Rekomendasi SMA Boarding School di Sukabumi

2 komentar
SMA Boarding School di Sukabumi

SMA boarding school di Sukabumi termasuk lembaga pendidikan yang kini banyak diminati oleh para orang tua dan calon siswa jenjang SMA. Hal ini karena sekolah-sekolah berbasis boarding school ini banyak sekali menorehkan prestasi di sekolahnya dan juga ditambah pengajaran agama di asrama yang dikelola dengan kurikulum modern.

Walaupun biaya di SMA boarding school biasanya lebih mahal dibandingkan dengan sekolah reguler, banyak juga pendaftar ke sekolah tipe ini. Tak heran memang jika biasanya yang sekolah di SMA boarding school adalah mereka yang memiliki tingkat ekonomi menengah ke atas. 

Kali ini kita akan membahas 5 SMA boarding school di Sukabumi yang mudah-mudahan bisa menjadi referensi para orang tua dan juga calon siswa tingkat SMA yang sedang mencari informasi sekolah untuk tahun ajaran baru.

5 SMA Boarding School di Sukabumi

Boarding school atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut sekolah berasrama ini sistemnya mirip dengan pondok pesantren. Perbedaannya terletak dari beberapa hal seperti batasan umur dan periode waktu belajar di boarding school yang mengikuti sistem atau kurikulum sekolah, sedangkan di pesantren masalah usia santri dan batasan lamanya belajar biasanya tidak ada batasan.

Ada juga yang menyebut kalau boarding school ini adalah pesantren modern. Tak salah memang, tetapi sepertinya lebih banyak yang memilih menyematkan kata boarding school di lembaga pendidikan penyelenggaranya sehingga terkesan lebih modern dan juga internasional.

Jumlah SMA boarding school di Sukabumi lumayan banyak jumlahnya baik di kabupaten maupun kotamadya. Kali ini kita akan membahas 5 boarding school dahulu, mudah-mudahan next ada pembahasan lanjutan untuk SMA boarding school lainnya.

1. Al-Bayan

Islamic Boarding School Al-Bayan berlokasi di Cibadak, Kabupaten Sukabumi, tepatnya di jalan Al-Bayan nomor.100. Sekolah berasrama ini sangat terkenal sehingga siswanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu yang membuat terkenal Al-bayan adalah hampir 100% semua lulusan dari SMA  ini setiap tahunnya selalu diterima di universitas negeri dan swasta favorit. Tak heran memang pendaftar di Al-bayan selalu membludak.

sumber: https://www.instagram.com/albayan.putri/

Setelah sukses dengan boarding school khusus putra di Cibadak, kini hadir juga Al-Bayan khusus putri yang berlokasi di Salabintana dan Goalpara, Sukabumi. Baik boarding school putra maupun putri Al-bayan, keduanya menjadi beberapa sekolah yang banyak dituju oleh para calon pendaftar tingkat SMA.

Untuk memfasilitasi minat dan bakat siswanya, Al-Bayan memiliki 57 ekstrakurikuler yang dapat pilih. Tak heran prestasi mereka banyak terukir baik di tingkat daerah dan nasional. Dengan segala fasilitasnya, biaya untuk masuk ke Al-Bayan berkisar antara 35-40 juta rupiah.

2. Insan Cendikia Al-Kausar

Boarding school kedua yang akan kita bahas adalah SMA Insan Cendekia Al-Kausar. Sekolah ini beralamat di Jalan Habib, Parung Kuda, Kabupaten Sukabumi.  

Presiden Indonesia ke-3, B.J. Habibie pernah mengatakan pendapatnya tentang Al-Kausar

Untuk bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, khususnya anak didik yang sedang duduk di bangku sekolah, kita membutuhkan tiga point penting. Yakni pembudayaan, pengetahuan dan pendidikan. Merujuk pada tiga poin di atas, saya menemukan hal itu pada pola pendidikan di Internat Al Kausar

Selain tingkat SMA, Al-Kausar juga memiliki sekolah tingkat SMP. Kurikulum di Al-Kausar memadukan antara Departemen Pendidikan dan juga nilai-nilai Islam yang diajarkan di asrama siswa.

Pendidikan di Al-Kausar berfokus pada penguasaan iptek dan kepribadian Islam. Dua poin ini kemudian diperkuat dengan kompetensi dalam bidang kepemimpinan, kemandirian, dan keterampilan.

Biaya untuk masuk ke SMA Al-Kausar berkisar antara 25 sampai 40 Juta. Walaupun biayanya cukup fantastis, namun peminat ke Al-Kausar selalu banyak setiap tahunnya.

3. Hayatan Thayyibah

Jika dua SMA Boarding School sebelumnya berlokasi di Kabupaten Sukabumi, kini kita berlanjut ke sekolah yang berlokasi di Kotamadya yang bernama hayatan Thayyibah.

SMA Boarding School Hayatan Thayyibah dikenal juga dengan sebutan SMA Hatoy, singkatan dari Hayatan Thayyibah. Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 1998 dan kini memiliki nilai akreditasi A atau sangat baik.

Lebih dari 90% lulusan dari SMA Hayatan Thayyibah diterima di perguruan tinggi ternama baik dalam maupun luar negeri. Prestasinya pun sudah banyak mulai dari tingkat daerah maupun nasional.

SMA Hatoy beralamat di Gunung Puyuh, tepatnya di Jalan Karamat Nomor. 123, Kota Sukabumi. Untuk bersekolah di Hatoy bisa memilih untuk full day school atau boarding school.

Untuk biaya masuk full day school di tahun ajaran 2024/2025 yaitu Rp16.550.000., dan untuk biaya boarding school sebesar Rp27.750.000.,

4. Al-Umanaa

Al-Umana memiliki boarding school SMA dan juga SMP. Alamatnya berada di Kebon Manggu, Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi. Alamat lengkap Al-Umanaa sendiri adalah Jalan pelabuhan 2 KM.10, Cikaret RT. 02/14.

Sistem pendidikan yang digagas oleh pendiri Al-Umanaa, K.H. Mindjali adalah dengan basis akidah Islam dan akhlakul karimah yang direalisasikan dengan mendirikan lembaga pesantren, SMP, dan juga SMA.

Untuk SMA Boarding School Al-Umanaa sendiri berdiri semenjak tahun 2017 dan memiliki nilai akreditasi B atau baik. Di usianya yang belum genap 10 tahun, Al-Umanaa sudah tumbuh dan berkembang serta memiliki sekitar 200 prestasi dari para santrinya.

Iuran awal ketika mendaftar di Al-Umanaa sekitar 23 juta dan SPP bulanan plus uang makan tingkat SMA Rp1.850.000., Untuk uang tahunan diinformasikan ketika sudah diterima di boarding school ini.

5. Adzkia

rekomendasi SMA Boarding school di Sukabumi

SMA IT Adzkia adalah salah satu dari 9 sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Adzkia Damiri. SMA Boarding School ini berlokasi di Jalan Cikiray, Sukamanah, Cisaat, kabupaten Sukabumi.

Dalam sistem pembelajarannya, SMA IT Adzkia mengembangkan beberapa program yang aktif, menyenangkan, terintegrasi, dan berkorelasi dengan multimedia. Program tersebut diaplikasikan dalam bentuk tahfidz Quran, multilingual, ekstrakurikuler, dauroh, festival, dan study tour.

SMA IT Adzkia menerapkan sistem boarding school dan full day school. Kedua sistem ini administrasi pembayarannya berbeda menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Untuk full day school, biaya SPP bulanan untuk ajaran 2024/2025 adalah Rp690.000, sedangkan untuk boarding school sebesar Rp1.300.000.,

Pilih Boarding School atau Pondok Pesantren?

Saat ini orang tua siswa lebih banyak referensi untuk pilihan sekolah anak-anak. Pastinya setiap orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik untuk setiap anak-anaknya, sehingga memang butuh pertimbangan yang sangat matang untuk memutuskan sekolah mana yang akan menjadi tempat belajar sang buah hati.

Dewasa ini boarding school dan pondok pesantren yang terintegrasi dengan sekolah menjadi banyak pilihan orang tua dan calon siswa sebagai tempat untuk belajar. Hal ini dikarenakan dua sistem pendidikan ini menggunakan asrama sebagai salah satu fasilitasnya dan menjadikan orang tua banyak yang merasa aman dengan pergaulan anak-anaknya yang terawasi sehari-harinya ditambah dengan pengajaran agama selama berada di asrama.

Kalau ditanya lebih baik manakah antara boarding school atau pesantren. Tentu keduanya sangat baik. Tinggal orang tua dan calon siswa menimbang-nimbang mana yang sesuai dan cocok dengan hati.

Jangan lupa juga pertimbangkan persiapan biaya, mana yang sesuai dengan standar keluarga masing-masing. Biasanya biaya pondok pesantren lebih terjangkau dibandingkan dengan boarding school.

Demikian informasi tentang SMA Boarding School di Sukabumi. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk persiapan pendaftaran sekolah di tahun ajaran baru nanti.

Related Posts

2 komentar

  1. Dua anak lanang saya mengenyam pendidikan SMU di sebuah banding school di kota batu malang. Di banding school antara pendidikan formal (kurikulum diknas) dan kurikulum keislaman (termasuk tahfidz) seimbang. Alhamdulillah mereka menikmati dan potensinya tergali scr optimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulllah pak dokter, anak-anak bisa menikmati proses pendidikannya di boarding school dan juga dapat menggali setiap potensi yang mereka miliki. Mudah-mudahan pada sukses, ya

      Hapus

Posting Komentar