Libur Hari Raya Waisak: Menyelami Makna di Balik Liburan Sekolah di Indonesia

23 komentar

libur sekolah
Juni waktunya libur sekolah semester dua, di mana anak-anak akan banyak menghabiskan waktu di rumah menikmati masa liburan akhir tahun pelajaran. Di bulan Juni juga ada hari libur lain, yaitu hari raya Waisak, salah satu hari perayaan saudara-saudara kita yang beragama Budha.

Buddhisme adalah salah satu agama yang mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat Indonesia. Salah satu bukti nyata adalah perayaan Waisak yang meriah dan penuh arti. Liburan sekolah yang dihabiskan untuk mengikuti jejak perayaan ini bukan hanya mengasyikkan, tetapi juga penuh edukasi dan wawasan baru. 

Liburan sekolah bisa menjadi lebih berarti ketika dihabiskan dengan mempelajari dan merasakan perayaan budaya yang unik dari berbagai daerah. Salah satu perayaan yang tak kalah menarik dan bisa menjadi opsi sebagai tempat liburan sekolah adalah Waisak, perayaan Buddhis yang diselenggarakan secara besar-besaran di Indonesia. 

Rekomendasi Tempat Wisata Pada Libur Sekolah di Hari Raya Waisak

Berkunjung ke Indonesia untuk perayaan Waisak adalah sebuah keputusan yang tepat. Tanah air kita yang kaya akan budaya ini menyediakan berbagai macam pengalaman yang sulit dilupakan. Liburan sekolah di Indonesia selama perayaan Waisak, tak hanya menawarkan pengalaman spiritual yang mendalam, namun juga menawarkan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Candi Borobudur

Perayaan Waisak biasanya dipusatkan di tiga lokasi utama yaitu Candi Mendut, Candi Pawon, dan Candi Borobudur. Ketiganya terletak di Provinsi Jawa Tengah. Jika teman-teman berencana menghabiskan waktu liburan sekolah di sini, pastikan untuk melihat website pariwisata Indonesia yang menyajikan berbagai informasi terkini mengenai wisata dan perayaan ini.

Candi Mendut

Candi Mendut adalah tempat dimulainya perjalanan Waisak. Di tempat ini, para biksu dan biksuni melakukan prosesi Waisak dengan berjalan kaki menuju Candi Borobudur. Selama proses tersebut, mereka membawa api suci, air suci, dan juga bunga sebagai simbol penyucian diri. 

Candi Pawon

Candi Pawon, yang berada di tengah-tengah perjalanan antara Candi Mendut dan Candi Borobudur, juga menjadi bagian penting dalam perayaan ini. Di tempat ini, para biksu dan biksuni beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan mereka ke Candi Borobudur.

Candi Borobudur

Perayaan Waisak mencapai puncaknya di Candi Borobudur, dengan memanjatkan doa bersama dan pelepasan lampion ke udara, menciptakan pemandangan yang begitu indah dan mempesona. Semua rangkaian perayaan ini bukan hanya menarik untuk diikuti, tetapi juga memberikan pengalaman yang mendalam dan berarti.

destinasi wisata jawa tengah

Selain itu, ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan selama liburan sekolah di Jawa Tengah dan liburan di Yogyakarta. kita bisa menjelajahi berbagai destinasi wisata menarik lainnya yang tidak kalah menarik. Untuk teman-teman yang suka dengan alam, Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis bisa menjadi pilihan. Jika teman-teman lebih suka berwisata sejarah dan budaya, ada Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan dan Taman Sari yang tak kalah menarik.

Semua informasi lengkap tentang destinasi dan aktivitas yang bisa kita lakukan selama liburan sekolah di Jawa Tengah bisa kita dapatkan dengan mudah. Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Siapkan perjalanan liburan sekolah teman-teman sekarang juga dan nikmati pengalaman tak terlupakan dalam merayakan Waisak di Indonesia.

Related Posts

23 komentar

  1. Jadi kangen berlibur ke magelang borobudur...lebaran 2 tahun lalu kami ke sana sekeluarga sekalian mudik ke rumah ortu eh...karena masih suasana hari raya keempat makanya tumplek bleg ramai bangat...akhirnya ga jadi naik dan malah piknik di luar areanya sebwlum naik itu...yang di bawah...kami gelar tiker dan cuma beli minuman dingin di toko souvenir..paling enak kalau ke borobudur itu nginap...jadi bisa ke atas pagian sebelum matahari terbit..nanti sampai atas udah sunrise deh..hehe

    BalasHapus
  2. Jogja dan Magelang punya nilai sejarah dan budaya yang kiat. Selain itu di malam hari jogja terlihat eksotis. Pengalaman ke Jogja terus ke Magelang menyimpan daya tarik sendiri. Ada kenangan yang tidak bisa terlupakan setiap berkunjung ke sana

    BalasHapus
  3. Sampai sekarang saya masih ingin mengunjungi candi-candi Buddha seperti Candi Borobudur. Semoga ada rezeki. Amiiin.

    BalasHapus
  4. Kalau waisak bukannya candi2 Budha dipake buat beribadah, ya? Jadinya rame banget sih.

    BalasHapus
  5. Setuju bangte kak kalau kegiatan liburan dipakai utk mempelajari budaya Indonesia yg kaya banget itu. Cuma liburan waisak kemarin kita lebih banyak di rumah aja, liat perayaan waisak dr televisi aja

    BalasHapus
  6. Saya baru ke candi Borobudur, Mas. Candi mendut dan candi Pawon belum. Padahal dulu saya ke Borobudur naik motor dari Kebumen. Harusnya sekalian saja, ya.

    BalasHapus
  7. Apakah kalau sedang perayaan Waisak gini, candi-candi tadi dibuka untuk wisatawan umum? Ngeganggu yang sedang beribadah nggak ya?

    Kalau ke Jogja sama Jawa Tengah terutama Magelang tapi nggak mampir ke wisata candi rasanya gimanaaa gitu ya.

    BalasHapus
  8. Budaya di Indonesia sangat banyak.. liburan bisa jadi kesempatan anak anak untuk mengenal peninggalan bangsa Indonesia

    BalasHapus
  9. Wah bentar lagi liburan sekolah.
    Jadi rekomendasi banget nih tulisannya kak Yonal, karena bisa sekalian berlibur sekaligus wisata edukasi juga ke sana

    BalasHapus
  10. Wisata edukasi kek gini nih yg saya suka. Jadi nambah pengetahuan dan pengalaman juga. Apalagi Jawa Tengah dan Yogyakarta itu kental banget lokasi wisata budaya dan religi nya ya

    BalasHapus
  11. Kalau libur sekolah, akan asik ya ajak anak anak jelajah candi
    Liburan sambil menyelami sejarah bangsa

    BalasHapus
  12. Jelajahi berbagai candi yang ada di Yogyakarta dan Jawa Tengah memang jadi ide liburan sekolah yang seru bagi anak-anak. Apalagi nih kayak di Borobudur misalnya kemarin itu ada festival lampionnya juga.

    BalasHapus
  13. wahh aku baru tau klo candi mendut dan candi pawon jadi bagian dari perjalanan biksu dan biksuni dalam merayakan waisak, aku kira langsung ke candi borobudur

    BalasHapus
  14. Libur anak sekolah ini bisa jadi hal yang tricky banget buat emak dan bapak. Kadang kalau pas ada waktu bakalan seru kalau pas ngga bisa cuti bisa gaswat hehehe

    BalasHapus
  15. terakhir ke Borobudur tahun 2018, penataan kawasannya semakin rapi.
    Jadi pengen menyaksikan perayaan Waisak di Candi Borobudur

    BalasHapus
  16. Saya terakhir ke Borobudur tahun 2017 kalo ngga 2018. Wisata ke candi2 di Jogja emamg ngga ada habisnya. Selalu seru buat berpetualang di sana

    BalasHapus
  17. Taman Sari emang wajibb dikunjungin yak kalo pas ke Jogja. Cuman aku ga ke Prambanan sama Borobudur, ke Ratu Boko menyongsong senja, eaa

    BalasHapus
  18. Terakhir ke Candi Borobudur dan Prambanan tuh pas study tour SMP. Abis itu blm ke sana lagi krn jadwal kerjaan super hectic. Padahal sering banget dpt kerjaan ke Solo-Jogja hampir tiap tahun. Smg bs ke sini lagi pas Waisak mendatang. Pgn liat lampion. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lama banget ya pak. Aku juga kayaknya 10 tahun yang lalu deh ke Borobudur. Ya ampun kerasa capek bangett muterin candi.

      Hapus
  19. Lg pengin ngajakin anak2 berkunjung ke candi Borobudur atau Prambanan. Kebetulan jg udah lama banget ga ke sana. Semoga liburan tahun ini bisa kesampaian.

    BalasHapus
  20. Jadi menyesal kapan hari ke Borobudur dan cuma sampai ke pagarnya saja
    Alasannya teman yang barengin enggak bawa duit

    BalasHapus
  21. Lumayan panjang liburan menyambut Hari Besar Waisak.
    Sehingga bisa dimanfaatkan untuk explore wisata budaya di Jogja. Kalau Candi Borobudur, pasti semakin ramai oleh wisatawan ya..

    BalasHapus
  22. aku pengen banget ke Jogja.. udah merencanakan lama dg suami tapi belum tereksekusi.
    Wah tapi liburan waisak kemarin emang lumayan panjang ya..

    BalasHapus

Posting Komentar