Cara Beli Tiket Kereta Api Sukabumi Bogor

19 komentar
Tiket Kereta Api Sukabumi Bogor

Cara beli tiket kereta api Sukabumi Bogor ternyata berbeda antara dulu dan sekarang. Di zaman yang serba digital, kini membeli tiket kereta api saja bisa dengan cara online yang pada akhirnya sangat memudahkan dan efisiensi waktu jadi sangat terasa.

Kereta Api Sukabumi Bogor

Berfungsinya kembali jalur kereta api Sukabumi Bogor banyak disambut positif oleh masyarakat dan menjadi alternatif pilihan terbaik untuk terhindar dari titik macet menuju Bogor dengan menggunakan kereta api ini.

Pengalaman naik kereta api Pangrango Sukabumi Bogor lumayan puas dengan banyaknya pelayanan maksimal dari pihak KAI yang membuat kita nyaman selama perjalanan. Pelayanan maksimal KAI dimulai dari cara beli tiket kereta api Sukabumi Bogor lebih efisien, keberangkatan dan kedatangan yang tepat waktu, dan pelayanan dari kru KAI selama perjalanan yang ramah menjadi poin plus.

Untuk teman-teman yang mau mencoba kereta api Sukabumi Bogor atau sebaliknya dari Bogor ke Sukabumi, ada beberapa informasi yang bisa jadi referensi seputar naik kereta api ini.

Syarat Naik Kereta Api Sukabumi Bogor

Ada beberapa hal yang harus kita pahami dulu sebelum mengetahui cara beli tiket kereta api Sukabumi Bogor ini, yaitu dengan mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi agar kita bisa naik mode transportasi ini

1. Yang pertama, pastikan kita sudah suntik vaksin covid minimal dosis pertama. Tidak perlu memperlihatkan kartu bukti sudah vaksin, karena saat membeli tiket dengan data KTP, data kita akan terbaca sudah atau belum vaksin kah, dan atau sudah sampai vaksin ke berapa
  2. Tidak perlu membawa surat keterangan rapid test atau PCR yang menginformasikan bahwa kita negatif covid
  3. Terakhir, untuk teman-teman yang belum vaksin karena alasan medis, masih bisa kok naik kereta api dengan menunjukan surat keterangan penunjang dari dokter tentang kondisi kita yang menyebabkan belum bisa vaksin

Harga Tiket Kereta Api Sukabumi Bogor

Per Agustus 2023, harga tiket kereta api Sukabumi Bogor terdiri dari dua jenis, ekonomi dan eksekutif. Untuk harga kelas ekonomi yaitu Rp45.000, sedangkan kelas eksekutif harganya Rp80.000.

Untuk kelas ekonomi pun ruangannya sudah nyaman dengan adanya AC dan juga fasilitas stop kontak plus tempat penyimpanan minuman dan makanan di atasnya, di depan kita juga disediakan kantong kresek putih kecil jika kita akan membuang sampah kemasan sisa makanan atau minuman, yang nantinya kantong ini akan ada petugas yang mengambilnya untuk dikumpulkan.

Kelas eksekutif lebih nyaman lagi, karena selain fasilitas yang sama dengan di ekonomi, kita bisa menonton program yang disiarkan pihak KAI yang biasanya memutarkan film untuk menemani perjalanan kita. Kursi di kelas eksekutif juga memang lebih nyaman, jadi kalau mau tidur pun selama perjalanan, kita akan merasa leluasa.

Jadwal Kereta Api Sukabumi Bogor

Terakhir menggunakan kereta api Sukabumi Bogor dengan jadwal keberangkatan pertama yaitu pada pukul 05.30 pagi dari stasiun Sukabumi. Tapi karena berangkat dari stasiun Cisaat, jadwalnya 05.40 dan tepat waktu sih.

Teman-teman yang mau menggunakan kereta api di jam lainnya, tenang saja. Ada beberapa jadwal keberangkatan yang bisa kita pilih. Selengkapnya jadwal kereta api Sukabumi Bogor adalah:

• Untuk keberangkatan pertama dari stasiun Sukabumi, berangkat pukul 05.30 dan akan sampai di stasiun Bogor pada pukul 07.30
  • Untuk keberangkatan jadwal kedua yaitu pukul 11.25 siang dan tiba di stasiun Bogor pada pukul 13.30
  • Keberangkatan terakhir dari Sukabumi yaitu pukul 17.24 dan akan sampai pukul 19.30 di stasiun Bogor
Sampai di Bogor, kita bisa menjelajah kota hujan yang sejuk ini atau bisa juga melanjutkan dengan naik kereta selanjutnya tujuan Ibu kota untuk traveling sambil mencari tempat hangout kekinian di Jakarta.

Jadwal Kereta Api Bogor Sukabumi

Teman-teman yang memilih rute sebaliknya dari Bogor ke Sukabumi, dan berencana untuk traveling seputar kota dan kabupatennya dan mencari hiden gem di Sukabumi, jadwal keberangkatannya sama dengan Sukabumi ke Bogor yaitu terdapat 3 jadwal keberangkatan yang bisa kita pilih, antara lain:

• Keberangkatan pertama dari stasiun Bogor pada pukul 08.20 dan sampai di stasiun Sukabumi pada pukul 10.25 siang
  • Keberangkatan kedua pada pukul 14.20 dari stasiun Bogor dan akan sampai ke stasiun Sukabumi pada pukul 16.25 sore
  • Untuk keberangkatan terakhir dari stasiun Bogor pada pukul 20.00 dan sampai di stasiun Sukabumi pada pukul 22.00 malam

Semua jadwal keberangkatan baik dari Sukabumi ke Bogor maupun sebaliknya dari Bogor ke Sukabumi menggunakan patokan waktu WIB, ya.

Tiket Kereta Api Sukabumi Bogor

Saat ini cara beli tiket kereta api Sukabumi Bogor lebih fleksibel dengan beberapa pilihan cara. Sebelum membeli, yakinkan kita memiliki kartu tanda penduduk atau KTP untuk input data saat pembelian tiket. Untuk anak-anak yang belum memiliki KTP, bisa menggunakan NIK yang ada pada kartu keluarga.

Selain membeli langsung di stasiun utama, kita juga bisa membeli tiket kereta api Sukabumi Bogor di Alfamart atau juga secara online di aplikasi travel dan di aplikasi KAI Access. Cara terakhir ini yang saya pilih ketika terakhir membeli tiket kereta api, karena lebih fleksibel, bisa dilakukan pembeliannya di mana saja selama terakses dengan internet.

Cara Beli Tiket Kereta Api Sukabumi Bogor via Aplikasi KAI Access

Ada tahapan-tahapan yang bisa kita lakukan dalam cara beli tiket kereta api Sukabumi Bogor via aplikasi KAI Access ini, dantaranya adalah:

cara membeli tiket kereta api sukabumi bogor online

• Download terlebih dahulu aplikasi KAI Access baik di Android maupun di iOS
  • Isi data yang diminta dengan benar sesuai data di KTP atau Kartu Keluarga
  • Setelah semua data diisi, kita akan diminta untuk untuk konfirmasi melalui tautan yang dikirim via email. Cara ini dilakukan untuk mengaktifkan akun yang kita buat di aplikasi KAI Access
  • Setelah aktif, pembelian tiket bisa kita mulai dengan memilih kereta api antar kota atau lokal (dalam kota), kemudian pilih stasiun keberangkatan dan juga stasiun tujuannya.
  • Jangan lupa isi juga tanggal keberangkatan untuk perjalanan kita naik kereta api . Setelah semua data diisi, klik tombol pencarian dan aplikasi akan memperlihatkan hasilnya
  • Jika tersedia tiket yang sesuai data yang sudah kita isi, kita bisa memilih kursi kosong yang masih tersedia. Mau di gerbong berapa, kursi nomor berapa, sayap kanan atau kiri.
  • setelah kita pilih tempat duduk, lakukan pembayaran. Saya pilih via M-Banking biar bisa langsung dan cepat, setelah itu selesai, kita akan mendapat barcode yang bisa kita tunjukkan ke petugas di stasiun keberangkatan.

Semua tahapan cara membeli tiket kereta api Sukabumi Bogor ini berkisar 5 menitan. Lumayan cepat dan bisa dilakukan sambil rebahan saja di rumah, dapat barcode dan langsung bisa berangkat.

Kesan Naik Kereta Api Sukabumi Bogor

harga tiket kereta api sukabumi bogor

Dengan semua inovasi dari perusahaan pengelola kereta api, pelayanan kereta api saat ini sungguh jauh lebih baik dai dulu-dulu ketika awal tahun 2000-an menggunakan kereta api dengan tujuan yang sama. Tidak hanya masalah membeli tiket yang bisa online yang menyesuaikan dengan zaman serba digital saat ini, pelayanan lainnya pun lumayan memuaskan.

Perjalanan Sukabumi Bogor via kereta api yang memakan waktu sekitar 2 jam akan sangat nyaman bila ditemani dengan makanan dan juga minuman. Untuk kita yang kebetulan tidak membawa bekal makan atau minum, tenang saja, ada juga petugas khusus yang akan menjajakan makanan dan minuman di dalam kereta.

Makanan yang ditawarkan adalah jenis makanan berat dan juga makanan ringan. Untuk makanan berat ada menu nasi goreng dan juga beberapa varian mi yang bisa kita pilih. Jenis minuman yang ditawarkan pun lumayan variatif, mulai dari minuman mineral, kopi, sampai coklat hangat juga ada.

Dua jam perjalanan tanpa macet dengan pemandangan indah ala tanah Pasundan yang hijau menyejukkan menjadi perjalanan yang berkesan dengan pelayanan maksimal dari PT KAI sebagai pengelola. Pelayanan memuaskan mulai dari jajaran petugas kereta api yang ramah, jadwal tepat waktu, sampai cara beli tiket kereta api Sukabumi Bogor yang makin fleksibel dengan ragam pilihan, termasuk dengan cara online via aplikasi KAI Access.

Related Posts

19 komentar

1. Naik kereta api itu emang seru itu ya pak... Mulai dari pesan tiketnya, nyari gerbangnya terus ngobrol sama penumpang di sebelah. Apalagi kalau pemandangan sekeliling bagus, bikin nagih.... Apalagi kereta api zaman now, nyaman banget. Btw, aku paling suka makan nasi gorengnya KAI

BalasHapus
  2. Makin nyaman dan memudahkan penumpang yaa. Sudah lama rasanya gak naik kereta. Pengen sesekali nyobain rute jabar, bisa dicoba kapan-kapan kalo traveling ke Sukabumi atau Bogor.

3. Wah meski pernah stay di Sukabumi, belum pernah nih merasakan kereta Sukabumi-Bogor. Kebayang pemandangannya sekeren apa nih. Mudah juga pesannya ya. KAI emang solusi kendaraan nyaman sejauh ini sih menurutku ^^

4. Saya senang sekali melakukan perjalanan menggunakan jasa keretaapi, karena bisa jalan2 kalao kaki SDH mulai pegel dan juga jenuh. Pingin nyoba juga pakai kereta dari Bogor ke Sukabumi dan sebaliknya, pasti sepanjang perjalanan diauguhi pemandangan hijau2, nih. Tiketnya juga sangat terjangkau.

BalasHapus
  5. Waah tiket kereta skrg bisa hanya vaksin dosis 1 aja ya Pak..
    Suka sama pelayanan kai skrg, nyaman juga kereta2nya

6. Seingat saya, saya baru dua kali naik kereta, yaitu rute Cimahi-Kediri dan Cicalengka-Bandung Kota. Saat itu fasilitasnya belum sebagus sekarang dan Stasiun Garut (kota tempat saya tinggal) pun masih belum diaktifkan lagi. Semoga bisa segera merasakan lagi serunya di perjalanan tanpa macet.

BalasHapus
  7. Emang paling enak dan nyaman naik kereta api. Pemesanan tiket juga sekarang sudah mudah ya pak. Fasilitasnya juga jauh lebih nyaman.

8. Bukannya Bogor itu deket Sukabumi ya pak? Kok tiketnya mahal ya padahal waktunya cuman 2 jam.

Sekarang udah enak bisa beli tiket lewat aplikasi KAI, fasilitas juga nyaman bgt nggak kaya dulu. KAI berbenah dari waktu ke waktu. Sekarang kayanya lebih nyaman kemana mana naik kereta.

Balasan
    1. Sukabumi Bogor memang dekat, Mbak. Dulu harganya murah, tapi pelayanan kereta apinya belum maksimal. Kalau sekarang memang harganya naik berkali lipat, tapi memang pelayanan dan kenyamanannya juara sih

Hapus
  9. Sudah lama nggak naik kereta padhaal Pemandangan yang disuguhkan bagus saat naik kereta. Biasanya aku klo beli langsung di loketnya belum pernah pake app

BalasHapus
  10. Naik kereta masih dicek status vaksin covid nggak ya? pengen ngajak anakku jalan-jalan naik kereta, tetapi dia belum vaksin covid.

11. Dulu pernah antar teman yang mau pulang ke sukabumi dengan kereta ini, dulu sistemnya masih manual dan pasti antri sekali beli tiket ini. Sekarang udah bisa di akses juga ya pemesenannya di aplikasi kai jadi enak dan ga kepikiran kalau kehabisan tiket dan ketinggalan hihihi

12. Perjalanan paling nyaman emang naik kereta api. Pemesanannya juga mudah, dengan cek diaplikasi KAU access. Sepadan lah antara harga dan benefit yg di dapatkan penumpang

BalasHapus
  13. Eh aku juga suka lo bepergian pakai kereta api. Menurutku moda transportasi paling aman dan nyaman ketika punya anak balita ya si kereta api ini. Apalagi sekarang pelayanannya KAI udah jauh lebih baik daripada jaman dulu ya, dan terus berinovasi juga. Jadi makin suka pakai kereta api, hihi. Sayangnya aku belum pernah naik kereta ke Bogor atau Sukabumi. Masih sebatas Jawa Timur aja. Paling jauh cuma ke Jakarta-Bekasi. Udah.. Ahh padahal bisa sambil cuci mata lihat yang ijo2 ya Pak Yo...

14. Aku jadi tau bagian dalam yg ekonomi nih 👍. Sejak ngerasain ke Jogja naik KA eksekutif, aku jadi ketagihan mas 😁. Skr mah kalo travelingnya cuma di pulau Jawa, aku prefer KA atau mobil aja. Udah males pesawat

Ngerasain banget KA itu nyaman, ga macet, ga molor, dan makanannya juga enak kok ❤️👍.

Apalagi yg kelas luxury pun juga murah, dengan seat mirip di kelas bisnis pesawat 😄.

Tapi kapan2 cobain yg ekonomi deh, asalkan bukan perjalanan jauh lbih dari 1 jam. Kalo cuma sejam ga masalah 😁

BalasHapus
  15. Wah uda lama gak naek kereta nih. Sekarang masih diminta nunjukin kartu vaksin juga kah pak? Next holiday pengen ajak anak anak naek kereta..

Balasan
    1. Sudah dibahas Kak tentang syarat-syarat naik kereta api di atas. Sila dibaca, ya

Hapus
  16. Oh, berarti sudah otomatis terdetek via nomor KTP kita ya untuk sudah vaksin dna belumnya? Soalnya kapan hari naik kereta ga ditanya tetntang vaksin, pun pas order online ga ada isian sudah vaksin atau belum. Makasih Pak Yo