a journey

Bakti Karang Taruna Dengan Berbagi Pada Sesama

12 komentar
pemuda desa citamiang

Bulan Oktober sering juga disebut bulan pemuda, karena ada satu tanggal bersejarah di dalamnya, yaitu Hari Sumpah Pemuda yang biasa diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Hari Sumpah Pemuda adalah momen bersatunya para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia yang kemudian bersatu dalam sebuah ikatan yang kita kenal dengan Sumpah Pemuda dengan berjanji untuk bertumpah darah satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, Indonesia.

Kini setelah sekian lama Indonesia merdeka, para pemuda tetap bersatu di bawah naungan merah putih. Para pemuda berbendera sama walau banyak bergerak di organisasi yang berbeda-beda untuk Indonesia, dan salah satu organisasi yang mengikatkan para pemuda untuk bersatu adalah karang taruna.

Karang Taruna memang dibentuk oleh pemerintah dan komponen masyarakat untuk dapat bekerja sama dalam menanggulangi masalah kesejahteraan sosial di masyarakat, terutama yang dihadapi oleh kaum produktifnya, para pemuda. Dalam perannya sebagai penanggulangan masalah kesejahteraan sosial, karang taruna sejatinya berperan aktif dalam mengembangkan potensi para pemuda, baik secara preventif maupun rehabilitatif.

Karang Taruna Desa Citamiang 

Desa Citamiang merupakan Desa yang berada di ujung selatan Kecamatan kadudampit. Karena posisinya tersebut, desa ini berbatasan dengan Kecamatan Cisaat. Desa Citamiang menyimpan potensi sumber daya manusia yang luar biasa, karena jumlah usia produktifnya yang sangat banyak.

Dengan potensi para pemuda Desa Citamiang ini, Karang Taruna adalah salah satu organisasi yang cocok untuk dapat mewadahi setiap kreativitasnya. Karena Karang Taruna sendiri berfungsi salah satunya untuk pemberdayaan para pemuda. Pemberdayaan yang bisa didapatkan oleh para pemuda dari Karang Taruna mencakup beberapa bidang, diantaranya bidang:

  • Organisasi
  • Ekonomi
  • Olah raga 
  • Keterampilan 
  • Advokasi
  • Keagamaan; dan juga 
  • Kesenian.

Saking berharganya potensi para pemuda, oleh agama, para pemuda diberi amanah untuk menggunakan waktunya secara maksimal sebelum datang masa tuanya. Hal tersebut pernah disebutkan dalam Hadis Nabi:

Dari Ibn Abbās ra, bahwa Nabi saw. pernah memberi nasehat kepada seseorang untuk menggunakan secara maksimal lima hal sebelum datang yang lima pula; masa mudamu sebelum datang masa tua, masa sehatmu sebelum masa sakit, masa kayamu (ketika berkecukupan) sebelum masa fakir (membutuhkan, tidak punya apa-apa), waktu luang, kesempatanmu sebelum masa sibuk, dan masa hidupmu sebelum datang kematian

Milad dan Tasyakuran Karang Taruna Desa Citamiang

Desa Citamiang

Ahad, 24 Oktober 2021, bertempat di Aula Desa Citamiang, para pemuda desa ini mengadakan acara perayaan dan atau syukuran atas berjalannya keorganisasian Karang Taruna Desa Citamiang. Acara yang diisi dengan penyerahan santunan bagi anak-anak yatim dan tidak mampu ini berlangsung dengan khidmat.

Beberapa undangan yang hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Desa Citamiang, Kepala Karang Taruna Kecamatan Kadudampit, perwakilan kecamatan, juga rekan-rekan karang taruna dari desa tetangga, seperti Karang Taruna Melati Muda, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit.

Dalam Sambutannya, Kepala Karang Taruna Kecamatan Kadudampit, Alex Sandar menyampaikan bahwa kegiatan positif Karang Taruna seperti ini harus dipertahankan untuk memupuk jiwa kebersamaan antar pemuda dengan berbagi pada sesama.

Sebelum acara puncaknya, kegiatan Karang Taruna yang mengambil tema hidup indah dengan urunan untuk berbagi ini juga sudah dimulai beberapa hari sebelumnya dengan bakti sosial menjaga kebersihan dan juga bakti sosial yang berhubungan dengan protokoler kesehatan di lingkungan Desa Citamiang.

bakti sosial

Gerak Para Pemuda Untuk Kemajuan Bangsa

Presiden pertama Indonesia, Ir.Soekarno pernah berkata:

Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia

Dari kata-kata motivasi Bung Karno, para pemuda sejatinya dapat tergugah untuk dapat memberikan kontribusi positif sebesar apa pun untuk negara ini sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing, dan sekali lagi, Karang Taruna adalah salah satu organisasi yang dapat dijadikan media berekspresi oleh para pemuda dalam mengaspirasikan setiap kreativitasnya.

Maju Terus Pemuda Citamiang!

Salam



Related Posts

12 komentar

  1. Maju terus para pemuda Desa Citamiang

    BalasHapus
  2. masyaAllah.. luar biasa pemuda karang taruna desa Citamiang.. sukses terus

    BalasHapus
  3. Wah keren nih bisa solid, di kota ku karang taruna sering dijadikan masa untuk proyek pemerintah base on project. Jadi kegiatan dan gerakannya kurang berkelanjutan. Kadang pengen sih berkecimpung tapi gimana ya, kalau sudah urusan sama birokrasi kok rasanya memeng hehe.

    BalasHapus
  4. Wah.. Udah lama ga denger atau liat aktivitas pemuda Karang taruna. Masih ada yang eksis ternyata ya, keren kang

    BalasHapus
  5. Kereen niih...anak mudanya bergerak bersama. Bagian dari penyaluran energi positif anak muda dengan kegiatan yang kreatif kayak gini.

    sukses terus yaaa

    BalasHapus
  6. Wah keren sekali generasi mudanya bisa guyub rukun. Jarang-jarang pemuda sekarang yang sadar dan punya semangat keorganisasian begini. Tetap zemangat dan Semoga bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat ya!

    BalasHapus
  7. memang harus kompak para pemuda ini, karena pemuda adalah bangunan yang harus dibentuk untuk suatu desa

    BalasHapus
  8. MasyaAllah andai semua desa berdaya pemudanya dan bersatu dalam kegiatan kartar. Pas muda ga pernah aktif di kegiatan ini, karena ga aktif juga kartar nya. Sekarang uda jadi emak-emak baru pengen muda lagi dan ikutan kegiatan begini

    BalasHapus
  9. Di daerah saya karang tarunanya jarang keliatan euy. Padahal seru juga ya kalo karang taruna aktif begini. Suasana jadi lebih hidup

    BalasHapus
  10. Bagus banget ini karang tarunanya aktif, bisa jadi wadah kaum muda setempat berekspresi dan berkreasi.

    BalasHapus
  11. keren ni kalau aktivitas karang tarunanya jalan
    engga hanya pas 17an
    jadi tiap ada PHBN selalu aktif dan berbuat baik bagi sekitar

    BalasHapus

Posting Komentar