Keseruan Outing Class TK

Posting Komentar
Keseruan outing class TK

Ketika si kecil ikut outing class TK di tempat dia belajar, dia antusias sekali ikut acara ini. Keluar dari ruang kelas tertutup dan terbatas yang sehari-hari ia tempati untuk belajar di ruang kemudian berpindah ke ruang terbuka untuk belajar secara langsung dengan pengalaman-pengalaman nyata.

Walaupun outing class dilakukan dalam waktu singkat, setengah hari atau 1 hari penuh, kegiatan belajar di ruang kelas ini termasuk metode yang tidak hanya populer namun juga efektif bagi anak-anak di level TK. Dengan banyaknya manfaat outing class ini para orang tua pun biasanya juga ikut semangat mempersiapkan segala sesuatu persiapan, termasuk tambahan biaya administrasi di luar biaya bulanan.

Mengenal Apa Itu Outing Class TK

apa itu outing class TK

Outing adalah singkatan dari outbond training. Definisi outbond sendiri adalah kegiatan melakukan ragam jenis simulasi permainan, baik secara individu maupun kelompok untuk tujuan refreshing. Harapannya setelah melaksanakan kegiatan outbond ini adalah timbulnya rasa kebersamaan dan kekompakkan dalam tim dan juga menumbuhkan rasa percaya diri.

Outing class TK sendiri bisa diartikan sebagai kegiatan belajar yang dilaksanakan di luar kelas. Outing class dikenal sebagai program yang efektif dan efisien dalam pembelajaran bersama anak-anak tingkat TK, karena mereka tidak hanya belajar sebatas teori saja, tetapi lebih kepada kegiatan lapangan sebagai pembuktian langsung.

Program outing class di Taman Kanak-kanak biasanya dikemas menjadi program yang menyenangkan agar anak-anak antusias untuk mengikutinya. Dari outing class yang menyenangkan, diharapkan anak-anak generasi alpha ini akan mampu menyerap semua pembelajaran dari kegiatan di luar kelas ini.

Tujuan Outing Class TK

Pastinya setiap lembaga yang mengadakan outing class mempunyai tujuan untuk kemajuan pendidikan anak-anak. Di antara banyaknya tujuan outing class, berikut beberapa di antaranya"

1. Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan

Outing class membawa anak-anak pada lingkungan baru yang mungkin belum pernah ia lihat sebelumnya. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat  agar si kecil belajar mengenal lingkungan kita yang ternyata sangat beragam.

2. Mempermudah Pemahaman Materi Ajar

Dengan terjun secara langsung ke lapangan, anak-anak akan lebih mudah memahami teori ajar yang telah di sampaikan oleh guru di kelas. Di lingkungan tempat ia outing, anak-anak akan belajar menyinkronkan antara materi dengan fakta atau realita sebenarnya.

3. Anak Akan Belajar Secara Aktif

Ketika anak mengikuti program outing class, anak akan belajar secara aktif dengan melibatkan indera-indera di tubuhnya. Mereka akan menyentuh, melihat, dan merasakan langsung hal-hal yang sebelumnya mereka pelajari dalam teori di kelas.

4. Keterampilan Sosial yang Berkembang

manfaat outing class TK

Program outing class biasanya dilaksanakan per kelompok kelas, sehingga akan membuat siswa belajar dengan keterampilan sosialnya. Anak-anak akan belajar berkomunikasi dengan sesamanya, bekerja sama secara kelompok, bahkan belajar tentang perbedaan pendapat atau ide dengan teman-teman kelompoknya. 

Guru juga harus berperan aktif dalam mendukung perkembangan keterampilan sosial setiap anak, maka bisa diselipkan dalam outing class ini acara seperti games dan kerja kelompok bisa menjadi referensi kegiatan tambahan dalam outing class untuk menumbuhkan potensi anak dan menguatkan ikatan antar siswa yang positif.

5. Memperkaya Pengalaman Anak

Pengalaman ketika si kecil pulang outing class dari Kantor Pemadam Kebakaran, ia sangat antusias sekali menceritakan ulang tentang kegiatan-kegiatan apa saja yang dia dan teman-temannya lakukan selama di sana. Bahkan setelah beberapa waktu berlalu pun momen ia itu terekam dengan sangat jelas manakala ia ditanya tentang memori selama kegiatan outing class itu.

Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang berharga bagi anak-anak. Di outing class mereka menemukan hal-hal baru yang menarik yang tidak akan mereka temui di hari-hari biasanya.

Ide Tempat untuk Outing Class TK

Banyak tempat yang bisa dijadikan referensi untuk kegiatan outing class. Namun tentu saja seyogianya setiap tempat yang dijadikan tujuan berkorelasi dengan materi ajar yang telah disampaikan di kelas agar tujuan anak menyinkronkan antara teori dan realita bisa terlaksana.

Beberapa rekomendasi ide tempat untuk outing class di antaranya:

  1. Jalan-jalan ke agro wisata
  2. Mengunjungi kebun binatang
  3. Mengunjungi museum
  4. Mengeksplor wahana outbond
  5. Ke perpustakaan daerah
  6. Camping
  7. Berenang dan bermain air di water park
  8. Berkunjung ke instansi pemerintah seperti Pemadam Kebakaran
outing class TK

Nah, seperti yang baru-baru saja di lakukan di outing class nya si kecil kemarin, mereka berkunjung ke kantor pemadam kebakaran yang lokasinya tidak terlalu jauh dari sekolah, hanya sekitar 20-30 menit untuk sampai ke sana. Walaupun outing class nya tidak jauh, tetapi melihat raut muka mereka, sepertinya mereka happy sekali dengan kegiatan outing class ini.

Sebagai orang tua tentunya kita akan mendukung dengan setiap kurikulum dan atau program positif yang diselenggarakan oleh sekolah tempat anak-anak kita belajar, termasuk kegiatan outing class TK ini. Semoga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan pembelajaran yang sesuai dan menyenangkan, sehingga menjadi pengalaman atau momen yang berharga bagi mereka. 

Related Posts

Posting Komentar