8 Pilihan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian

5 komentar
Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian

Siswa di kelas dua belas jenjang SMA pastinya mempunyai banyak PR dalam mempersiapkan diri setelah lulus dari sekolahnya. Dari salah satu banyaknya pemikiran di tahap ini adalah memperhitungkan secara matang jurusan kuliah apa yang akan diambil ketika kelak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Memilih jurusan kuliah itu memang gampang-gampang susah ternyata. Banyak aspek yang harus dipertimbangkan agar kelak duduk di bangku kuliah tidak menjadi beban karena salah memilih jurusan.

Salah satu cara yang bisa digunakan dalam memilih jurusan kuliah adalah dengan memilih jurusan kuliah sesuai kepribadian masing-masing. Untuk mengetahui seperti apa kepribadian kita sehingga bisa dijadikan salah satu rujukan dalam mengambil keputusan jurusan kuliah, alangkah baiknya dilakukan tes psikologi agar hasilnya lebih akurat dibandingkan dengan prasangka atau tebak-tebakan kita sendiri.

Rekomendasi Jurusan Kuliah Sesuai kepribadian Masing-masing

Sewaktu lulus SMA dulu ada teman yang diterima kuliah di jurusan Fisika ITB, tetapi setahun kemudian dia mengundurkan diri dan mendaftar ke UI jurusan Ekonomi. Alasan kepindahannya adalah ia merasa tidak cocok dengan pilihan jurusannya di awal sehingga berpindah haluan di tahun kedua.

Sepertinya sangat disayangkan kejadian itu terjadi karena akhirnya menyita waktu dan juga biaya yang tidak sedikit. Lain cerita kalau dari awal sudah menetapkan jurusan yang sudah terasa pas di hati, pastinya tidak akan ada drama-drama pindah jurusan, bahkan pindah perguruan tinggi.

Belajar dari kasus seperti itu, sangat penting ternyata memikirkan dengan seksama jurusan apa yang akan diambil ketika kuliah oleh para lulusan jenjang SMA ini sesuai kepribadian, minat, dan bakatnya agar kelak kuliah dapat dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan suka cita. 4 tahun tidak akan terasa lama jika kuliah di jurusan yang memang kita sukai dan sesuai passion kita sendiri.

Untuk itu rekomendasi guru BK sangat diperlukan untuk membantu para siswa kelas dua belas untuk menentukan jurusan kuliah dan tentunya sekolah dapat memfasilitasinya dengan memberikan tes psikologi ataupun asesmen minat dan bakat bagi siswa.

Dari hasil psikotes ataupun asesmen minat dan bakat, kita dapat mempunyai gambaran apa saja pilihan-pilihan jurusan kuliah sesuai kepribadian yang bisa menjadi referensi penguat sebelum memutuskan jurusan kuliah yang ingin diambil. 

Rekomendasi Jurusan Kuliah Sesuai kepribadian Masing-masing

Berikut beberapa contoh jurusan kuliah sesuai kepribadian dari psikotes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator

1. Sejarah Seni untuk ISFP ( Intoversion, Sensing, Feeling, Perceiving)

ISFP adalah karakter orang-orang yang kreatif dan berjiwa bebas. Orang-orang yang mempunyai karakter ISFP juga sering disebut petualang berjalan yang mengikuti instuisi mereka sendiri.

Jurusan yang berhubungan dengan Sejarah Seni adalah rekomendasi untuk orang dengan karakter ISFP. Setelah lulus, pekerjaan yang cocok seperti kritikus, di museum, atau sesuatu yang berhubungan dengan petualangan.

2. Creative Writing INFP ( Introvert, Intuitive, Feeling, Perceiving)

Orang yang memiliki kepribadian dengan tipe INFP cenderung pendiam dan idealis, tetapi di sisi lain juga mampu berpemikiran terbuka, imajinatif, kreatif, dan kepedulian yang tinggi. Mereka akan nyaman dengan dua batinnya sendiri.

Orang dengan INFP cocok kuliah di jurusan yang berhubungan dengan kepenulisan atau creative writing. Menulis bisa menjadi media yang baik untuk orang INFP dalam menjelajahi dinamika hidupnya, mengekspresikan emosi yang ia rasakan, dan juga mengimajinasikan karakter yang bisa mengerti kondisinya.

3. Teater dan atau Drama untuk ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging)

ENFJ adalah tipe orang yang memiliki karakter yang sering disebut si ambisius. Tetapi dibalik ambisinya, orang dengan ENFJ tidak pernah mementingkan diri sendiri. Kekuatan lain dari orang berkarakter ENFJ adalah sifat tanggung jawabnya dan cita-cita mulianya untuk membuat dunia lebih baik.

Orang dengan tipe ENFJ juga dikenal sebagai seorang yang visioner. Dia senang bertindak di belakang layar maupun di panggung utama sebagai pemeran. Dengan jurusan teater atau drama akan sangat membantu karakter ENFJ untuk lebih berani, percaya diri, dan mengasah insting kreativitas dalam membuat karya yang menginspirasi.

4. Seni dan Desain untuk ESFP (Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving)

ESFP terkenal sebagai seorang yang perfeksionis. Matanya sangat awas dan seleranya juga detail sekali.

Orang berkarakter ESFP cocok untuk duduk di perguruan tinggi dengan jurusan-jurusan yang berhubungan dengan fotografi, lukisan, mode, dan atau desain grafis. Segala sesuatu yang berhubungan dengan seni dan desain akan semakin membuatnya berkembang dalam mengeksplorasi setiap potensi yang dimilikinya. 

5. Sejarah untuk ISTJ (Introversion, Sensing, Thingking, Judging)

Pribadi ISTJ adalah mereka yang dikenal sangat terorganisir dan terencana, sehingga penampilannya selalu rapi, tertib, dan juga teratur. Hal lain yang menunjjol pada ISTJ adalah ketertarikan meraka pada dunia angka.

Selain memiliki ketertarikan pada data dan angka, orang yang memiliki karakter ISTJ juga sangat menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan sejarah. Menjadi guru, dosen atau profesor sangat cocok untuk menjadi rekomendasi pekerjaan kelak.

Untuk menyinkronkan dengan pekerjaan yang cocok untuk ISTJ, maka rekomendasi jurusan kuliah untuk yang berkepribadian ISTJ adalah jurusan yang berhubungan dengan filsafat, peradaban kuno, theologi, dan juga humaniora.

6. Finansial atau Politik untuk ENTJ ( Extroverted, Intuition, Thingking, Judging)

ENTJ dikenal sebagai sosok yang percaya diri, bisa memberi inspirasi, penuh dengan energi, karismatik, dan mempunyai pemikiran yang jernih. Orang dengan kepribadian ENTJ juga dikenal sebagai pribadi yang kompetitif dan pekerjaan di bidang keuangan adalah salah satu bidang pekerjaan yang memang membutuhkan orang-orang yang memiliki jiwa kompetisi yang tinggi. Untuk itu, kuliah jurusan yang berhubungan dengan finansial atau keuangan direkomendasikan untuk orang ENTJ.

Orang dengan ENTJ yang memiliki jiwa kompetitif juga sangat cocok untuk menjadi seorang ketua, maka alternatif lainnya sebagai pilihan jurusan kuliah bisa memilih politik dan emang banyak penelitian yang menunjukan para pemimpin yang mempunyai karakter ENTJ ini.

7. Psikologi untuk INFJ (Introverted, Intuition, Feeling, Judging)

Orang yang memiliki kepribadian INFJ dikenal sering menutup diri. namun dibalik ketertutupannya, INFJ memiliki kepekaan dan kepedualian yang sangat tinggi. Mereka diperkuat dengan sifat idealisnya, empatik, dan juga sangat intuitif.

Psikologi adalah rekomendasi jurusan kuliah untuk orang INFJ. Di jurusan Psikologi, INFJ dapat mengembangkan sifat bijak dan juga kematangan serta kedewasaannya dalam belajar memahami orang. Dampaknya akan sangat baik dengan menjadi konselor atau penasihat bagi orang-orang di sekitar.

8. Bisnis untuk ESTP  (Extraverted, Sensing, Thingking, Perceiving)

ESTP adalah orang-orang yang memiliki karakter energik, friendly, dan juga tegas. Sifat orang ESTP adalah mereka yang cocok mempunyai karier sebagai pengusaha.

Untuk menunjang cita-cita menjadi pengusaha, maka jurusan kuliah Bisnis menjadi rekomendasi bagi mereka yang memiliki tipe kepribadian ESTP. 

Yuk Pilih Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian Agar Kuliah Enjoy dan Happy 

kuliah enjoy dengan memilih jurusan sesuai kepribadian

Saat ini kuliah menjadi lebih mudah dengan banyaknya beasiswa yang tersedia, termasuk beasiswa program Indonesia pintar atau juga beasiswa bidik misi yang disediakan pemerintah. Selain itu banyak juga jenis beasiswa lainnya yang dapat membantu para mahasiswa dalam membayar administrasi perkuliahan.

Di luar masalah administrasi, memilih jurusan kuliah yang pas dengan kepribadian, minat dan bakat juga sangat penting agar 4 tahun kuliah dapat dijalani dengan suka cita, bukan menjadi beban. Untuk itu juga sangat penting untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kepribadian, minat dan bakat kita.

Untuk para siswa tingkat SMA kelas akhir, idealnya harus lebih intens untuk komunikasi dengan guru Bimbingan dan Konseling agar mendapat pengarahan dan juga rekomendasi yang pas tentang apa-apa saja jurusan kuliah sesuai kepribadian yang cocok untuk masing-masing. Jangan malu bertanya, takutlah nanti menyesal salah memilih jurusan yang akan membuang waktu, biaya dan juga tenaga jika kita tidak berkomunikasi dan meminta rekomendasi dari guru BK.

Related Posts

5 komentar

  1. Wah yang cocok dengan kepribadianku saat ini psikologi. Tapi dulu pas kuliah aku malah di Teknik Industri. Wkwkwkw. Memang agak struggling sih dulu waktu kuliah. Tapi bukan ga suka sih... suka-suka aja sama materi kuliahnya.. tapi ya gitu deh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu kuliah lagi aja Kak, mantap nih ngambil jurusan Psikologi :)

      Hapus
    2. waduh sudahh malas ah ke bangku kuliah lagiii hahaha apalagi sebetulnya aku ga begitu suka dengan hafalan... nampaknya kalo di psikologi nih harus banyak baca text book dan dihafalkan heheheh

      Hapus
    3. hmm.. sekarang kita kasih kesempatan adik-adik kita aja buat kuliah, ya. Mudah-mudahan passion mereka sesuai dengan jurusan yang diambil dan bisa menjalani masa-masa kuliah dengan happy

      Hapus
  2. Pantes ngerasa nyaman banget bikin desain dan belajar tentang desain. Ternyata, memang selaras dengan kepribadian yang Extrovert Kuliah Desain ini, ya.

    BalasHapus

Posting Komentar