Bangun Cottage untuk Masa Pensiun dengan Investasi Obligasi

31 komentar

investasi obligasi
Menikmati masa pensiun dengan kembali ke kampung halaman, merupakan impian banyak orang. Membangun cottage di kota lahir dapat menjadi ide yang menarik. Persiapkan dana untuk membangun cottage yang nyaman, dengan memilih jenis Obligasi yang tepat.

Memilih produk Obligasi yang memiliki prospek keuntungan menjanjikan. Dalam kurun waktu 5 tahun Anda sudah bisa membangun cottage pribadi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Mengapa Memilih Cottage?

Setiap orang mempunyai cara masing-masing bagaimana rencana untuk mengisi masa depan. Mungkin ada yang berencana liburan ke Labuan Bajo, atau ada juga mungkin yang akan membangun cottage.

Cottage identik dengan hunian sederhana, ukuran banguan tidak terlalu besar. Memiliki kesan tradisional dan menyatu dengan alam. Konsep ini mengakar dari asal mula cottage sebagai sebutan untuk rumah milik petani di Inggris.

Disebut sederhana karena ukuran bangunan memang lebih mungil dari rumah tinggal. Namun untuk desain eksterior dan interiornya, Anda bebas melakukan kreasi apa pun. Anda dapat membuat cottage modern dengan sentuhan klasik atau membuat rumah bergaya minimalis.

Cottage biasa dibangun di wilayah pedesaan atau pinggiran kota yang jauh dari keramaian. Cottage juga sering disebut pondok wisata. Anda dapat menggunakan cottage sebagai rumah peristirahatan atau tempat menetap saat masuk masa pensiun.

Membangun cottage tidak ubahnya membangun rumah. Anda memerlukan dana yang cukup besar untuk merealisasikannya. Supaya tidak mengganggu dan pensiun, sebaiknya persiapkan dana khusus. Anda dapat menambah instrumen investasi yang berbeda. Salah satunya bisa dengan Investasi Obligasi.

Referensi Cottage Untuk Masa Pensiun

Rancang sendiri pondok wisata atau hunian dengan gaya cottage untuk masa pensiun Anda. Karakteristik dari cottage adalah bergaya tradisional, dengan struktur bangunan terdiri dari satu atau dua lantai, dan luas bangunan lebih kecil. Berikut ini referensi desain untuk cottage:

Cottage dengan Halaman Luas

Ukuran bangunan cottage memang lebih kecil, tapi Anda bisa menambah halaman luas di depan rumah. Hiasi dengan pohon dan beberapa jenis tanaman. Tambahkan juga kursi dan meja taman untuk tempat bersantai. Kemudian kelilingi rumah dengan pagar kayu khas pedesaan

Area halaman ini bisa menjadi tempat Anda menjalankan hobi bercocok tanam, atau bersantai sambil minum teh. Halaman rumah juga nantinya bisa Anda gunakan untuk bermain bersama cucu.

Rumah Khas Pedesaan

Anda bisa membangun rumah bergaya cottage khas pedesaan. Menggunakan banyak material kayu dan batu, mengingatkan Anda dengan rumah di pedesaan yang sederhana namun nyaman.

Hadirkan pula sentuhan khas pedesaan di dalam rumah. Pemilihan interior, furnitur dan perabotan bisa disesuaikan. Atur ventilasi agar udara di dalam ruangan tetap sejuk. Anda akan merasa sedang berada di pedesaan meskipun rumah yang Anda bangun berlokasi di wilayah perkotaan.

Rumah Pondok Dekat Pegunungan

Bangun pondok wisata dengan latar pegunungan yang asri. Sehingga Anda bisa menikmati pemandangan yang cantik dari balkon rumah. Pilih lokasi yang strategis untuk memperoleh pemandangan alam yang menenangkan.

Anda dapat membangun cottage di dekat pematang sawah, dengan sungai mengalir di sampingnya, serta pegunungan yang rimbun di belakangnya. Udaranya masih bersih, tidak ada suara bising kendaraan. Namun saat malam tiba, suasana akan diramaikan oleh suara jangkrik dan kodok.

Cottage dengan Kolam Renang

Anda dapat membuat cottage dengan kolam renang yang tidak terlalu dalam. Tujuannya untuk menjadi tempat para cucu bermain air. Buat cottage dengan rancangan bangunan yang lebih terbuka, untuk memperlancar sirkulasi udara.

cara investasi obligasi

Cara Memaksimalkan Investasi Obligasi Untuk Membangun Cottage

Dana yang teman-teman siapkan terpisah untuk membangun cottage bisa disimpan dalam investasi jenis Obligasi untuk jangka waktu beberapa tahun. Sebelum sampai ke masa jatuh tempo, kita akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk kupon bunga Obligasi.

Obligasi merupakan instrumen yang minim risiko. Terutama jika teman-teman memilih untuk  membeli Obligasi Pemerintah yang pengembalian nilai pokok terjamin aman. Namun imbal hasilnya relatif lebih rendah dari jenis investasi dengan risiko tinggi.

Meski begitu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keuntungan dari Obligasi, di antaranya:

Pilih Obligasi dengan Jangka Waktu yang Cukup Lama

Misalnya 5 sampai 10 tahun. Karena Obligasi dengan masa waktu yang lebih lama cenderung memberikan bunga yang lebih besar.

Pilih jenis Obligasi yang Memiliki Prospek Potensial

Agar kinerjanya terjamin lebih bagus, yaitu dengan memperhatikan peringkat Obligasi atau disebut juga dengan peringkat kredit.

Temukan penerbit Obligasi dengan peringkat kredit lebih tinggi. Karena hal tersebut menandakan kemampuan negara atau korporasi membayar kembali pokok dan bunga Obligasi.

Jual Obligasi di Pasar Sekunder

Selain melalui kupon, Anda juga dapat memperoleh keuntungan dari hasil penjualan Obligasi di pasar sekunder. Bila Anda menjual Obligasi dengan harga yang lebih tinggi daripada harga saat membeli, Anda akan mendapatkan capital gain.

Investasi Obligasi untuk Bangun Cottage Impian

Bila Anda tertarik untuk menyiapkan dana membangun cottage masa pensiun dengan Obligasi, DBS Treasures menawarkan kemudahan berinvestasi. Anda dapat memilih jenis Obligasi yang memiliki potensi menguntungkan sebagai berikut:

Kupon Reguler

Kupon reguler dibayarkan secara berkala selama periode investasi oleh penerbit Obligasi.

Potensi Capital Gain

Beberapa produk Obligasi bisa dijual di pasar sekunder kapanpun sebelum jatuh tempo. Anda bisa memperoleh keuntungan dari harga Obligasi yang naik.

Kupon Kompetitif

Kupon kompetitif dengan nilai di atas rata-rata bunga deposito

Tanpa Biaya Tambahan

Biaya yang keluar hanya berupa spread, yaitu selisih harga jual dengan harga beli

Transaksi Kapan pun 24/7

Bisa transaksi kapan pun melalui Aplikasi digibank by DBS. 

Dengan menempatkan dana Anda mulai dari Rp500 juta, Anda berkesempatan meningkatkan aset untuk membangun cottage impian. Dapatkan pula wawasan terkurasi untuk memandu Anda berinvestasi. Didukung tim ahli finansial yang mengomunikasikan analisa pasar serta peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Nasabah, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).  Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Kunjungi halaman berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds untuk informasi lebih lengkap tentang investasi obligasi.

Produk perbankan DBS lainnya juga banyak yang bisa kita gunakan, seperti adanya Remittance digibank by DBS untuk mentransfer uang ke luar negeri, atau juga ada kartu kredit digital Digibank untuk kebutuhan lifestyle kita.

Related Posts

31 komentar

  1. Wah, menarik ini insight-nya Pak, membangun cottage dari hasil investasi obligasi. Memang berinvestasi melalui obligasi pemerintah ini imbal hasilnya rendah ya, tapi sebanding dengan ketenangan hati yang didapat. Soalnya saya tipe yang mudah panik kalau berinvestasi dengan profil risiko tinggi, hehehe.
    Btw kalau saya impiannya nanti saat pensiun sudah punya beberapa rumah kos di area strategis dekat kampus terkenal. Harapannya dapat pasif income untuk masa tua nanti, hehe. Aamiin...

    BalasHapus
  2. Pengen banget punya cottage yang bisa di tempati saat usia sudah menua, apalagi jika ada di pedesaan biar adem dan tenang. Jadi tertarik pengen punya obligasi setelah baca artikel ini

    BalasHapus
  3. kudu 500 juta dulu ya dananya kak haha menarik memang sih kalau punya cottage sendiri untuk hari tua yaa karena sudah pasti nyaman untuk dihuni

    BalasHapus
  4. Obligasi ini emang pilihan instrumen investasi tepat buat jangka menengah panjang sih. Aku jg pgn bangun cottage di desa. Kayaknya org2 nanti bakal nostagia suasana kampung di desa deh. Ntr mau bikin cottage dgn view sawah.

    BalasHapus
  5. Bangun pondok wisata dengan nuansa pegunungan tuh impian banget sih Pak. Kayanya emang obligasi bisa jadi instrumen investasi pilihan buat membangun cottage impian.

    BalasHapus
  6. Menarik juga ya menikmati masa pensiun di cottage sederhana. Sayangnya sekarang nyari tempat ijo-ijo gitu rada susah. Udah sumpek semua.

    BalasHapus
  7. punya cottage untuk hari tua kayaknya asyik juga ya Mas, terus pas hari Raya, anak-anak dan cucu pada ngumpul di cottage buat liburan bersama. Menarik ini untuk jadi motivasi setelah gak masa produktif lagi ya.

    BalasHapus
  8. Tinggal di cottage di masa tua itu memang impian yang menyenangkan. Tinggal di rumah yang sederhana dengan halaman luas di masa yang tidak produktif lagi, pastinya lebih nyaman. Apalagi kalau lokasinya di tempat yang masih asri, udaranya pasti sejuuk.

    BalasHapus
  9. Senangnyaaa kalau punya dan tinggal di cottage seperti itu. Idaman banget. Rumah mungil, halaman luas, duit ada. Hehe.... Tinggal menikmati masa tua, nggak perlu kerja banting tulang lagi.

    BalasHapus
  10. Bangun cottage untuk tempat refreshing keluarga emang nyaman banget pilih suasana pedesaan. Kayak tenteram aja gitu ya.

    BalasHapus
  11. Membangun rumah istirahat di perkampungan ide saya banget. Lahan sudah ada, secara kami memang tinggal di pedesaan. Cuma ya butuh modal juga buat merealisasikannya. Gak kepikiran pakai dulu investasi obligasi

    BalasHapus
  12. Berarti makin lama obligasinya, bisa dapat keuntungan besar ya buat kitanya.
    Nanti coba baca-baca lagi deh, biar makin paham tentang obligasi, siapa tahu tertarik buat memulai

    BalasHapus
  13. Obligasi ini bisa jadi pilihan investasi kita ya buat masa tua. Tapi setahuku perlu dana yang cukup besar kalau mau investasi di obligasi ini

    BalasHapus
  14. Mau banget sih bisa punya satu buah cottage ya untuk investasi ke depannya juga nih.

    BalasHapus
  15. Cita-citaku juga nih beli cottage di pedesaan atau kota yang asri buat hari tua nanti.

    BalasHapus
  16. Obligasi bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang menguntungkan ya
    Nanti hasilnya bisa dibuat bangun cottage

    BalasHapus
  17. Dan saya bermimpi suatu saat punya cottage di pedesaan dengan halaman yang luas. Ditanami aneka tanaman biar sejuk. Huh, indahnya hidup.

    Kudu rajin investasi nih mulai sekarsng, biar bisa mewujudkan mimpi. Obligasi bisa jadi salah satu pilihan yang trpat nih.

    BalasHapus
  18. Bisa dimulai dari sekarnag dong untuk investasi obligasi biar nanti usia pensiun sudah ada sumber capital. Bisa mewujudkan impian juga

    BalasHapus
  19. Mantap banget, ya. menghabiskan hari tua di kampung halaman, terus tinggal di lingkungan hijau dekat alamm dengan nuansa cottage.
    Makanya dari sekarang harus mempersiapkan masa pensiun. Salah satunya dengan investasi. Nah, obligasi ini juga bisa, karena investasi sangat aman yang merupakan surat negara. Jadi akan merasa tenang karena sudah ada jaminan dana untuk masa pensiun nanti.

    BalasHapus
  20. Investasi masa depan yg cerah sih klo pilih dunia hospitality.. udah gitu wisata masih jd tujuan utama yg takmlekang oleh waktu. Harus bener2 dipikirin mau investasi masa depan

    BalasHapus
  21. Impian banyak semua orang ini kak, setelah pensiun menikmati usia tua dengan memiliki cottage, bismillah ya

    BalasHapus
  22. masyaAllaah ini impian banget sih yaa punya cottage, pengen juga punya kayak gituuu wkwkwkwkw

    BalasHapus
  23. Menarik ya punya cottage dimasa tua ini. Impian ku juga sih, membayangkan punya cottage di pedesaan duh adem banget sih.

    BalasHapus
  24. Salah satu dream saya n suami nih,, invest bikin cottage di tepi Danau Toba aduduh udah ada stepnya ya di DBS Treasures, tinggal ikuut.

    BalasHapus
  25. Wah, kalau saya impiannya boyong keluarga ke cottage dulu aja deh, hehehe, udah lama banget gak nginep di tempat peristirahatan begini. Dulu jaman muda sempat kerja di cottage. Sempat bercita-cita pengin punya hunian model cottage gitu, tapi modalnya gede euy. Buat yg minat bisnis udah ada jalannya tuh lewat DBS.

    BalasHapus
  26. Wah bisa dibayangin betapa nyamannya tinggal di cottage ketika tua nanti. Dan ternyata memang gak ada yang gak mungkin yaa asalkan kita usaha maksimal, apalagi kalau umur sekarang masih muda.

    BalasHapus
  27. Rasanya liat hunian tipe cottage ini terlihat asri bgt ya, apalagi jika dibangun di daerah wisata.

    BalasHapus
  28. kalau mau investasi obligasi, emang harus pake uang dingin (banget) sih yaa, ga boleh diutak atik dalam jangka panjang, masa panen nya panjaaanngg

    BalasHapus
  29. impian banget nih punya cottage, tapi gak mau nunggu masa pensiun, hahahaha. insyallah ya kalau ada mimpi ada langkah apalagi sekarang bisa investasi Obligasi buat dapat modal bikin cottage

    BalasHapus
  30. siapa sih ya yang gak mau nikmatin pensiun dengan cottage yang indah banget kayak gitu. harus cari duit yang banyak ya dari sekarang supaya bisa investasi

    BalasHapus
  31. Impian banget memiliki rumah impian untuk hari tua di kota kecil.
    Perencanaan dan impian memang kudu seiring sejalan agar tujuan keuangan bisa tercapai.

    BalasHapus

Posting Komentar