Prospek Kerja Lulusan Kursus Data Science

12 komentar
Data Science

Mengikuti kursus data science kini makin banyak diikuti oleh masyarakat usia produktif karena banyaknya manfaat dari mengikutinya, termasuk prospek kerja lulusan kursus data science yang memang banyak diperlukan di dunia kerja saat ini. Lembaga penyedia kursus data science kini banyak dicari efek dari semakin tingginya minat masyarakat untuk mengikuti kursus ini.

Sebelum membahas lebih jauh tentang prospek kerja lulusan kursus data science dan juga rekomendasi tempat kursusnya, mungkin teman-teman ada yang belum terlalu familiar dengan istilah data science ini tapi tertarik untuk mempelajarinya. Untuk itu, kita akan bahas terlebih dahulu apa itu data science dan juga manfaat yang bisa kita rasakan dalam hidup di era digital seperti saat ini.

Apa itu Data Science?

Dewasa ini kita mulai beradaptasi dengan teknologi kecerdasan buatan, di mana kecerdasan buatan ini sudah terasa penggunaannya di banyak bidang dalam kehidupan kita. Kecerdasan buatan berkorelasi dengan data science, di mana kecerdasan buatan adalah hasil dari mengolah data, teks, gambar, audio, video, dan yang lainnya.

Pengolahan berbagai data biasanya menggunakan algoritma pembelajaran mesin atau machine learning. Di sinilah benang merah data science dalam hal pengaplikasiannya, sehingga kita dapat memahami apa makna data science

Data Science adalah ilmu yang menggabungkan sebuah kemahiran di bidang ilmu tertentu dengan keahlian pemrograman, matematika, dan juga statistik. Tujuannya adalah untuk mengekstrak sebuah pengetahuan dan atau informasi dari data yang kita olah.

Dari definisi data science kita dapat simpulkan bahwa keberadaan data science sangat penting, apalagi di dunia kerja. Karena pekerjaan saat ini banyak tergantung pada pengolahan data.

Dengan pengolahan data yang baik, perusahaan akan mempunyai strategi tentang langkah-langkah apa saja yang harus diambil agar dapat menjalankan performa perusahaan secara efektif dan efisien agar perusahaan bisa mendapat keuntungan semaksimal mungkin. Dari sinilah perusahaan akan merekrut ahli data science yang bisa menunjang perusahaan dalam mengolah, bahkan dengan gaji yang fantastis agar bisa menunjang performa perusahaan.

4 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Kursus Data Science

Dengan banyaknya kebutuhan industri atau perusahaan terhadap para ahli data science, maka kecenderungan peningkatan kebutuhan terhadap lulusan data science ini selalu meningkat pertahunnya. Dengan demikian, peluang lulusan data science di dunia kerja memang sangat menjanjikan dengan ragam posisi yang beragam dan tawaran gaji yang luar biasa.

Kursus Data Science

Menurut World Economic Forum, ahli data science termasuk 10 pekerjaan yang sangat banyak dibutuhkan pada tahun 2022 dan cenderung memperlihatkan indikasi peningkatan di tahun 2023. Lalu apa saja prospek kerja seorang ahli data science?, berikut beberapa prospek kerja lulusan kursus data science

1. Data Scientist

Seorang Data Scientist biasanya bekerja secara tim. Tugas pokoknya adalah mengumpulkan data dan informasi.

Informasi dan data yang terkumpul dari data scientist biasanya digunakan dalam menganalisa dan mengidentifikasi peluang baru dalam bisnis. Pada tahap selanjutnya, data dan informasi ini juga digunakan untuk dijadikan dasar dalam mencari solusi dalam mengembangkan sebuah usaha.

Gaji rata-rata seorang Data Scientist pemula menurut indeed.com berkisar antara 7-8 juta. Gaji Data Scientist biasanya mengalami kenaikan yang signifikan berdasarkan pengalaman kerja dan prestasi yang dimiliki.

2. Data Engineer

Data Engineer adalah pekerjaan yang berhubungan dengan informasi dan data yang diolah dengan keterampilan teknis dalam bidang informasi teknologi atau IT. Hasil olahan data dari Data Engineer menghasilkan informasi dan data akurat yang nantinya digunakan untuk membuat analisa dan keputusan-keputusan strategis perusahaan.

Untuk dapat memahami tugas dasar dari seorang Data Engineer, ia haruslah orang yang paham bahasa pemrograman dasar, database, dan kemampuan logis. Beberapa keahlian yang umumnya harus dimiliki oleh seorang Data Engineer seperti bahasa pemrograman SQL atau Structured Query Language , Python, C++ dan platform cloud computing seperti Google Cloud Platform (GCP), AWS, dan Microsoft Azure.

Gaji pemula seorang Data Engineer berkisar antara 4-6 juta dan biasanya meningkat sampai dua digit yang rata-rata berkisar 11 juta jika kita mampu memperlihatkan prestasi selama masa kerja. Gaji seorang Data Engineer kemungkinan akan terus meningkat seiring dengan pengalaman kerja dan juga kinerjanya.

3. Business Intelligence

Prospek kerja selanjutnya di bidang Data Science adalah Business Intelligence. Seorang Business Intelligence adalah sosok yang bertanggung jawab dalam membuat metode analisis informasi yang berhubungan dengan bisnis perusahaan.

Pekerjaan seorang Business Intelligence berhubungan dengan kumpulan data dan informasi yang selanjutnya akan dikonversi menjadi inovasi dan terobosan-terobosan baru dalam mengembangkan bisnis perusahaan. Posisi Business Intelligence ini sangat krusial dalam sebuah perusahaan, karena selain menganalisa data, ia juga harus memiliki kemampuan dalam memaparkan hasil analisanya.

Rata-rata gaji seorang Business Intelligence di Indonesia berkisar 10 juta di awal berkarir dan bisa berkembang sampai 30 juta sesuai kinerja dan juga pengalaman kerja yang dimiliki.

4. Data Analyst

Data Analyst adalah pekerjaan yang berhubungan dengan penelitian informasi dengan menggunakan alat analisis data. Fakta dan tren dari hasil olahan data dari Data Analyst dapat digunakan untuk perusahaan dalam membuat keputusan penting dalam mengembangkan bisnisnya.

Data yang telah dianalisa oleh Data Analyst haruslah data yang dapat dipahami oleh manajemen perusahaan. Selanjutnya, dengan hasil data dari data analyst, manajemen perusahaan dapat membuat keputusan dalam hal yang berhubungan dengan hasil olahan datanya seperti pemasaran, penjualan, tren konsumen, dan lain sebagainya.

Untuk dapat menjadi seorang Data Analyst, teman-teman haruslah orang yang tertarik dengan Matematika, Fungsi Aljabar, dan juga dapat bekerja sebagai tim. Dari kemampuan seorang Data Analyst, kisaran gaji yang akan didapatnya berkisar antara 4-7 juta.

GreatNusa, Rekomendasi Tempat Kursus Data Science

GreatNusa

Saat ini banyak perusahaan yang sudah tidak terlalu mengutamakan titel kesarjanaan ketika melamar pekerjaan di bidang data science. Yang terutama adalah skill atau kemampuan di bidang data science ini.

Untuk menguatkan kemampuan dalam bidang data science, salah satu jalan yang bisa kita lakukan adalah mengikuti kursus data science. Ada banyak pilihan tempat kursus data science seiring dengan banyaknya peminat yang mengikutinya.

Salah satu rekomendasi tempat kursus data science terbaik adalah GreatNusa. GreatNusa adalah portal pembelajaran online, sehingga materi dapat disimak dimanapun dan kapanpun.

Salah satu yang hebat dari Great Nusa adalah akses materi terdapat yang gratis maupun berbayar. Materi-materi di GreatNusa ini dapat diakses baik melalui website maupun aplikasi GreatNusa.

Beberapa alasan lain kenapa GreatNusa dapat dijadikan pilihan sebagai tempat kursus data Science adalah karena GreatNusa memiliki nilai-nilai perusahaan yang HEBAT, yaitu Harmonis, Ekselen, Berani, Amanah, dan Tangguh. Penjabaran nilai HEBAT ini bisa dijabarkan menjadi:

  • GreatNusa berkolaborasi dengan para mitra dan juga pemangku kepentingan untuk menjawab kebutuhan dan mendukung profesi
  • GreatNusa berkomitmen untuk memberikan materi pembelajaran terbaik dan berkualitas sesuai kebutuhan industri
  • GreatNusa selalu beradaptasi dengan cepat dalam menanggapi perubahan dunia usaha agar skill yang dimiliki dapat sesuai dengan aspirasi yang dibutuhkan perusahaan
  • GreatNusa berkomitmen untuk sepenuh hati dalam memberikan layanan terbaik dan akan terus melakukan perbaikan untuk menjadi yang terbaik
  • GreatNusa selalu berusaha menjadi jawaban untuk setiap permasalahan dengan terus melakukan inovasi berkelanjutan

Materi Yang akan Didapatkan dalam Kursus Data Science di GreatNusa

Ketika bergabung dengan GreatNusa, kita bisa memilih kursus gratis maupun berbayar. Keduanya memberikan ilmu-ilmu yang mumpuni mulai dari dasar sampai tingkat lanjutan data science.

Untuk yang berbayar sendiri, kita cukup membayar Rp 189.900 dan akan mendapatkan banyak keuntungan di Kursus Data Science ini, seperti akses kursus selama 12 bulan dalam Bahasa Indonesia, kursus terdiri dari 2 sesi yang dibimbing oleh mitra pengajar dari Binus University , dan setelah selesai mengikuti seluruh rangkaiannya akan mendapatkan sertifikat kelulusan.

Adapun materi dalam kursus data science diantaranya:

  • Pengenalan Data Science
  • Machine Learning
  • Demonstrasi Data Science dengan Python

Gambaran materi kursus data science di GreatNusa adalah kita akan mendapatkan pengetahuan dasar mengenai praktik data science dengan menggunakan Python. Materi data science di GreatNusa akan disesuaikan kebutuhan data science dengan Python.

Selanjutnya, secara bertahap materi tentang langkah-langkah membuat data science dengan Python akan disampaikan dengan sistem hands-on atau experimental education sehingga kita dapat menggali informasi, beraktivitas, bertanya, menemukan dan menyimpulkan materi kursus dan pada akhirnya kita bisa dengan mudah memvisualisasikan data menggunakan Python menjadi data yang komprehensif sesuai kebutuhan dunia kerja.

Untuk teman-teman yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang kursus data science di GreatNusa, bisa menghubungi di aplikasi chat GreatNusa di jam operasional Senin sampai Jumat, mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB, atau kalau mau menghubungi diluar jam operasional, kita bisa berkirim surel ke alamat kontak@greatnusa.com.

Yuk, bersiap menghadapi dunia kerja di era digital dengan segala potensi skill yang kita miliki. Dan terus upgrade skill yang kita miliki termasuk dalam bidang data science dengan bergabung bersama GreatNusa untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan terbaik di kursus data science GreatNusa.

Related Posts

12 komentar

  1. ternyata ada tempat kursus untuk belajar data science yaa.. aku baru tau tempat kursus GreatNusa ini. belum familier sih, hehe.. terimakasih informasinya ^^

    BalasHapus
  2. Menghadapi persaingan kerja sekarang memang susah. Butuh skill dan kemampuan tinggi untuk bisa menjalankan usaha atau pekerjaan. Ambil kursus di Great Nusa, belajar data science dan sebagainya bisa jadi jalan untuk bisa berkarier lebih bagus ya ke depannya

    BalasHapus
  3. berkaitan dengan data ini ternyata peluang kerjanya juga beragam. yang penting punya penguasaan ilmu yang mantap, sehingga siap kerja

    BalasHapus
  4. Data science emg jd profesi paling bergengsi dan dicari saat ini. Bahkan meski sudah menjamur pemakaian tren artificial intelligence.

    GreatNusa ternyata terjangkau bgt ya kak kursusnya. Apalagi mentornya bukan kaleng2 lg, dari universitas ternama yg biasa menghasilkan lulusan berkualitas.

    BalasHapus
  5. GreatNusa seolah menjawab kebutuhan industri teknologi masa kini atas berbagai tenaga ahli ya. Asik banget nih kelasnya bisa diambil secara daring dan belajarnya pun bisa dimana saja dan kapan saja.

    BalasHapus
  6. Inovatif ya Great Nusa ngadain kursus data science. Soalnya ngolah data saintic itu nggak main2, gak asal bikim grafik trus udah, ada analisisnya juga

    BalasHapus
  7. Skill atau kemampuan di bidang data science ini masih terbilang jarang ya.. Karena kini fokusnya pada media digital, maka semua data analisis ini menjadi penting untuk diolah agar bisa menyimpulkan langkah selanjutnya.
    Salut banget kini bisa belajar di tempat kursus GreatNusa.

    BalasHapus
  8. Keren juga ya lulusan data science ini dan bisa kursus aja di GreatNusa. Memang kita bisa dapat ilmu dari mana aja ya, termasuk dari tempat kursus pun.

    BalasHapus
  9. menarik juga yaa prospeknya kalau kita punya skill data science ini, cukup menggiurkan deh rasanya liat perkiraan incomenya tuh

    BalasHapus
  10. Pastinya banyak membutuhkan skill seperti ini
    Karena di setiap bidang data science juga jadi patokan
    Ah, jadi penasaran sama GreatNusa

    BalasHapus
  11. data science lagi banyak diminati ya, apalagi prospek ke depannya juga cukup banyak ya dan akan selalu dibutuhkan nih seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Kursus di GreatNusa bisa jadi pilihan yang tepat ya kalau mau belajar tentang data science apalagi biaya kursusnya itu masih worth it lah ya.

    BalasHapus
  12. Melihat prospek kerjanya emang kayaknya menarik sih mendalam tentang data science. Tapi urusan belajarnya itu yang rumit. Ada GreatNusa emang keren nih.

    BalasHapus

Posting Komentar