Belajar Entrepreneur Dengan Menu Market Day Anak SD

2 komentar

Mengadakan market day adalah salah satu praktik yang bisa dilaksanakan untuk mengenalkan dunia entrepreneur pada para siswa. Mereka bisa belajar tentang praktik dasar di dunia entrepreneur dengan membuat dan menjajakan menu market day anak SD sebagai langkah awal.

Mengenalkan dunia entrepreneur pada para siswa adalah salah satu gagasan yang baik dalam dunia pendidikan. Dengan siswa mengenal dan belajar tentang entrepreneur setidaknya ada gambaran tentang salah satu opsi karier di masa depan untuk mereka jalani.

Tentang entrepreneur sendiri, banyak para ahli dalam bidang ekonomi yang memberi definisi, termasuk salah satunya Pakar Kewirausahaan Thomas W Zimmerer

Seorang entrepreneur adalah seorang yang menciptakan sebuah bisnis, dengan menghadapi risiko dan ketidakpastian dan bertujuan untuk mencapai laba serta pertumbuhan melalui pengidentifikasian peluang-peluang melalui kombinasi sumber daya yang diperlukan untuk mendapatkan manfaatnya.

Belajar Membuat Menu Market Day Anak SD

menu market day anak SD

Dunia belajar siswa tidak hanya di kelas saja, tapi sejatinya alam ini adalah kelas yang luas yang bisa diberdayakan oleh para guru untuk belajar. Para guru dituntut kreatif untuk menciptakan suasana pembelajaran yang optimal baik di dalam maupun di luar kelas.

Salah satu ide untuk pembelajaran siswa di luar kelas adalah mengadakan market day. Pelaksanaan market day bisa dilakukan dengan mengakomodir semua kelas terlibat agar lebih ramai dan jelas para guru harus kerja sama dalam mempersiapkannya agar terlaksana dengan baik.

Seperti beberapa waktu lalu di mana Yayasan tempat mengabdi menjadi guru yang menaungi beberapa lembaga pendidikan di bawahnya mengadakan market day yang diikuti oleh siswa-siswa yang ada di setiap lembaga pendidikan di sana. Para siswa dikenalkan dengan dunia entrepreneur dengan praktik langsung membuat menu-menu yang biasa dijadikan jajanan anak sekolah dasar.

Berikut contoh menu-menu yang ada di market day yang bisa dijadikan referensi untuk mengadakan acara serupa di lingkungan masing-masing.

Menu Makanan Market Day

Ada banyak makanan yang disukai oleh anak-anak usia SD. Kita bisa survei terlebih dahulu untuk memastikan apa-apa saja yang biasa mereka beli di waktu istirahat sebagai jajanan kesukaannya.

Contoh beberapa jenis makanan yang bisa dijual dalam acara market day anak SD di antaranya:

1. Jajanan Nusantara

Menu Market Day Anak SD

Banyak sekali jajanan nusantara yang bisa kita pilih untuk dijadikan menu dalam market day. Salah satunya yang banyak disukai adalah Basreng.

Basreng adalah singkatan dari Baso Goreng. Ini adalah salah satu camilan dan jajanan yang terkenal anak-anak SD di Jawa Barat.

Anak-anak menyukai makanan renyah ini karena mereka bisa memilih level kepedasan sesuai selera masing-masing. Anak-anak perempuan biasanya lebih menyukai kepedasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak laki-laki.

Harga basreng menyesuaikan dengan kemasannya. Untuk yang kecil biasanya Rp2.000, untuk yang lebih besar Rp5.000,.

Jajanan nusantara lainnya yang bisa menjadi referensi untuk dijual di market day seperti klepon, kue putu, onde-onde, lemper, kue cucur, nagasari, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Jajanan Ala-ala Korea

Pengaruh Korea Selatan saat ini sangat terasa dalam segala lini, termasuk dalam hal makanan. Anak-anak mulai terbiasa dengan makanan jajanan ala-ala Korea karena sudah banyak juga yang menjualnya di sekitar kita.

Ide jajanan ala-ala Korea ini bisa juga dijadikan referensi untuk menu market day. Beberapa contoh makanan jajanan Korea seperti Odeng, Corndog Mozzarella, Jjajangmyeon, Tteobokk.

3. Jajanan Ala-ala Jepang

Selain jajanan ala Korea, jajanan ala Jepang pun banyak disukai oleh anak-anak saat ini. Banyak jenis makanan ala Korea yang bisa dijadikan ide untuk dijual dalam market day, di antaranya Dorayaki, Okonomiyaki, dan Tokoyaki.

Menu Minuman Market Day Anak SD

Minuman-minuman segar homemade biasanya sangat disukai oleh anak-anak SD. Kita harus kreatif untuk dapat meracik dan membuat minuman yang unik agar menarik anak-anak.

Contoh beberapa jenis minuman yang bisa dijadikan menu market day antara lain

1. Markisa Squash

minuman menu market day anak SD

Perpaduan markisa yang ditambah biji selasih dan daun mint adalah perpaduan segar yang bisa dijadikan menu untuk dijual pada acara market day. Perpaduan rasa manis dan asam serta kesegaran setelah disimpan dalam lemari es membuat markisa squash ini menjadi salah satu minuman yang laris.

Markisa squash dibandrol dengan harga Rp5.000. Cukup terjangkau dan reasonable dengan kesegaran yang didapatkan dari meminumnya.

Selain minuman segar seperti markisa squash, jenis jus buah-buahan juga biasanya banyak disukai anak-anak. Market day yang biasanya dilaksanakan di siang hari akan sangat pas dengan jualan minuman segar seperti jus mangga, alpukat, buah naga, dan buah-buah lainnya.

2. Es Jelly

Contoh minuman lain yang bisa dijual dalam market day adalah es jelly. Minuman ini dibuat dengan agar-agar yang dipotong kecil-kecil kemudian dicampur, bisa dengan susu maupun sirup.

Kebetulan saat market day di SD-nya si sulung, ia membuat minuman ini dan alhamdulillah sold out dengan keuntungan yang berlipat, padahal harganya hanya Rp3.000 saja.

3. Es Boba

Salah satu minuman viral yang banyak disukai anak-anak adalah Es  Boba. Rasanya yang segar ditambah boba yang kenyal banyak menjadi pilihan minuman anak-anak saat jajan.

Ragam variasi rasa es boba seperti red velvet, coklat, sampai gummy boba bisa dijadikan referensi juga untuk disiapkan dalam market day ini.

Ide Jualan Market Day Anak SD Selain Makanan dan Minuman

Selain makanan dan minuman, kita juga bisa menjual item-item lain yang berelasi dan banyak disukai oleh anak-anak usia SD. Beberapa contoh barang-barang yang bisa dijual dalam market day anak SD selain makanan dan minuman, di antaranya:

  1. Gantungan kunci dengan custom nama yang bisa dipesan sesuai nama pembeli
  2. Alat-alat tulis yang lucu dan juga antimainstream
  3. Macam-macam sticker unik dan lucu
  4. Slime, squishy, clay, dan playdough
  5. Alat-alat untuk mewarnai gambar
  6. Ikat rambut atau jepit rambut yang lucu

Intinya untuk berjualan di market day anak SD sebaiknya kita tahu dulu apa-apa yang mereka sukai di umur mereka baik makanan, minuman, maupun item-item lainnya. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan cara melakukan riset kecil-kecilan sebelum pelaksanaan market day.

Ikut terlibat berjualan dalam acara market day adalah jalan ninja yang baik untuk belajar praktik entrepreneur. Kita bisa belajar tentang manajemen grup, pengelolaan keuangan, manajemen waktu, dan juga leadership, yang mana semua itu sangat penting ketika kita terjun di dunia entrepreneur.

Belajar membuat menu market day anak SD adalah salah satu jalan dalam belajar mengenalkan dunia entrepreneur pada para pelajar. Banyak jalan yang bisa dilakukan oleh sekolah untuk membuat pembelajaran yang tidak hanya sebatas teori, tetapi juga praktik langsung agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan juga lebih dipahami .

Related Posts

2 komentar

  1. Wiih mantul nih anak SD sudah diajakin untuk jadi entrepreneur. Manatau kan jadi terbawa sampai dewasa dan bisa buka usaha sendiri hohoho. Kayanya jaman aku masih SD belum ada nih yang begini-begini. Palingan pas SMP. Waktu itu kelasku ikutan buka stand gitu di open house sekolah. Jadi kami menjajakan jasa "baca tarot" karena wali kelas kami saat itu bisa kasih jasa itu hihii Nah kami siswa sekelas siapi alat dekorasi dan jualin tiket supaya orang-orang mau mampir ke stan kami. Kalo diingat-ingat jadi lucu jugaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini unik banget, ngadain jasa baca tarot pas acara open house gitu, karena lumayan jarang ya orang di circle pendidikan yang punya keahlian itu. Momen-momen unik kaya gitu di sekolah pasti terkenang banget, ya

      Hapus

Posting Komentar