Tempat Belajar Mengaji untuk Orang Dewasa

Posting Komentar
Tempat Belajar Mengaji untuk Orang Dewasa

Teman-teman yang mempunyai niat untuk belajar mengaji dan sedang mencari tempat belajar mengaji untuk orang dewasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan bahan pertimbangan juga sebelum memutuskan untuk belajar mengaji Qur'an. Di tulisan kali ini kita akan membahas rekomendasi beberapa tempat untuk belajar Qur'an yang menyediakan program belajar mengaji untuk orang dewasa dan juga hal-hal yang berkaitan dengan teknis pengajarannya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Tempat Belajar Mengaji untuk Orang Dewasa

Kesadaran untuk belajar Al-Qur'an pada diri kita patut disyukuri. Mudah-mudahan ini adalah salah satu jalan hidayah dari Allah. Walaupun datangnya keinginan belajar Qur'an itu baru hadir ketika kita sudah menginjak dewasa, ini tidak masalah sama sekali.

Tak ada kata terlambat untuk belajar Qur'an. Bahkan walaupun dikatakan terlambat, ini lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Allah sendiri memberi keistimewaan bagi siapa pun yang berinteraksi dengan Quran, mereka yang belajar dan mengajarkan Al-Qur'an. Untuk itu, bagi teman-teman yang akan belajar Qur'an, tetap semangat, ya.

Nah, sebelum memutuskan untuk mencari tempat belajar mengaji untuk orang dewasa, teman-teman bisa memperhatikan beberapa hal berikut sebagai pertimbangan.

Metode Pengajaran Qur'an

Dalam mencari tempat belajar untuk mengaji, coba tanyakan juga metode pengajaran yang digunakan dalam kurikulumnya. Minta juga penjelasan seperti apa gambaran teknis metode yang digunakan tersebut dalam pengajaran Qur'annya.

Dari beberapa tempat yang dihubungi, teman-teman bisa memilah dan memilih, kira-kira metode apa yang baik dan cocok dengan pola belajar kita. Jika belum paham dengan gambaran metode pengajaran Qur'an, teman-teman bisa memilih metode iqro dan atau metode ummi yang biasa digunakan sebagai metode pengajaran Qur'an bagi pemula.

Sistem Belajar

Langkah-langkah cara membaca al-qur'an

Hal yang juga perlu dipertimbangkan adalah tentang sistem belajar yang digunakan dalam belajar Qur'an bagi orang dewasa. Secara umum, sistem belajar ini ada yang offline maupun online. Pertimbangan lainnya adalah dengan adanya kelas reguler dan kelas privat dalam sistem belajar Qur'an saat ini.

Belajar Qur'an Offline VS Online

Teman-teman bisa memilih salah satu di antara dua sistem ini atau memilih keduanya. Jika tempat belajar mengaji untuk orang dewasa ini dekat dengan kediaman kita, saya menyarankan untuk memilih offline atau datang langsung ke tempatnya untuk bertemu langsung dengan pengajarnya. 

Belajar secara langsung ini akan lebih efisien karena kita bisa langsung praktik di depan pengajar dengan suara yang jelas, sehingga dapat dikoreksi mana yang benar atau kurang tepat bacaannya. 

Kalau pun kita nyaman dengan sistem belajar online dan memilihnya untuk program belajar Qur'an, ini tak jadi masalah sama sekali. Asal kita serius dan konsisten dalam belajar Qur'an, insyaAllah pasti bisa juga.

Belajar Qur'an Reguler VS Privat

Sistem belajar yang juga banyak ditawarkan oleh lembaga pengajaran Quran adalah dengan adanya kelas reguler dan kelas privat.

Kalau ingin belajar secara lebih privasi, teman-teman bisa memilih kelas privat. Baik kita datang ke rumah pengajar, atau gurunya datang ke rumah kita, hal ini bisa menyesuaikan dengan kesepakatan.

Jika teman-teman tipe orang yang suka berbaur dengan sesama, maka pilihlah kelas reguler. Kita bisa belajar sembari bersilaturahmi dan juga belajar bersama-sama dalam mendalami Qur'an ini.

Rekomendasi Beberapa Tempat Belajar Mengaji untuk Orang Dewasa

Bersyukur sekali saat ini banyak lahir tempat-tempat untuk belajar mengaji untuk segala usia, baik anak-anak maupun dewasa. Kurikulum pengajaran yang tawarkan dari beberapa tempat mengaji saat ini lumayan beragam, kita bisa memilih yang pas dan cocok dengan cara belajar kita.

Beberapa rekomendasi tempat belajar Qur'an yang menyediakan program belajar untuk dewasa antara lain

2. Daarul Ihsan

Dari Sukabumi, ada pondok pesantren Daarul Ihsan yang juga membuka pendaftaran untuk belajar mengaji baik untuk anak-anak, remaja, maupun dewasa. Pondok pesantren Daarul Ihsan berlokasi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Metode pengajaran di Daarul Ihsan menggunakan sistem bertahap sesuai kemampuan para pendaftar. Untuk siswa yang baru belajar, akan diberi sistem Iqro, yaitu mulai dari mengenal huruf hijaiyyah dan cara pengucapannya yang sesuai dengan makhorijul huruf dan sifat huruf.

Jika sudah tamat dari program Iqro, kelas dilanjutkan dengan metode tahsin, yaitu pengajaran dengan mulai mengenal per ayat dengan memperhatikan kaidah tajwid dalam pembacaannya. Di kelas ini siswa akan juga diajarkan membaca Qur'an dengan metode tartil.

Di kelas lanjutan, setelah lulus dari kelas Iqro dan Tahsin, di Daarul Ihsan ada kelas Qori atau Qiro'at. Kelas ini mengajarkan siswa dengan bacaan-bacaan Qur'an yang indah sesuai dengan kaidah syariat.

pondok pesantren daarul ihsan sukabumi

1. At-Tartil

At-tartil ini berlokasi di Sukabumi, baik di Kota maupun Kabupaten. At-tartil membuka pendaftaran belajar mengaji baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Sistem pembelajaran di At-tartil adalah offline. Kita bisa memilih di beberapa titik di Kota maupun Kabupaten Sukabumi. Salah satu tempat belajarnya adalah di Masjid Raudlotul Irfan yang beralamat di Jalan Jalur Lingkar Selatan, Kabupaten Sukabumi.

Dua contoh tempat belajar mengaji untuk orang dewasa yang kita bahas di atas adalah tempat mengaji yang berlokasi di Sukabumi. Teman-teman yang berada di daerah lain pun pastinya banyak memiliki tempat-tempat belajar mengaji yang bisa kita pilih.

Yang terpenting dalam memilih tempat belajar mengaji adalah dengan memperhatikan beberapa aspek yang sudah kita bahas sebelumnya yang terkait dengan teknis pembelajaran, seperti kurikulum, metode, dan sistem yang digunakan. Pilih yang sesuai sesuai syariat dan juga cocok di hati, yang pas dengan pola belajar kita.

Teman-teman yang akan belajar mengaji Qur'an mudah-mudahan tetap semangat, ya, dan tetap konsisten dalam belajarnya. Semoga juga bisa mendapatkan tempat belajar mengaji untuk orang dewasa yang cocok yang membuat kita betah dan terus termotivasi untuk belajar Qur'an.

Related Posts

Posting Komentar