Rekomendasi Pondok Pesantren Tahfidz di Sukabumi

Posting Komentar

Untuk ayah bunda yang sedang mencari pondok pesantren khusus tahfidz Quran, kali ini kita akan membahas rekomendasi pondok pesantren tahfidz di Sukabumi yang bisa menjadi referensi untuk menjadi alternatif tempat belajar Quran untuk anak-anak tercinta. 

Jumlah pondok pesantren tahfidz di Sukabumi semakin hari semakin berkembang karena semakin banyaknya orang tua yang memilih pesantren tahfidz sebagai tempat untuk belajar anak-anaknya. Tak heran banyak orang tua yang memilih pesantren tahfidz ini, karena dengan memiliki anak seorang tahfidz Quran akan memberikan kemuliaan bagi para orang tua baik di dunia maupun akhirat.

5 Pondok Pesantren Tahfidz di Sukabumi untuk Belajar Anak-anak Menjadi Hafidz Quran

Julukan Sukabumi salah satunya adalah Kota Santri. Julukan ini disematkan karena banyaknya jumlah pondok pesantren yang ada di Kabupaten terluas di Jawa Barat ini. 

Pada bahasan kali ini kita akan membahas 5 pondok pesantren tahfidz di Sukabumi yang berada di sekitar jalan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, karena sebenarnya jika dibahas semuanya langsung jumlah pesantren tahfidz di Kota maupun kabupaten Sukabumi ini lumayan banyak, jadi insyaAllah nanti kita bahas kembali di tulisan yang lainnya.

Berikut 5 rekomendasi pondok pesantren tahfidz di Sukabumi untuk belajar anak-anak menjadi hafidz Quran:

1. Pondok Pesantren Al-Basam

Pondok Pesantren tahfidz pertama yang kita bahas adalah pondok pesantren Al-Basam. Lokasinya ada di jalan Kadudampit KM.3, Kabupaten Sukabumi. 

Pondok pesantren khusus tahfidz Quran ini berada dalam naungan yayasan Al-Ma'tuq. Di pesantren tahfidz ini santri yang diterima adalah santri khusus laki-laki.

2. Pondok Pesantren Al-Ma'tuq

Pesantren Tahfidz di Sukabumi

Di Jalan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, tidak jauh dari pesantren tahfidz Al-Basam, ada pondok pesantren Al-Ma'tuq. Sebenarnya dua pesantren ini masih dalam naungan yayasan yang sama, namun mempunyai sistem pendidikan yang berbeda.

Jika di pesantren tahfidz Al-Basam para santri fokus pada tahfidz Quran, di Pondok pesantren Al-Ma'tuq ini para siswa bisa belajar tahfidz Quran sembari mengenyam pendidikan formal. Pendidikan formal yang tersedia adalah Madrasah Tsanawiyah atau MTs dan Madrasah Aliyah atau MA.

Di pondok pesantren Al-Ma'tuq ini menerima santri baik putra maupun putri. Biaya pendaftaran awal masuk Al-Ma'tuq berkisar antara 20-25 juta. Lokasi pesantren ini ada di jalan Kadudampit yang menjadi perbatasan dengan Kecamatan Cisaat.

3. Pondok Pesantren Daarul Ihsan

Pondok pesantren daarul Ihsan Kadudampit Sukabumi

Jika dua pesantren tahfidz yang kita bahas sebelumnya termasuk pesantren modern, kali ini kita menuju pesantren yang masih berbasis tradisional, yaitu Pondok Pesantren Daarul Ihsan. Pondok pesantren ini terletak di Kampung Cisarua, Desa Citamiang, Kecamatan Kadudampit.

Selain belajar tahfidz Quran, di pondok pesantren Daarul Ihsan para santri juga mempelajari Qiro'at Quran dan juga kitab-kitab kuning yang menjadi ciri khas pondok pesantren tradisional. Para santri di sini lumayan sudah banyak mempunyai prestasi di Musabaqoh Tilawatil Quran atau MTQ baik untuk kategori tahfidz maupun qori.

Di Pondok Pesantren Daarul Ihsan para santri juga dapat memilih untuk takhosus (khusus pesantren) atau sambil juga belajar di pendidikan formal. Pendidikan formal yang tersedia di Daarul Ihsan adalah level SMP dan SMK.

Dibandingkan dengan pondok pesantren modern, Pesantren Daarul Ihsan ini sangat jauh lebih terjangkau dari segi pembiayaan. Perbulannya para orang tua atau wali santri tidak lebih mengeluarkan biaya dari 500 ribu untuk biaya sekolah, makan, dan lain-lainnya.

4. Pondok Pesantren Daarul Quran

Di jalan Kadudampit KM.4,5 ada pondok pesantren tahfidz Daarul Quran. Pondok pesantren ini adalah cabang dari pesantren Daarul Quran miliknya Ustadz Yusuf Mansyur.

Tidak hanya belajar menjadi tahfidz Quran, di pesantren Daarul Quran para santri juga belajar Bahasa asing dan juga teknologi untuk menguatkan skill dan bakat mereka.

5. Pondok Pesantren Daarul Anshor

Pondok pesantren Daarul Anshor berada di Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit. Tepatnya di jalan Parungseah KM.04 Kampung Renged.

Pesantren atau Rumah Tahfidz Daarul Anshor hanya menerima santri laki-laki pada rentang usia sekolah SMP sampai SMA. Semua proses pendidikan di pesantren ini gratis dan khusus untuk anak-anak yatim atau tidak mampu secara ekonomi.

Kurikulum di Pondok Pesantren Tahfidz Quran

Salah satu yang harus diketahui para orang tua sebelum mengirim anak-anaknya untuk belajar di pondok pesantren tahfidz Quran adalah mengetahui kurikulum dan sistem pembelajaran yang digunakan oleh pesantren tersebut.

Seperti yang sudah diketahui secara umum bahwa pesantren terbagi menjadi pesantren modern dan pesantren tradisional. Dari sini saja sudah jelas perbedaan keduanya. Pesantren tradisional sangat kental dengan kajian kitab kuning dalam sistem belajarnya, sedangkan pesantren modern lebih terbuka dengan mempelajari banyak referensi ilmu selain dari kita kuning.

Para orang tua dan calon santri seyogianya menimbang-nimbang dengan matang pesantren mana yang cocok dengan metode pembelajaran yang digunakan, untuk itu perlu sekali untuk mencari informasi sebelum mendaftar ke sebuah pesantren tahfidz agar tidak menyesal di kemudian hari karena merasa tak cocok dengan kurikulum yang diberlakukan di sana.

Demikian 5 rekomendasi pondok pesantren tahfidz di Sukabumi yang bisa menjadi bahan referensi para orang tua dan calon santri dalam mencari informasi tentang pondok pesantren tahfidz. Semoga dengan mengirim anak-anak untuk belajar lebih dalam lagi tentang al-Quran dan menjadi seorang hafidz Quran di masa selanjutnya, anak-anak juga dapat menjadi syafaat bagi para orang tua dan mempersembahkan mahkota kemuliaan bagi para orang tua sebagai hadiah terindah di akhirat kelak. Aamiin ya robbal aalamiin.

Related Posts

Posting Komentar