Contoh Susunan Acara Wisuda Tahfidz Qur'an

Posting Komentar
Susunan Acara Wisuda Tahfidz

Perdana menjadi panitia acara wisuda tahfidz Qur'an di pondok pesantren tahfidz di Sukabumi itu rasanya luar biasa. Membuat susunan acara wisuda tahfidz dan rangkaian lainnya sampai terlaksana di hari H menjadi sesuatu yang patut disyukuri karena dapat berjalan dengan lancar.

Seperti apa contoh susunan acara wisuda tahfidz? Untuk teman-teman yang akan mengadakan acara serupa mudah-mudahan tulisan kali ini bisa menjadi referensi karena kita akan membahasnya berdasarkan pengalaman acara wisuda tahfidz Qur'an di pondok pesantren Daarul Ihsan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Apa itu Wisuda Tahfidz Qur'an?

Kota Santri yang menjadi salah satu julukan kota Sukabumi rasanya memang tak berlebihan dengan fakta banyaknya pondok pesantren sampai ke pelosok-pelosok desanya. Ragam pesantren pun dalam perkembangannya semakin variatif seperti lahirnya pesantren-pesantren yang memfokuskan dalam tahfidz Qur'an.

Pesantren tahfidz Qur'an adalah pesantren yang mengkhususkan dalam mencetak santrinya menjadi para penghafal atau tahfidz Qur'an. Sebagai tanda jika santri telah menyelesaikan program tahfidz ini maka diadakanlah prosesi wisuda tahfidz Qur'an.

Wisuda Tahfidz Qur'an adalah acara syukuran yang diadakan atas selesainya program hafalan para siswa atau santri di suatu lembaga pendidikan Qur'an seperti pesantren dan atau lainnya. Biasanya setiap lembaga pendidikan memberikan target tertentu seperti juz 30 untuk hafalan pemula dan terus meningkat setiap periodenya sampai hafal 30 juz lengkap.

Contoh wisuda tahfidz Qur'an yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Daarul Ihsan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi pada Ahad, 26 Mei 2024 adalah wisuda tahfidz untuk para penghafal pemula yang telah selesai menghafal juz 30 dalam Al-Qur'an.

Susunan Acara Wisuda Tahfidz Qur'an

Acara Wisuda Tahfidz Qur'an

Untuk melaksanakan acara wisuda tahfidz ini dibentuklah panitia yang ditugaskan oleh pengurus pesantren untuk merancang sedemikian rupa agar acara dapat berjalan dengan lancar. Setelah melalui beberapa tahap diskusi dan musyawarah akhirnya disepakati rangkaian atau susunan acara wisuda tahfidz untuk dilaksanakan pada hari H.

Berikut contoh susunan acara wisuda tahfidz yang bisa dicontoh atau diadaptasi

1. Pembukaan

Acara dipimpin oleh pembawa acara. Jumlah pembawa acara bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kesiapan dari panitia.

Contoh acara wisuda tahfidz Qur'an di pesantren Daarul Ihsan menggunakan 2 orang MC atau master ceremony. Kedua MC ini bertugas memimpin keseluruhan acara termasuk membuka acara tersebut. 

Pembukaan acara oleh MC bisa dengan singkat membaca basmallah atau juga bisa membacakan surat Al-Fatihah. Intinya dalam pembukaan ini adalah doa memohon kepada Allah agar acara wisuda tahfidz diberikan kelancaran dari awal sampai akhir. 

2. Penyambutan Para Wisudawan

Acara selanjutnya adalah prosesi penyambutan para wisudawan. Prosesi ini biasanya menggunakan salawat yang diiringi dengan rebana atau hadroh.

Para wisudawan yang dijemput didampingi oleh para orang tuanya kemudian memasuki ruangan atau tempat acara dan kemudian duduk di kursi yang telah disiapkan oleh panitia. 

3. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an

Setelah program wisuda tahfidz ini dibuka dan para wisudawan dijemput untuk memasuki tempat acara, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Pembacaan ayat suci Al-Qur'an ini dimaksudkan untuk menambah keberkahan acara yang berlangsung.

Pembacaan ayat suci Al-Qur'an bisa menggunakan versi murottal atau qiro'at. Ini bsa menyesuaikan dengan pembiasaan atau ciri khas lembaga masing-masing.

4. Sambutan

Sambutan dalam susunan acara wisuda tahfidz bisa dari ketua lembaga pendidikan Qur'an atau yang mewakilinya. Pada sambutan ini bisa disampaikan maksud dan tujuan diadakan acara wisuda tahfidz kepada seluruh tamu undangan yang hadir juga ucapan terima kasih karena telah hadir dalam acara tersebut. 

Sambutan bisa tambah seperti dari perwakilan orang tua santri atau juga perwakilan dari santri yang melaksanakan prosesi wisuda itu sendiri. Inti dari sambutannya bisa ucapan terima kasih kepada para guru yang telah membimbing sampai mereka bisa lulus dalam program tahfidz Qur'an ini.

5. Khatam Qur'an

Khatam Qur'an

Setelah sambutan, barulah masuk ke dalam acara inti wisuda. Acara inti pertama adalah seremonial khatam Qur'an.

Para santri atau siswa yang telah hafal Qur'an akan dipanggil ke atas panggung dan melaksanakan seremonial khatam Qur'an. Khatam Qur'an sendiri adalah pembacaan Qur'an juz 30, mulai dari surat An-Naba' sampai surat Annas.

6. Pengalungan Medali, Selempang dan atau Pemberian Sertifikat

tahfidz quran

Sebagai tanda pentahsihan telah lulus dalam program hafalan Qur'an ini atas nama lembaga bisa memberi tanda dengan cara pengalungan medali, selempang wisuda tahfidz, atau pemberian sertifikat hafidz Qur'an. Ini pun bisa menyesuaikan dengan kebiasaan di lembaga masing-masing.

7. Tutup/Doa

Diawali dengan doa, maka akhir atau penutup acara pun dengan doa. Penutup doa sendiri bisa langsung dipimpin oleh pembawa acara atau mempersilakan orang yang diberi tugas sebelumnya oleh panitia untuk memimpin doa.

Doa penutup bisa dalam versi panjang atau versi singkat. Biasanya jika menunjuk orang yang telah ditugaskan sebelumnya, doa yang dimunajatkan adalah doa versi panjang. Tetapi jika doa akan diimpin langsung oleh pembawa acara biasanya doanya versi pendek.

Salah satu doa yang biasa digunakan untuk menutup acara adalah doa kafaratul majlis. Doa kafaratul majlis ini adalah ucapan syukur kepada Allah karena acara telah berlangsung dengan baik

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertobat kepada-Mu

Tujuan Wisuda Tahfidz Qur'an

Diadakannya acara wisuda tahfidz Qur'an ini adalah sebagai bentuk apresiasi kepada para siswa atau santri yang telah menyelesaikan program hafalan Qur'an. Selain itu acara wisuda tahfidz Qur'an juga bertujuan agar para siswa arau santri semakin termotivasi untuk terus menghafal Qur'an juz demi juz nya.

Semoga setiap apa yang menjadi tujuan ini dapat terealisasi di mana para siswa atau santri terus semangat dalam belajar Al-Qur'an termasuk dalam menghafalnya dan semoga para siswa dan juga para pengajar Qur'an dapat menjadi sosok-sosok terbaik seperti yang telah dijanjikan Allah Swt dalam hadist Nabi.

Sebaik-baik kalian ialah yg mencari (mempelajari) ilmu Alquran & mengajarkannya
(HR At-Tirmidzi)

Demikian informasi tentang definisi, tujuan, dan juga susunan acara wisuda tahfidz Qur'an. Semoga dapat bermanfaat dan semoga semakin banyak generasi muda yang mencintai Qur'an dengan mempelajari dan juga menghafalkannya. Aamiin ya robbal aalamiin

Related Posts

Posting Komentar