk penjualan, pemasaran, dan keberhasilan pelanggan.
  • Akrivia HCM, satu aplikasi untuk manajemen terbaik mulai dari data perekrutan sampai data pensiun.

2. Industry Tools

Seperti Business Tools yang mempunyai 3 jenis produk andalan, Industry Tools dari Astakona juga memiliki 3 perangkat premium untuk membantu mengoptimalkan produktivitas dan presisi.

3 Jenis Industry Tools dari Astakona terdiri dari:

  • Facttwin, data mesin plus aplikasi berbasis cloud untuk menyederhanakan proses manufaktur.
  • UptimeAI untuk membantu operasi industri agar berjalan efisien.
  • Epicor adalah ERP Kognitif yang disesuaikan dengan industri agar tetap terhubung dan siap berkembang di pasar global.

3. Solusi Mitra

Solusi mitra adalah produk ketiga dari Astakona yang bertujuan untuk memberikan solusi yang inovatif kepada jalannya bisnis kita agar terus maju dan unggul di kelasnya.

Solusi mitra terdiri dari 2 jenis, yaitu:

  • RHE Solution untuk dunia agrikultur masa depan yang lebih baik.
  • DNE Technologies untuk menghadirkan keunggulan dalam produk, layanan, solusi, dan pelaksanaan implementasi.

Bisnis Naik Kelas Bersama Astakona

Untuk teman-teman yang terjun di dunia bisnis, saatnya menaikkan kelas usaha kita dengan berbagai layanan produk teknologi mutakhir dari Astakona, baik Business Tools, Industry Tools, maupun Solusi Bisnis.

Kelebihan pelayanan yang diberikan Astakona antara lain:

  1. Layanan dukungan untuk kelangsungan usaha kita 24 jam dalam 7 hari.
  2. Pakar yang akan mendampingi usaha kita adalah pakar terpercaya dan bersertifikat.
  3. Teknologi yang digunakan canggih dan kekinian. 

Manfaatkan semaksimal mungkin ragam produk Astakona yang sangat banyak, termasuk penerapan artificial intelligence dalam perusahaan yang teman-teman miliki dan juga produk-produk lainnya.

Related Posts

52 komentar

  1. Dengan memanfaatkan AI dalam berbagai bidang tentunya akan membantu pekerjaan kita ya, kitanya juga semakin kreatif untuk melahirkan ide yang cemerlang untuk perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak Dy setuju aku juga merasa hal yang sama kita jadi lebih dimudahkan dalam pekerjaan. Ambil sisi positifnya aja ya. Apalagi ditambah produk dari Astakona, programnya bisa membuat kita melakukan kordinasi dan pemantauan terhadap kinerja karyawan dan melakukan meeting untuk memajukan perusahaan.

      Hapus
  2. Solutif ya Astakona ini, ada 3 produk yang memberi solusi untuk pengolahan data dan lainnya, memanfaatkan teknologi AI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bermanfaat dan membantu, ya, Mbak. Untuk pekerjaan-pekerjaan itu biasanya kita harus membayar staf ahli. Kini ada teknologi yang bisa mempermudahnya.

      Hapus
  3. Keren banget ya kak pemanfaatan AI dalam dunia bisnis. Asal tepat pemanfaatannya tentu akan mendorong produktivitas hingga efisiensi bisnis. Bahkan business tools dari Astakona ini sdh mendukung pengembangan AI dalam software2 buatannya.

    Jadi bisnis kita akan berkembang dgn praktis, tanpa ribet dan nggak perlu biaya banyak lagi utk sewa konsultan dan segala macam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Kak, AI sudah banyak masuk ke berbagai segmen dan jika kita memanfaatkannya secara bijak akan membuat kita semakin produktif

      Hapus
  4. AI juga berguna banget untuk bidang bisnis ya, Mas Yonal. Dengan tools dari Astakona maka pekerjaan akan jauh lebih mudah dan usaha juga lebih maju.

    BalasHapus
  5. AI ini ternyata manfaatnya sudah bisa dirasakan para pelaku usaha. Apalagi sekarang serba digital, dengan adanya Al semakin semangat pasti

    BalasHapus
  6. Kalo tau cara manfaatinnya, AI bisa jadi ngebantu banget di segala bidang yah. Untungnya juga ada segala produk software dari Astakona yg memudahkan bisnis. Layanannya non stop pula. Oke banget pokoknya.

    BalasHapus
  7. Astakona ini beneran "one stop solution" buat dunia bisnis, ya. Apalagi didukung layanan nonstop 24/7 serta teknologi canggih kekinian macam AI. Makin memudahkan kita menjalankan bisnis di mana pun berada.

    BalasHapus
  8. Dengan adanya AI malah bikin manusia harus makin kreatif ya. Contohnya software Astakona, sangat memudahkan bisnis, karena produk-produknya berteknologi canggih menggunakan AI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Mbak Han. Astakona kudu dimanfaatin sama pebisnis biar makin maju dan berkembang.

      Hapus
  9. Penerapan artificial intelligence ini ternyata emang makin banyak manfaatnya apalagi dalam bisnis. Pasti malah memudahkan dan bikin kerja makin efektif. Seperti penggunaan produk Astakona yang sangat canggih dan kekinian.

    BalasHapus
  10. Perkembangan teknologi semakin maju pesat. Kehadiran AI ini pastinya sangat membantu dan mendukung. Asalkan jangan sampai menumpulkan kreativitas manusia. Jadi intelegensi manusia dan mesin harus berimbang dan saling mendukung.

    BalasHapus
  11. Appreciate banget dengan terobosan yang dilakukan Astakona. Menghadirkan inovasi dalam bidang teknologi dan memberikan dampak pada peningkatan produktivitas kwrja tentunya.

    BalasHapus
  12. benar kak, penggunaan AI kalau tepat memang dampaknya juga bagus buat perkembangan suatu bidang yang memanfaatkannya. Namun kalau yang aneh-aneh ini, semoga gak ada yang aneh-aneh sih ya, karena demi kemaslahatan umat yuk gunakan AI dengan bijak

    BalasHapus
  13. Jika digunakan dgn bijak AI bs sangat membantu nih dalam dunia bisnis. Keren nih Astakona bs pnya business tools yg bermanfaat dan membantu bgt buat para yang pebisnis.

    BalasHapus
  14. Perkembangan teknologi memang luar biasa ya. Apalagi kalau kita bisa menggunakannya, termasuh menerapkan AI dalam pekerjaan kita.

    BalasHapus
  15. Kehadiran Astakona pada dunia bisnis pastinya membantu bisnis para pengusaha semakin berkembang dan bertumbuh lebih cepat serta terkelola dengan baik

    BalasHapus
  16. AI ini emang udah paling oke sih kalo dimanfaatkan dengan benar untuk bisnis, jadinya bisnis lebih berkembang dan lebih efisien gituu

    BalasHapus
  17. wah kalau banyak pilihan gini membantu banget pasti ya, apalagi udah kekinian banget kaya AI gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Kak. Jadi ga ada namanya gaptek, aoalagi ga tahu sistem. Karena semua sudahbtinggak pakai dan jelas ada panduannya pastinya.

      Hapus
  18. Penggunaan tools Astakona dalam sebuah bisnis ternyata sangat penting banget, ya. Bisnis menjadi semakin berkembang, tumbuh lebih cepat, serta terkelola dengan baik.

    BalasHapus
  19. AI tu sudah masuk ke ranah macam2 ya sekarang. AI memudahkan pekerjaan kita sebenernya. tapi rada ngeri juga kalau posisi perkerjaan kita cukup digantikan dengan AI. bisa nganggur dong kita :(

    BalasHapus
  20. Banyak banget fitur dari Astakona ini, dengan menggunakan bisnis tools ini dapat mempermudah pekerjaan kita kedepannya nih.

    BalasHapus
  21. Ternyata penerapannya ke sini yaa.. mengenai AI untuk dunia bisnis dan industri.
    Jadi nyambung sama tulisan ka Yonal beberapa waktu yang lalu dan paham ternyata produk yang ditawarkan Astakona ada banyak ragamnya tinggal menyesuaikan kebutuhan sebuah perusahaan.

    BalasHapus
  22. Sekarang semuanya udah dimudahkan dengan Teknologi AI ya, Kak. Hingga AI sudah menjadi pembahasan hari-hari di kalangan tongkrongan ataupun di kantor. Semoga AI bisa terus berkembang baik. Apalagi buat perusahaan ya, pasti berguna banget. Tapi sisi negatifnya akan ada pengurangan pada sdm karena sudah tergantikan oleh AI :"

    BalasHapus
  23. zaman sekarang tuh sebenernya serba dibantu teknologi ya. apalagi eranya AI ini bener2 banyak dimudahkan. termasuk dalam ranah dunia usaha kayak Astakona ini.

    BalasHapus
  24. Wah harus dimanfaatkan nih produk Astakona yang banyak banget. Hadirnya Astakona sangat membantu pebisnis untuk meningkatkan bisnisnya karena banyak melakukan analisis terkait bisnisnya.

    BalasHapus
  25. atificial Intelegence ngga cuman digunakan buat pribadi sekarang, banyak perusahaan yang sudah menerapkan karena untuk efisiensi dan ketepatan hasil kerja yang diinginkan. Produk Astakona ini sudah ada beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan perusahaan

    BalasHapus
  26. Jika dapat memanfaatkan AI dengan optimal tentunya akan mendapatkan hasil yang optimal pula sehingga membantu banyak pihak termasuk pemilik usaha

    BalasHapus
  27. Penerapan AI dalam perusahaan bisa diambil sisi positifnya dapat memberikan efisiensi besar. Seperti yang sudah dilakukan oleh Astakona. Dengan memanfaatkan AI membuat sebuat bisnis tools yang dapat mempermudah pekerjaan beberapa department. Happy sekali.

    BalasHapus
  28. Hmmm...AI ini meski ada plus minusnya tapi ternyata bisa menguntungkan dalam hal menghemat tenaga admin untuk menghitung penjualan ya kak. Keren nih aplikasinya

    BalasHapus
  29. Kecerdasan buatan jika dimanfaatkan dengan benar akan sangat membantu sekali dalam produktifitas kerja, Astakona memberikan terobosan yang bagus untuk penggunaan AI di perusahaan.

    BalasHapus
  30. Kehadiran AI tidak bisa dihindari karena perkembangan teknologi dan pemanfaatan yang baik tentunya bisa sangat mendukung apalagi untuk dunia bisnis.

    BalasHapus
  31. AI makin ke sini makin jadi solusi khususnya untuk membantu mempercepat proses dalam dunia kerja. Apalagi Peodukny seperti di ats, ada Akrivia yang bisa bantu urusan personalia.

    BalasHapus
  32. Berbagai tools tercanggih semakin banyak digunakan perusahaan. Tentu saja manfaatnya sangat bagus demi kemajuan kinerja dan pendapatan bisnis. Kehadiran Astakona ini mendukung sekali dengan teknologi AI yang mumpuni :)

    BalasHapus
  33. Pasti sangat terbantu ini perkwmbangan bisnis jika memakai tools astakona. Lebih mudah, lebih cepat pekerjaan bisa selesai

    BalasHapus
  34. Kehadiran aplikasi AI ini bisa berpengaruh banyak pada bisnis kita, ya. Kita tidak bisa menghindari kemajuan zaman, justru kita harus beradaptasi agar tidak tereliminasi.

    BalasHapus
  35. Baik buruknya sesuatu hal yang netral tergantung bagaimana kita menyikapinya. Termasuk AI. AI akan sangat membantu jika kita menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat, bukan untuk kejahatan.

    BalasHapus
  36. Teknologi AI ini memang ibarat mata pisau dua sisi. Satu sisi bisa merugikan dan satu sisi lainnya bisa memaksimalkan fungsi.

    BalasHapus
  37. Hadirnya AI dalam dunia bisnis sangat memudahkan para pelaku usaha untuk melakukan riset dan mengembangkan bisnis, namun tentunya juga persaingan akan semakin tinggi. Untuk itu tetap peran kreatif dari pelaku usaha sangat penting dalam menunjukkan sisi orisinalitas dalam produk usaha.

    BalasHapus
  38. Ini jadi buah yang manis kaloo dimanfaatkan dengan baik ya, apalagi kalo sama perusahaan. tapi kalo untuk mahasiswa yang masih belajar untuk berpikir runtut dan bikin analisis yang dalam sangat tidak disarankan

    BalasHapus
  39. Bener ini kata Mas Joko Yu kalau teknologi bisa dioptimalkan semua makin mudah dan salah satunya ada teknologi AI yang hadir secara nyata

    BalasHapus
  40. Apakah astakona bisa digunakan untuk umkm atau pebisnis skala kecil pak?

    BalasHapus
  41. Kebermanfaatan AI jadi semakin merata ya, Kak. Bukan hanya untuk content creator, bahkan sekarang pebisnis offline juga bisa memanfaatkan teknologi AI untuk go digital agar bisa semakin berkembang.

    BalasHapus
  42. Di zaman AI begitu marah, semua lini kayaknya ikut juga ya. Termasuk perusahaan. Karena memang simpel dan mudah. Jadinya bisa membuat kerjaan lebih cepat. Cuma ya keunikan dan keorisinalan harus tetap bisa dipegang teguh. Biar jadi gak kejebak tren ngikut aja. Biar gak bisa ditiru perusahaan lain.

    BalasHapus
  43. Perkembangan AI di 3 tahun belakangan ini memang menggila habis. AI sudah bisa mengerjakan tugas tugas yang polanya tidak tetap. BTW, review Astakona ini sudah sering saya baca, dan memang ada banyak fitur keren di dalamnya. Yang saya suka adalah fitur Lark Suitenya.

    BalasHapus
  44. Wah sekarang bisnis makin dipermudah dengan layanan2 jasa terkait business tools supaya bisa tahu bagaimana strategi mengembangkan bisnis ya. Ini kyknya juga berhubungan dengan teknik2 pemasaran gtu ya? Kalau pakai AI kyknya data2nya bakalan lebih mudah diolah, gtu gak sih?
    MAsih banyak lainnya yang bisa dimanfaatkan dari teknologi AI ini untuk sebuah bisnis ya.

    BalasHapus
  45. Penerapan AI untuk penggunaan individu akhir2 ini memang semakin semarak yess... tapi aku baru tahu aka baru ngeh bagaimana penerapan AI di perusahaan loh kak...

    BalasHapus
  46. kalau dimanfaatkan dengan baik AI memang bisa sangat membantu kita, terima kasih mas yonal informasinya.. apalah aku yang kurang up to date samna ginian hehe

    BalasHapus
  47. Jika AI dikolaborasikan dengan kreativitas manusianya, maka hasilnya akan lebih dahsyat..

    BalasHapus

Posting Komentar