Mengisi Liburan Sekolah di Perpustakaan

16 komentar

lampu patromaksumber: Diarpus Kabupaten Sukabumi

Masa liburan sekolah sudah tiba. Waktunya anak-anak berada di rumah tanpa aktivitas sekolah. Libur sekolah adalah esempatan untuk kembali menguatkan ikatan keluarga dengan quality time bersama.

Dengan waktu libur sekolah lebih kurang 3 pekan, tentu berada di rumah saja menjadi sangat tidak bervariasi selama mengisi liburan. Perlu kegiatan-kegiatan lain yang akan membuat masa libur anak menjadi lebih berwarna.

Di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sukabumi kebetulan sekali diadakan kegiatan untuk anak-anak usia sekolah dasar yang diberi nama Lampu Patromak, yang berarti Pelatihan Komputer & Pendidikan Literasi Masyarakat. Kegiatan ini diadakan 2 tahap, yaitu 27 Juni-1 Juli 2022 dan kali keduanya pada tanggal 5-9 Juli 2022. Oh iya, acara ini diadakan secara gratis.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Perpustakaan Daerah Kabupaten Sukabumi mengadakan acara-acara literasi untuk masyarakat, dulu saja pernah ada Kelas Menulis Perpustakaan (KMP). Kelas Menulis Perpustakaan bahkan pernah menjadi agenda rutinan sampai diadakan beberapa angkatan pertahunnya.

Keseruan Mengikuti Program Lampu Patromak di Perpusda Kabupaten Sukabumi

pelatihan komputer

Si sulung yang sangat suka dengan dunia komputer tentu saja sangat antusias ketika diberitahu ada info tentang Pelatihan Komputer dan Pendidikan Literasi di Perpustakaan ini. Ia mengikuti program Lampu patromak pada angkatan kedua, yaitu pada tanggal 5 sampai dengan 9 Juli 2022.

Pulang dari hari pertama pelatihan, ia sangat antusias juga menceritakan keseruan yang didapatnya selama mengikuti pelatihan ini. Ia senang mendapat teman-teman baru di luar sekolah dan teman-teman sepermainannya, sumber bacaan yang banyak di perpustakaan, dan tentu saja pelatihan favoritnya, komputer.

Pada hari kedua pelatihan, karena adik-adiknya juga ingin main ke perpustakaan, jadinya kita sekeluarga berkunjung ke sana. Seru memang ternyata melihat berlangsungnya acara ini.

Rangkaian Kegiatan Lampu Patromak

Sewaktu membersamai adik-adiknya belajar membaca di ruang anak, terlihat juga kegiatan si kakak yang sedang mengikuti program Lampu Patromak ini. Terlihat  para peserta dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok usia sekolah kelas 1 sampai 3, dan kelompok kelas 4 sampai 6.

Mufid masuk kelompok ke-2 karena ia baru saja menyelesaikan proses pendidikannya di kelas 3. Bersama 7 teman lainnya, ia mengikuti kegiatan Lampu Patromak dengan mimik wajah dan gesture yang sangat antusias sekali.

Acara ini berlangsung selama 2 jam perharinya, dari jam 9 pagi sampai dengan jam 11 siang. Acaranya sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu pendidikan literasi dan juga pelatihan komputer.

Pendidikan Literasi

perpustakaan kabupaten Sukabumi

Di sesi ini, anak-anak diberi kebebasan untuk mencari buku sesuai minatnya di rak buku anak. Kemudian mereka diberi waktu untuk membacanya.

Selang beberapa waktu setelah selesai membaca buku, mereka diberi tugas untuk menyimpulkan apa yang tekah mereka baca. Mereka diuji keberanian untuk berbicara di depan teman-temannya untuk memberi simpulan buku yang telah dibacanya.

Di bagian Pendidikan Literasi ini, terlihat pembimbing mereka dari Perpusda, Mas Damar, menyelipkan juga ice breaking, sehingga suasana pelatihan menjadi fun dan menambah keakraban. Terdengar gelak tawa mereka saat Mas Damar memandu permainan di ice breaking yang seru.

Pelatihan Komputer

Pelatihan komputer

Untuk Pelatihan Komputer, anak-anak dikenalkan dari pengoperasian, pengenalan Ms. Word, sampai animasi sederhana baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Ini nih yang paling si sulung sukai.

Di akhir pertemuan, anak-anak diberi tugas untuk membuat animasi sederhana dengan menggunakan Power Point. Hasil dari pekerjaan anak-anak dikirim ke WA orang tua masing-masing, Alhamdulillah, bangga dengan hasil sang anak.

Terima Kasih Perpusda Kabupaten Sukabumi

diarpus kabupaten sukabumi

Salut dengan tim dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Sukabumi yang terus mensosialisasikan literasi kepada masyarakat, tak terkecuali kepada anak-anak. Momen liburan sangat pas dengan program Lampu Patromak ini sebagai salah satu ikhtiar agar anak terbiasa dengan dunia literasi.

Terima kasih kepada seluruh keluarga besar Perpusda Kabupaten Sukabumi, khususnya para pembimbing program Lampu Patomak ini, Bu Nani, Mas Damar, dan pustakawan-pustakawan lainnya yang telah memberikan waktu libur sekolah menjadi penuh warna dan juga bermakna dengan belajar literasi dan komputerisasi.                                                                             

Related Posts

16 komentar

  1. Seneng banget bacanya. Pengelola perpustakaan sekarang lebih aktif dan merangkul pengguna, ya. Nggak terlihat kaku dan menyeramkan lagi seperti dulu. Semoga anak-anak juga semakin melek literasi.

    BalasHapus
  2. Wah, keren banget programnya. Liburan anak jadi produktif dan liburan yang bermakna karena bisa menggali ilmu dan uji keberanian tampil di depan menyampaikan isi buku yang telah dibaca, dan juga belajar komputer. Perlu ditiru sama kota-kota lain di Indonesia!

    BalasHapus
  3. Wah, mantul ini kegiatannya Lampu Petromak selama liburan sekolah. Apalagi diadakan di perpustakaan. Bisa semakin menumbuhkan minat baca juga. Karena tidak bisa dipungkiri, sekarang minat baca anak menurun. Padahal dulu, perpustakaan adalah tempat favorit.

    BalasHapus
  4. MasyaAllah keren banget bang, aku jadi kangen berkunjung ke perpustakaan kota baca artikel iniii <3 keren euy

    BalasHapus
  5. Iya kak, perpustakaan kota adalah tempat yang paling disenangi anak anak untuk menghabiskan waktu liburan ya
    Anak anakku kalau liburan sekolah juga main ke perpustakaan

    BalasHapus
  6. Nama programnya lucu. Tapi keren sih. Meski liburan, anak tetap dapat pembelajaran yang asyik.

    BalasHapus
  7. Ya ampun seru sekali mbak aku jadi pingin ke perpusda Depok dan ajak anak-anak ke sana . Siapa tahu ada acara serupa

    BalasHapus
  8. Semoga disemua daerah kita juga seaktif ini ya kak perpustakaannya jadi anak-anak kembali gemar membaca buku

    BalasHapus
  9. Acaranya mengundang perhatian anak-anak zaman sekarang yaa... Yang dekat dengan dunia digital.Jadi tetap menyenangi literasi dengan berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Sukabumi.

    BalasHapus
  10. Ini kayanya ide liburan jaman dulu bgt ya ke perpustakaan hihiii tp sekarang karena banyak perpustakaan yg udah keren-keren jd menarik lg nih ajak anak liburan ke perpus :)

    BalasHapus
  11. Masya Allah, aku selaku suka kalau lihat anak2 punya kegiatan positif apalagi yg berhubungan sama buku2 gitu

    BalasHapus
  12. wah seru banget :D selain dapet banyak temen baru, dapet ilmu juga yaa

    BalasHapus
  13. wah perpustakaannya bagus banget
    nyaman dan pasti bikin betah
    sekaligus dapat banyak manfaat seperti kegiatan pelatihan komputer

    BalasHapus
  14. selama sekolah ke perpus bisa di itung gak ada 5 mungkin ya allah

    BalasHapus
  15. Harusnya perpustakaan memang begini, jadi tempat untuk anak2 belajar lebih banyak. Ga hanya menghadirkan suasana kaku yg bikin anak2 malah males datang.

    Anakku juga sukaaa bgt segala sesuatu yg berhubungan Ama coding mas. Di usia skr, malah lebih jago dia ngoprekin gadget drpd emaknya 🤣. Makanya aku udah niat mau masukin dia les aja biar makin terarah. Sayangnya di perpustakaan yg Deket rumah ga ada acara begini. Ga tau deh kalo perpustakaan yg lebih besar, cuma jauh dr rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Fanny. anak-anak jadi semangat ke perpustakaan dengan program-program literasi yang kekinian. Perpustakaan yang melek akan dapat menginterpretasikan literasi secara luas, bukan hanya masalah baca to saja, tetapi ini 'membaca' dalam definisi luas

      Hapus

Posting Komentar