Manfaat Google Search Console

6 komentar
google search console

Tipe menulis setiap blogger berbeda-beda di blognya masing-masing. Ada yang menulis sesuai kata hati, ada juga yang menulis mengikuti tren yang sedang ramai dibicarakan.

Tidak ada yang salah dengan keduanya, baik yang menulis sesuai kata hati maupun mengikuti tema yang sedang tren, karena ini masalah pilihan. Yang salah adalah punya blog tapi tidak ada tulisannya :).

Untuk teman-teman blogger yang menulis mengikuti tema yang sedang tren, pastinya ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari kata kunci trending. Ada Google Trends, Whatsmyserp, Google Search Console (GSC), dan juga aplikasi-aplikasi lainnya.

Di tulisan kali ini, kita akan membicarakan Google Search Console (GSC) base on my experience. Tentang apa itu GSC, manfaat Google Search Console, dan juga cara penggunaannya.

Apa Itu Google Search Console

Google Search Console adalah salah perangkat yang dibuat oleh google untuk membantu kita dalam meningkatkan keterlihatan situs atau blog kita di mesin pencarian Google. Kegunaan lain dari GSC adalah untuk membantu dalam hal laporan status indeks dari blog yang kita miliki.

Beberapa Manfaat Google Search Console

Disarikan dari blogspedia -situs dunia blog asuhan coach Marita Ningtyas, beberapa manfaat google search console yang bisa didapatkan oleh para narablog adalah:

  • Search Engine Optimization (SEO) dari blog kita akan terlihat sudah seberapa optimal dalam kinerjanya
  • Cakupan halaman yang terindex di google akan terlihat
  • Hal-hal yang perlu disempurnakan dari postingan blog kita juga akan terlihat
  • The last, manfaat GSC adalah untuk inspeksi URL

Tentang cara bagaimana memasang google search console yang terkoneksi dengan blog kita, teman-teman yang belum memasang dan ingin mencobanya, bisa mempelajarinya di sini.

Pengalaman Menggunakan Google Search Console

Honestly, saya sendiri masih jarang menggunakan Google Search Console ini. Cuma kebetulan ada surel bulanan yang dikirim oleh GSC tentang laporan performa blog.

Suatu kali saat dikirimi surat elektronik dari GSC, dibukalah laporan tersebut. Dari laporan itu terlihat data blogpost yang paling banyak dilihat berdasarkan kueri, yaitu Harapan Untuk Pendidikan Indonesia.

Google Search Console
Ketika dilihat di google, ternyata artikel harapan untuk pendidikan di Indonesia ini berada di page one google. Kemungkinan salah satu pendukung banyaknya pencarian terhadap artikel ini karena berpapasan dengan bulan Mei yang notabene terdapat hari pendidikanpada tanggal 2.

Lain waktu, pernah juga mendapat materi tentang modifikasi kueri populer di GSC oleh Mbak Jihan Mawaddah di kelas blognya, yaitu dengan melihat keyword-keyword lain via google atau aplikasi lain. Dari google dan whatsmyserp ternyata memang tampak beberapa keyword lainnya seperti harapan untuk pendidikan di Indonesia di masa depan dan juga kata-kata harapan untuk pendidikan Indonesia.

Dua tema itu saya coba buatkan narasinya, bahkan untuk tema kata-kata harapan untuk pendidikan di Indonesia, saya mewawancarai beberapa kalangan mulai dari pelajar, orang tua, mahasiswa, sesama guru, bahkan dosen tentang harapan mereka pada dunia pendidikan di Indonesia.

Walhasil, dua tema tersebut sama-sama menjadi postingan populer juga di blog. Lucu juga pas melihat 3 urutan populer post yang terdiri dari harapan untuk pendidikan di Indonesia, harapan untuk pendidikan di Indonesia di masa depan, dan kata-kata harapan untuk pendidikan di Indonesia.

Tema pendidikan memang salah satu yang tak akan usang, terlebih di negeri kita yang masih bongkar pasang tentang kurikulum yang digunakan di sekolah dan madrasah. Pantas saja banyak masyarakat yang menaruh banyak harapan terhadap pendidikan kita untuk bisa lebih baik di masa yang akan datang.

Tertarik Menguji Dari Manfaat Google Search Console?

Sekelumit pengalaman di atas adalah bagaimana saya menggunakan manfaat Google Search Console untuk memodifikasi keyword atau kata kunci untuk dijadikan sebuah tema tulisan. And it's work.

So, dengan melihat laporan performa GSC, bisa banget untuk menjadi salah satu inspirasi untuk membuat tulisan-tulisan baru dengan tema yang sudah ada kemudian kita modifikasi dengan keyword yang mendekati. Tidak akan ada deh yang namanya kehabisan ide untuk menulis dengan bantuan GSC ini.

Bagaimana jika tidak menggunakan google search console?. Ya tidak apa-apa. Sekali lagi, ini hanya masalah pilihan.

Banyak juga teman-teman blogger yang menulis dengan mood hati, berdasar pada apa yang dialami sehari-hari, and that's good. Yang terpenting adalah memberikan kebermanfaatan setiap apa yang kita tuliskan.

Related Posts

6 komentar

  1. bermanfaat banget nih Mas Yonal..kalau mbul sih masih bimbang kadang tujuannya ya kedua itu sih...baik yang lagi happening (biasanya aku search dulu di yutub malah yang lagi hipe apa terutama resep masakan dan wisata), trus yang sesuai tema sehari hari ibaratnya malah cuma sekedar curhat geje...tapi yang curhat curhat gini justru kadang aku malu sih malah lebih baik ga usah banyak yang nyari di keyword...cuma pengen nulis biar lega...yang pengen dibaca emang yang modelan kayak masakan...destinasi kuliner, revuew buku dan film

    kalau tema pendidikan biasanya untuk kalangan akademisi ya mas yonal...salut karena bisa ngisi materi yang temanya menurut mbul agak berat...tapi kalau ditulis di blog karena ada contohnya jadi enak buat dibacanya kalau tema pendidikan sih hehe

    BalasHapus
  2. Bloh Mbul sudah keren. Suka bacanya, bahasanya ngalir santai. Apalagi kalau bahas kuliner, suka bikin auto lapar. Keren

    Tema pendidikan ga harus akademisi dengan menggunakan bahasa formal juga sih. Saya cuma menulis tentang pendidikan karena berhubungan dengan sehari-hari sebagai pengajar aja

    BalasHapus
  3. saya memang ada mengguna GSC apabila menulis untuk kegunaan SEO.

    jika penulisan santai...

    saya memang tak pakai pun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Bang Hanafi. Saya pun demikian
      Kadang menulis menggunakan GSC, kadang tak juga. Tergantung mood hati

      Hapus
  4. Aku termasuk yg ga pake sih mas 😅. Dan jujur ga pernah cek juga 😂. Pernah buka sih, ada yg bilang kan katanya supaya tulisan kita cepet keindeks. Tapi pernah baca tulisan mas Anton, sbnrnya tanpa pake GSC pun bakal keindeks . Makanya sejak itu, aku ga pernah buka lagi .

    Tapi kalo tujuannya utk cari keyword, beda cerita sih yaaa. Mungkin ntr aku bakal pelajari lagi ttg gsc ini 😊

    BalasHapus
  5. Iya juga. Saya pernah baca tulisan Bunda Nur di celotehnur54.com yang ia tidak pakai GSC, tapi tulisannya ada di halaman pertama google. So it could be about our choice

    BalasHapus

Posting Komentar