Pengertian OSIS Menurut Para Ahli, Tujuan Utama, Prinsip, dan juga Tugasnya

Posting Komentar
Pengertian OSIS Menurut Para Ahli

Siapa nih yang waktu di sekolahnya aktif jadi pengurus OSIS? Seru, ya, bergabung dengan organisasi siswa intra sekolah ini. Sebenarnya apa sih pengertian OSIS menurut para ahli? Nah, pada tulisan kali ini kita akan membahasnya tentang definisi dari OSIS menurut para ahli, khususnya mereka yang diakui ahli dalam bidang pendidikan. Let's chek them out!.

Pengertian OSIS Menurut Para Ahli

Teman-teman yang tergabung di OSIS pasti merasakan benar manfaat bergabung dengan organisasi kesiswaan di sekolah ini. OSIS yang lahir pada kisaran tahun 1970 hadir untuk mengembangkan potensi siswa yang tergabung agar berkembang soft skill-nya, rasa tanggung jawab, dan juga kepemimpinan serta kedisiplinan yang diawali dengan Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK.

Dengan segala kelebihan yang bisa didapatkan ketika bergabung dengan OSIS, pantaslah banyak siswa yang ingin bergabung dengan organisasi ini. Semangat yang patut diacungi jempol untuk keinginan belajar dan berkembang dengan berorganisasi seperti organisasi OSIS.

Lalu apa sebenarnya pengertian dari OSIS ini menurut para ahli pendidikan? Berikut akan kita bahas satu persatu apa saja penjabaran para ahli tentang definisi dari OSIS ini.

1. Pengertian OSIS Menurut Prof. Dr. Arief Rachman

Prof. Dr. Arief Rachman adalah salah satu tokoh pendidikan di Indonesia. Beliau lahir di Malang pada tahun 1942.

Kiprahnya dalam dunia pendidikan mengantarkan sosok Arief Rahman ini menjadi kepala sekolah di beberapa lembaga pendidikan seperti SMA Labschool Rawamangun, Jakarta. Ia juga pernah menjadi Dosen Luar Biasa di fakultas psikologi Universitas Indonesia. dan juga diangkat di Universitas Negeri Jakarta atau UNJ untuk menjadi guru besar.

Prof. Dr. Arief Rachman memberikan perhatian khusus pada dunia pendidikan Indonesia. Tak terkecuali dengan OSIS, beliau memiliki definisi sendiri dalam memaknai apa itu organisasi OSIS.

OSIS adalah suatu organisasi yang dikelola dan dipimpin oleh para siswa secara mandiri, dengan tujuan mengembangkan kepribadian siswa dan membina keteraturan dan ketertiban sekolah

2. Pengertian OSIS Menurut Prof. Dr. Didik Suhardi, M.Pd

Sama seperti Prof. Dr. Arief Rachman, Prof. Dr. Didik Suhardi juga adalah seorang tokoh pendidikan di Indonesia. Karir terakhirnya pada masa Presiden Joko Widodo, ia diangkat menjadi staf ahli bidang transformasi birokrasi pada Kementerian Koordinator bidang pembangunan manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kalau saat ini kita mengenal istilah Zonasi Sekolah dan PPK atau penguatan pendidikan karakter, beliaulah salah satu tokoh penggagas di baliknya. Tentang definisi OSIS, Prof. Dr. Didik Suhardi mempunyai pemahaman sendiri terhadap makna OSIS

OSIS merupakan suatu organisasi yang dibentuk oleh siswa dengan fungsi sebagai wadah untuk meningkatkan kegiatan non-akademik, pembinaan kepribadian siswa, dan keterlibatan siswa dalam pengambilan keputusan di lingkungan sekolah.

3. Pengertian OSIS Menurut Dr. H. Awaludin Tjalla, M.Pd.I

Pada tahun 2021, Dr. H. Awaludin Tjalla diangkat menjadi guru besar tetap dalam bidang ilmu pendidikan dan konseling di Universitas Negeri Jakarta atau UNJ. Perhatiannya terhadap dunia pendidikan salah satunya adalah pendapat beliau tentang peran guru yang harus dapat mengembangkan keterampilan hidup para siswa.

Tentang OSIS. Dr. H. Awaludin Tjalla memberikan pendapatnya tentang pengertian dari OSIS

OSIS adalah suatu organisasi yang didirikan oleh siswa dan untuk siswa, yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam berbagai aspek kehidupan di lingkungan sekolah.

Tujuan Utama, Prinsip, dan Tugas OSIS

Tujuan Dibentuknya OSIS

OSIS dibentuk dengan tujuan yang sangat mulia. Pada teknisnya, dibentuknya OSIS ini memiliki tujuan, prinsip, dan tugas-tugas yang akan diembannya.

Tujuan Utama Dibentuknya OSIS

Berdasarkan definisi OSIS sebagai organisasi yang dibentuk di lingkungan sekolah yang anggotanya terdiri dari para murid di satuan pendidikan tersebut dan dibimbing oleh guru yang ditunjuk sekolah untuk bersama melaksanakan tugas-tugas atau program kerja yang telah disepakati bersama, maka dari sini kita bisa menarik kesimpulan beberapa tujuan utama dibentuknya OSIS.

Beberapa tujuan utama dibentuknya OSIS antara lain:

  • Wadah untuk memfasilitasi siswa beraspirasi
  • Siswa dapat mengekspresikan kreativitas yang dimiliki
  • Memberikan kontribusi-kontribusi yang positif bagi sekolah
  • Memaksimalkan potensi siswa
  • Melatih keterampilan para siswa dalam hal bersosialisasi dan belajar berorganisasi 

Prinsip OSIS

Siswa yang bergabung menjadi anggota maupun pengurus OSIS berarti secara langsung telah belajar mempraktikkan gaya hidup demokrasi di ruang lingkup terbatas, yakni di sekolah. Tentunya pembelajaran demokrasi ini bisa menjadi dasar untuk kelak hidup bermasyarakat.

Dalam mempraktikkan kehidupan berdemokrasi yang berasaskan Pancasila, tentu saja ada beberapa prinsip yang harus dipegang dalam belajar mengaplikasikannya. Beberapa prinsip tersebut antara lain:

  • Equality atau persamaan
  • Keseimbangan hak dan kewajiban
  • Kebebasan yang tetap bertanggung jawab
  • Kebebasan untuk berkumpul dan berserikat
  • Kebebasan berpendapat atau mengeluarkan pemikiran
  • Musyawarah
  • Keadilan sosial
  • Persatuan nasional dan kekeluargaan
  • Cita-cita nasional

Tugas OSIS

tugas OSIS

Menjadi anggota dan pengurus OSIS berarti kita siap dengan hak dan kewajiban yang mengikat di dalamnya. Kewajiban-kewajiban OSIS sendiri tertuang dalam tugas OSIS yang biasanya disusun dalam musyawarah besar OSIS dan menghasilkan program kerja yang disepakati bersama di awal pembentukan kepengurusan organisasi ini. 

Siswa yang tergabung dalam kepengurusan OSIS akan memiliki tugas OSIS yang spesifik sesuai dengan jabatan yang diembannya masing-masing. Dalam jejak perjalanan atau proses menjalankan tugas OSIS ini ada pembina OSIS yang bertugas untuk memantau dan mengawasi jalannya tugas tersebut. Pembina OSIS sendiri biasanya adalah guru yang ditunjuk dan diberi SK oleh kepala sekolah untuk membina dan mengawasi jalannya organisasi OSIS.

Demikian beberapa hal informasi terkait dengan informasi pengertian OSIS menurut para ahli, tujuan utama dibentuknya OSIS, prinsip, dan tugas OSIS selama periode menjadi anggota atau pengurus. Semoga bermanfaat, ya, informasi ini untuk semuanya.

Related Posts

Posting Komentar