Mari Bergerak Nyata Untuk Indonesia

19 komentar
bergerak nyata

Rumah Zakat sebagai salah satu organisasi amil zakat di Indonesia mempunyai program-program yang bertujuan untuk terus memberikan manfaatnya kepada para penerima manfaat. Seperti di tahun 2023 ini, Rumah Zakat mempunyai program luar biasa dengan slogan #BergerakNyata untuk Indonesia.

Untuk mensosialisasikan program dengan tema Bergerak Nyata Untuk Indonesia ini, Rumah Zakat mengadakan Press Conference yang berlangsung pada Jumat, 24 Februari 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta. Dalam kesempatan press conference tersebut Rumah Zakat mengundang beberapa narasumber baik dari perwakilan pemerintah maupun swasta yang telah bersinergi dengan Rumah Zakat dalam merealisasikan program Bergerak Nyata Untuk Indonesia.

Press Conference #BergerakNyata Untuk Indonesia 

#bergeraknyata untuk Indonesia

Bersyukur sekali bisa hadir dalam acara press conference yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat ini. Banyak pembelajaran dan hikmah yang bisa dipetik tentang pengelolaan zakat secara profesional yang membawa dampak luar biasa pada kehidupan umat sebagai mustahik atau penerima manfaatnya.

Dalam acara press conference #BergerakNyata Untuk Indonesia, Rumah Zakat mengundang 4 pembicara dari berbagai kalangan. Ada perwakilan Rumah Zakat Sendiri, kemudian dari PT. Adaro sebagai salah satu dari donatur Rumah Zakat, dan juga dari perwakilan dari pemerintah yang dalam hal ini diwakili dari Bappenas atau Badan Perencanaan Nasional dan BKKBN atau Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Lebih spesifik, berikut para pembicara yang hadir dalam press conference Rumah Zakat

  1. Irvan Nugraha, CEO Rumah Zakat
  2. Okty Damayanti, Divisional Head of CSR PT ADARO Energy
  3. DR (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG, Kepala BKKBN
  4. Maliki, Plt. Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan dari Bappenas

Setiap pembicara menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan sinergi yang telah dibentuk oleh Rumah Zakat, baik dengan pihak donatur maupun pihak pemerintah dalam rangka memberdayakan umat agar menjadi lebih baik dalam segala kondisinya. Untuk teman-teman, berikut resume penyampaian materi dari narasumber dalam press conference yang dipandu oleh moderator Joko Pamungkas.

Capaian Rumah Zakat di Tahun 2022

Bergerak Nyata

Irvan Nugraha sebagai CEO Rumah Zakat yang diberi waktu pertama dalam menyampaikan paparannya terkait dengan Rumah Zakat menyampaikan terkait dengan capaian di tahun 2022 dan target Rumah Zakat di tahun 2023 ini. Beberapa capaian yang sudah direalisasikan oleh Rumah Zakat selama kurun waktu 2022, diantaranya:

  1. Di tahun 2022, Rumah Zakat telah memberikan kemanfaatan kepada lebih kurang 1,3 juta penerima dalam berbagai program yang diadakan oleh Rumah Zakat seperti pemberdayaan dibidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan dan aksi kemanusiaan. Program ini tentu saja dapat terwujud karena adanya kerja sama antara Rumah Zakat dengan mitra dan donatur.
  2. Masih di tahun 2022, Rumah Zakat telah mengelola 1.732 desa berdaya yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Rumah Zakat juga menjalankan amanah 9 klinik pratama, 19 Sekolah Juara, 14 Kemitraan kampung Zakat, dan 301 Bummas.
  3. Sejauh ini telah bergabung dengan Rumah Zakat sebanyak 1.643 relawan yang telah banyak membantu untuk terjun langsung ke berbagai wilayah di Indonesia sebanyak 128 titik.
  4. Rumah Zakat juga mensyukuri nikmat dengan diraihnya 66 penghargaan selama kurun waktu 2022, mulai dari penghargaan bidang pemberdayaan sampai service branding. Juga hal yang tak kalah pentingnya untuk disyukuri adalah dengan diraihnya predikat wajar tanpa pengecualian atau WTP dalam hal audit keuangan, yang mana predikat ini telah diraih selama 16 kali berturut-turut

Target Rumah Zakat di Tahun 2023

Dengan banyaknya capaian tang telah dimiliki oleh Rumah Zakat, tak menjadikan lembaga kemanusiaan ini berpuas diri. Rumah Zakat tetap berkomitmen untuk memberikan yang terbaik di setiap programnya dan bertekad untuk terus meningkatkan target dalam gerakan nyata untuk Indonesia.

Beberapa target Rumah Zakat di tahun 2023 diantaranya adalah

  1. Meningkat jumlah penerima manfaat dari 1,3 juta orang di tahun 2022, menjadi 1,5 juta orang di tahun 2023
  2. Dalam program ekonomi, Rumah Zakat menargetkan penerima manfaat keluar dari garis kemiskinan sebanyak 20%
  3. Menyambut bulan Ramadan 2023, Rumah Zakat meluncurkan aplikasi Rumah Zakat App 2.0. yang akan lebih memudahkan para donatur untuk mendapatkan informasi seputar zakat mulai dari cara perhitungan zakat dan juga laporan zakat yang telah diamanahkan via Rumah Zakat. Rumah Zakat App 2.0. ini dapat diunduh baik via Android maupun iOS dan sejauh ini telah di-download oleh lebih kurang 5.000 pengguna.

Hadirnya Rumah Zakat App 2.0. tentunya akan sangat memudahkan kita dalam mendapatkan informasi tentang zakat dan juga kepercayaan kita dengan Rumah Zakat sebagai pengelola tak diragukan lagi. Irvan Nugraha menambahkan tentang tujuan hadirnya aplikasi ini

Aplikasi Rumah Zakat App 2.0. ini hadir sebagai bentuk transparansi zakat dari para donatur sehingga mereka bisa mengetahui laporan dana zakat, infak, sedekah yang diamanahkan kepada Rumah Zakat

Mari Bergerak Nyata Untuk Indonesia Bersama Rumah Zakat

Rumah Zakat

Rumah Zakat telah banyak melakukan terobosan-terobosan luar biasa dalam setiap programnya, seperti halnya kesuksesan program Bismillah Qurban yang diselenggarakan menjelang Iduladha tahun lalu dengan menggandeng Citra Kirana sebagai Duta Qurban Rumah Zakat.

Semua program dan target-target yang telah dipersiapkan oleh Rumah Zakat tidak akan terealisasi tanpa adanya kerja sama dan kolaborasi dengan para mitra dan donatur. Tentunya kita pun seyogyanya mendukung apa yang menjadi cita-cita mulia Rumah Zakat dalam berkhidmat untuk umat dengan menjadi media perantara kebaikan dalam Bergerak Nyata untuk Indonesia.

Untuk itu, mari kita support segala bentuk kebaikan yang bertujuan memuliakan umat, termasuk menyukseskan program #BergerakNyata Untuk Indonesia yang digagas Rumah Zakat dengan hal apa pun yang kita mampu. Jangan remehkan hal kecil yang kita bisa, karena ketika Allah berkehendak, mana tahu aksi kecil kita dapat memberikan dampak yang luar biasa.

Related Posts

19 komentar

  1. Sebuah inovasi yang bagus agar tidak sekadar bergerak tapi memiliki nilai dari gerakan nyata yang dilakukan. Sukses dan berkah buat semua yang terlibat.

    BalasHapus
  2. Asyiknya bisa ikutan event berbobot ini, sekaligus melihat secara langsung program dari Rumah Zakat ini. Semoga berkah selalu dan program-programnya terealisasi semuanya ya, aaamiiin 🤲🤲

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ada lebih dari 1 juta penerima manfaat dalam setahun, semoga tahun ini dan selanjutnya Rumah Zakat makin bermanfaat terutama untuk fakir miskin dan dhuafa. Zakat dan sedekahvia Rumah Zakat dijamin terpercaya ya dan pengelolaannya sangat profesional.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sudah lebih 1,3 juta penerima manfaat dari Rumah Zakat di tahun 2022 ya, Mas. Insya Allah tahun 2023 akan terus bertambah. Karena pada dasarnya orang Indonesia paling dermawan di dunia menurut survey. Jadi dengan mari bergerak nyata dan memberikan bukti nyata menerbar kebaikan, maka orang-orang pun akan terus semangat ikut berbagi kebaikan.

    BalasHapus
  5. Gerakan yang patut diacungi jempol dari Rumah Zakat. Kita bisa sedekah yang pasti tersalurkan juga. Sukses terus buat Rumah Zakat

    BalasHapus
  6. Semoga semakin banyak orang baik ya. Sehingga target rumah zakat di tahun ini bisa bisa tercapai. Dengan begitu, makin banyak juga kemanfaatan yang tersebar di negeri ini

    BalasHapus
  7. Tahun lalu yang program Bismillah Qurban itu mengena banget sih. Karena kenyataannya di negara kita, belum semuanya mampu berkorban, dan pembagian daging kurban pun belum merata ke semuanya.

    BalasHapus
  8. keren programnya rumah zakat, semoga semakin sukses dan amanah dalam mengemban setiap program yang dijalankan yaa amiinn..

    BalasHapus
  9. Rumah Zakat ini inspiratif sekali ya, Pak. Semoga targetnya tercapai tahun ini, terutama jumlah penerima manfaat zakat semakin banyak ya, Pak.

    BalasHapus
  10. Wah masyaAllaah keren banget RZ semakin menebar manfaat untuk banyak orang yaa kang, happy dengernyaa

    BalasHapus
  11. Semoga target yang akan dicapai Rumah Zakat dapat terwujud. Apalagi banyak juga ya pencapaian yang telah dilakukan.
    Serta banyak dukungan dari berbagai pihak termasuk swasta dan pemerintahan

    BalasHapus
  12. Program-program Rumah Zakat ini bangus sekali, dan semoga target tahun ini tercapai. Banyak orang yang merasakan manfaatnya. Aamiin.

    BalasHapus
  13. Rumahzakat punya banyak program yg sangat membantu ummat, semoga kita selalu menjadi bagian yg selalu mengulurkan tangan khususnya melalui program #bergeraknyata

    BalasHapus
  14. Memang harus transparan penggunaannya, supaya kita yakin zakat kita beneran digunakan utk orang yg berhak. Jujur ya mas, aku jarang pakai organisasi begini utk nyalurin zakat, Krn masalah kepercayaan aja. Lebih suka kasih sendiri ke orang2 yg aku tahu butuh.

    Tapi kalo memang ada organisasi amal yg bisa dipercaya, ya aku ga masalah transfer sebagian zakatku ke sana.

    BalasHapus
  15. Warna dasar dari Rumah Zakat sudah berubahkah?
    Biasanya orens, skarang pink.

    Semoga dengan bergerak nyata untuk Indonesia, kita semua bisa saling memberikan dukungan positif bagi ummat yang membutuhkan bantuan baik dari segi finansial ataupun moral.

    BalasHapus
  16. kalau zakat disalurkan melalui lembaga amil yang tepat dan tepat sasaran, insyallah jadi berkah ya. bersyukur banget ada amil zakat seperti rumah zakat. insyallah rencana dna target 2023 terealisasi ya. aamiin. penasaran dengan hasilnya nanti terkait program penerima manfaat keluar dari garis kemiskinan sebanyak 20% tahun ini. semoga terealisasi ya

    BalasHapus
  17. Rumah zakat ini banyak manfaatnya ya. Semoga kebaikannya menyebar ke banyak orang yang membutuhkan

    BalasHapus
  18. Maa syaa Allaah luar biasa ya program inovasi dari Rumah Zakat ini. Semoga targetnya di 2023 ini bisa tercapai dan semakin banyak orang yang membutuhkan bisa merasakan manfaat yang diberikan dari gerakan nyata RZ

    BalasHapus
  19. kehadiran apps tuh emang memudahkan hidup banget yaa, bayar zakat, sedekah, donasi juga makin praktis dan nyaman nih

    BalasHapus

Posting Komentar