Libur Akhir Tahun Pelajaran Ke Curug Sawer di Kadudampit Sukabumi, Seru!

1 komentar
Liburan Ke Curug Sawer

Setelah selesai melaksanakan proses pendidikan untuk tahun ajaran 2023/2024 dan diakhiri dengan seremonial kenaikan kelas, perpisahan, dan wisuda tahfidz Qur'an anak-anak santri meminta izin untuk mengisi libur akhir tahun ini dengan tadabur alam.

Tadabur alam sendiri adalah jalan-jalan ke destinasi wisata yang berkonsep alam. Untuk tadabur alam ini di Sukabumi tidak sulit untuk mencari tempatnya karena memang sangat banyak tempat wisata dengan konsep tersebut.

Setelah bermusyawarah dengan pengurus pesantren akhirnya diputuskan untuk liburan akhir tahun pelajaran ini ke Curug Sawer yang terletak di bawah kaki Gunung Gede, Kadudampit Sukabumi. Kenapa memilih Curug Sawer? Karena letaknya memang tidak jauh dari pesantren, masih sama-sama satu kecamatan dan juga harga tiket masuknya yang terjangkau untuk kita sebagai warga lokal. 

Manfaat Liburan Ke Tempat Wisata Alam untuk Para Pelajar

Manfaat Liburan Ke Tempat Wisata Alam

Memilih tempat wisata alam Curug Sawer di Kadudampit Sukabumi bukan tanpa alasan. Banyak pertimbangan lain selain lokasi dan biaya yang terjangkau tetapi juga kemanfaatan dari perjalanan liburan itu sendiri untuk anak-anak didik.

Beberapa manfaat liburan ke tempat wisata berkonsep alam untuk para pelajar antara lain:

  • rileksasi setelah berkutat dengan pelajaran di kelas
  • meningkatkan kesehatan tubuh
  • memperkuat ikatan sesama siswa dan juga dengan guru
  • menumbuhkan rasa kepedulian terhadap alam
  • refresh kreativitas dan pikiran
  • merenungi, mengagumi dan mensyukuri alam ciptaan Tuhan

Perjalanan, Harga Tiket, Fasilitas, dan Kesan Perjalanan ke Curug Sawer

Jalan-jalan untuk ide liburan di akhir tahun pelajaran tidak harus ke tempat-tempat yang jauh. Yang terpenting adalah kebersamaan kita bersama para anak didik sehingga semakin menguatkan ikatan kita sebagai guru dan murid.

Curug Sawer merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Curug atau air terjun ini merupakan satu kesatuan dengan tempat wisata Situ Gunung. Cukup lama juga tidak berkunjung ke situ gunung ini, terakhir ke sini itu saat mengadakan tahfidz camp bersama para pelajar tahfidz Qur'an. Tapi kita bisa datang ke sini mengambil paket lengkap semua destinasi wisata Situ Gunung atau salah satunya saja seperti yang kami lakukan.

Perjalanan Menuju Curug Sawer

Karena kita masih di kecamatan yang sama, perjalanan menuju ke Curug Sawer tidak membutuhkan waktu lama. Dari pesantren Daarul Ihsan kira-kira kita membutuhkan waktu 30 menit menuju Desa Sukamaju dengan menggunakan mobil, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi wisata.

Akses Menuju Curug Sawer

O iya, akses menuju Curug Sawer ini lumayan banyak. Jadi kita bisa memilih sesuai kemauan kita. Ada yang menggunakan jalan Siti Gunung, jalan Cinumpang, dan jalan Desa Sukamaju. Kita memilih akses Desa Sukamaju karena ini termasuk akses baru dan jelas kita penasaran ingin mencobanya.

jalan menuju curug sawer

Bagaimana dengan perjalanannya? pokoknya fisik harus kuat sih, karena naik turun yang cukup landai lumayan menguras tenaga. Tapi tenang saja, perjalanan melalui akses Desa Sukamaju ini tidak terlalu memakan waktu yang lama, hanya lebih kurang 30 menit saja kita sudah sampai di tempat tujuan. Jadinya segala kecapaian perjalanan naik turunnya terbayarkan segera ketika datang disambut gemuruh air terjun yang sangat menyegarkan.

Harga Tiket Masuk Curug Sawer

Harga Tiket Masuk Curug Sawer

Harga tiket masuk ke curug sawer berbeda-beda tergantung paket yang kita ambil. Untuk paket lengkap wisata Situ Gunung termasuk danau, suspension bridge, dan air terjun jelas harganya lebih mahal. Tapi kalau kita mengambil paket air terjun saja harganya lebih yaitu Rp18.000 saja. Cukup terjangkau, ya.

Fasilitas di Area Curug Sawer

Walaupun berada di hutan, fasilitas di area curug sawer ini lumayan lengkap. Beberapa fasilitasnya antara lain:

  • Mushola
  • Toilet
  • Food Court
  • Gazebo

Kesan Jalan-jalan ke Curug Sawer

Keluarga dan para pelajar santri ketika ditanya bagaimana kesan mereka jalan-jalan ke Curug Sawer merasa puas menghabiskan waktu seharian dalam perjalanan ini. Walaupun cape perjalanan kaki naik turun untuk menuju lokasi tak menyurutkan semangat dan kebahagiaan dalam momen-momen kebersamaan liburan ini.

Secara pribadi pun memang sepakat dengan mereka. Jalan kaki dengan pemandangan alam yang sangat indah, menghirup udara segar, dan merasakan sensasi gemuruh air terjun adalah pengalaman yang luar biasa yang tak bisa kita dapatkan sehari-hari. Kalau ditanya mau lagikah liburan ke Curug Sawer, tentu saja mau walaupun pulangnya kaki harus dipijit dan atau diurut dulu.. :).

Yuk Ajak Anak-anak Menikmati Libur Akhir Tahun Pelajaran

Libur Akhir Tahun Pelajaran

Anak-anak butuh refreshing setelah sepanjang tahun berkutat dengan pelajaran di lembaga pendidikan. Untuk menyambut tahun ajaran baru maka ide mengajak mereka berlibur adalah salah satu jalan ninja yang bisa kita lakukan.

Libur akhir tahun pelajaran tak harus ke tempat wisata yang jauh atau mahal. Yang terpenting adalah momen-momen kebersamaan yang bisa kita ciptakan selama liburan ini.

Curug Sawer yang berlokasi di bawah kaki Gunung Gede adalah salah satu referensi yang bisa kita jadikan destinasi wisata yang cocok untuk keluarga maupun para siswa di sekolah. Selain menikmati keindahan alamnya banyak juga hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil seperti mengenal jenis-jenis flora atau keanekaragaman hayati yang ada di Curug Sawer ini.

Yuk ajak-ajak anak-anak atau para murid untuk belajar, berpetualang dan liburan di akhir tahun pelajaran ini. Semoga di Juli nanti mereka sudah siap dan semangat untuk kembali belajar di tahun ajaran baru. 

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar