a journey

Musyawarah Besar OSIS dan MPK

4 komentar
musyawarah besar OSIS

Musyawarah besar (mubes) dalam sebuah organisasi sangat penting untuk dilaksanakan. Hal tersebut dikarenakan banyak agenda yang harus dimufakati bersama seluruh anggota dalam sebuah organisasi. Musyawarah besar bisanya dilaksanakan pada akhir tahun kepengurusan, di mana di akhir tahun kepengurusan sebuah organisasi biasanya memang banyak yang harus dirembukkan bersama mulai dari AD/ART, laporan pertanggung jawaban (LPJ) pengurus, program kerja, sampai memusyawarahkan regenerasi kepengurusan selanjutnya.

Musyawarah Besar biasanya sangat lumrah diadakan oleh organisasi-organisasi kemahasiswaan, tetapi lembaga atau organisasi junior di bawah kemahasiswaan pun, seperti organisasi OSIS dan MPK di sekolah atau madrasah saat ini sudah banyak yang belajar melakukan prosesi musyawarah besar dalam agenda organisasinya.

Musyawarah Besar OSIS dan MPK 

Musyawarah memegang peranan penting dalam segala lini kehidupan, bahkan dalam Quran sendiri terdapat surat As-syuura yang membahas urgensi musyawarah. Selain dalam surat As-syuura, ada juga beberapa ayat yang menjelaskan tentang musyawarah di surat lain, seperti dalam surat Al-baqoroh dan juga surat Al-imran. 

Salah satu ayat yang membahas musyawarah adalah dalam surat Al-Imran ayat 159

..... dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.

Musyawarah dalam dunia pendidikan pun sama pentingnya, terlebih bagi generasi muda yang sedang semangat menuntut ilmu. Pendidikan tak hanya didapatkan di dalam kelas, tetapi juga dalam organisasi yang difasilitasi oleh sekolah atau madrasah. 

OSIS dan MPK adalah salah satu lembaga yang berada di lingkungan pendidikan untuk memfasilitasi para siswa agar belajar berorganisasi. kegiatan berorganisasi di OSIS maupun MPK dapat menggembleng mental para siswa agar lebih siap terjun ke dalam dunia organisasi pada level berikutnya, baik di dunia perkuliahan maupun di masyarakat.

Musyawarah besar di OSIS dan MPK biasanya dilakukan pada akhir menjelang berakhirnya masa khidmat kepengurusan OSIS dan MPK. Beberapa tujuan diadakannya musyawarah besar adalah untuk mempertanggung jawabkan program kerja selama masa periode mengabdi dan juga mempersiapkan regenerasi untuk kepengurusan OSIS dan MPK Selanjutnya.

Mubes OSIS dan MPK MA Raudlotul Ulum

musyawarah Besar

Madrasah Aliyah Raudlotul Ulum sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi tentunya berikhtiar sebaik mungkin dalam memfasilitasi siswa-siswinya untuk dapat mengakses pendidikan yang menjadi haknya, termasuk didalamnya pendidikan karakter. Salah satu upaya dalam memberikan ruang belajar keorganisasian kepada siswa-siswi adalah dengan men-support kegiatan-kegiatan dalam lembaga OSIS-nya.

Menjelang berakhirnya masa kepengurusan OSIS masa bakti 2020/2021, OSIS dan MPK MA Raudlotul Ulum juga mengadakan Musyawarah Besar atau mubes pada Sabtu, 4 September 2021. Acara yang berlangsung di Saung Pintar ini dihadiri oleh Kepala Madrasah, Para Wakil Kepala, juga Pembina OSIS, serta seluruh kepengurusan OSIS dan MPK.

Dalam sambutan dan peresmian acara musyawarah besar OSIS dan MPK di MA Raudlotul ulum, H. Daden Iskandar selaku Kepala Madrasah Aliyah Raudlotul Ulum mengamanatkan kepada seluruh pengurus OSIS dan MPK untuk menjadi pribadi-pribadi yang tangguh, bermental sehat dan kuat, serta menjadi teladan dalam hal prestasi, baik dalam akademis maupun non-akademis.

Sidang Pleno Dalam Musyawarah Besar

osis

Setelah selesai acara pembukaan secara resmi oleh Kepala Madrasah, mubes dilanjutkan dengan agenda pemilihan presidium sidang dan juga sidang pleno 1, 2, 3, sampai 4. Setiap sidang pleno mempunyai agendanya masing-masing, yaitu:

  • Sidang pleno 1 membahas agenda acara dan tata tertib sidang
  • Sidang pleno 2 membahas laporan pertanggung jawaban OSIS dan pandangan umum
  • Sidang pleno 3 membahas pembagian komisi, laporan sidang komisi, pandangan umum, dan pengesahan hasil sidang komisi.
  • Sidang pleno 4 membahas tentang pemilihan ketua untuk pemilihan OSIS selanjutnya.

Penutup

Besar harapan madrasah sebagai tempat para siswa belajar dapat menjadikan wadah bagi para penerus bangsa ini untuk dapat menyerap ilmu dari seluruh pengalaman selama berada di lingkungan pendidikan, dan semoga pengalaman yang mereka dapatkan adalah pengalaman yang baik dan dapat menjadi cerminan untuk terus maju dan berkembang dalam kehidupan di masa yang akan datang.

Musyawarah besar OSIS dan MPK ini adalah salah satu proses belajar untuk mendapatkan pengalaman yang akan mendewasakan karakter para siswa. Mereka akan belajar berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berusaha maksimal dengan setiap program kerja, dan bertanggung jawab dengan segala amanah yang diterima oleh mereka.

Tahniah anak-anakku
Teruslah berkembang menjadi insan pembelajar seutuhnya

Related Posts

4 komentar

  1. pelajaran berharga sebagai awal mengenal demokrasi ...mudah-mudahan terpilih pemimpin yang jauh lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga berjalan lancar proses pemilihan pengurus OSIS dan MPK yang baru sebagai ikhtiar regenerasi kepengurusan sesuai hasil rancangan musyawarah besar

      Hapus
  2. semoga setelah masa bakti osis dan mpk roudhatul ulum sebelumnya bisa dilanjutkan ke penerusnya dengan lebih baik lagi sehingga segala program program yang dijalankan berlangsung lancar dan tercapai ya mas yonal...
    memang kalau siswa siswa ikut kegiatan osis dan mpk pelan pelan akan belajar bagaimana berorganisasi yang mana disitu jadi tempat penggemblengan mental supaya lahir generasi muda yang baik dan berahlak..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terima kasih Mbul untuk doa-doa terbaiknya.
      Setuju sekali bahwa belajar berorganisasi bisa menjadi salah satu media untuk menggembleng mental siswa kita

      Hapus

Posting Komentar