Sinergi Rumah Zakat dan Adaro Dalam Gerakan Hidupkan Hati

15 komentar
sinergi rumah zakat dan PT. Adaro

Dalam rangka ulang tahun PT. Adaro Energy Indonesia yang ke-31, Adaro menggandeng Rumah Zakat untuk bersinergi dalam membuat gerakan Hidupkan Hati. Gerakan ini berbentuk pembagian sembako untuk masyarakat yang membutuhkan sebanyak 31.000 paket yang akan disebarkan di banyak wilayah Indonesia.

PT. Adaro Energy Indonesia sendiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pertambangan batu bara. Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan yang beroperasi di beberapa provinsi di Indonesia.

Press Conference Gerakan Hidupkan Hati

Sinergi antara Rumah Zakat dan PT. Adaro Energy Indonesia untuk Gerakan Hidupkan Hati dalam rangka ulang tahun Adaro yang ke-31 ini dipaparkan dalam Press Conference Adaro Hidupkan Hati di Cyber 2 Tower, Kuningan Timur, Jakarta Selatan pada Kamis, 15 Juni 2023. Hadir dalam press conference tersebut baik dari pihak Adaro maupun Rumah Zakat sendiri.

Perwakilan Yayasan Adaro Bangun Negeri yang biasa disebut YABN dalam press conference ini adalah Ibu Okty Damayanti yang didampingi oleh Bapak Budi Bowoleksono, sedangkan dari pihak Rumah Zakat hadir CEO-nya langsung, Irvan Nugraha. Kedua belah pihak dalam press conference ini menjelaskan kerjasama yang dilakukan dalam rangka kegiatan gerakan Hidupkan Hati.

Ini buka pertama kalinya Rumah Zakat bergandengan dengan Adaro dalam kampanye kebaikan untuk masyarakat. Sebelumnya, dalam press conference bergerak nyata untuk Indonesia di Hotel Bidakara pada Februari 2023, Okti Damayanti dari Adaro juga hadir sebagai salah satu narasumber bersama CEO Rumah Zakat, Irvan Nugraha.

Berikut beberapa pemaparan yang dijelaskan dalam press conference gerakan Hidupkan Hati:

press conference adaro dan rumah zakat

1. Gerakan Hidupkan Hati Dimulai dari Bulan Mei Sampai September 2023 

Banyaknya paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat pra sejahtera dalam gerakan Hidupkan hati ini tentunya membutuhkan waktu. Untuk itu telah disepakati rentang waktu 5 bulan dalam pendistribusian paket sembako lengkap kepada masyarakat ini.

Gerakan ini telah dimulai dari pertengahan Mei 2023 di Kabupaten Balangan, tepatnya di Desa Hukai dan juga di Desa Pangelak, Kabupaten Tabalong. Pendistribusian perdana di bulan Mei ini dihadiri langsung oleh Direktur Operasional PT. Adaro, Wahyu Sulistyo.

2. Gerakan Hidupkan Hati Dilaksanakan di 7 Provinsi

Dalam rangka pendistribusian paket sembako dalam gerakan Hidupkan Hati ini akan dilaksanakan di 7 provinsi. 7 Provinsi tersebut adalah:

  1. Jawa Tengah
  2. Jawa Timur
  3. Kalimantan Selatan
  4. Kalimantan Tengah
  5. Kalimantan Utara
  6. Riau; dan
  7. Sumatera Selatan

Dari 7 Provinsi tersebut ada 156 desa didalamnya yang menjadi target pendistribusian paket sembako oleh Rumah Zakat dari Adaro. 

3. Karyawan Muda Adaro Ikut Terjun Langsung ke Lapangan

Dalam bersinergi dengan Rumah Zakat untuk pendistribusian paket sembako dalam gerakan Hidupkan Hati, Adaro juga menerjunkan para karyawan muda nya untuk ikut terlibat aktif di lapangan dalam membagikan paket sembako kepada masyarakat pra sejahtera.

karyawan muda adaro

Ikut sertanya para karyawan muda ke lapangan dalam pendistribusian paket sembako bukan tanpa alasan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa-jiwa yang selalu bersyukur dalam kehidupan saat ini yang sedang dijalani. Pamaparan itu disampaikan oleh Okty Damayanti selaku perwakilan YABN. 

Kami berharap para karyawan muda yang merupakan calon-calon pemimpin di masa depan ini dapat berinteraksi langsung dengan para penerima manfaat, dan melihat bagaimana mereka hidup di lingkungan yang bisa jadi jauh berbeda. Semoga setelah itu, mereka dapat kembali menjadi pribadi yang lebih bersyukur

Kerja Sama Tahun Kedua Rumah Zakat dan Adaro

Sinergi antara Rumah Zakat dan Adaro ini ternyata bukan yang pertama kalinya. Tahun lalu ketika Adaro menginjak usia 30 tahun, kerja sama serupa juga dilakukan kedua belah pihak.

Tahun lalu Adaro juga melakukan gerakan serupa, yaitu membagikan paket sembako kepada masyarakat pra sejahtera sebanyak 30.000 paket. Kini menyambut usia 31, Adaro menambah paket sembakonya untuk masyarakat menjadi 31.000.

Tentunya kerjasama dua instansi seperti ini sangat baik sekali dampaknya bagi masyarakat. Banyak masyarakat pra sejahtera akan sangat terbantu dengan adanya bantuan dari perusahaan yang dibantu pendistribusiannya oleh lembaga amil zakat nasional seperti Rumah Zakat

rumah zakat

CEO Rumah Zakat, Irvan Nugraha mengungkapkan rasa syukur atas terjalinnya kerja sama antara Rumah Zakat dengan Adaro sampai tahun kedua ini.

Kami merasa bersyukur kembali dipercaya oleh Adaro untuk menjadi mitra implementasi pendistribusian sembako tahun ini. Alhamdulillah hingga pekan kedua Juni 2023 ini, kami sudah mendistribusikan 6.939 paket sembako atau 29% dari target

Rumah Zakat seperti yang sudah banyak masyarakat Indonesia tahu telah berkiprah dalam hal bidang kemanusiaan, seperti halnya juga dalam pendistribusian daging qurban untuk para mustahik-nya. Rumah Zakat juga menggandeng banyak pihak, seperti perusahaan dan bahkan publik figur untuk mengkampanyekan qurban untuk yang membutuhkan.

Sebagai masyarakat tentunya kita mendukung setiap gerakan kebaikan seperti sinergi Rumah Zakat dan Adaro ini untuk saudara-saudara kita yang masih tergolong pra sejahtera, sembari memberikan doa terbaik semoga kerjasama dua instansi ini dapat terus terjalin dengan baik dengan harapan akan banyak masyarakat pra sejahtera dapat terbantu sehingga bisa bangkit kehidupannya ke tahap yang baik. Dari pra sejahtera menjadi sejahtera, dari mustahik menjadi muzaki. Aamiin.

Related Posts

15 komentar

  1. mantab sekarang korporat bisa berkontribusi di bidang di luar core businessnya...dalam artian mungkin masuknya ke CSRnya kali ya mas yonal yang dalam hal ini menyasar pemberian kebermanfaatan zakat di desa desa lumayan terpencil di sebagian wilayah nusantara..smga dapat tersalurkan dengan baik dan berkah bagi penerimanya amin :)

    BalasHapus
  2. Semoga dengan adanya kerjasama ini, lebih banyak pihak mendapatkan manfaat dari zakat yang dipersiapkan. Kolaborasi emang penrting sih dalam urusan sosial kayak gini

    BalasHapus
  3. Semoga kolaborasi ini terus berkelanjutan kedepannya, karena memang perlu ya adanya jalinan kerjasama seperti itu guna membantu masyarakat yang membutuhkan

    BalasHapus
  4. Keren sekali sinergi yang dilakukan Adaro dan Rumah Zakat ini ya, Mas. Adaro sangat pas mengandeng Rumah Zakat dalam berbagi kebaikan untuk masyarat luas. Lewat Rumah Zakat, berbagi akan tersalurkan dengan baik dan jelas. Akhirnya semua kebaikan yang diberikan bermanfaat dan membawa bahagia.

    BalasHapus
  5. Event yang sangat positif untuk meningkatkan rasa sosial di tengah masyarakat. Melalui Rumah Zakat, PT Adaro Energy Indonesia berbagi kebahagian. Semoga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari event seperti ini ya. Sukses terus untuk Adaro Energy Indonesia. Semoga langkah ini juga diikuti oleh perusahaan lainnya

    BalasHapus
  6. Kerjasama ini akan menjadi awal yang baik untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial antar sesama.. Semoga Berkah

    BalasHapus
  7. Semoga kerjasama ini bisa menghasilkan manfaat yang berkelanjutan ya bagi Rumah Zakat

    BalasHapus
  8. semoga kerjasama ini bisa terus berlanjut dan semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Apalagi dibantu oleh Rumah Zakat untuk penyalurannya

    BalasHapus
  9. Sinergi dan kolaborasi saat ini menjadi sebuah kunci bagi perusahaan. Usaha yang dijalankan pastinya akan semakin memudahkan seperti dilakukan Adaro yang bersinergi dengan Rumah Zakat.

    BalasHapus
  10. Keren, ini yang aku suka hihi.. kolaborasi untuk menghasilkan kebaikan yang lebiiih luas. Udah ngga zaman yaa kak jalan2 sendiri dan eksklusif, udah saatnya membuka diri dan mencoba untuk bekerjasama dengan yang lain, Kayak rumah zakat dan adaro gini

    BalasHapus
  11. Program sinergi spt ini yang harus dipacu dan dilakukan oleh perusahaan lain. Intinya yg sama2 menguntungkan. Baik perusahaan maupun masyarakat umum. Ini jd bukti CSR kedua perusahaan berjalan. Salut buat Adaro dan Rumah Zakat krn udh bersinergi apik.

    BalasHapus
  12. Setuju dengan pernyataan perwakilan Adaro bahwa karyawan muda harus dilibatkan dalam gerakan sosial seperti ini agar banyak bersyukur dengan kehidupan mereka. Jadi, ada kepedulian yang bisa mereka ajarkan kembali untuk generasi di masa depan.

    BalasHapus
  13. Bagus nih kalau ada banyak perusahaan yg bersinergi dgn lembaga kemanusiaan kayak Rumah Zakat. Semoga bisa dicontoh oleh yg lain.

    BalasHapus
  14. sinergi yang bagus utk kebaikan nih, good job adaro dan rumah zakat, semoga semakin banyak hati yg bahagia menerima manfaat dari sinergi ini

    BalasHapus
  15. Salut banget dengan Sinergi Rumah Zakat dan Adaro.
    Karena dari sini, semua bisa saling memberikan manfaat untuk banyak daerah yang membutuhkan bantuan. Semoga dengan pemetaan yang tepat, bisa menyalurkan bantuan Rumah Zakat dan Adaro ini secara tepat sasaran.

    BalasHapus

Posting Komentar