Santap Tradisional di Tepian Borobudur: Mengenal Lebih Dekat

17 komentar
jelajar kuliner

Kawasan Borobudur bukan hanya terkenal dengan monumen bersejarahnya yang menawan. Di balik pesona Candi Borobudur, tersembunyi pengalaman kuliner tradisional yang tak kalah menarik. Dua tempat yang harus Teman-teman kunjungi saat berada di kawasan ini adalah Joglo Panglipuran Borobudur dan Dapoer Gending Borobudur.

Rekomendasi Tempat Makan Tradisional di Sekitar Borobudur

Kawasan Borobudur  yang berdekatan dengan destinasi wisata Yogyakarta tidak hanya menawarkan pengalaman wisata sejarah saja. Tetapi banyak yang bisa kita eksplor, termasuk kulinernya.

Berikut 2 tempat makan tradisional yang bisa jadi referensi Teman-teman jika sedang berkunjung ke Borobudur.

1. Joglo Panglipuran Borobudur

joglo panglipuran borobudursumber: https://www.instagram.com/joglo_panglipuran_borobudur/

Joglo Panglipuran Borobudur menawarkan pengalaman makan yang unik di tengah suasana tradisional Jawa. Bangunannya yang didesain dengan arsitektur joglo, memungkinkan Kita merasakan nuansa pedesaan Jawa yang otentik. Dikelilingi oleh taman yang asri, restoran ini menawarkan suasana yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kota.

Menu yang disajikan di Joglo Panglipuran Borobudur juga khas Jawa. Kita bisa mencicipi aneka masakan tradisional seperti gudeg, soto, hingga ayam penyet yang lezat. Semua makanan disajikan dengan bahan-bahan segar yang berasal dari pasar tradisional setempat, sehingga cita rasanya autentik dan memanjakan lidah.

2. Dapoer Gending Borobudur

dapoer gending borobudursumber: https://www.facebook.com/dapoergendingofficial/

Sementara itu, Dapoer Gending Borobudur menawarkan nuansa yang sedikit berbeda. Terletak di dekat kawasan Candi Borobudur, restoran ini memiliki desain yang modern namun masih mempertahankan sentuhan tradisional. Salah satu daya tarik utamanya adalah teras yang menghadap langsung ke Candi Borobudur, membuat Kita bisa menikmati makan malam dengan latar belakang monumen bersejarah ini.

Menu di Dapoer Gending Borobudur lebih variatif, menggabungkan masakan Jawa dengan beberapa menu internasional. Teman-teman bisa mencicipi berbagai makanan seperti rendang, nasi goreng, hingga steak yang disajikan dengan bumbu khas Jawa. Tidak ketinggalan, aneka minuman tradisional yang menyegarkan, seperti wedang jahe atau es dawet, juga tersedia untuk melengkapi makanan Kita.

Kedua restoran ini tak hanya menawarkan makanan enak, tetapi juga pengalaman. Teman-teman akan dibawa kembali ke masa lalu, merasakan bagaimana hidup di pedesaan Jawa, sambil menikmati makanan khas yang lezat.

Yuk Kita Jelajahi Destinasi Wisata Indonesia

jelajah Indonesia

Jika Teman-teman berencana untuk liburan & mengunjungi Borobudur dan ingin merasakan pengalaman kuliner yang berbeda, kedua tempat ini wajib masuk dalam daftar kunjungan Kita. Dan jika Teman-teman membutuhkan informasi lebih lanjut atau rekomendasi tempat lain di sekitar Borobudur, Teman-teman bisa mengunjungi situs resmi pariwisata Indonesia, indonesia.travel. Website ini menyediakan berbagai informasi terkait destinasi wisata, termasuk rekomendasi tempat makan terbaik di seluruh Indonesia.

Indonesia, dengan kekayaan budaya dan sejarahnya, selalu memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada wisatawan, baik lokal maupun internasional. Selain keindahan alam dan monumen-monumen bersejarah, pengalaman kuliner tradisional juga menjadi daya tarik yang tak terlupakan. Jadi, jika Teman-teman ingin merasakan keunikan kuliner Indonesia sambil menikmati keindahan alam dan budaya, pastikan untuk mengunjungi indonesia.travel dan rencanakan perjalanan sekarang juga. Indonesia menunggu Kita dengan segala pesona dan kelezatannya!

Related Posts

17 komentar

  1. Aku kepengen makan di Joglo Panglipuran Borobudur ah. Sekilas lihat dari fotonya pemandangannya lebih bagus dibandingkan dengan Dapoer Gending Borobudur. Lebih luas gitu ya dan natural. Coba ada daftar menunya hihihihi bisa pilih dari sekarang :D Menikmati wisata Borobudur lalu manjain perut di sini nikmaaaaat sekali!

    BalasHapus
  2. Wah asyik ya bisa santap di tepian borobudur apalagi kalau pagi hari wahh cakep banget suasananya

    BalasHapus
  3. Wah g terlalu jauh ni dari rumahku paling 30 menitan mas, cuma jarang kesana padahal yang pengen tau banyak destinasi wisata n kuliner baru sekitaran candi

    BalasHapus
  4. aslinya borobudur itu g begitu jauh dari rumah tapi kenapa si Joko g mau anter ke sana ya, nanti coba bareng mas Priyo ke sana aja deh

    BalasHapus
  5. Wah aku pernah makan di Joglo Panglipuran itu. Tempatnya memang bagus. Luas dan terasa suasana pedesaan yang nyaman. Makanannya juga enak

    BalasHapus
  6. Wilayah borobudur berkembang pesat sebagai sarana wisata yang makin keren. Harus tahu bahwa lokasinya di mungkid adalah kabupaten magelang. Bukan kotamadya magelang.

    BalasHapus
  7. Dapoer Gending sepertinya baru ya? Kapan ke sana seperti belum ada deh restauran ini. Ini yang depan jalan besar menghadap langsung candi itu kah?
    Tapi lihat di gambar, sepertinya ramai dan betah ya memiliki ciri khas kuliner dan kenyamanan setempat

    BalasHapus
  8. Apa keduanya tempat makan baru, ya? Terakhir ke sana kayaknya gak ada. Atau, akunya aja yg gak ngeh?

    BalasHapus
  9. Aku suka banget nih kalau makan ditempat makan yang mengusung konsep arsitektur kayak resto Joglo Panglipuran Borobudur ini. Nuansa Jogjanya itu dapet banget. Duh Pengen banget ke Jogja lagi.

    BalasHapus
  10. Waduh, telat tahu. Beberapa waktu lalu, nyari2 resto di sekitar sana tp nemunya cuma ayam2 goreng tepung, jadilah makan disana aja daripada kelaparan hihi. Next mau cobain joglo panglipuran deh, tempatnya enak bget kayanya

    BalasHapus
  11. Terakhir ke Borobudur 5 tahun lalu sepertinya. Capek, karena jalan pulang dan pergi berbeda. Jadi "dipaksa" mengelilingi semua area Borobudur 😅. Tidak tahu sekarang apa masih tetap seperti itu.

    Tidak ngeh, apakah dulu sudah ada 2 tempat makan ini. Moga kapan-kapan bisa coba makan di sana

    BalasHapus
  12. Pernah ke Borobudur tapi belum pernah makan di tempat ini. Keknya ini bisa jadi salah satu rekomendasi tempat makan kalo lagi jalan jalan di borobudur. Suasananya adem.

    BalasHapus
  13. Wah dah lama ke sana sekarang makin mudah nih kalau mau cari rumah makan yang proper apalagi kalau mengajak anak kecil yaa :D
    Apakagi bisa menikmati makanan sambil memandang Candi Borobudur makin berasa lezatnya makanannya, apalagi kalau yang disajikan makanan lokal :D

    BalasHapus
  14. Duuuuh sayang bangt pas trakhir ke Borobudur, waktu lagi puasa, mas 😅. JD boro2 bisa makan. Msh pengen bisa kesana lagi, anak2ku blm pernah. Eh tapi msh agak kuatir Ama penjual2 souvenirnya. Sereeem, dikejar sampe ke mobil walaupun udh ditolak sopan 😔.jujur itu salah satu yg bikin aku segan balik lagi. Akhirnya suami beli 1 waktu itu, demi ga dikejar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whah samaan Mbak Fan. Aku juga pernah diikutin sama penjaja topi yang ada di luar area Borobudur. Agak maksa memang dan bikin ga nyaman honestly

      Hapus
  15. Tapi bukan berarti aku anti kesana lagi. Borobudur ttp bangunan paling megah yg pernah aku datangin ❤️❤️❤️. Next kalo kesana ga mah pas puasa, biar bisa icipin restoran di sekitar sana. Apalagi makanan Magelang enak2 👍

    BalasHapus
  16. Wah. Dah lama bangeet ga kesini. Semoga kapan2 bisa ada kesempatan utk ke sini lagi

    BalasHapus

Posting Komentar