Kenapa Saya Minum Kopi?

8 komentar

 kenapa saya minum kopi

Sebagai seorang Blogger, salah satu waktu menulis yang paling enak adalah ketika orang lain tidur. Hening dan damai, inspirasi serasa berjalan dengan mulusnya.

Tengah malam adalah waktu yang cocok untuk menulis bagi saya. Ketika orang lain sedang damai dalam mimpinya, kita bangun menuangkan ide dalam sebuah tulisan.

Efek dari menulis di malam hari akan terbawa pada pagi yang agak ngantuk. Maka untuk menjaga tubuh tetap maksimal bekerja pada siang hari, kopi adalah penolong jitu.

Dari White Kopi Sampai Kopi Hitam

Ketika mengobrol dengan salah satu teman yang mempunyai bisnis Cafe, di mana dia menyediakan ragam menu kopi, dia bertanya, apa jenis kopi yang biasa saya minum. Saya menjawab, bahwa saya biasa minum kopi sachetan jenis white kopi.

Dia tersenyum, sembari menawarkan beberapa varian jenis kopi andalan di cafenya. Bukan tak suka dengan kopi ala-ala cafe, tapi untuk keseharian, kita mempertimbangkan isi dompet juga lah.

Selain kopi sachet, pernah juga mencicipi jenis kopi hitam. Pernah suatu saat, Kepala Sekolah di tempat saya mengabdikan diri sebagai pengajar, membawa Kopi Robusta Lampung sebagai oleh-oleh dari tanah kelahiran istrinya. Itu mungkin pertama kalinya suka dengan aroma kopi pahit lokal yang sangat mempunyai ciri khas.

Kopi Robusta Lampung mempunyai cita rasa yang khusus, something like rempah-rempah dan coklat aftertaste. Dinikmati dengan dibuat racikan kopi tubruk, orisinalitas rasa kopinya sungguh kentara.

Tapi tetap saja, kopi favorit saya adalah kopi sachet seharga Rp 1500 yang harumnya. Semuanya kembali pada selera masing-masing.

Pengalaman Unik Minum Kopi

manfaat kopi

Sewaktu SMP, saya tinggal di rumah paman dari ibu. Hal itu karena jarak rumah ke sekolah yang sangat jauh, sehingga akhirnya orang tua menitipkan di rumah paman.

Suatu ketika seluruh keluarga paman berangkat ke Bandung. Di rumah sendiri, kemudian iseng-iseng mencoba kopi yang biasa diminum oleh keluarga paman.

Sebelumnya paman sudah memberitahukan, kalau mau minum kopi, takarannya cukup setengah sendok saja. Agak aneh pikirku, koq sedikit banget takarannya.

Malam itu tertuanglah dua sendok kopi dengan gula dan seduhan air panas. Walhasil, sepanjang malam tak bisa tidur, asli melek sampai pagi. Haduuh...

Sampai saat ini sangat penasaran dengan jenis kopi tersebut, koq bisa sampai kuar begitu efek yang ditimbulkannya, benar-benar on terus mata ini, tanpa rasa kantuk sedikit pun. Kopi yang luar biasa.

Manfaat Kopi

manfaat kopi
Bagi saya pribadi, yang paling terasa dari mengonsumsi kopi adalah badan akan tetap terasa on ketika beraktivitas. Sebagai kepala keluarga yang menjadi tulang punggung keluarga tentunya, kopi sangat membantu kita tetap melek mencari nafkah.

Kopi juga sangat membantu dalam bersosialisasi. Sesekali ngafe bersama teman-teman sembari ngobrol serius atau santai ditemani kopi adalah momen terbaik yang bisa kita buat.

Saya pun tak ingin mengonsumsi kopi menjadi sebab sebaliknya, badan menjadi drop karena pola minum kopi yang salah. Maka, saya tidak membiasakan diri minum kopi di atas jam empat sore, atau minum kopi lebih dari satu gelas dalam sehari.

Untuk teman-teman, menjaga badan tetap bugar mungkin sangat bervariasi caranya, dan kopi adalah salah satu pilihan saya. Kalau kita berbeda, ya tidak apa-apa. Keep peace.

Related Posts

8 komentar

  1. Samaaa kok mas. Tapi memang aku blm sanggub kalo kopi hitam apalagi tanpa gula 🤣. Salut ih Ama pecinta kopi akut, yg bisa benee2 menikmati pahitnya kopi.

    Belum ketelan kalo ga pake gula 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sich salut sama pecinta kopi sejati, khususnya kopi hitam yang tanpa gula. Mastah sekali itu mah

      Hapus
  2. Mbul juga suka kopi sachetan mas yonal, soale murah hahahah...selain itu manis karena ada gulanya dan efeknya ga gitu strong kayak kopi item kentel ala bapak bapak hahhahahah...tapi sebenernya aku amat sangat ga bisa tidur kalau habis ngopi, ngeteh aja aku bisa melek mulu. Padahal teh lebih ringan, apalagi kopi bisa jreng mata sampe pagi xixixii

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeay... ada yang sefrequensi nih pecinta kopi sachetan.
      Kalau saya habis ngopi. tapi ngantuk, ya tidur juga.. wkwkwk

      Hapus
  3. saya juga suka kopi retjeh sachetan. hehe. Wah aku si kalau minum kopi malem-malem bisa melek semaleman. siangnya ngantuk. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah ngopi malem-malem, tapi wkatunya tidur, eh tidur juga.. hehehe

      Hapus
  4. kopi memang benar bikin tenang, dengan ngopi ngonten pun jdi fresh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, Kak Dewi. Mood booster deh buat nulis jadi lancar jaya

      Hapus

Posting Komentar