Kenali Diri Dengan Tes Psikologi Gratis

Posting Komentar
tes psikologi gratis

Ada beberapa tes psikologi gratis yang bisa kita coba untuk mengetahui tentang beberapa hal pada diri kita seperti tipe kepribadian, asesmen diri, dan juga minat dan bakat. Tes psikologi juga cocok untuk kamu yang sering merasa memiliki mental illness dan butuh penguatan tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan diri kita.

Dengan mengikuti tes psikologi, kita akan dapat mengetahui ukuran dan evaluasi tentang fungsi psikologis. Contoh fungsi psikologis yang bisa kita pahami seperti kemampuan kognitif, kepribadian, kecenderungan emosional, dan juga perilaku.

8 Website Tes Psikologi Gratis untuk Lebih Mengenal Diri Kita Sendiri

Ada beberapa website yang memberikan pelayan tes psikologi gratis yang bisa kita coba. Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk semua yang ingin mengenal lebih dalam lagi tentang diri kita sendiri.

Dengan mengikuti tes psikologi, mudah-mudahan setelah mengetahui hasilnya bisa lebih paham tentang siapa kita dan juga memiliki kesadaran mental yang kuat dalam menghadapi dinamika hidup. Berikut beberapa situs yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan tes psikologi gratis.

1. Career Explorer

Website pertama yang akan kita bahas adalah careerexplorer.com. Career Explorer sesuai namanya memberikan pelayanan tes psikologis untuk mengetahui hasil dan panduan tentang karir dilihat dari sudut pandang psikis seseorang.

Dalam layanan tes psikologi di Career Explorer, mereka menggunakan sistem teknologi psychometric dan juga career satisfaction. Kedua metode ini dipercaya akan memberikan hasil yang akurat tes psikologi bagi setiap penggunanya.

2. Test Colour

testcolour.com sesuai namanya memberikan bentuk tes dengan media warna. Ada bentuk tes lainnya juga sesuai dengan hasil yang ingin kita ketahui, contohnya seperti mood test dan juga love test.

Setelah melakukan tes sesuai yang kita pilih, di bagian akhir akan keluar hasil tes psikologi yang lumayan detail dan memberikan penjelasan tentang kita sebenarnya menurut jenis tes yang kita ikuti.

3. IHHP

Institute of Health and Human Potensi atau IHHP dalam situsnya ihhp.com memberikan layanan tes psikologi gratis yang berfokus pada EQ atau Emotional Qoutient Intelligence. Yang juga unik adalah setelah mendapatkan hasil dari psikotesnya, kita juga akan diberi panduan sesuai dengan tipe EQ dari hasil tes psikologi ini.

Bentuk panduan dalam hasil tes psikologi gratis dari ihhp.com seperti bagaimana cara mengelola emosi dan juga ditambah dengan penguatan saran atau rekomendasi dalam tahapan pengelolaan emosi.

4. Psych Central

Psych Central sudah berdiri dari tahun 1955 dan banyak memberikan ulasan tentang kesehatan psikis atau kesehatan mental dalam situsnya. Jenis tes psikologi gratis yang disediakan oleh Psych Central juga lumayan lengkap mulai dari personality test, anxiety test, bipolar test, dan bahkan ada juga depression test.

5. Psychology Today

psychologytoday.com memberikan layanan tes psikologi yang lumayan beragam mulai dari sex personality, test personality, test mental, dan juga karir. Tapi yang harus dipahami dari layanan ragam tes psikologi dari psychologitoday.com tidak semua dapat diakses dengan gratis, sebagian lainnya tetap berbayar, ya.

6. 16 Personalities

Jenis tes yang disiapkan oleh 16personalities.com adalah tes berdasarkan MBTI atau Myiers-Briggs Type Indicator. Di Indonesia jenis tes MBTI ini lumayan terkenal dan sering dipakai oleh masyarakat.

Setelah melakukan tes psikologi gratis di 16personalities.com maka akan keluar hasilnya yang akurat dan lengkap. Contoh hasil dari tes ini contohnya kita akan mengetahui apakah kita termasuk pribadi yang introvert (I) atau bahkan sebaliknya, ekstrovert (E).

aplikasi penyedia tes psikologi gratis

Contoh klasifikasi lain yang bisa ketahui dari MBTI adalah Sensing (S) dan Intuition (N). Dua klasifikasi ini adalah tentang bagaimana kita belajar, menelaah persoalan, dan bagaimana cara kita mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitar. Sensing adalah tipe yang mandiri dan senang learning by doing. Sedangkan Intuition yang dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai kepribadian intuitive adalah karakter yang mengandalkan instuisi dan berpikir abstrak.  

Di tes MBTI kita juga akan mengetahui lebih spesifik tentang kombinasi kepribadian yang kita miliki. Setidaknya ada 16 tipe kepribadian versi Myiers Briggs Tipe Indicator yang bisa kita cocokkan setelah selesai melaksanakan tes psikologi gratis dari 16personalities.com 

7. Aku Pintar

akupintar.id adalah website yang memberikan layanan tes psikologi gratis untuk mengetahui tipe kepribadian dengan 4 karakter DISC. karakter DISC sendiri adalah kependekan dari Dominance, Influence, Steadiness, Compliance.

Jenis-jenis tes yang ada di akupintar.id antara lain seperti tes kepribadian, tes kemampuan, tes penjurusan, dan tes gaya belajar. 2 poin terakhir akan sangat berguna untuk yang sedang atau akan menjalankan proses pendidikan agar dapat memilih jurusan pendidikan atau kuliah sesuai dengan minat dan bakat kita dan juga bisa paham gaya belajar apa yang cocok selama menjalani proses pendidikan.

Untuk kepentingan belajar, tes psikologi ini juga sangat bermanfaat untuk para orang tua dalam belajar memahami anak dari kepribadian dan juga gaya belajarnya. 

8. NS Development

NS development dengan websitenya nsd.co.id adalah website penyedia layanan tes psikologi gratis lainnya yang bisa kita coba. Tes psikologi di sini berguna untuk mengenal lebih ada diri sendiri, untuk keperluan melamar kerja, minat dan bakat, sampai mengetahui potensi yang belum kita kenali sampai saat ini.

Jenis-jenis tes yang bisa kita ikuti di NS development antara lain tes kepribadian, kecemasan, depresi, stres, gaya belajar, analogi verbal, logika numerik, leadership, dan tes minat bakat. Lumayan banyak juga, ya, alternatif pilihannya. Jadi, kita dapat menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan masing-masing.

Yuk Coba Tes Psikologi Gratis

Tes pikologi berbayar memang lumayan harganya. Tapi kalau ada yang gratis, kenapa tidak kita coba. Dari pada kita mendiagnosis diri sendiri tanpa tahu kebenarannya, mending lebih baik kita periksa dengan mengikuti tes psikologi di beberapa website atau aplikasi yang menawarkan tes psikologi gratis.

Mudah-mudahan setelah mengikuti tes psikologi, kita bisa lebih mengenal diri sendiri, emosional, dan juga perilaku. Jangan dulu menyebut diri sedang mempunyai masalah mental illness lah, bipolar lah, atau apapun itu hanya berdasar pada perkiraan kita semata. Lebih baik periksakan diri seperti dengan mengikuti tes psikologi gratis dan setelah mengetahui hasilnya, apapun itu, jalani dengan kehidupan yang lebih positif dan lebih baik.

Related Posts

Posting Komentar