Mengenal Apa itu Loyalty Program Bisnis dan Jenis-Jenisnya

Posting Komentar
loyalty program bisnis

Di era modern ini, Anda dapat menemui berbagai bisnis baru yang bermunculan sehingga menyebabkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Dengan banyaknya bisnis baru, sudah seharusnya Anda selaku pemilik bisnis mencari strategi terbaik agar dapat mempertahankan bisnis Anda. Sudah mencoba berbagai macam cara agar pelanggan tidak pergi, tetapi hasilnya belum memuaskan? Mungkin salah satu yang harus Anda coba adalah loyalty program.

Loyalty program adalah program yang diciptakan khusus untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada bisnis agar bisnis semakin berkembang. Adanya loyalty program atau program loyalitas ini juga terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Anda bisa memberikan berbagai macam penawaran-penawaran menarik yang dapat mengundang ketertarikan pelanggan baru maupun pelanggan lama untuk bertransaksi pada bisnis Anda. Ada berbagai jenis loyalty program pada bisnis, berikut ulasannya.

Point Loyalitas

Loyalty program yang kini sedang digemari pelaku bisnis adalah point loyalitas.Cara penggunaannya pun sangat sederhana yaitu pelanggan yang telah berbelanja pada bisnis yang Anda miliki dan melakukan transaksi pada jumlah tertentu maka pelanggan tersebut akan mendapatkan sejumlah poin. Poin yang telah dikumpulkan dapat ditukarkan dengan berbagai reward yang telah ditentukan. Reward yang diberikan juga terdapat berbagai macam tergantung dari jumlah poin yang telah dikumpulkan mulai dari penawaran produk, layanan, atau potongan harga.


otto point

Event Terbatas

Program event terbatas ini adalah event yang akan diberikan oleh bisnis secara individu ataupun secara umum. Program event terbatas dapat diberikan ketika musim tertentu ataupun menjelang acara akhir tahun. Dalam event itu adalah kesempatan bagi pelanggan setia untuk mendapatkan dan merasakan keuntungan yang didapat karena event itu akan memberikan keuntungan atau benefit kepada para pelanggan setianya dengan mengadakan acara seperti diskon besar-besaran, gratis pelayanan tambahan, beli 1 dapat 1.

Program Tingkatan (Tier)

Program ini adalah program khusus yang diberikan untuk membership. Pelanggan yang telah bergabung menjadi member akan merasa sangat senang karena mempunyai banyak keuntungan setelah menjadi anggota, seperti tawaran potongan harga, promo spesial, hingga mencoba produk baru yang ditawarkan oleh bisnis Anda khusus kepada anggota membership saja, hingga pelayanan istimewa yang tidak didapatkan orang lain.

Program Kemitraan

Dalam program ini Anda dapat mengajak pelanggan Anda untuk bergabung menjadi mitra Anda dalam berbagai macam skema kerjasama untuk memperoleh potongan harga atau komisi. Jenis program ini juga dapat meningkatkan pelanggan baru pada bisnis.

Program Value Brand

Program value brand ini adalah program yang memberikan keuntungan kepada pelanggan serta dapat memperkuat value dari brand. Contoh program ini yaitu ketika seorang pelanggan melakukan transaksi produk pada bisnis, lantas Anda dapat memberikan cashback kepada pelanggan tersebut atau pemberian voucher diskon setelah membeli produk yang terkenal yang Anda miliki.

Jadi, itulah beberapa jenis loyalty program untuk mendorong bisnis semakin berkembang. Loyalty program juga strategi ampuh mendorong bisnis agar panen cuan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Posting Komentar