Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah

Posting Komentar
Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah

Bulan Mei dan Juni identik dengan acara perpisahan sekolah untuk melepas kelas akhir di setiap jenjangnya. Sebagai pengajar, ada rasa bahagia dan juga seduh di momen hari perpisahan ini. Sedih karena harus melepas anak-anak didik yang selama ini kita didik di sekolah, tapi juga bahagia karena mereka telah lulus dalam satu tahapan kehidupannya dan bersiap untuk menapaki proses selanjutnya.

Jika kemarin di pesantren tempat mengajar acara akhir tahun pelajaran ditutup dengan wisuda tahfidz Qur'an, maka di sekolah tempat mengabdi menjadi guru acara akhir tahun pelajaran ditutup dengan acara perpisahan sekolah untuk anak-anak didik kelas 12.

Suksesnya acara perpisahan tak terlepas dari kerja tim panitia yang menyusun susunan acara perpisahan sekolah sedemikian rupa sehingga meninggalkan kesan kepada seluruh tamu undangan. Seperti apa contoh susunan acara perpisahan sekolah? Kali ini kita akan membahas tema ini berdasarkan pengalaman acara perpisahan yang diselenggarakan di sekolah tempat mengajar.

Susunan Acara Perpisahan Sekolah

Setelah lebih kurang 3 tahun duduk di bangku kelas untuk mengikuti seluruh proses pembelajaran dan ditutup dengan asesmen akhir madrasah, anak-anak kelas 12 akhirnya dinyatakan lulus dari sekolah. Sebagai tanda pengukuhan kelulusan mereka, sekolah menunjuk panitia dari guru-guru untuk menyusun acara perpisahan sekolah.

Panitia acara perpisahan sekolah menyiapkan acara graduasi jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan. Langkah ini diambil agar persiapan acara benar-benar matang dan dapat dieksekusi dengan baik di hari pelaksanaan.

Salah satu yang dipertimbangkan dalam acara perpisahan adalah susunan acara perpisahan sekolah. Perihal ini sangat vital dalam acara graduasi karena berhubungan dengan menarik atau tidaknya keseluruhan acara. Berikut contoh susunan acara perpisahan sekolah yang bisa diadaptasi dan dimodifikasi

1. Pembukaan

Acara dibuka oleh Pembawa Acara atau MC dengan pembacaan surat Al-Fatihah seraya berdoa kepada Allah agar acara perpisahan anak-anak kelas 12 di Madrasah Aliyah ini berjalan dengan lancar. Teman-teman bisa memodifikasi pembukaan acara dengan membaca basmallah misalnya untuk efisiensi waktu.

Untuk jumlah pembawa acara di acara perpisahan sekolah ini kami menggunakan 2 orang, tapi sebenarnya ini dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kesiapan panitia masing-masing. Jadi kalau teman-teman mau menggunakan 1 orang pun tak masalah sama sekali, ya.

2. Prosesi Penyambutan Wisudawan

Perpisahan Sekolah

Untuk menyambut para wisudawan masuk ke ruang acara ada berbagai prosesi yang bisa dilakukan. Untuk acara perpisahan kemarin kita menggunakan prosesi adat Sunda Ki Lengser. 

Untuk penampil dari prosesi penyambutan Ki Lengser ini adalah dari siswa kelas 10 dan 11 dan sudah dilatih dan disiapkan oleh guru-guru yang menjadi panitia perpisahan.

3. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an

Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dibawakan dengan lagam Qoriat dan dibawakan oleh salah satu siswa yang mempunyai talenta di bidang Qori Al-Qur'an.

4. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

acara perpisahan sekolah

Karena ini acara formal, jangan lupa untuk memasukkan bagian menyanyikan lagu Indonesia Raya. Untuk persiapan bagian susunan acara perpisahan sekolah bagian ini panitia menyiapkan paduan suara sekolah yang terdiri dari kelas 10 dan 11.

Selain paduan suara, seluruh peserta acara perpisahan sekolah disilakan berdiri ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya ini.

5. Sambutan-sambutan

Untuk orang-orang yang akan diberikan waktu untuk memberikan sambutan, jangan lupa untuk dibuatkan daftarnya terlebih dahulu dan konfirmasi minta kesanggupan kepada yang bersangkutan untuk memberikan sambutan pada waktunya.

Pada acara perpisahan sekolah, beberapa orang yang memberikan sambutan contohnya:

  • Kepala Sekolah
  • Ketua Yayasan
  • Pejabat dari Kementerian Agama atau Kemendikbud
  • Komite sekolah
  • Perwakilan Orang Tua
  • Perwakilan Siswa
Jumlah orang yang yang akan memberikan sambutan bisa menyesuaikan dengan kesepakatan panitia dan juga ketersedian alokasi waktu, jadi tak semuanya harus diberikan porsi untuk sambutan ini jika tak memungkinkan, pilih saja berdasarkan prioritas. 

6. Prosesi Wisuda

Bagian utama dari susunan acara perpisahan sekolah ini adalah prosesi wisuda, di mana anak-anak kelas 12 akan maju dan naik ke atas panggung untuk dikukuhkan kelulusannya dengan beberapa alternatif cara seperti diberikan kalung medali, penyerahan ijazah, atau prosesi lainnya yang disepakati panitia sekolah.

Sebelum prosesi wisuda, dibacakan terlebih dahulu Surat Keterangan atau SK Kepala Sekolah yang menyatakan kelulusan siswa dan siswi kelas 12. Saat dibacakan lampiran nama-nama siswa yang lulus, maka satu per satu dari mereka naik ke atas panggung untuk dikukuhkan oleh pengurus lembaga pendidikan.

7. Doa Penutup

Dibuka dengan doa, penutup acara pun jangan lupa berdoa dan memunajatkan syukur pada Allah atas kelancaran acara dari awal sampai akhir selama acara perpisahan sekolah ini.

Doa penutup acara bisa langsung dipimpin oleh pembawa acara atau mengundang khusus orang yang yang ditunjuk panitia untuk naik ke atas panggung dan memimpin pembacaan doa.

Alternatif Tambahan pada Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah

Tujuh item pada contoh susunan acara perpisahan sekolah yang sudah kita bahas di atas adalah contoh dari acara dengan gaya formal. Kita bisa mengadaptasi dan memodifikasi acara perpisahan sekolah dengan penambahan atau pengurangan acara versi panitia kita sendiri.

Contoh alternatif tambahan acara pada perpisahan sekolah misalnya:

  • pemberian kenang-kenangan dari siswa kelas 12 kepada guru atau sekolah 
  • persembahan atau penampilan seni dari siswa kelas 12 seperti menyanyi atau puisi
  • pemberian penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi
  • sesi foto bersama para wisudawan dan para guru
Demikian contoh susunan acara perpisahan sekolah berdasarkan pengalaman di sekolah tempat mengajar, di MA Raudlotul Ulum Kabupaten Sukabumi. Teman-teman yang ditunjuk untuk menjadi panitia sekolah untuk acara perpisahan ini bisa berkreasi dalam menyusun acara perpisahan ini semenarik mungkin tapi tetap khidmat agar memberikan kesan terbaik untuk para tamu undangan khususnya para wisudawan yang akan menjadi alumni sekolah.

Related Posts

Posting Komentar