3 Cara Mengenalkan dan Memilah Jenis Sampah Pada Anak-anak

9 komentar
jenis-jenis sampah

Anak-anak dikenal sebagai peniru yang ulung dalam segala hal. Maka alangkah baiknya jika masa emasnya diberikan contoh-contoh yang baik dalam kehidupan, termasuk dikenalkan pada jenis-jenis sampah dan bagaimana cara memilahnya.

Kemampuan anak dalam mengenal jenis sampah dan tahu cara memilahnya sedini mungkin akan sangat bermanfaat dalam kehidupannya. Dengan bekal informasi dan pembiasaan dari kecil tentang bagaimana mengelola sampah diharapkan akan menjadi kebiasaan positif yang terus terbawa sampai dewasa.

Generasi yang peduli dengan pengelolaan sampah pastinya akan menjadi generasi yang peduli terhadap lingkungan. Untuk menciptakan generasi terbaik yang peduli terhadap keberlangsungan hidup ini tentunya tidak bisa dilakukan secara instan, tetapi memang perlu proses panjang dan dimulai sedini mungkin.

Langkah-langkah Dalam Mengenalkan Jenis Sampah dan Cara Memilahnya

Sebagai orang tua kita dituntut untuk kreatif dalam menerapkan ilmu parenting kepada anak-anak. Cara dalam mengajarkan apa pun kepada mereka tentunya harus sangat menyesuaikan dengan kondisi dan usia anak-anak.

Masalah keberlangsungan hidup yang sangat kompleks termasuk di dalamnya tentang persampahan, seperti jenis-jenis sampah dan bagaimana cara memilahnya tentunya menjadi beberapa masalah yang juga harus anak-anak kenal. Tetapi memang dibutuhkan usaha yang terus menerus dan juga cara yang menarik dari orang tua dalam menyampaikan tentang isu tersebut.

Berikut 3 langkah yang bisa kita coba dalam mengenalkan anak-anak pada jenis-jenis sampah dan cara memilahnya.

1. Ajak Anak Diskusi Santai

Kita tahu bahwa orang tua adalah sekolah utama bagi anak-anak. Untuk itu sangat penting orang tua membekali dasar-dasar pengetahuan yang akan menjadi modal informasi dalam kehidupan anak-anak kelak.

Sedari kecil anak-anak harus mendapatkan kehangatan dalam komunikasi dengan orang tua agar apa-apa informasi yang ia terima dari luar dapat mereka filter dengan adanya informasi awal dan konfirmasi selanjutnya dari komunikasi dengan orang tua. Dari sinilah kita memahami bahwa tugas menjadi orang tua memang sangat menantang sehingga memang dibutuhkan skill yang mumpuni.

Masalah sampah adalah juga isu yang harus dibawa ke ranah obrolan antara orang tua dan anak-anak. Tentu kita harus sangat menyesuaikan dengan usia anak-anak yang kita miliki dan juga kemampuan mereka dalam menyerap informasi.

Diskusi dengan suasana santai, bisa ditemani camilan di waktu sore adalah contoh obrolan hangat yang bisa kita ciptakan dalam memberitahukan kepada anak-anak tentang jenis-jenis sampah dan juga cara memilahnya. Pancing anak untuk berinteraksi ketika dikenalkan dengan jenis sampah organik dan juga non organik dengan cara ditanya misalnya, seberapa paham mereka tentang jenis-jenis sampah ini.

2. Sediakan Tempat Sampah yang Berbeda di Rumah Sesuai dengan Jenisnya

sampah organik dan non organik

Setelah anak memahami perbedaan sampah organik dan non organik, selanjutnya bisa dilanjutkan dengan praktik memilah sampah secara sederhana di rumah. Caranya bisa dengan menyiapkan tempat sampah berbeda di rumah, untuk sampah organik dan non organik.

Kita bisa memberi contoh harus di kemanakan ketika akan membuang sampah sesuai jenisnya. Anak yang melihat contoh yang baik dari kita sebagai orang tua pastinya akan menirunya kemudian.

Sekilas seperti ribet dengan harus menyediakan tempat sampah lebih dari satu, Tetapi yang harus menjadi konsentrasi kita adalah dampak positif yang sangat besar dengan pembiasaan memilah sampah sedari kecil ini. Anak-anak akan tumbuh dengan informasi dan praktik pembiasaan yang sangat baik, sehingga diharapkan akan menjadi dewasa dengan menjadi sosok yang terus peduli terhadap isu-isu lingkungan seperti sampah ini.

3. Kenalkan Sampah dan Cara Memilahnya Melalui Game

Kita tidak akan bisa menghindari dari kemajuan zaman yang terus bergulir. Saat ini di saat semua menjadi serba digital, kita sebagai orang tua juga harus cepat beradaptasi agar tidak ketinggalan zaman.

Dunia games adalah salah satu dunia yang sangat disukai anak-anak di era digital seperti sekarang. Dari apa yang mereka sukai ini kita bisa jadikan celah untuk mengedukasi mereka tentang lingkungan.

Memang ada game tentang lingkungan? ada dong! di mortgagecalculator.org/money-games/ ada banyak game yang bisa kita jadikan referensi untuk mengenalkan anak-anak pada isu lingkungan, termasuk dalam pemilahan sampah organik dan non organik.

Sebenarnya mortgagecalculator.org/money-games/ adalah situs game yang berfokus pada game finansial dan keuangan. Tetapi ternyata banyak sekali game-game lainnya yang bisa kita pilih termasuk game tentang lingkungan didalamnya.

Berikut beberapa game di mortgagecalculator.org/money-games/ tentang lingkungan dengan tema pengenalan jenis-jenis sampah dan cara memilahnya

Twin The Bin

game twin the bin

Game pilihan pertama yang akan kita bahas adalah Twin The Bin. Game ini mengajarkan anak-anak tentang jenis-jenis sampah, organik dan non organik dan juga contoh-contoh sampah keduanya.

Game-nya sederhana. Pertama-tama anak-anak memilih karakter sesuai gendernya, kemudian tugasnya adalah menangkap jenis sampah dengan sebuah wadah, di mana sampah ini akan dijatuhkan oleh mesin pemilah. Contoh sampah yang akan dijatuhkan seperti kertas, plastik, gelas pecah, dan juga sisa buah-buahan.

game lingkungan

Setiap sampah yang bisa ditangkap dengan wadah dan sesuai dengan instruksi di game maka akan mendapatkan poin dan poin akan dihitung di akhir permainan. Anak-anak pastinya senang bisa mendapatkan poin dengan kemampuannya dalam menangkap sampah sesuai dengan instruksi.

Untuk memainkan game Twin The Bin, anak-anak sebaiknya didampingi agar orang tua bisa sembari mengenalkan termasuk ke dalam jenis sampah apa saja sampah-sampah seperti kertas bekas dan juga sisa-sisa buah-buahan yang ada dalam game. Dengan memainkan game ini, serunya pasti dapat dan pengetahuan dasar tentang jenis sampah juga dapat tersampaikan pada anak-anak.

Sort The Trash 

mortgage calculator

Game kedua bertema lingkungan di mortgagecalculator.org/money-games/ yang akan kita bahas adalah Sort The Trash. Game ini akan memperkenalkan anak-anak pada jenis sampah organik dan non organik serta sampah yang dapat digunakan kembali dengan proses daur ulang.

Cara mainnya cukup mudah juga untuk diikuti. Di layar monitor akan ada hujan sampah, kemudian akan ada tempat sampah khusus untuk sampah non organik yang dapat di daur ulang. Tugas pemain adalah memasukkan sampah-sampah yang turun seperti hujan tersebut, tetapi yang dimasukkan adalah khusus sampah sesuai wadahnya, yaitu tempat sampah non organik.

Setiap sampah yang dimasukkan sesuai jenisnya akan mendapatkan poin dan nantinya akan diakumulasikan di akhir permainan. Dalam 1 kali permainan, kita akan diberi kesempatan mencoba sampai 3 kali baru kemudian poin akan dijumlahkan keseluruhannya.

environmental game

Memainkan game ini juga sebaiknya didampingi orang tua terlebih dahulu agar dapat disampaikan dalam kategori manakah sampah yang berjatuhan, organik dan non organik. Ketika anak-anak diberi informasi oleh orang tua, pastinya mereka akan dengan mudah memainkan game ini dan informasi tentang cara pemilahan sampah pun akan ia terima juga.

Twin The Bin dan Sort The Trash adalah 2 dari sekian banyak jenis game yang bisa kita mainkan di  mortgagecalculator.org/money-games/. Selain game tentang Finansial, keuangan, dan juga game lingkungan seperti yang sudah kita bahas, masih bnyak game dengan tema lainnya seperti game simulasi pertanian, game simulasi restoran, sampai game perkenalan tentang mata uang kripto pun ada.

Kelebihan dari game di mortgagecalculator.org/money-games/ adalah tidak perlu mengunduhnya. Kita bisa memainkan langsung di situsnya melalui desktop maupun gawai kita. Cukup fleksibel dan tidak ribet tentunya.

Yuk Kenalkan Anak-anak Kita Tentang Pengelolaan Sampah 

pengelolaan sampah

Dengan anak belajar tentang jenis-jenis sampah di dunia maya dan juga tata cara memilahnya secara langsung di rumah bersama orang tua, anak-anak pastinya akan menyimpan memori kebersamaan dan kehangatan bersama orang tua dalam belajar tentang sustainability.

Menjadi orang tua adalah sebuah proses panjang. Kita harus siap mengajarkan banyak hal kepada anak-anak dan juga harus siap untuk terus belajar dalam meng-update informasi yang menyesuaikan dengan zaman, tak terkecuali dengan cara-cara mengenalkan tentang jenis sampah dan cara memilahnya.

Semoga kelak mereka tumbuh menjadi pejuang-pejuang lingkungan yang akan juga mengajak generasi dari mereka untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan demi menjaga bumi kita agar tetap lestari, dan tentu saja gerakan itu harus dimulai dari sekarang oleh kita sebagai orang tuanya, sedini mungkin, sedari mereka masih anak-anak.

Related Posts

9 komentar

  1. wah baru tahu kalau ada gemenya juga, jadi lebih mudah untuk mengajarkan kepada anak tentang memilah sampah dengan benar.

    BalasHapus
  2. Bagian memilah sampah dengan bermain game emang selalu menarik dilakukan. Hal berat jadi ringan saat bersenang-senang mengerjakannya. :D

    BalasHapus
  3. Wah cara yg seru untuk mngenalkn anak dalam memilah sampah, anak tauny sedang bermain tetapi dibarengin dgn edukasi jga...mantab nih tipsnya....

    BalasHapus
  4. Aku sudah mulai praktik nih mengenalkan anak cara memilah sampah. Emang se simple itu sih. Pertama membedakan yang organik dan anorganik dulu. Mereka sekarang sudah terbiasa, mana sampah dapur mana sampah plastik. Rupanya ada game memilah sampah juga ya di Mortgage seru nih. Mau nyobain ah.

    BalasHapus
  5. Pengenalan pertama mungkin bisa dengan praktek langsung ya..pada saat belanja diusahakan bawa tas belanjda sendiri. Saat ada sampah dibuang ditempatnya..biala ada tempat sampah yang memisahkan organik dan anorganik..bisa dijelaskan

    BalasHapus
  6. Seru banget kalau ada game untuk mengenalkan sampah, jd anak-anak ga sadar sedang di-edukasi tentang pengolahan sampah

    BalasHapus
  7. Saya pikir sudah berhasil membiasakan anak buang sampah pada tempatnya itu udah paling top. Ternyata masih harus diedukasi, ya, tentang pemilihan jenis sampah. Dimulai dengan menyediakan tempat sampah yang berbeda. Terima kasih atas insight-nya, Pak.

    BalasHapus
  8. NAh ini bacaan bervitamin nih... Setuju banget, bahwa sikap cinta pada semesta harus ditanamkan sedini mungkin. Selain mengajari cara memilah sampah, jangan lupa berikan teladan yang baik.... Bukankah anak adalah peniru ulung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dok. Anak memang peniru yang ulung, seyogianya kita sebagai orang tua memang harus jadi role model terbaik untuk mereka

      Hapus

Posting Komentar