5 Rekomendasi Pondok Pesantren Putri di Sukabumi

9 komentar

Pondok pesantren putri di Sukabumi kini termasuk lembaga pendidikan Islam yang berkembang jumlahnya dan banyak dipilih oleh banyak orang tua untuk menitipkan putrinya belajar agama. Alasan menitipkan orang tua ke pesantren khusus putri ini lumayan beragam, selain untuk belajar agama, juga agar pergaulan mereka terjaga dengan pengawasan dari para pengajar di sana.

Pada tulisan ini kita akan membahas beberapa rekomendasi pondok pesantren putri di Sukabumi baik di kabupaten atau kotamadya. Mudah-mudahan bisa menjadi informasi bermanfaat untuk para orang tua atau calon santri putri yang sedang mencari informasi tentang ini.

Ini Dia 5 Pilihan Terbaik Pondok Pesantren Putri di Sukabumi 

Ada banyak pilihan pondok pesantren putri di Sukabumi untuk santri belajar agama. Rata-rata pesantren putri ini sudah terkoneksi sistem pendidikannya dengan kurikulum pemerintah dalam bentuk boarding school.

Untuk saat ini kita akan membahas 5 pesantren putri yang ada di Sukabumi. Berikut beberapa informasinya

1. Markaz Al-Zamil

pondok pesantren putri di sukabumisumber: https://almatuq.sch.id/alzamil/

Pondok pesantren putri di Sukabumi pertama yang akan kita bahas adalah Markas Al-Zamil yang berada di bawah naungan pondok pesantren Al-Ma'tuq. Pesantren ini sudah terintegrasi dengan sekolah tingkat MTs dan juga MA yang berada di bawah Kementrian Agama.

Pesantren ini berada di Jalan Kadudampit KM.03, Desa Gunung Jaya, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Letaknya berada di perbatasan antara Kecamatan Cisaat dan Kecamatan Kadudampit.

Biaya awal masuk ke Markaz Al-Zamil berkisar antara 23 sampai 30 juta, tergantung infak pembangunan yang kita pilihh, bisa 12 juta, 16 juta, atau 20 juta. Untuk SPP bulanannya sendiri yaitu Rp1.750.000.,

2. Markaz Al-'Afaf

Ini Dia 5 Pilihan Terbaik Pondok Pesantren Putri di Sukabumisumber: https://psbalafaf.almatuq.sch.id/

Markaz Al-'Afaf sama seperti Markaz Al-Zamil, dua-duanya berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Ma'tuq. Perbedaannya adalah Markas Al-'Afaf ini lebih berkonsentrasi pada program tahfidz Quran.

SPP bulanan di Markaz Al-'Afaf untuk tahun ajaran 2024/2025 bisa memilih di antara tiga yaitu Rp1.750.000, Rp1.850.000, dan ke tiga Rp2.000.000. Untuk daftra ulang tahunannya sebesar Rp3.500.000.

Lokasi Markas Al-'Afaf berada di alamat yang sama dengan pondok pesantren putri Markaz Al-Zamil, yaitu di jalan Kadudampit KM.03.

3. Raudlotul Ulum

sumber: https://maraudlotululum.sch.id/foto

Pondok pesantren putri Raudlotul Ulum adalah pesantren yang berada di bawah naungan Yayasan Raudlotul Ulum. Lokasinya berada di Desa Citamiang, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Pesantren ini dipimpin oleh Ustadz Dikdik Dzulkarnaen dan Ustadzah Apong Zakiyah. Keduanya beserta keluarga besar pesantren Raudlotul Ulum membimbing puluhan santri putri yang bermukim di sana.

Pesantren putri ini juga terintegrasi dengan sekolah yang ada di Yayasan Rauldotul Ulum, yaitu tingkat Madrasah Tsanawiyah dan juga Madrasah Aliyah. Jadi, selain mendapatkan ilmu agama, para santri juga mendapatkan pembelajaran formal di madrasah, baik level MTs maupun MA.

Pembiayaan di pondok pesantren Raudlotul Ulum lebih terjangkau. Biaya pendaftaran awalnya saja tidak sampai satu juta rupiah.

4. Al-Bayan Putri

sumber: https://www.instagram.com/albayan.putri/

Al-Bayan putri memiliki dua komplek di Sukabumi. Al-Bayan Putri pertama beralamat di Jalan Salabintana KM.06, Desa Karawang, Kabupaten Sukabumi, sedangkan yang kedua berada di Goal Para, tepatnya di Sukamekar, Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Al-Bayan putri terintegrasi dengan Sekolah tingkat SMA. Sama seperti Al-Bayan Putra, Al-Bayan Putri pun sangat terkenal memiliki banyak prestasi baik tingkat daerah maupun nasional.

Untuk biaya awal masuk tahun ajaran 2024/2025 di Al-Bayan Putri Salabintana sebesar Rp35.500.000, sedangkan Al-Bayan Putri Goalpara sebesar Rp35.500.000. Untuk biaya pendaftarannya ada dua pilihan, yaitu Rp800.000 dan Rp1.100.000.

5. Assalam Putri

sumber: https://assalamsukabumi.or.id/psb/

Pondok Modern Assalam memiliki asrama pesantren baik untuk putra maupun putri. Untuk asrama putra berlokasi di Jalan Parungkuda, Bojonggenteng, Kabuaten Sukabumi, sedangkan asrama putri beralamat di Jalan Pelabuhanratu KM.29, Warungkiara, Kabupaten Sukabumi.

Pondok Modern Assalam mempunyai visi untuk menjadi lembaga pendidikan yang Islami dan modern. Tagline pesantren ini adalah berdiri di atas dan untuk semua golongan.

Untuk biaya awal tahun pelajaran 2024/2025, pondok pesantren Assalam putri mematok biaya 14 sampai 15 juta. tergantung dari paket yang diambil, reguler atau intensif.

Tipe Pesantren Putri

Dari 5 pesantren yang sudah dipaparkan, secara garis besar pondok pesantren putri di Sukabumi terbagi 2 tipe, yaitu pesantren modern dan pesantren tradisional. Pondok Pesantren Raudlotul Ulum adalah satu-satunya pesantren yang masih termasuk tradisional , sedangkan 4 lainnya adalah pesantren tipe modern.

Perbedaan antara pesantren modern dan tradisional terletak pada beberapa hal. Yang pertama adalah masalah pembiayaan. Biasanya pesantren tradisional mempunyai administrasi pembiayaan yang sangat terjangkau dibandingkan dengan pesantren modern sehingga rata-rata kalau dilihat dari segi ekonomi, santri pesantren tradisional adalah dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah. Sebaliknya, pesantren modern biaya rata-rata di atas 1 juta untuk bulanan, dan awal tahun biasanya belasan bahkan puluhan juta.

Perbedaan lainnya terletak dari sistem pembelajaran. Pondok pesantren tradisional sangat kentara dengan pembahasan kitab kuning untuk referensi pembelajarannya, sedangkan pesantren modern lebih terbuka dengan bisa mengakses ragam ilmu pengetahuan lainnya.

Baik pesantren tradisional maupun modern keduanya sama baiknya, tinggal masalah selera dan kecocokan saja. Jangan lupa juga sesuaikan dengan anggaran yang tersedia untuk dapat memenuhi administrasi pembayaran pesantren.

Pondok pesantren putri di Sukabumi adalah sebagian alternatif tempat untuk belajar. Sebenarnya, di mana pun tempatnya, yang penting setiap anak mendapatkan haknya untuk menuntut ilmu plus bisa bersosialisasi dengan rekan-rekan seusianya. 

Selamat mencari referensi tempat terbaik untuk belajar

Related Posts

9 komentar

  1. Raudlotul Ulum kayaknya bagus ya Mas Yonal...baik materi kurikulum maupun operasionalnya. Dan lokasinya pun kelihatannya adem daerah kadudampit. Mbul belum pernah ke sana sih. Tapi sepertinya daerah Sukabumi banyak juga pondok pesantren yang bagus bagus ya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mbak Nit, Raudlotul Ulum memang adem banget, secara lokasi pesantren putri ini adanya di pedesaan di bawah kaki gunung gede. Pesantrennya juga terintegrasi dengan madrasah tingkat MTs dan MA, jadi ilmu pengetahuan umumnya tidak tertinggal juga

      Hapus
  2. Penting sekali untuk memberikan pendidikan terbaik bagi putri-putri kita ya, Pak. Mereka kelak yang bakal mendidik calon-calon pemimpin umat sejak dalam kandungan. Jangan sampai kita asal-asalan dalam pilih sekolah. Hanya pilih yang terbaik.

    BalasHapus
  3. MasyaAllah pesantren2 yang berkontribusi dalam mendidik para calon ibu. Aku salfok sama biayanya yang terjangkau. Padahal kelihatan bangunannya cakep2 itu ponpes. Semoga bali juga bisa terjangkau untuk biaya pendidikan islam

    BalasHapus
  4. Bangunannya mayoritas baru, ya, Pak. Tampak bagus dan modern. Sepakat, perkara tradisional dan modern itu adalah perihal selera. Di Garut ada beberapa pesantren modern, tetapi harganya tidak sefantastis di sana. Tentunya beda kota beda tarif, ya. Banyak hal yang menjadi alasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Teh. rata-rata pesantren yang di bahas di atas terbilang pesantren baru sehingga tampak bangunannya masih kokoh dan bagus.
      Whah salah satu referensi pesantren untuk anak saya itu di Garut. Di sana banyak yang bagus-bagus, ya

      Hapus
  5. Di Sukabumi banyak banget pondok pesantren ya pak. Enak bgt kalau mau menimba ilmu di kota yang sejuk. Saudaraku banyak yang mondok di Sukabumi, namun nggak ada pilihannya di sini. Tapi ini penting bgt nih aku save buat pengetahuan sekolah anakku kelak, Insya Allah.

    BalasHapus
  6. Lengkap ya di Sukabumi, sudah tersedia pondok pesantren baik dengan tipe modern atau tradisional dan dengan fasilitas yang ok.. teman-teman saya ada beberapa yg mondok kan anaknya di Sukabumi.

    BalasHapus
  7. Wah kebetulan sedang nyari rekomendasi pesentren utk anak nanti.. dari kelima itu yg paling recomended yg mana pak?

    BalasHapus

Posting Komentar