Review Buku | Parenting (B)ala-(b)ala 1 Minggu 1 Cerita

11 komentar
Parenting bala-bala

Buku yang berjudul Parenting (B)ala-(b)ala 1 Minggu 1 Cerita, Bukan Resep pengasuhan Abal-abal ini sangat menarik untuk dibaca. Disuguhkan oleh 25 penulis yang tergabung di Komunitas 1 Minggu 1 Cerita, buku parenting ini mengklasifikasikan materi-materi parenting berdasarkan usia tumbuh kembang anak

  • Bayi 0-3 bulan
  • Bayi 3 bulan - 2 tahun
  • Balita 2-5 tahun
  • Anak 5-10 tahun; dan
  • Remaja

Hal unik lainnya adalah, para penulis di buku ini juga adalah mereka yang aktif sebagai narablog atau blogger yang tergabung di komunitas 1M1C (1 minggu 1 cerita). Cerita yang disuguhkan berdasarkan pengalaman para penulis dalam mendampingi tumbuh kembang putra-putri tercintanya.

Tentang judulnya sendiri yang membawa nama makanan bala-bala (dengan huruf B yang diberi tanda kurung) adalah untuk memberikan sinyal bahwa buku ini sangat variatif dengan latar usia yang disuguhkan di dalamnya. Begitu pun dengan bala-bala atau bakwan yang terbuat dengan ragam sayuran yang di satukan dengan tepung terigu, digoreng, dan menghasilkan rasa yang crunchy

Cerita-cerita Menarik Dalam Buku Parenting (B)ala-(b)ala 1 Minggu 1 Cerita

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, buku ini menyuguhkan cerita dari pengalaman para penulisnya berdasarkan usia buah hati yang dimiliki. Ada 5 kategori usia yang dibahas, mulai dari bayi 0 bulan sampai usia remaja

Bayi 0-3 Bulan

Untuk pembuka tulisan pertama, ada judul Bayi Ramah Lingkungan yang ditulis oleh sosok ibu bernama Melzealanda. Judulnya sangat unik, sangat menarik perhatian.

Di kategori tulisan untuk usia bayi 0-3 bulan, hanya ada 1 judul saja. Mungkin karena kebetulan, kontributor yang tergabung dalam buku parenting ini, Mbak Melzealanda yang mempunyai bayi umur di kisaran 0-3 bulan

Bayi 3 Bulan - 2 Tahun

Untuk kategori bayi 3 bulan sampai 2 tahun, ada 2 penulis yang menyumbangkan tulisan apiknya. Dua penulis itu adalah Mbak Nimas Achsani dan Mbak Zeneth Thobarony.

Dua judul berturut-turut dari dua penulis ini adalah Mengenal Feeding Rules dan Keselamatan Anak Saat Berkendara, Parenting Yang Kerap Terlupakan. Dua judul yang sangat menarik untuk disimak.

Mbak Nimas adalah teman yang selain tergabung di komunitas 1M1C, juga satu keluarga di Blogspedia dan di Komunitas One Day One Post (ODOP).

Balita 2-5 Tahun

Kategori balita 2-5 tahun adalah kategori dengan judul yang paling banyak disumbangkan oleh para kontributornya. Ada 13 judul menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Saya sendiri ikut dalam salah satu penulis dalam kategori ini dan ternyata menjadi one and only sosok ayah di deretan kontributor. Saya menceritakan pengalaman tentang dalam pengasuhan anak ke dua, Fariha Qonita, tentang first time memiliki anak perempuan dan belajar menjadi sosok ayah dalam membersamai tumbuh kembang di usia balitanya.

Anak 5-10 Tahun

Ada 7 judul untuk kategori anak 5-10 tahun. Ada yang menceritakan pengalaman menyekolahkan anak pertama kali, sampai cerita karakter anak-anak di Jepang.

Remaja

Untuk kategori terakhir, dua judul menutup buku parenting ini. Ada Mbak Karimah Iffia Rahman dan Mbak Hani Widiatmoko sebagai penulisnya.

Sangat menarik mengikuti ulasan dua terakhir ini, karena usia remaja adalah usia yang sangat labil bagi anak-anak, sehingga pola pengasuhan dari orang tua sangat berperan dalam tumbuh kembangnya.

Mbak Iffia dalam tulisannya menceritakan tentang pentingnya peran orang tua menjadi role model agar anak dapat berinteraksi dengan baik dengan Al-Quran sampai menjadi Hamilul Quran. Mbak Hani juga membahas materi yang tidak kalah pentingnya, menyoroti pergaulan remaja yang jika tidak terkontrol orang tua, akan sangat membahayakan masa depan sang anak.

Simpulan

1 minggu 1 cerita

Ilmu parenting sangat penting dimiliki baik oleh setiap orang tua maupun teman-teman yang sedang dalam tahap menuju untuk membangun dan membina keluarga. Pentingnya ilmu parenting ini pernah diutarakan oleh seorang teman blogger, Kak Dita Resti Pertiwi

Ilmu parenting itu penting banget. Meskipun aku belum menikah, tapi menurutku tetap harus paham ilmu parenting.
Gimana memperlakukan anak, gimana menghadapi emosinya, gimana komunikasi dengan mereka. Apalagi, menurut dosen aku dulu di kelas Psikologi Perkembangan anak, tugas orang tua selalu balik ke nol, di setiap anak memasuki masa perkembangan baru.

Buku Parenting (B)ala-(b)ala 1 Minggu 1 Cerita, Bukan Resep pengasuhan Abal-abal ini bisa menjadi salah satu alternatif referensi pengasuhan sang buah hati dalam tumbuh kembangnya. Dengan keunikan dari pengalaman cerita 25 penulisnya yang beragam akan sangat memperkaya khazanah ilmu parenting.

Data Buku

  • Judul: Parenting (B)ala-(b)ala 1 Minggu 1 Cerita, Bukan Resep Pengasuhan Abal-abal
  • Penulis: Melzealanda, dkk
  • ISBN: 978-623-227-708-3
  • Tebal: 160 halaman

Related Posts

11 komentar

  1. Bagus bangetttt bukunya.. Langsung ditulis oleh orang yang berpengalaman dan jelas tahap tahap usianya. Next mau baca deh.

    BalasHapus
  2. Waw selamat Pak Yo!!! Rupanya salah satu kontributor buku hebat ini ya!! Kereennn.menurutku buku Ini memang buku rekomendasi buat ilmu parenting yang lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Kak Yun. Masih belajar nulisnya juga, Kak

      Hapus
  3. Waaah mantaap banget, Pak.
    Biasanya kalo ada pengalaman langsung dari orang lain akan lebih mudah dipahami dan ditiru ya.

    BalasHapus

  4. Bukunya pasti bagus. Sebab ditulis berdasarkan pengalaman. Selamat malam ananda Regen.

    BalasHapus
  5. Wah, mantap sekali pak jadi salah satu penulis di buku ini.. Seorang ayah yang bisa menjadi sosok baru untuk putri pertamanya.. Penasaran dengan bukunya nih..

    BalasHapus
  6. Dari awal aku lihat judul buku ini sudah notice banget kalau buku ini pasti cerita pengasuhan yang beragam. Karena filosofi bala-bala yang diambil sebagai title. Keren Pak Yo, nulis buku jalan, ngeblog juga aman.. Keren.

    BalasHapus
  7. wah sepertinya baru ini nemu buku parenting yang lengkap rentang usianya, dari bayi sampai balita. Keren deh.

    BalasHapus
  8. bayi yang berumur 3 bulan hingga 2 tahun antara yang mencabar untuk menjaganya

    BalasHapus

Posting Komentar