Menimba Ilmu di Silwil ke-2 FLP Jawa Barat

16 komentar
silwil FLP

Setelah sekian lama bertemu via online, akhirnya bisa bertemu juga dengan teman-teman pegiat literasi di Forum Lingkar Pena secara tatap muka langsung di acara Silwil ke-2 FLP Jawa Barat. Silwil sendiri adalah singkatan dari Silaturahmi Wilayah, yang mana acara ini adalah salah satu program kerja yang ada di Forum Lingkar Pena.

Di acara Silwil ke-2 FLP Jawa Barat kali ini, kebetulan acaranya diadakan di Kota Sukabumi. So, masa sebagai orang Sukabumi tidak ikut di acara ini ketika teman-teman dari kota kabupaten lain di Jawa Barat pada semangat datang untuk menghadirinya.

Acara Silaturahmi ini adalah acara offline perdana yang saya ikuti dengan teman-teman FLP Sukabumi. Senang sekali bisa mengikutinya, selain banyak insight di acara silwil ini, sekaligus bisa silaturahmi juga dengan teman-teman pegiat literasi di Kota maupun Kabupaten Sukabumi, serta bertemu dengan akang teteh FLP se Jawa Barat.

Seperti reuni, bisa bertemu dengan Teh Vina Sri. Beliau adalah kakak kelas sewaktu SMA. Kita sama-sama di ekstrakurikuler literasi, Himpunan Pelajar Pecinta Perpustakaan (HP-3).

Bertemu juga dengan Sang Guru, Teh Ivieth. Nama Aslinya Savitri Mutia. Kenal pertama kali dengan beliau ketika belajar di Kelas Menulis Perpustakaan (KMP) Daerah Kabupaten Sukabumi, di mana beliau menjadi mentornya.

Ada juga Kang Sulaeman Daud, ketua FLP Kabupaten Sukabumi. Kita sama-sama juga di organisasi literasi Komunitas One Day One Post (ODOP).

Rangkaian Acara Silwil ke-2 FLP Jawa Barat

Silaturahmi Wilayah ke-2 FLP Jawa Barat ini diadakan pada hari Sabtu-Ahad, 2-3 Juli 2022 di Wisma PGRI Kota Sukabumi. Acara yang diadakan selama 2 hari ini diisi dengan banyak acara, mulai dari bedah buku, kreasi literasi, sampai jalan-jalan menjelajah Kota Sukabumi.

Pembukaan Silwil ke-2 FLP Jawa Barat

Acara Silwil FLP dibuka pada Sabtu, 2 Juli 2022 sekitar pukul 13.00 WIB. Acara yang diketuai oleh kang Sulaeman Daud dari FLP Kabupaten Sukabumi ini juga dihadiri oleh ketua FLP Jawa Barat, Kang HD Gumilang dan perwakilan dari Walikota Sukabumi.

pembukaan silwil

Dalam Sambutan yang dibacakan oleh Pustakawan, ibu Nike Siti Rahayu, Walikota Sukabumi mengucapkan

Selamat datang di Kota Sukabumi, kota sejuta cerita, sejuta cinta

Hwah, suka dengan kalimat sambutannya. Walau pun asli orang Sukabumi, tapi memang benar, Sukabumi adalah tempat yang selalu membuat jatuh cinta.

Selain membacakan sambutan Walikota, Ibu Nike Siti Rahayu juga membuka acara silaturahmi wilayah FLP  ini secara resmi. Dengan diresmikannya oleh beliau, maka dimulailah rangkaian acara silaturahmi wilayah ini dengan mengusung tema 

Melangitkan Cita Abadi, Membumikan Literasi

Bedah Buku Terjebak di Markas Rahasia

bedah buku silwil FLP

Setelah selesai pembukaan, acara langsung dilanjutkan dengan dengan bedah buku dengan judul Terjebak di Markas Rahasia karya Eika Vio. Hadir sebagai narasumber dalam bedah buku ini adalah penulis dari novel petualangan ini sendiri, teh Eika Vio dengan dimoderatori oleh teh Vina Sri.

Novel Terjebak di Markas Rahasia adalah novel yang menjadi juara 2 di kompetisi menulis Indiva Publishing untuk kategori novel anak. Kelebihan dari novel ini adalah membawa tema time traveller, sejarah, dan juga kearifan lokal yang dikemas dengan ciamik sehingga bisa dibaca oleh kalangan anak-anak tanpa harus mengernyitkan dahi.

Walaupun novel ini kategorinya untuk anak-anak, ternyata di lapangan banyak juga yang membeli buku ini dari usia-usia di atasnya, mulai dari remaja, sampai orang tua. Hal ini mungkin karena tema yang diangkatnya sangat unik sehingga bisa dinikmati oleh segala usia.

Di bedah buku ini, Teh Eika Vio juga membagikan tips untuk para penulis yang mengikuti lomba-lomba kepenulisan, bagaimana agar menarik perhatian para juri dengan tulisan kita. Tips yang ia bagikan berdasarkan pengalaman pribadinya ketika mengikuti kompetisi menulis Indiva, sampai akhirnya ia dinobatkan menjadi juara 2 di event tersebut.

Talkshow Proses kreatif Menjadi Penulis Media Nasional

panji pratama

Selesai acara bedah buku Terjebak di Markas Rahasia, acara rehat sejenak untuk melaksanakan salat asar. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan talkshow.

Hadir dalam acara talkshow ini adalah seorang sahabat, penulis hebat dari Sukabumi, Kang Panji Pratama. Alhamdulillah, bisa bertemu dengan beliau setelah sekian lama.

Pertama kali bertemu dengan Kang Panji adalah di momen acara Anti Corruption Champion yang diadakan oleh dompet Dhuafa yang diadakan pada tahun 2017. Bertemu di acara tersebut dan ternyata sama-sama dari Sukabumi.

Kang Panji dikenal dengan tulisan-tulisannya yang luar biasa. Salah satu prestasi mencengangkannya adalah menjuarai lomba penulisan novel dan webtoon yang diadakan oleh Kwikku. Dalam kompetisi tersebut, Kang Panji Prata berada di posisi 2 dengan novelnya yang berjudul Perkamen Sanada.

Ajang yang diadakan Kwikku ini terbilang luar biasa karena berhadiah fantastis. Untuk juara pertamanya berhak mendapat 200 juta, sedang juara kedua 50 juta.

Yang juga luar biasa adalah deretan juri dalam kompetisi ini adalah sosok-sosok penulis Nasional Indonesia seperti Dee lestari dan Ahmad Fuadi. Dua orang yang terkenal tulisannya dengan novel-novel best seller.

Dalam Talkshow yang berlangsung sampai waktu maghrib ini, Kang Panji banyak memberikan ilmu-ilmunya bagaimana kita untuk menjadi penulis baik di media-media nasional maupun di aplikasi-aplikasi digital. Saat ini memang tak bisa dipungkiri banyak sekali aplikasi-aplikasi bacaan yang menawarkan untuk bekerja sama dengan para penulis untuk menulis di aplikasinya.

talkshow FLP

Di akhir acara, Kang panji membagikan kenang-kenangan kepada teman-teman yang bertanya di sesi tanya jawab talkshow. Salah satunya ada yang mendapat bukunya beliau, wiih.. beruntung banget.

Bincang Seputar Blog

Acara direhatkan setelah talkshow Kang Panji Pratama. Waktu rehat digunakan untuk salat magrib, makan malam, sampai salat isya.

Bincang Seputar Blog

Selepas isya, acara dilanjutkan dengan Bincang Seputar Blog yang dipandu oleh Kang Sulaeman Daud, ketua FLP Kabupaten Sukabumi yang juga menjadi ketua panitia di acara Silwil FLP Jabar ini. Sebagai narasumber, hadir kang Aswi, sesepuh FLP Jawa Barat yang juga aktif sebagai blogger.

Kang Aswi adalah Travel Blogger yang juga sudah mempunyai banyak pengalaman di dunia literasi. Ia sudah menerbitkan lebih kurang 45 buku dengan banyak ragam, mulai dari antologi cerpen, kumpulan cerpen, novel, komik, sampai buku non fiksi.

Acara semakin meriah dengan tampilnya stand up comedy dari salah satu anggota FLP, Aa Boy. Lumayan menghangatkan suasana Sukabumi yang memang terkenal dengan dinginnya.

Eksplorasi Kota Sukabumi

Di hari kedua, sayang banget tidak bisa mengikuti kegiatan Silwil ini karena ada kegiatan keluarga yang tak bisa ditinggalkan. Tetapi senang rasanya melihat gambar-gambar dokumentasi teman-teman yang menjelajah kota Sukabumi pada Ahad, 3 Juli 2023.

jelajah sukabumi

Acara Eksplorasi Kota Sukabumi ini dimulai dari Lapang Merdeka Kota Sukabumi dengan wajah barunya yang memang baru juga diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Acara dilanjutkan dengan menggunakan mobil wisata dari pemerintah Kota Sukabumi yang dikenal dengan Bandros.

mobil bandros

Titik-titik jelajah yang didatangi oleh teman-teman FLP se-Jawa Barat adalah

  • Tugu Kota Sukabumi
  • Pusat oleh-oleh Moci Kaswari
  • Gedung Widaria Kencana (GWK) Sukabumi

Terima Kasih Keluarga Besar FLP

FLP Jawa barat

Terima kasih kepada seluruh akang teteh yang terlibat di acara silaturahmi wilayah FLP ke-2 Jawa Barat. Banyak ilmu, insight, pengalaman, dan persaudaraan selama mengikuti acara perdana saya pribadi bersama FLP.

Semoga ke depan semakin dapat aktif bersama teman-teman pegiat literasi untuk dapat membumikannya, sesuai dengan tema yang diusung di silwil. Semoga juga semakin terjaga ikatan silaturahmi antar anggota FLP, baik di tingkat kota kabupaten, Provinsi, sampai Nasional.

Note:
Seluruh gambar dokumentasi silwil hasil jepretan Kang Haris

Related Posts

16 komentar

  1. senangnya sesama pecinta menulis bisa sharing ilmu dan pengalaman dengan banyak orang hebat. Mbul sih oenasaran dengan novel yang terjebak di ruang rahasia, kalau genrenya pengalaman emang seru. Kalau ngomongin sukabumi mah emang syahdu. Aku aja tiap liat youtube pedesaan masak masak yang dari oedesaan di sukabumi rasanya adem ayem banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Novel terjebak di markas rahasia emanag keren, Mbul. Walau novel anak-anak, tetap enak dibaca oleh segala umur, lho.
      Yuk, main ke Sukabumi, Mbul. Betul banget, suasana pedesaannya emang adem plus dingin beut

      Hapus
  2. Wow, seru banget ya Pak, bisa ketemuan langsung sama pegiat literasi dalam Forum Lingkar Pena. Berkumpul, berdiskusi dengan teman-teman sefrekuensi itu rasanya seneng banget. Semoga bermanfaat ya silaturahimnya...

    BalasHapus
  3. Wah,FLP long time no see. FLP jawa barat kwren. Pak Yo orang FLP ya? Mantab djiwa. Bener2 pegiat literasi nih

    BalasHapus
  4. FLP ini punya program keren-keren yaaa pak, aku ketinggalan terus daftar nya wkwkw

    BalasHapus
  5. Oh pak yo ikut FLP juga to, emang seneng nulis beneran ya, hehe

    BalasHapus
  6. Tahun 2000 pernah jadi anggota FLP DKI, sempat ikut sharing sessionnya juga sama bunda HTR langsung. Sayang terus vakum.

    Kalau mau ikut lagi gimana ya caranya?

    BalasHapus
  7. Aku memperhatian fotonya deh, mana tau ada partner ngeblog aku Teh fira. Dia kan anggota Forum Lingkar Pena Sukabumi juga.. Temen Pak Yo juga Kan?? Eh kenal ga yaa.. Kayaknya Iya deh haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teh Fira itu kependekan Fitri Rahmah kan ya? Beliau di FLP Kabupaten Sukabumi kalau tidak salah

      Hapus
  8. kalo silwil gini dapet sangu gk si kak

    BalasHapus
  9. Serunya... jadi pengen ada acara offline nih. Aku baru tahu nih kalo pak yonal warga flp juga hehehee

    Salam literasi ya pak.
    Asyik ada silwil ya. Aku selama dua tahun ini belum kemana2 hrhehe maklum emak2 ini

    BalasHapus

Posting Komentar